REVITALISASI IDEOLOGI GERAKAN MUHAMMADIYAH

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
ETHOS KERJA DALAM MENGEMBAN AMANAH
Advertisements

Matan Keyakinan dan Cita-Cita Hidup Muhammadiyah
PRINSIP DASAR DAN METODE
Pendidikan Agama Islam
Organisasi Otonom Aisyiyah.
Muqoddimah anggaran dasar muhammadiyah
PEDOMAN HIDUP ISLAMI WARGA MUHAMMADIYAH
KEPALA BIRO BINA MENTAL SETDA PROVINSI JAWA TENGAH
MATAN KEPRIBADIAN MUHAMMADIYAH
PEDOMAN HIDUP ISLAMI.
Pendidikan Agama Islam
KEMUHAMMADIYAHAN By. Sigit Ariyanto, S.Pd.I.
BAB 4 UNSUR PEMBANTU PIMPINAN DAN ORGANISASI OTONOM DALAM MUHAMMADIYAH
Sarnita Purnama Sari ( )
By: Muhammad Budi Prasetyo
Mengenal Gerakan Mahasiswa
MUHAMMADIYAH sebagai gerakan dakwah
DISUSUN OLEH: MISNANI. S.Ag. M.Pd. I
Disusun oleh Moch. Rauf Wardaya M. Ilham Lutfi K Nisa Chaerani Raffi.F Ade. A M. Rifqi.
MAJELIS-MAJELIS DALAM MUHAMMADIYAH
Alvin Toffler, mengatakan bahwa salah satu gejala negatif
STRATEGI MEMBANGUN MILITANSI KADER AISYIYAH
PEDOMAN DAN KEBIJAKAN MPK PP AISYIYAH
TANTANGAN DAN PELUANG PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH DI ABAD KE 2
Sarnita Purnama Sari ( )
APAKAH MUHAMMADIYAH ITU?
ideologi Muhammadiyah: dalam Dinamika tajdid dan ijtihad
HIBAH PENELITIAN TENTANG MUHAMMADIYAH
PENDAHULUAN Muqoddimah AD Muhammadiyah; pokok pikiran yang menjiwai dan melandasi gerakan Muhammadiyah Isi AD/ART Muhammadiyah; aturan umum pengelolaan.
وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ
Drs. HASYIM, MM MANAJEMEN SYARIAH DOSEN MODUL ‘12 Manajemen Syariah 1
IDIEOLOGI MUHAMMADIYAH
KETOKOHAN/KEPEMIMPINAN MUHAMMADIYAH
Muhammadiyah dan Dakwah Pemberdayaan Masyarakat
PERAN POLITIK MUHAMMADIYAH
Muhjidin Mawardi MLH PP. Muhammadiyah
Kepribadian muhammadiyah
Arah Program Kajian Islam Ahad Pagi Di Masjid “ Daarul Iman “
MEMBANGUN MASYARAKAT MADANI
KEGIATAN DI ALAM TERBUKA
Lembaga-lembaga Suwenti Noberti A Ika Agustina A
Tugas Manajemen dan Kepemimpinan 3
KEPRIBADIAN MUHAMMADIYAH
KONSEP (PENGERTIAN), HUKUM, TUJUAN, URGENSI, DAN HAKIKAT DAKWAH
dr. H. Agus Taufiqurrohman, M.Kes, Sp.S MPK PP MUHAMMADIYAH
1. Konsep Masyarakat Madani Pengertian Masyarakat Madani
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KEPEMIMPINAN KEPEMIMPINAN
PEMIKIRAN HASAN AL-BANNA
MATAN KEYAKINAN DAN CITA CITA (MKCH) MUHAMMADIYAH 1.Muhammadiyah adalah gerakan Islam dan da’wah amar ma’ruf nahi mungkar, beraqidah Islam dan bersumber.
MEMBANGUN BUDAYA UNGGUL PADA LEMBAGA PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH
ASSALAMU’ALAIKUM WR. WB
Politik dalam Islam Pegangan Guru. Politik dalam Islam Rumusan Masalah 1.Apa itu politik islam? 2.Nilai-nilai dasar dalam politik islam? 3.Apa itu negara.
Oleh Drs H. Hadi Rahmat, MA NBM FKIP UM METRO 2015
MEMBANGUN BUDAYA UNGGUL PADA LEMBAGA PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH
AIKA 3 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG
Kepemimpinan Islam Disusun oleh: Sarnita Purnama Sari( ) Dyah noventy( ) Siti Khalimah( ) Gunarsih Mayasari( )
Filsafat Kemuhammadiyahan
Kader : codre (perancis) artinya elite Kader organisasi adalah :
PENGUATAN IDEOLOGI MUHAMMADIYAH/ ’AISYIYAH
Temu shilaturrahim keluarga besar muhammadiyah labuhan batu selatan
NAMA : M.BADRUDIEN TTL: MARGASARI, 12 JUNI 2000 ALAMAT : MARGASARI KUALA PENET RIWAYAT PENDIDIKAN : 1. TK ABA MARGASARI 2. SD N 01 MARGASARI 3. SMP MUHAMMADIYAH.
IMPLEMENTASI IDEOLOGI MUHAMMADIYAH DALAM GERAKAN DAKWAH
VISI , MISI DAN TUJUAN MUHAMMADIYAH
UPACARA DALAM KEPANDUAN HIZBUL WATHAN
SINERGI IMPLEMENTASI PERKADERAN DI SEKOLAH/MADRASAH MUHAMMADIYAH
Matan keyakinan dan cita-cita muhammadiyah
PENGUATAN IDEOLOGI MUHAMMADIYAH/ ’AISYIYAH
apb_mpkppm/ba_pcmhaurgeulis 27-28/04/20191 REVITALISASI IDEOLOGI MUHAMMADIYAH Asep Purnama Bahtiar Baitul Arqam Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pimpinan.
Transcript presentasi:

REVITALISASI IDEOLOGI GERAKAN MUHAMMADIYAH Oleh: Haedar Nashir “Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berperang di jalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh” (Al-Quran, surat Ash-Shaff/61: 4)

PEMAHAMAN IDEOLOGI GERAKAN MUHAMMADIYAH Sistem paham yang mengandung konsep, cara berpikir, cita-cita, dan strategi perjuangan mengenai kehidupan. GERAKAN Aksi terorganisasi yang mengandung aspek-aspek keyakinan, pengetahuan, kelembagaan, dan pelaku untuk mencapai tujuan tertentu (menolak atau melakukan perubahan). MUHAMMADIYAH Gerakan Islam, Dakwah amar ma’ruf nahi munkar dan tajdid, yang bersumber pada Al-Quran dan As-Sunnah, berasas Islam, dan bertujuan mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya. Haedar/2005

REVITALISASI GERAKAN REVITALISASI Proses perubahan untuk menguatkan kembali gerakan melalui Penataan, Pemantapan, Peningkatan, dan Pengembangan ASPEK REVITALISASI GERAKAN Revitalisasi Teologis Revitalisasi Ideologis Revitalisasi Organisasi Revitalisasi Kepemimpinan Revitalisasi Amal Usaha Revitalisasi Aksi Haedar/2005

“TEORI” KAPAL KARAM Kapal besar berlayar penuh muatan, diterpa gelombang dahsyat. Nakhoda dan awak kapal sibuk sendiri-sendiri dan tak mampu mengendalikan arah perjalanan. Kompas pun tidak di tangan. Sementara penumpang pun melebihi kapasitas dengan berbagai macam tingkah, bahkan di antara mereka ada yang membocorkan kapal secara tak bertanggungjawab. Dalam keadaan seperti itu kapal bukan hanya akan kehilangan arah, bahkan kemungkinan karam di tengah jalan sebelum sampai ke pantai tujuan. Apa yang dapat diharapkan dari ekspedisi semacam itu? Haedar/2005

PROBLEM ORGANISASI PROBLEM ORGANISASI SECARA IDEOLOGIS Lemahnya identitas kelompok Lemahnya fanatisme Lemahnya solidaritas kolektif Tidak/kurang dipahaminya misi dan visi gerakan Lemahnya komitmen, visi, dan pengabdian anggota/pimpinan Lemahnya strategi gerakan/perjuangan Haedar/2005

FUNGSI IDEOLOGI Menjalaskan dunia/kehidupan dengan paham tertentu Menumbuhkan fanatisme Menggerakkan orang dalam menjalankan paham dan mencapai cita-cita Mengubah keadaan dengan strategi perjuangan sesuai paham yang dianut Mengikat solidaritas kolektif dalam melakukan perjuangan mewujudkan cita-cita Haedar/2005

ASHABIYAH Solidaritas kolektif dalam kelompok atau ASHABIYAH masyarakat FUNGSI ASHABIYAH 1. Al-Humayat => Menyatukan usaha untuk tujuan yang sama 2. Al-Mudafaat => Mempertahankan diri dari segala sesuatu yang membahayakan 3. Al-Muthalabat => Melawan musuh apabila diserang Haedar/2005

FAKTOR PELEMAH IDEOLOGI Egoisme dan mobilitas perjuangan diri yang berlebihan Konflik internal Menguatnya budaya inderawi (berorientasi pada materi/uang, kesenangan duniawi, pragmatisme/oportunisme) Melemahnya ruh keikhlasan, penghidmatan, dan jihad fisabilillah Faktor-faktor eksternal: infiltrasi pihak luar, kebijakan politik negara, pengaruh global, dll. Haedar/2005

APA SULITNYA BERSATU? Apalah artinya butir-butir lidi kalau dibiarkan berserakan? Jika diikat jadi kesatuan berfungsi sebagai sapu. Belajarlah pada laba-laba bagaimana caranya membangun jaringan dari satu menjadi banyak. Jaring laba-laba dikenal kuat dan dalam sejarah menjadi tempat aman untuk berlindung Nabi dan Abubakar ketika hijrah. Allah pun mengabadikannya menjadi nama surat dalam Al-Quran, Al-’Ankabut. Setelah kita kuat, janganlah bertingkah seperti kiasan dalam Al_Quran: seseorang yang mengurai kembali benang setelah dipintalnya, lalu semuanya menjadi berantakan. Haedar/2005

IDEOLOGI MUHAMMADIYAH SUBSTANSI : Muqaddimah AD Muhammadiyah Hidup manusia harus berdasar tauhid, ibadah, dan taat kepada Allah. Hidup manusia bermasyarakat. Mematuhi ajaran-ajaran agama Islam dengan keyakinan bahwa ajaran Islam itu satu-satunya landasan kepribadian dan ketertiban bersama untuk kebahagiaan dunia akhirat. Menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam dalam masyarakat adalah kewajiban sebagai ibadah kepada Allah dan ihsan kpd kemanusiaan. ‘Ittiba kepada langkah perjuangan Nabi Muhammad s.a.w. Melancarkan amal-usaha dan perjuangan dengan ketertiban organisasi. Haedar/2005

IDEOLOGI MUHAMMADIYAH SUBSTANSI : MKCH Muhammadiyah Hakikat Muhammadiyah sebagai Gerakan Islam Paham agama dalam Muhammadiyah Fungsi dan Misi Muhammadiyah dalam kehidupan bangsa dan negara Ideologi Muhammadiyah  Bukan sekadar Faham Agama, tetapi juga menyangkut format Identitas dan Strategi Gerakan dalam menghadapi Kehidupan Haedar/2005

REVITALISASI IDEOLOGI DALAM MUHAMMADIYAH Sosialisasi paham agama dan nilai-nilai ideal (MKCH dll.) secara intensif dan tersistem ke seluruh tingkatan dan lini persyarikatan Mengintensifkan perkaderan dan transformasi kader Mengintensifkan pengajian anggota/pimpinan Meningkatkan disiplin/ketaatan berorganisasi Mengefektifkan fungsi-fungsi kepemimpinan kolektif-kolegial secara efektif dan regulatif Menghidupkan kembali dan mendinamisasi basis anggota dan organisasi di akar-rumput Haedar/2005

CITRA PEMIMPIN Kata pepetah, ikan busuk dimulai dari kepala. Jika pemimpin baik dan menjadi uswah hasanah, maka umat dan pengikut pun akan meneledaninya. Jadilah pemimpin sebagai Khadim al-Ummat, gemar melayani dan berkhidmat, bukan yang gemar dilayani dan merepotkan umat. Pemimpin bak burung rajawali, terbang tinggi ke angkasa tinggi, kemudian hinggap di setiap tempat untuk mengalirkan listrik perubahan, tapi tak pernah membangun sarangnya sendiri (bukan tipe orang yang mementingkan diri sendiri, apalagi ajimungpun) Jangan jadi pemimpin mercusuar, suara menggelagar menembus angkasa raya, tapi tak berpijak ke bumi. Haedar/2005

REVITALISASI KEPEMIMPINAN GERAKAN Kepemimpinan yang mampu membangkitkan dan mendinamisasikan gerakan dalam mencapai tujuan Ciri-Ciri Menjalankan fungsi transformasi Menjalankan fungsi regulasi dan dinamisasi Menjalankan fungsi-fungsi strategis Melaksanakan fungsi pelayanan umat Menunjukkan keteladanan dan kearifan Haedar/2005

MEMBANGKITKAN JIWA GERAKAN Membangkitkan kembali semangat: Tauhid sebagai pandangan hidup utama Jihad fisabilillah sebagai etos gerakan Berilmu sebagai modal kemajuan Kesalihan individual sebagai basis spiritual yang membuahkan kesalihan sosial Etos tajdid untuk perubahan ke arah kemajuan Amal shalih sebagai wujud pengamalan dan aktualisasi ajaran Sistem organisasi berbasis jam’iyah, imamah, dan jama’ah sebagai instrumen gerakan Haedar/2005

AGENDA MPK MUHAMMADIYAH Menyelenggarakan kaderisasi secara lebih tersistem, intensif, dan meluas hingga ke akar rumput Mengintensifkan pembinaan ideologi di seluruh lini Persyarikatan Mengintensifkan pembinaan Kemuhammadiyahan secara simultan Menanamkan kembali komitmen dan etos gerakan di kalangan pimpinan Haedar/2005