Keterampilan komputer 1AB

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Algoritma dan Pemrograman
Advertisements

Flowchart (Diagram Alur)
Pemograman berorientasi prosedur merupakan bahasa pemrograman yang melibatkan fungsi-fungsi atau prosedur-prosedur sebagai sub program untuk membentuk.
Algoritma dan Flowchart
Algoritma Pemograman 1 A
- PERTEMUAN 1 - DASAR-DASAR ALGORITMA, PROGRAM, DAN PEMROGRAMAN
Materi Flowchart/Bagan Alur.
Flowchart (Diagram Alur)
Algoritma Pemrograman
Bahasa Pemrograman dan Flow Chart
PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR
Sejarah Bahasa BASIC Disusun Oleh : Lily W..
PENERAPAN KOMPUTER BAGIAN 1. POKOK BAHASAN 1. PENGENALAN KOMPUTER 2. BAHASA BASIC DAN DIAGRAM ALIR 3. VARIABEL DAN KONSTANTA A. STATEMEN MENAMPILKAN DATA.
Flowchart (Diagram Alur)
Pertemuan-III Algoritma disajikan gambar
Dasar Pemrograman Pendahuluan.
Praktikum Dasar-Dasar Pemrograman
1 PERTEMUAN 1 DIAGRAM ALUR (FLOWCHART). 2 Apa itu Flowchart 1.Suatu skema / bagan yang menggambarkan urutan kegiatan dari suatu program dari awal sampai.
Algoritma dan Pemrograman
PENGERTIAN DASAR ALGORITMA & FLOWCHART
BAB II Diagram alur atau Flowchart
Algoritma dan Flowchart
Diagram Alur (Flowhart)
Mahasiswa diharapkan dapat:
Struktur Keputusan pada Structure English dan Pseudocode
M1. Konsep dasar algoritma & pemrograman
Flowchart (Diagram Alur)
Flowchart (Diagram Alir)
BAB 1 BAHASA PEMROGRAMAN
APSI.
FLOWCHARTING Pertemuan 3 & 4 Muhamad Haikal, S.Kom., MT.
ALGORITMA DAN PEMOGRAMAN 1A
penyusunan algoritma (flowchart)
MODUL 2.
Dasar Pemrograman dan Komputer
Sindy Nova Algoritma dan Pemrograman 1A
SYSTEM FLOWCHART.
Flowchart (Diagram Alur)
Flowchart (Diagram Alur)
LOGIKA & ALGORITMA Algoritma & Pengenalan Flow Chart
Flowchart (Diagram Alur)
Flowchart.
Pengenalan QBasic.
Sejarah Bahasa BASIC.
ALGORITMA & PEMROGRAMAN 1A
ALGORITMA PEMROGRAMAN 1B* (PP :S1-KA) Pertemuan 1
Pertemuan-III Algoritma disajikan gambar
SIM LOGISTIK PERTEMUAN 4.
Definisi Algoritma Algoritma adalah urutan langkah logis tertentu untuk memecahkan suatu masalah. Yang ditekankan adalah urutan langkah logis, yang berarti.
JENIS DAN SIMBOL FLOWCHART PRODI MIK | FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN
Bahasa Pemrograman dan Flow Chart
Flowchart Nori Sahrun, S.Kom., M.Kom.
Bahasa Pemrograman Poltek Balikpapan 2010.
ALGORITMA DAN FLOWCHART
Lecturer Note II Turbo Pascal & Pemrograman
LOGIKA & ALGORITMA -Algoritma & Pengenalan Flow Chart
Algoritma & Pemrograman 1
Pertemuan ke 6 Nori Sahrun, S.Kom., M.Kom
BAB II METODOLOGI PENGEMBANGAN SIA
Flowchart (Diagram Alur)
1 Flowchart (Diagram Alur). 2 Flowchart Bagan-bagan yang mempunyai arus Menggambarkan langkah-langkah penyelesaian suatu masalah Merupakan salah satu.
Flowchart (Diagram Alur)
FLOWCHARTING Temu 3 dan 4.
LOGIKA & ALGORITMA A LGORITMA & P ENGENALAN F LOW C HART 1.
PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER
Flowchart (Diagram Alur)
PENGERTIAN DASAR FLOWCHART
ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA
Diagram Alur (Flowhart)
Teknik Pemrograman, Mikroprosessor dan Mikrokontroler Rahayu Maksum SMK N 1 Wonosegoro.
Transcript presentasi:

Keterampilan komputer 1AB Minggu 2

Algoritma PROSEDUR, yaitu Himpunan hingga intruksi yang bersifat diskrit, jelas serta dapat dijalankan secara mekanik. SEMI ALGORITMA, yaitu Prosedur yang mampu menghasilkan solusi, bila solusinya ada dan berhenti. ALGORITMA, yaitu Semi Algoritma yang mampu mendeteksi tidak adanya solusi, bila solusi memang tidak ada dan mampu pula berhenti

komputasi akar bulat positif Contoh : Penyelesaian komputasi akar bulat positif dari suatu bilangan bulat positif A. Langkah penyelesaianya : 1) Baca A 2) Masukkan X sama dengan 1 3) Hitung Y yang besarnya X.X 4) Jika Y sama dengan A, maka cetak X sebagai akar dari A, selesai. 5) Tambahkan X dengan 1 6) Pergi ke langkah 3

komputasi akar bulat positif Bentuk Program dalam BASIC : 10 INPUT A 20 X = 1 30 Y = X*X 40 IF Y = A THEN PRINT X : END. 50 X = X + 1 60 GOTO 30 Jika A = 4 maka ada SOLUSI Jika A= 5 maka tidak ada solusi & Looping

komputasi akar bulat positif Bersifat mekanik Dapat memberikan solusi jika ada dan mampu berhenti. Tidak dapat memberikan keputusan jika solusi tidak ada.

komputasi akar bulat positif 10 INPUT A 20 X = 1 30 Y = X*X 40 IF Y = A THEN PRINT X : END. 50 X = X + 1 GOTO 30

komputasi akar bulat positif SEMI ALGORITMA Sebuah semi algoritma selalu dapat berubah menjadi algoritma dengan mengubah beberapa langkah yang ada. Solusi Program di atas : Tambahkan Intruksi Jika Y > A cetak “Tidak Ada Akar “ : End Persoalan : Dimana letak intruksi tambahan tersebut ??

komputasi akar bulat positif 10 INPUT A 20 X = 1 30 Y = X*X 40 IF Y = A THEN PRINT X : END. 50 X = X + 1 GOTO 30

komputasi akar bulat positif 10 INPUT A 20 X = 1 30 Y = X*X 40 IF Y = A THEN PRINT X : END 50 IF Y > A THEN PRINT “Tidak Ada Akar” : END 60 X = X + 1 70 GOTO 30

Penyajian Algoritma Natural Language Flowchart Pseudo-code Diagram blok struktur program Diagram warnier Tabel keputusan dan pohon keputusan

Pengenalan QBasic Program Instruksi-instruksi yang diberikan kepada komputer agar dapat melaksanakan tugas-tugas tertentu Bahasa Pemrograman Bahasa yang digunakan untuk membuat program Klasifikasi bahasa pemrograman : Bahasa tingkat rendah (Low level language) : bahasa yang berorientasi mesin Bahasa mesin (machine language) Bahasa rakitan (assembly language) Bahasa tingkat tinggi (High level language) : bahasa yang berorientasi kepada bahasa manusia BASIC Pascal COBOL

Pengenalan QBasic Untuk dapat dijalankan, program harus diterjemahkan ke dalam kode-kode yang dimengerti oleh komputer Proses penterjemahan dapat dilakukan oleh : Interpreter Compiler Langkah Pemrograman Menulis program Menjalankan program untuk menguji kebenaran perogram Jika ada kesalahan (logika maupun kaidah), program diperbaiki dan kembali ke langkah 2

QBasic Salah satu versi dari bahasa BASIC (Beginner’s All-Purpose Symbolic Instruction Code) Dibuat oleh Microsoft Corporation Merupakan interpreter Dikemas di dalam DOS (mulai versi 5.0)

Menu pada QBasic File, berisi operasi yg berhubungan dengan file seperti : Mengosongkan editor Menyimpan file Mencetak program ke printer Keluar dari Qbasic Edit, berhubungan dengan operasi penyuntingan prorgam, seperti : Copy & paste Membuat subrutin / fungsi View, di antaranya untuk melihat jendela hasil program

Menu pada QBasic Search, berguna untuk mencari dan mengganti teks Run, untuk menjalankan/mengeksekusi program Debug, untuk melakukan debugging (pencarian kesalahan) Options, untuk mengatur berbagai pilihan, misalnya untuk menentukan lokasi dari file QBASIC.HLP Help, berisi tentang bantuan pemakai yang disediakan QBasic

Menu pada QBasic Menulis program baru : Menjalankan Program Pilih menu File – New Ketikkan baris-baris program, misal PRINT “Selamat belajar” PRINT “QBASIC” Menjalankan Program Pilih menu Run – Start atau tekan Shift-F5 Menyimpan Program Pilih menu File – Save Ketik nama file yang diinginkan Memanggil Program Pilih menu File – Open Ketikkan nama file yang diinginkan

PENGERTIAN DASAR FLOWCHART Adalah Bagan-bagan yang mempunyai arus yang menggambarkan langkah-langkah penyelesaian suatu masalah. Flowchart merupakan cara penyajian dari suatu algoritma

Dalam penulisan Flowchart dikenal dua model, yaitu Sistem Flowchart dan Program Flowchart System Flowchart : bagan Yang memperlihatkan urutan prosedure dan proses dari beberapa file di dalam media tertentu. Melalui flowchart ini terlihat jenis media penyimpanan yang dipakai dalam pengolahan data. Selain itu juga menggambarkan file yang dipakai sebagai input dan output. Tidak digunakan untuk menggambarkan urutan langkah untuk memecahkan masalah Hanya untuk menggambarkan prosedur dalam sistem yang dibentuk

Dua jenis metode penggambaran program flowchart : Yaitu: Bagan yang memperlihatkan urutan dan hubungan proses dalam suatu program. Dua jenis metode penggambaran program flowchart : 1) Conceptual flowchart, menggambarkan alur pemecahan masalah secara global 2) Detail flowchart, menggambarkan alur pemecahan masalah secara rinci

Simbol-simbol Flowchart Simbol-simbol yang di pakai dalam flowchart dibagi menjadi 3 kelompok : Flow direction symbols :Digunakan untuk menghubungkan simbol satu dengan yang lain Disebut juga connecting line Processing symbols : Menunjukan jenis operasi pengolahan dalam suatu proses / prosedur Input / Output symbols: Menunjukkan jenis peralatan yang digunakan sebagai media input atau output.

LOOPING Merupakan pengolahan data yang berulang yang lebih dari satu diadalam arus diagram alur untuk itu digunakan tanda panah ke pengolahan data tersebut.

Perulangan (FOR NEXT) Akumulator K = 1 to N

Teknik Pengulangan Counter Teknik kounter dipakai untuk mengontrol pengulangan proses. Pengontrolan ini dilakukan dengan memeriksa isi variabel yang digunakan sebagai kounter, sehingga jumlah pengulangan dapat diketahui. Misalnya terdapat beberapa proses yang harus dilakukan dengan urutan sebagai berikut : Proses A Proses B Proses C Proses D Proses E Dari contoh di atas bahwa proses B, C, dan D diulang sebanyak tiga kali. Pengulangan ini terjadi setelah proses A dan sebelum proses E dikerjakan. Jika diimplementasikan ke bentuk flowchart, maka terbentuk rangkaian symbol yang tersusun berderet. Hal ini tidak efisien. Agar flowchart menjadi lebih efisien maka digunakan kounter sebagai pengontrol jumlah pengulangan ketiga proses tersebut.

Contoh counter Dari flowchart di atas dapat ditelusuri sebagai berikut : 1. Pertama kali dikerjakan adalah proses A. 2. Persiapkan variabel yang digunakan sebagai kounter yaitu K= 0. Variabel ini digunakan untuk mengontrol jumlah pelaksanaan proses B, C dan D yang telah dikerjakan. 3. Kerjakan proses B, C, D secara berurutan. 4. Variabel kounter ditambah 1. Isi variabel ini menunjukkan jumlah pelaksanaan untuk proses B, C dan D. 5. Periksa isi variabel kounter yaitu K untuk membatasi jumlah perulangan. Jika isi variabel K =3, maka kerjakan proses E. Sebaliknya jika K lebih kecil dari 3 berarti proses B, C, D masih perlu diulang.