SOAL LATIHAN 1 SIMULA di perkenalkan pertama kali pada tahun ….. b. 1960 e. 1990 c. 1970 2. Hal penting dalam pengembangan berorientasi objek adalah: ... a. Konsep mengidentifikasi dan mengorganisasi domain aplikasi b. Konsep pemodelan c. Karakteristik objek d. Abstraksi e. Konsep mengidentifikasi model
2. Hal penting dalam pengembangan berorientasi objek adalah: ... a. Konsep mengidentifikasi dan mengorganisasi domain aplikasi b. Konsep pemodelan c. Karakteristik objek d. Abstraksi e. Konsep mengidentifikasi model Fokus utama metodologi berorientasi objek adalah : a. Analisa d. Objek b. Bahasa pemograman e. Implementasi c. Desain
Fokus utama metodologi berorientasi objek adalah : a. Analisa d. Objek b. Bahasa pemograman e. Implementasi c. Desain 4. Mobil berwarna merah melaju dengan cepat Dari kalimat diatas manakah yang merupakan contoh dari karakteristik objek behavior, yaitu : ... a. mobil d. melaju b. cepat e. merah c. berwarna
4. Mobil berwarna merah melaju dengan cepat Dari kalimat diatas manakah yang merupakan contoh dari karakteristik objek behavior, yaitu : ... a. mobil d. melaju b. cepat e. merah c. berwarna 5. Dalam satu aksi dimungkinkan memiliki lebih dari satu metoda, merupaka karakteristik metodologi : a. pewarisan d. abstraksi b. polymorphisme e. implementasi c. pengkapsulan
5. Dalam satu aksi dimungkinkan memiliki lebih dari satu metoda, merupaka karakteristik metodologi : a. pewarisan d. abstraksi b. polymorphisme e. implementasi c. pengkapsulan SIMULA di perkenalkan pertama kali pada tahun ….. a. 1950 d. 1980 b. 1960 e. 1990 c. 1970
SOAL LATIHAN 2 1. UML 1.0 dikemukakan pada tahun… a. 1994 d. 1997 b. 1995 e. 1998 c. 1996 2. Unified Method versi 0.8 dikemukakan pada tahun… a. 1994 d. 1997 b. 1995 e. 1998 c. 1996
2. Unified Method versi 0.8 dikemukakan pada tahun… b. 1995 e. 1998 c. 1996 3. Elemen utama UML adalah a. benda, relation, objek d. diagram, bagan, objek b. use case, objek, benda e. hubungan, objek, diagram c. benda, hubungan, diagram
3. Elemen utama UML adalah a. benda, relation, objek d. diagram, bagan, objek b. use case, objek, benda e. hubungan, objek, diagram c. benda, hubungan, diagram 4. Dibawah ini merupakan bentuk-bentuk objek, kecuali.. a. classes d. nodes b. interfaces e. deployment c. usecases
4. Dibawah ini merupakan bentuk-bentuk objek, kecuali.. a. classes d. nodes b. interfaces e. deployment c. usecases 5. Yang tidak termasuk 4 macam hubungan dalam penggunaan UML adalah a. Dependency b. Association c. Generalizations d. Realizations e. menentukan metoda
5. Yang tidak termasuk 4 macam hubungan dalam penggunaan UML adalah a. Dependency b. Association c. Generalizations d. Realizations e. menentukan metoda 1. UML 1.0 dikemukakan pada tahun… a. 1994 d. 1997 b. 1995 e. 1998 c. 1996
SOAL LATIHAN 3 Teknik untuk menjelaskan business process, procedural logic, dan work flow Bisa dipakai untuk menjelaskan use case text dalam notasi grafis a. activity diagram d. use case diagram b. class diagram e. state machine diagram c. sequence diagramc 2. Activity diagram biasanya digunakan untuk menggambarkan.. a. proses d. objek bisnis b. proses bisnis e. aktifitas c. aktifitas proses bisnis
2. Activity diagram biasanya digunakan untuk menggambarkan.. a. proses d. objek bisnis b. proses bisnis e. aktifitas c. aktifitas proses bisnis 3. Simbol diatas adalah simbol … pada activity diagram a. join d. end b. fork e. decision c. start
3. Simbol diatas adalah simbol … pada activity diagram a. join d. end b. fork e. decision c. start 4. Simbol diatas adalah simbol … pada activity diagram a. join d. end b. fork e. decision c. start
4. Simbol diatas adalah simbol … pada activity diagram a. join d. end b. fork e. decision c. start 5. Simbol diatas adalah simbol … pada activity diagram a. join d. end b. activites e. decision c. start
5. Simbol diatas adalah simbol … pada activity diagram a. join d. end b. activites e. decision c. start Teknik untuk menjelaskan business process, procedural logic, dan work flow Bisa dipakai untuk menjelaskan use case text dalam notasi grafis a. activity diagram d. use case diagram b. class diagram e. state machine diagram c. sequence diagram
SOAL LATIHAN 4 1. Use case dinotasikan dengan gambarkan : a. horizontal elips d. persegi b. bujur sangkar e. vertikal elips c. lingkaran 2. Use case biasanya menggunakan kata : a. kata benda d. kata perintah b. kata kerja e. kata petunjuk c. kata sifat
2. Use case biasanya menggunakan kata : a. kata benda d. kata perintah b. kata kerja e. kata petunjuk c. kata sifat 3. Menggambarkan orang, system atau external entitas / stakeholder yang menyediakan atau menerima informasi dari system disebut dengan a. use case d. assosiation b. relation e. package c. actor
3. Menggambarkan orang, system atau external entitas / stakeholder yang menyediakan atau menerima informasi dari system disebut dengan a. use case d. assosiation b. relation e. package c. actor 4. Actor biasanya menggunakan kata : a. kata benda d. kata perintah b. kata kerja e. kata petunjuk c. kata sifat
4. Actor biasanya menggunakan kata : a. kata benda d. kata perintah b. kata kerja e. kata petunjuk c. kata sifat 5. Jenis relasi yang bisa timbul pada use case diagram adalah, kecuali a. Association antara actor dan use case b. Association antara use case c. Generalization antara actor dan use case d. Generalization/Inheritance antara use case e. Generalization/Inheritance antara actors
5. Jenis relasi yang bisa timbul pada use case diagram adalah, kecuali Association antara actor dan use case Association antara use case Generalization antara actor dan use case Generalization/Inheritance antara use case Generalization/Inheritance antara actors 1. Use case dinotasikan dengan gambarkan : a. horizontal elips d. persegi b. bujur sangkar e. vertikal elips c. lingkaran
Soal Latihan 5 Setiap objek / participant terhubung dengan garis titik-titik yang disebut: A. Message D. Sequence B. Lifeline E. Time C. Recursive Diagram yang menunjukkan sejumlah contoh objek dan message yang diletakkan diantara objek-objek didalam use case disebut: A. Class diagram D. Package B. Sequence Diagram E. Use Case C. Statechart Diagram
Diagram yang menunjukkan sejumlah contoh objek dan message yang diletakkan diantara objek-objek didalam use case disebut: A. Class diagram D. Package B. Sequence Diagram E. Use Case C. Statechart Diagram 3. Waktu dalam sequence diagram ditunjukkan dengan: A. Garis Vertikal D. Tanda panah tertutup B. Garis Horisontal E. Kotak C. Tanda panah
3. Waktu dalam sequence diagram ditunjukkan dengan: A. Garis Vertikal D. Tanda panah tertutup B. Garis Horisontal E. Kotak C. Tanda panah 4. Operator dalam sebuah frame yang berarti bahwa fragmen mungkin dijalankan berulang kali dan guard menunjukkan basis iterasi A. alt D. loop B. opt E. region C. par
4. Operator dalam sebuah frame yang berarti bahwa fragmen mungkin dijalankan berulang kali dan guard menunjukkan basis iterasi A. alt D. loop B. opt E. region C. par 5. Sebuah objek yang mempunyai sebuah operation kepada dirinya sendiri disebut: A. Sequence D. Loop B. Message E. Recursive C. Participant
5. Sebuah objek yang mempunyai sebuah operation kepada dirinya sendiri disebut: A. Sequence D. Loop B. Message E. Recursive C. Participant Setiap objek / participant terhubung dengan garis titik-titik yang disebut: A. Message D. Sequence B. Lifeline E. Time C. Recursive
Soal Latihan 6 Dalam multiplicity, istilah yang menunjukkan batas bawah yang bernilai 0 adalah: A. Optional D. Multi-valued B. Mandatory E. Asosiasi C. Single-valued Yang merupakan sebuah garis solid antara dua class, ditarik dari class sumber ke class target adalah pengertian dari: A. Properti D. Multi-valued B. Atribut E. Asosiasi C. Class
Yang merupakan sebuah garis solid antara dua class, ditarik dari class sumber ke class target adalah pengertian dari: A. Properti D. Multi-valued B. Atribut E. Asosiasi C. Class 3. Gambar disamping adalah: A. Class D. Asosiasi B. Multiplicity E. Atribut C. Catatan dan komentar
3. Gambar disamping adalah: A. Class D. Asosiasi B. Multiplicity E. Atribut C. Catatan dan komentar Kata kunci dalam ketergantungan dalam sebuah class yang berarti sumber diambil dari target adalah: A. derive D. realize B. instantiate E. refine C. permit
5. Sebuah class mempunyai 3 area yaitu: A. Nama class, package, asosiasi B. Nama class, asosiasi, metode C. Nama class, atribut, operasi D. Nama class, multiplicity, properti E. Nama class, single-valued, multi-valued Dalam multiplicity, istilah yang menunjukkan batas bawah yang bernilai 0 adalah: A. Optional D. Multi-valued B. Mandatory E. Asosiasi C. Single-valued