MATERI PERKULIAHAN KECERDASAN BUATAN

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Penyelesaian Masalah Dengan AI
Advertisements

INFERENSI.
Sistem Pakar.
Introduction to Logic Propositional Logic
MESIN INFERENSI.
METODE INFERENSI.
Logic & Learning Method
Knowledge Representation and Deduction Agents That Reason Logically
Problem Solving Search -- Uninformed Search
Artificial Intelligence
Kuliah Pengantar Intelijensia Buatan
Arsitektur Sistem Pakar
Problem Space Dr. Kusrini, M.Kom.
METODE INFERENSI Dr. Kusrini, M.Kom.
Artificial Intelligence
Course MMS 2901 Departement of Computer Science Gadjah Mada University © Aina Musdholifah & Sri Mulyana.
Penyelesaian Masalah Teknik Pencarian
PENGETAHUAN BERDASARKAN RULES PERTEMUAN MINGGU KE-6.
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Pertemuan 3 Mata Kuliah : Kecerdasan Buatan
Definisi Inferensi  Inferensi adalah : Proses yang digunakan dalam Sistem Pakar untuk menghasilkan informasi baru dari informasi yang telah diketahui.
KECERDASAN BUATAN PERTEMUAN 10.
Penyelesaian Masalah menggunakan Teknik Pencarian Blind Search
KECERDASAN BUATAN PERTEMUAN 9.
Representasi Pengetahuan
Reasoning dengan Logika
TEKNIK PENCARIAN & PELACAKAN
Metode Pencarian/Pelacakan
INFERENSI.
Pendekatan Inferensi dalam Sistem Pakar
EXPERT SYSTEM By Daniel Damaris NS.
REPRESENTASI PENGETAHUAN
MATERI PERKULIAHAN KECERDASAN BUATAN
Artificial Intelligence
Wumpus World Propositional Logic.
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Artificial Intelligence
Pendekatan Inferensi dalam Sistem Pakar
MATERI PERKULIAHAN ANALISIS ALGORITMA
BASIS PENGETAHUAN DAN METODE INFERENSI
MATERI PERKULIAHAN ANALISIS ALGORITMA
Model Heuristik Dr. Sri Kusumadewi, S.Si., MT. Materi Kuliah [8]:
Jaringan Syaraf Tiruan
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
MATERI PERKULIAHAN TEKNIK KOMPILASI
KECERDASAN BUATAN PERTEMUAN 10.
MATERI PERKULIAHAN KECERDASAN BUATAN
Problem solving by Searching
PROBLEM SOLVING Masalah biasanya disajikan dalam bentu graf
Reasoning : Propositional Logic
Reasoning and Planning
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Metode Inferensi By: Edi, MKM.
ARTIFICIAL INTELEGENCE
MATERI PERKULIAHAN TEKNIK KOMPILASI
MATERI PERKULIAHAN KECERDASAN BUATAN
REPRESENTASI PENGETAHUAN dan Reasoning (Penalaran)
Implementasi Logika Proposisi
Sistem Berbasis Aturan Fuzzy
Pertemuan 11 PENGANTAR SISTEM PAKAR
Pertemuan 10 REASONING (PENALARAN)
MEKANISME INFERENSI Program Studi S1 Informatika
Masalah, Ruang Masalah dan Pencarian
Pengantar Intelegensi Buatan
CSG3G3 Kercerdasan Mesin dan Artifisial Reasoning 1
GUNAWAN Materi Kuliah [8]: (Sistem Pendukung Keputusan)
Teori Bahasa Otomata (1) 2. Searching
Modul II Masalah, Ruang Masalah dan Pencarian
MATERI PERKULIAHAN ANALISIS ALGORITMA
Kecerdasan Buatan Dr. Nindyo Cahyo Kresnanto. Mengapa Perlu AI? Hampir semua permasalahan dipecahkan dengan bantuan komputer Masalah semakin komplek tidak.
Transcript presentasi:

MATERI PERKULIAHAN KECERDASAN BUATAN REASONING 5 Ken Kinanti Purnamasari

Tujuan Memahami konsep Reasoning

R E A S O N I N G

REASONING Penyelesaian masalah dengan cara merepresentasikan masalah ke dalam basis pengetahuan menggunakan logic atau bahasa formal.

Searching vs Reasoning Representasi State, Ruang masalah Basis pengetahuan Teknik Strategi pencarian Penalaran Tujuan Menemukan nilai tertentu Menghasilkan kesimpulan Masalah Kelengkapan representasi state Kelengkapan aturan

REASONING Pendekatan Logika pasti (propositional, first order/predicate) Logika tidak pasti (fuzzy logic)

APA YG DIPERCAYA AGENT TENTANG NYATA Jenis Logic JENIS LOGIC YANG ADA DI DUNIA NYATA APA YG DIPERCAYA AGENT TENTANG NYATA Propositional logic Fakta Benar/salah/tidak diketahui First order logic Fakta, Objek, Relasi Temporary logic Fakta, Objek, Relasi, Waktu Probability theory Derajat kebenaran [1,0] Fuzzy logic Derajat kebenaran

K N O W L E D G E - B A S E D A G E N T

KB Agent Agent yang menentukan aksi berdasarkan pengetahuan yang dimilikinya (melakukan reasoning).

Wumpus World

Wumpus World

P E A S KRITERIA KETERANGAN +1000 untuk berhasil mengambil emas –1000 ketika jatuh ke lubang atau dimakan wumpus –1 untuk setiap langkah –10 untuk menggunakan panah Game selesai ketika Agent mati atau berhasil keluar dari gua. E Papan Permainan berukuran 4x4 Titik mulai di [1,1], mengarah ke kanan. Lokasi emas dan wumpus random (selain titik mulai). Kemungkinan suatu lokasi adalah lubang sebesar 20% A Tombol Forward, TurnLeft by 90◦, TurnRight by 90◦ S Stench (tanda wumpus), Breeze (tanda lubang), Glitter (tanda emas), Bump (tanda menabrak dinding), Scream (tanda Wumpus mati)

P R O P O S I T I O N A L L O G I C

Propositional Logic Representasi Logika yang membentuk statement sederhana atau statement yang kompleks dengan menggunakan propositional connective Kebenaran dari sebuah statement kompleks direpresentasikan oleh statement yang lebih sederhana.

Relasi Logika ¬ ∧ ∨ ⇒ ⇔ KATA HUBUNG ISTILAH SIMBOL Tidak Negasi Dan Konjungsi ∧ Atau Disjungsi ∨ Maka Implikasi ⇒ Jika dan Hanya Jika Biimplikasi ⇔

BNF

Tabel Kebenaran

Logic

K N O W L E D G E - B A S E D S Y S T E M

Horn Form

Forward vs Backward Chaining Forward Chaining Backward Chaining planning, control diagnosis data-driven goal-driven (hypothesis) bottom-up reasoning top-down reasoning find possible conclusions supported by given facts find facts that support a given hypothesis similar to breadth-first search similar to depth-first search antecedents (LHS) control evaluation consequents (RHS) control evaluation

Contoh Forward & Backward Chaining

Forward & Backward Chaining Q Q P P M M L L A A B B

Forward Chaining Q Q 1 P P 2 M M 2 L L 2 2 A A B B

Backward Chaining Q Q Q P P P M M M L L L A A B B

Alternative Inference Method

Ada Pertanyaan ???

REFERENSI . . . Russell, S., Norvig, P. Artificial Intelligence A Modern Approach (Third Edition). 2010. Pearson Education, USA.

TUGAS KELOMPOK Buatlah program sesuai dengan algoritma yang Anda pilih Buat penjelasan singkat tentang isi program (proses-proses apa saja yang ada di dalamnya) Kumpulkan dalam 1 CD per kelas, dengan 1 folder untuk setiap kelompok. Format Folder : Kelas_Kelompok AI - 12_Kelompok 01 Isi Folder : Program (source + .exe) Penjelasan Isi Program Deadline : H-1 pertemuan selanjutnya

TUGAS PERORANGAN Kerjakan Latihan di Buku AI (Russell, Norvig) halaman 279 – 284 (nomor 7.1, 7.2, 7.4, 7.21, 7.24) ! Tuliskan jawaban di kertas folio bergaris! Deadline : H-1 pertemuan selanjutnya