Pertemuan 1 Definisi dan Karakteristik Objek

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pemrograman Sistem terdistribusi
Advertisements

21-Aug-14 OO Concept E. Haodudin Nurkifli Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan Kuliah 3 : Administrative dan Introduction 8 Oktober 2010.
Pemrograman Berorientasi Objek
Introduction to Object Oriented Diah Priharsari Sumber: DEV475 Mastering Object-Oriented Analysis and Design.
By : Rizky Yuniar Hakun. Konsep Pemrograman Berorientasi Object.
Desain Sistem By Hendro Joko Prasetyo, M.Kom.
Pengantar Berorientasi Obyek
Pemrograman Lanjut Ratnokustiawan.wordpress.com.
DIKTAT PBO Oleh: Adam Mukharil B. S.Kom. BAB I – KONSEP PBO.
di OBJECT ORIENTED PROGRAMMING [OOP] Oleh H. SUMIJAN, Ir, M.Sc
7 Rekayasa Sistem Konsep Utama OOP Dedy Alamsyah, S.Kom.
PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK
Desain Berorientasi Obyek dan UML
BAB 1 KONSEP OOP.
Pemrograman Berorientasi Objek
ABSTRACTION, ENCAPSULATION, INHERITANCE & POLYMORPHISM
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN 2C MATERI MINGGU KE-2 Pengenalan Teknik-teknik Bahasa Pemrograman Henny Medyawati.
OOP Java - Tj Konsep Dasar OOP.
ANALISIS DAN PEMODELAN BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Pengantar Perancangan Berorintasi Objek
Orientasi Object Pertemuan 2.
Object Oriented Analysis (OOA)
OOP? Apa? Mengapa? Bagaimana? Kapan? ??????
Analisis dan Perancangan Berorientasi Objek (OOAD)
KONSEP DASAR PENDEKATAN OBJEK
Analisis Berorientasi objek
Rekayasa Perangkat Lunak Konsep Orientasi Objek
OBJEK dan KELAS Sutrisno PTIIK-UB.
Perancangan Sistem Informasi
PENGEMBANGAN PERANCANGAN SISTEM
QUIZ PSBO Total : 35 PG.
PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
ALAT BANTU PEMODELAN DFD
Abstrak class.
Konsep Pemrograman berorientasi Objek
Pertemuan 3 OOAD Coad Yourdon Pendahuluan + Notasi
Inheritance (Turunan)
(OBJECT ORIENTED PROGRAMMING) Pem rograman berorientasi objek
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
(OBJECT ORIENTED PROGRAMMING) Pem rograman berorientasi objek
Bina Sarana Informatika
Encapsulation / Visibility, Getter Setter, Pewarisan, Overloading dan Overriding PBO.
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBYEK
Pemrograman Berorientasi Objek
ANALISA & DESAIN BERORIENTASI OBJEK
Subclassing and Inheritance
Pemrograman Berorientasi Objek
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
Algoritma dan Struktur Data
SE3414 RPL: Teknik Berorientasi Objek
Testing Dan Implementasi Sistem
Pertemuan 4 OOAD Coad Yourdon 5 Lapisan Kegiatan
Analisis dan Desain Berorientasi Obyek
ISTILAH-ISTILAH PENTING PEMROGRAMAN BERBASIS OBYEK
PEMODELAN ANALISIS RPL – PERTEMUAN 5&6.
Encapsulation / Visibility, Getter Setter, Pewarisan, Overloading dan Overriding Pemrograman.
Pemrograman Berorientasi Obyek
Konsep Berorientasi Objek
TEORI DAN KONSEP PEMROGRAMAN BERBASIS OBJECT (OOP)
Pertemuan 9 UML Diagram Class & Diagram Objek
ANALISA BERORIENTASI OBJEK
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
ANALISA BERORIENTASI OBJEK
(OBJECT ORIENTED PROGRAMMING) Pem rograman berorientasi objek
(OBJECT ORIENTED PROGRAMMING) Pem rograman berorientasi objek
Perkembangan Teknik Pemrograman
Tahapan pengembangan sistem basis data
Encapsulation / Visibility, Getter Setter, Pewarisan, Overloading dan Overriding PBO.
PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Transcript presentasi:

Pertemuan 1 Definisi dan Karakteristik Objek ANALISIS DAN PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK Citra Noviyasari, S.Si, MT

Definisi “Objek” Objek (N) : semua benda baik secara fisik maupun konseptual Objek = entitas (data) yang didalamnya mempunyai identitas tertentu yang menjadi karakteristik dengan objek yang lain Objek adalah entitas yang memiliki identitas, state dan behaviour, serta dapat bereaksi terhadap pesan (message) yang diberikan oleh objek lain.

Karakteristik Objek (1) Abstraction Prinsip mengabaikan sejumlah aspek dari suatu subjek yang tidak relevan dengan tujuan tertentu untuk lebih memfokuskan pada objek yang dibahas secara utuh. Polymorphisma kebanyakrupaan) merupakan suatu konsep yang menyatakan bahwa suatu hal yang sama dapat mempunyai bentuk dan perilaku berbeda.

Karakteristik Objek (2) Inheritance Pewarisan merupakan mekanisme untuk mengekspresikan kesamaan diantara kelas Encapsulation Enkapulasi merupakan pembungkusan terhadap data dan prosedur atau fungsi yang akan digunakan oleh objek secara bersama-sama.

ABSTRACTION Tujuan dari melakukan abstraksi adalah mendapatkan model dengan melalui cara : Pemusatan perhatian (attention focusing), yaitu hanya berfokus terhadap permasalahan inti, setelah model utama telah didapat, barulah kita memperhatikan model penunjang lainnya. Pemilihan cara pandang (viewpoint selection), yaitu membuat model dengan cara pandang tertentu berdasarkan permasalahan, Pengingat (recording by information chuncking), yaitu memperhatikan data yang harus diingat dan informasi apa saja yang harus dihasilkan oleh sistem informasi.

ENKAPSULASI Prinsip enkapsulasi sejalan dengan penggunaan konsep information hiding di dalam pendekatan terstruktur, namun dalam penggambarannya penggunaan enkapsulasi lebih sederhana. Enkapsulasi menjadi prinsip dasar untuk membatasi lingkup aplikasi yang akan mengakses suatu data, sehingga tidak semua objek dapat menggunakan data dan/atau prosedur tersebut.

INHERITANCE Inheritance diumpamakan sebagai hubungan antara orang tua dan anak, dimana terdapat suatu Objek yang berperan sebagai orang tua (superclass) yang akan mewariskan sebagian atau seluruh atribut dan metodanya terhadap suatu objek lain sebagai anak (subclass). Sehingga setiap subclass akan memiliki atribut dan metode dari orang tuanya selain dari sifat unik yang dimilikinya. Digambarkan dengan menggunakan generalisasi dan spesialisasi, dengan membuat atribut (attributes) dan layanan (services) secara umum di dalam suatu hirakhi kelas.

POLIMORPHISMA Polimorphisma menunjukkan bahwa terdapat banyak objek yang berasal dari kelas yang berbeda dapat bereaksi pada pesan yang sama atau operasi yang sama, yang mungkin mempunyai perbedaan dalam kelas yang juga berbeda. Terdapat tiga cara untuk mendapatkan polimorpisma : Pewarisan, semua objek dari kelas turunan merupakan polimorpisma dalam hal sifat yang diturunkan Protokol, mendefinisikan antarmuka yang bisa didefinisikan di banyak kelas Manual, menetapkan nama yang sama dan cara pemanggilan yang sama