DESAIN & TEKNOLOGI Kegiatan DESAIN sebagai unsur pelunak interaksi antara MANUSIA dan TEKNOLOGI Proses interaksi tersebut selalu berjalan rumit dan kompleks sehingga pada akhirnya Desain selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Teknologi Desain Manusia Kuliah 9
Kecenderungan masyarakat: Berlaku sebagai desainer Menciptakan, mendesain alat dari satu jenis ke jenis lain untuk meningkatkan mutu kehidupan. Desainer menyumbangkan sesuatu kepada masyarakat untuk menciptakan hidup yang lebih nyaman. Hal ini didapat melalui penggunaan teknologi. Kuliah 9
PERUBAHAN PADA PROSES DESAIN Kehadiran teknologi tidak perlu sejalan dengan aktivitas desain. Bisa saja dan terjadi dalam banyak kasus, keduanya berjalan melalui jalannya masing-masing. Banyak aspek keindahan tercipta melalui tangan “desainer” tanpa seorangpun menyadarinya. Proses ini bisa disebut PROSES DI LUAR KESADARAN. Proses perubahan pada desain yang berjalan di luar kesadaran paling banyak dijumpai pada masyarakat pra industri, di mana desain dan teknologi acapkali dibangun untuk memuaskan kebutuhan individu atau masyarakat dalam lingkup yang kecil. Dalam industri kerajinan pun, proses desain berjalan tanpa disadari. Prosesnya berjalan lambat dan evolutif, memakan waktu lama karena kebutuhannya pun tidak terlalu mendesak. Kuliah 9
CONTOH: TEKNOLOGI pada DESAIN roda kereta oleh GEORGE STURT. Kuliah 9
Kuliah 9
Keuntungan desain Sturt: kereta menjadi lebih stabil, kuat dan lebih luas ukuran pemuatan bebannya. Perhatikan sudut kemiringan serta cara pemasangan roda kereta versi Sturt. Semua didapat melalui pengamatan dan pengalaman empirik Kuliah 9
Hal ini disebut: PROSES KESADARAN DIRI. Di masa modern, meja gambar mengambil peranan penting dalam desain. Didirikan biro-biro desain. Desain menjadi fungsi pelengkap dari proses industri. Desainer bekerja dengan target-target tertentu. Tercipta rasionalisasi dalam desain. Desain bukan lagi proses kreatif belaka tapi merupakan bagian integral dari sebuah sistem besar. Hal ini disebut: PROSES KESADARAN DIRI. Kuliah 9
IMPLIKASI: PABRIKASI Desainer tidak lagi memiliki kebebasan desain. Desain mulai banyak ditentukan oleh para pelanggan. BAGIAN PERSONALIA Produk pada karya bersama yang dispesialisasi. Memroduksi satu bagian dari satu sistem. Produksi dipecah menjadi komponen kecil, di bagian akhir komponen-komponen dirangkai menjadi satu. MANAJEMEN Biro desain dipisahkan dari keseluruhan proses, berdiri independen. MEKANISASI Melibatkan tata kerja mesin. SKALA EKONOMI Keterkaitan dengan pertimbangan-pertimbangan ekonomi. Untung-rugi dari desain secara makro ekonomi mulai menjadi kajian. Kuliah 9
DESAIN DENGAN GAMBAR Desain mulai dipisahkan antara yang real dengan yang make believe. Sebelum dibuat bendanya, dibuat terlebih dahulu rencananya dalam gambar ber skala. Desainer mendapat ruang gerak yang lebih, membuat desain tanpa dibatasi oleh biaya atau ilmu pengetahuan. Memungkinkan dibuatnya perubahan yang cepat dan radikal dalam waktu singkat tanpa biaya tinggi. Kuliah 9
Gedung yang pembangunannya (akan) memakan biaya Puluhan milyaran,- Visualisasi yang nyaris menyerupai aslinya. Konsumen dapat memeriksa dulu desain yang diingini, sebelum diwujudkan secara nyata. Gedung yang pembangunannya (akan) memakan biaya Puluhan milyaran,- Ke mana uang itu? Belum ada, sebab desainer baru mewujudkannya gambarnya di atas kertas...... Kuliah 9
Menawarkan kemampuan manipulasi desain tanpa biaya besar Kuliah 9
Akibat revolusi industri desain menjadi lebih cepat Mambuat suatu barang lebih banyak (produksi massal) Menciptakan kelompok usaha, berupa penganekaan dari produksi: mobil menjadi sistem angkutan, rumah menjadi sistem tempat perlindungan dll. Efek berantai; keusangan produk ciptakan kebutuhan akan desain baru. Desain Becak Medan: efisiensi, produksi, konsumsi. Kuliah 9