DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Bab 2 Struktur Dasar.
Advertisements

DASAR PEMROGRAMAN (VTI 301)
Pengertian Algoritma dan Flowchart
Algoritma dan Flowchart
Materi Flowchart/Bagan Alur.
Flowchart (Diagram Alur)
ALGORITMA.
Algoritma dan Flowchart
Bahasa Pemrograman dan Flow Chart
PENGANTAR KONSEP PEMROGRAMAN
Algoritma Dasar Dalam membuat suatu program komputer, menyusun algoritma adalah langkah pertama yang harus dilakukan Dalam membuat algoritma dapat digunakan.
Pemrograman Bahasa Komputer (CS-2700 / 3 SKS ) Oleh:
DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
Algoritma (Struktur, Tipe Data, Input/Output)
Pertemuan-III Algoritma disajikan gambar
LOGIKA & ALGORITMA Algoritma & Pengenalan Flow Chart
Flowchart.
Pertemuan Pengembangan Algoritma
1 PERTEMUAN 1 DIAGRAM ALUR (FLOWCHART). 2 Apa itu Flowchart 1.Suatu skema / bagan yang menggambarkan urutan kegiatan dari suatu program dari awal sampai.
DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
Analisis Masalah dan Penyelesaian
PENGERTIAN DASAR ALGORITMA & FLOWCHART
BAB II Diagram alur atau Flowchart
Algoritma dan Flowchart
Diagram Alur (Flowhart)
Analisis dan desain Algoritma (PG157)
Flowchart (Diagram Alur)
Dasar-dasar Algoritma Dan Representasi Algoritma
Algoritma.
ALGORITMA & LOGIKA PEMROGRAMAN
FLOWCHARTING Pertemuan 3 & 4 Muhamad Haikal, S.Kom., MT.
Pengertian Algoritma dan Flowchart
penyusunan algoritma (flowchart)
MODUL 2.
Dasar Pemrograman dan Komputer
Sindy Nova Algoritma dan Pemrograman 1A
SYSTEM FLOWCHART.
PROG.STUDI PEND.FISIKA UIN ALAUDDIN MAKASSAR
Menuliskan Algoritma Algoritma dapat dituliskan dengan berbagai cara:
LOGIKA & ALGORITMA Algoritma & Pengenalan Flow Chart
Pseudocode – Tipe Data, Variabel, dan Operator
DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
Algoritma.
Flowchart.
SYSTEM FLOWCHART.
Pertemuan-III Algoritma disajikan gambar
BAB FLOWCHART.
Algoritma dan Pemrograman (Pertemuan 04)
JENIS DAN SIMBOL FLOWCHART PRODI MIK | FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN
Bahasa Pemrograman dan Flow Chart
Pertemuan 2-3 Bandung Create by Hery Dwi Y
Bab 2 Struktur Dasar.
ALGORITMA DAN FLOWCHART
Pemrograman Terstruktur
LOGIKA & ALGORITMA -Algoritma & Pengenalan Flow Chart
Algoritma & Pemrograman 1
PROG. STUDI FISIKA UIN ALAUDDIN MAKASSAR
Pertemuan ke 6 Nori Sahrun, S.Kom., M.Kom
Pertemuan 11 ANALISA PERANCANGAN PROGRAM Bagian 2.
Algoritma dan Flowchart
Pertemuan ke-2 KONSEP ALGORITMA
Algoritma dan Flowchart
Penulisan Teks Algoritma
UJIAN TERDIRI ATAS 50 SOAL
FLOWCHARTING Temu 3 dan 4.
LOGIKA & ALGORITMA A LGORITMA & P ENGENALAN F LOW C HART 1.
PENGANTAR KONSEP PEMROGRAMAN
Flowchart (Diagram Alur)
Dasar Konstruksi Pemrograman
Diagram Alur (Flowhart)
Transcript presentasi:

DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)

Tahapan Pembuatan Program Mengerti permasalahan yang akan diselesaikan. Input layout Proses-proses Output layout Menganalisa penyelesaian masalah. Membuat algoritma dan flowchart. Menulis program. Melakukan testing program selesai. Membuat dokumentasi

Algoritma Adalah inti dari ilmu komputer. Algoritma adalah gambaran langkah-langkah dari penyelesaian suatu masalah. Problem = langkah-langkah penyelesaian. Algoritma adalah blueprint dari program. Sebaiknya disusun sebelum membuat program. Kriteria suatu algoritma: Complete (lengkap) Precise (tepat) Finite (terbatas)

Flowchart Flowchart adalah representasi grafik dari langkah-langkah yang harus diikuti dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang terdiri atas sekumpulan simbol, dimana masing-masing simbol merepresentasikan suatu kegiatan tertentu. Flowchart diawali dengan penerimaan input, pemrosesan input, dan diakhiri dengan penampilan output. bagan yang menggambarkan urutan logika dari suatu prosedur pemecahan masalah. suatu diagram yang menggambarkan susunan logika suatu program

2 Macam Flowchart System Flowchart urutan proses dalam sistem dengan menunjukkan alat media input, output serta jenis penyimpanan dalam pengolahan data. Program Flowchart urutan instruksi yang digambarkan dengan simbol tertentu untuk memecahkan dalam suatu program

Simbol-simbol Flowchart Terminal Permulaan (start) / akhir (stop) program Flowline Arah aliran program Preparation, Proses inisialisasi/pemberian nilai/harga awal. Proses/prosessing Proses perhitungan/proses pengolahan data

Simbol-simbol Flowchart Input/Output Data Proses input/output data, parameter, informasi. Decision (kotak keputusan) Perbandingan pernyataan, penyeleksian data yang memberikan pilihan untuk langkah selanjutnya. On Page Connector Penghubung bagian-bagian flowchart yang berada pada satu halaman. Off Page Connector Penghubung bagian-bagian flowchart yang berada pada halaman berbeda.

Pembuatan Flowchart Tidak ada kaidah yang baku. Flowchart = gambaran hasil analisa suatu masalah  Flowchart dapat bervariasi antara satu pemrogram dengan pemrogram lainnya. Secara garis besar ada 3 bagian utama: Input Proses Output Hindari pengulangan proses yang tidak perlu dan logika yang berbelit sehingga jalannya proses menjadi singkat. Jalannya proses digambarkan dari atas ke bawah dan diberikan tanda panah untuk memperjelas. Sebuah flowchart diawali dari satu titik START dan diakhiri dengan END.

Contoh Flowcart start read/input condition? Ya stop Tidak process write/print

3 Struktur Flowcart Sequence/ Sederhana Branching/ Percabangan Looping/ Perulangan Ketiga struktur diatas dapat digunakan secara bersamaan pada satu diagram alur.

Variabel Variabel, sebagai tempat untuk menyimpan suatu nilai yang sejenis. Terdiri dari nama dari variable itu sendiri dan nilai yang disimpan. Variabel/Peubah  suatu nilai yg dapat berubah harganya. Contoh pemberian nilai ke variabel : A = 5 variabel A diberi nilai 5 A = B variabel A diberi nilai sama dengan nilai variabel B, variabel B sudah memiliki nilai sebelumnya A = A + 1 variabel A dirubah isinya dengan variabel A yang dijumlahkan dengan 1. (proses increament)

Jenis Variabel Terbagi atas : Variabel Numerik  berisi angka numerik /bilangan Variabel String  berisi karakter. Catatan: Penulisan untuk nilai variabel numerik tanpa tanda petik, dan penulisan nilai variabel string (karakter) diapit dengan tanda petik. Huruf besar atau kecil diartikan sama. Contoh : A = 0 B = 5 A = A +1 JUDUL = “BINA SARANA INFORMATIKA”

Struktur Branching / Percabangan 1. Bersyarat Diagram yg alurnya ada/banyak terjadi alih kontrol berupa percabangan & terjadi apabila kita dihadapkan pada suatu Kondisi dengan dua pilihan BENAR/ SALAH Struktur : IF - THEN IF - THEN - ELSE IF - THEN - ELSEIF Case of. 2. Tidak Bersyarat Struktur : GOTO

Operator Pernyataan-pernyataan memerlukan suatu kondisi  dibentuk dengan operator relasi dan/atau operator logika. Operator Relasi Menghasilkan kondisi BENAR atau SALAH Operator Makna > >= < <= = <> Lebih dari Lebih dari atau sama dengan Kurang dari Kurang dari atau sama dengan Sama dengan Tidak sama dengan

Hubungan antar Operand pada Operator Logika Operator NOT, bernilai : Operator (lanjutan) Operator Logika Hubungan antar Operand pada Operator Logika Operator NOT, bernilai : BENAR jika operand bernilai salah SALAH jika operand bernilai benar.: Operator Makna AND OR NOT Dan Atau Tidak Operand1 (kondisi1) Operand2 (kondisi2) Operator OR AND Salah Benar 1

Struktur Branching /Percabangan (lanjutan) Apabila A>B, kondisi BENAR, maka arus ke alur (1) Bila kondisi SALAH (A>B), maka arus ke alur (2) A > B ? Ya (1) Tidak (2)

Struktur: IF - THEN Ya Tidak Bentuk umum penulisannya adalah : Cabang THEN Bentuk umum penulisannya adalah : IF condition THEN stetement ELSE  boleh ditulis/tidak Sedangkan kelanjutan dr ELSE adalah Statement Hampa\ yaitu statement yg tdk berisi perintah apa-apa. condition Ya statement Tidak Cabang ELSE Jalur Hampa

Struktur IF – THEN – ELSE Cabang ELSE Bentuk umum penulisannya adalah : IF kondisi THEN pernyataan1 ELSE pernyataan2 kondisi Tidak Ya Pernyataan 1 Pernyataan 2 Cabang THEN

Struktur IF – THEN – ELSEIF kond 3 kond 1 S.4 S.3 kond 2 S.2 S.1 Ya Tidak IF kond1 THEN IF kond2 THEN S1 ELSE S2 IF kond3 THEN S3 S4

Struktur CASE Untuk masalah dengan dua kasus atau lebih, struktur CASE dapat menyederhanakan penulisan IF-THEN-ELSE yang bertingkat – tingkat . Bentuk Umum dari struktur CASE adalah sbb :   Case (nama ) <Kondisi 1 > : aksi 1 <Kondisi 2 > : aksi 2 <Kondisi 3 > : aksi 3 . <Kondisi N > : aksi N Endcase

Struktur GOTO GOTO merupakan struktur tak bersyarat, pernyataan ini dapat ditempatkan dimana saja. Bentuk umum penulisannya adalah GOTO label, Contoh : BEGIN - GOTO HITUNG - statement yang tidak dilaksanakan HITUNG; NILAI:=0 END.

Studi Kasus Buat diagram alur (flowchart) untuk masalah menghitung temperatur dalam derajat Fahrenhait yang diubah kedalam derajat Celcius & Reamur. Dengan rumus : 5 C = ( F – 32) 9 4 R = ( F – 32) 9

Latihan Algoritma konversi jam ke menit. Dengan masukannya jam dan menit. Kemudian buat flowcart-nya! Algoritma untuk menghitung jumlah yang harus dibayar oleh pembeli dari sejumlah barang yang dibeli, setelah mendapatkan diskon 10% dengan syarat jumlah total pembelian > Rp.1.500.000,-