Collider - trigger
Collider Jenis Collider Simple Collider = Box, Capsule, Sphere, Cylinder Umumnya dipakai untuk objek seperti pintu, dinding, batang pohon, dsb. Compound Collider, adalah kombinasi antara sejumlah simple collider yang digabungkan menjadi satu.
Contoh compound collider Mesh Collider, adalah collider yang dihasilkan dari bentuk objek 3D yang sesungguhnya.
Contoh Mesh Collider Wheel Collider, adalah sebuah collider khusus yang dipakai untuk roda kendaraan.
Contoh Wheel Collider Rigidbody Collider, adalah sebuah collider khusus, di mana objek yang memiliki collider ini dapat dipengaruhi oleh gaya-gaya fisika.
Agar sebuah collider dapat mendeteksi tumbukan dengan collider lain,maka salah satu collider haruslah memiliki komponen rigidbody. Catatan: First Person Controller standar bawaan Unity sudah memiliki rigidbody collider.
Trigger Trigger dalam game engine (termasuk Unity) berfungsi sebagai pemicu sebuah peristiwa, misalnya untuk menampilkan cutscene, menggerakkan pintu otomatis, menampilkan pesan, memunculkan musuh, dan sebagainya. Ada tiga method yang secara umum dipergunakan dalam menangani trigger, yaitu: Pada saat sebuah objek menyentuh trigger (OnTriggerEnter)
Pada saat sebuah objek berada di dalam trigger (OnTriggerStay). Pada saat sebuah objek keluar dari trigger (OnTriggerExit). rtigame.wordpress.com