INTERAKSI MANUSI DAN KOMPUTER

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Soedjono, Asas-Asas Sosiolog(Bandung:Amico,1985) hubungan timbal balik antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, … Kamus bahasa Indonesia.
Advertisements

Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Pendahuluan IMK (Interaksi Manusia & Komputer)
Interaksi Manusia dan Komputer Pendahuluan Oleh : ANISYA, S.KOM Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informatika ITP 2013 Pertemuan 01 Oleh : Anisya,
Kurniawan Teguh Martono, ST, MT Jurusan Sistem Komputer
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
FERIYANTO MOHI Alamat: Perum Sleman Permai 2 Blok C No Kelas D 2009 Usang Joko : 2010 Ferry.
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) Dosen : Tata Sumitra M
Interaksi Manusia dan komputer
IMK 1. Pengantar IMK. 2. Faktor Manusia Kerangka Kerja
Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia dan Komputer – Part 1
INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER (HUMAN COMPUTER INTERACTION)
MEMAHAMI KONSEP IMK Oleh : Sestafianus Komandono. S.komp, MBA
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER (Human Computer Interaction)
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) 2 SKS Dosen : Yulistia,S. Kom. ,M
Human Computer Interaction
Interaksi Manusia dengan Komputer
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
HUMAN COMPUTER INTERACTION
KONSEP USER INTERFACE.
Interaksi Manusia & Komputer Pendahuluan
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
Interaksi Manusia dan Komputer
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Human Computer Interaction (HCI)
Interaksi Manusia dan Komputer
KONSEP INTERFACE
Interaksi Manusia Dan Komputer
Pengenalan Konsep Interaksi Manusia dan Komputer
Pendahuluan.
PEMANFAATAN GRAFIKA KOMPUTER DALAM PENGOLAHAN CITRA
Interaksi Manusia Dan Komputer
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia & Komputer (Human Computer Interaction)
SEMESTER PENDEK INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
Interaksi Manusia dan Komputer
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
INTERAKSI MANUSI DAN KOMPUTER
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Pendahuluan.
Pendahuluan.
Pertemuan Kedua Pendahuluan
Pertemuan 1 PENDAHULUAN.
PENGENALAN KONSEP IMK Dahlan Abdullah
IMK.
Tujuan instruksional umum:
PENGENALAN KONSEP IMK Pertemuan 2.
I. PENDAHULUAN Sewaktu anda menggunakan komputer barangkali anda tidak menyadari bahwa sesungguhnya anda sedang melakukan dialog dengan komputer. Dari.
Interaksi Manusia dan Komputer
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
MODEL DAN TEKNIK INTERAKSI
Pendahuluan Interaksi Manusia dan Komputer
INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER (HUMAN COMPUTER INTERACTION)
Pendahuluan.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B
Pendahuluan IMK-2010 Definisi IMK:
Oleh: Devie Rosa Anamisa, S.Kom
Pengertian IMK Interaksi adalah komunikasi antara dua atau lebih objek yang saling mempengaruhi satu sama lain.
PENGENALAN KONSEP IMK.
Konsep Interaksi manusia dan komputer Ahmad Sujana IF STT MANDALA.
Pengenalan Dasar Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia Dan Komputer
KONSEP USER INTERFACE PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B.
PENGENALAN KONSEP Interaksi Manusia Komputer (IMK) Oleh :Nofriadiman, ST., Mkom Program Studi Sistem Informasi STTIND Padang.
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) 3 SKS
Transcript presentasi:

INTERAKSI MANUSI DAN KOMPUTER OLEH : NUR FAHMI LUKMI SEMESTER II COPYRIGHT@2011 PERTEMUAN 2

Pengantar Pemahaman Interaksi Manusia dan Komputer Definisi dan Fungsi IMK Proses Menghasilkan Sistem dengan Antarmuka yang baik Bidang Ilmu yang Terkait dengan IMK SEMESTER II COPYRIGHT@2011 PERTEMUAN 2

Definisi dan Fungsi IMK Definisi IMK adalah : Sebuah bidang ilmu yang mempelajari bagaimana mendesain, mengevaluasi, dan menerapkan (implementasi) interaksi antara manusia dan komputer Fungsi dari IMK adalah : Mengoptimasikan performansi antara manusia dengan komputer sebagai suatu sistem SEMESTER II COPYRIGHT@2011 PERTEMUAN 2

Konteks Aksi dan Fungsi Segala mesin yang dioperasikan oleh manusia untuk mencapai tujuan tertentu dengan melakukan suatu aksi. Tujuannya memaksimalkan fungsi suatu mesin. Jadi, ada interaksi antara manusia dan mesin. aksi Fungsi HASIL SEMESTER II COPYRIGHT@2011 PERTEMUAN 2

Kemampuan Penggunaan (Usability) USER FRIENDLY 70-an HCI SULIT DIOPERASIKAN 80-an Sebelum 70-an SEMESTER II COPYRIGHT@2011 PERTEMUAN 2

Kemampuan Penggunaan (Usability) Istilah Usability dimaksudkan untuk membuat kriteria kualitas suatu perangkat lunak seperti fungsionalitas, kehandalan, efisensi, kemudahan pemeliharaan Hal yang menyangkut Usability : Learnability (Kemampuan Pembelajaran) Throughput (Tolak Ukur Keluaran) Flexibility (Keluwesan) Attitude (Perilaku) SEMESTER II COPYRIGHT@2011 PERTEMUAN 2

Proses Menghasilkan Sistem dengan Antarmuka yang Baik Apa mungkin merancang antarmuka yang baik ? “Sangat Mungkin” Caranya dengan memetakan secara jelas antara Tujuan dari seorang Pemakai dengan Aksi dan Hasil yang ingin dicapai. Dari Hasil tersebut akan diperoleh Umpan Balik untuk memperbaiki tujuan pemakai SEMESTER II COPYRIGHT@2011 PERTEMUAN 2

Pemetaan antara Tujuan, Aksi dan Hasil Pemakai Aksi Pemakai Hasil Antarmuka/ Kontrol Fungsi dari Suatu Sistem Umpan Balik SEMESTER II COPYRIGHT@2011 PERTEMUAN 2

Konsekuensi Interface yang Buruk Meningkatnya kesalahan dalam penginputan data dan sistem pengoperasian Tidak bisa diaksesnya suatu fungsi Kefrustasian Pemakai : produktivitas yang rendah atau pemanfaatan yang rendah Gagalnya suatu sistem disebabkan oleh penolakan pemakai SEMESTER II COPYRIGHT@2011 PERTEMUAN 2

Bidang Ilmu yang Terkait dengan IMK Ilmu Komputer Pengetahuan tentang kemampuan dari suatu teknologi, dan bagaimana haltersebut dapat diterapkan, mencakup : bahasa pemrograman tingkat tinggi, sistem manajemen antarmuka dan desain serta alat-alat prototipe. Cognitive Psychology/Pemahaman Psikologi Melihat otak sebagai peralatan pemroses informasi. Pengetahuan tentang persepsi, perhatian, ingatan, proses pembelajaran, cara berpikir dan pemecahan masalah perlu dipahami Ergonomik Ergonomik adalah konsep suatu desain yang diperlukan untuk memaksimalkan kapasitas dan kapabilitas pemakai dengan tujuan untuk keamanan, efisiensi, keandalan dan performasi pemakaian. Sosiologi adalah bidang ilmu untuk mempelajari tingkah laku manusia di dalam kontak sosial Desain Grafik SEMESTER II COPYRIGHT@2011 PERTEMUAN 2

Kaitan Bidang Ilmu dengan HCI Komputer Ergonomik HCI Sosiologi Desain Grafis Cognitive Psychology SEMESTER II COPYRIGHT@2011 PERTEMUAN 2

Konteks IMK Produk yang memiliki IMK yang baik ialah GUI (Graphical User Interface) yang memiliki keuntungan dibandingkan dengan interface mode teks (command driven) yi: Tugas pemakai lebih cepat selesai Tingkat frustasi relatif lebih rendah Penurunan kelebihan tenaga Pemakai mudah untuk belajar sendiri, sehingga menurunkan biaya pelatihan Pemakai bisa mempelajari lebih banyak kemampuan suatu aplikasi SEMESTER II COPYRIGHT@2011 PERTEMUAN 2

Gambar Konteks IMK Model yang menggambarkan konteks, cara manusia berinteraksi dengan komputer dan proses pengembangan sebuah interaksi digambarkan sbb : SEMESTER II COPYRIGHT@2011 PERTEMUAN 2

Konteks IMK User:U1-Organisasi/Lingkungan kerja, U2-Pengguna yang menggunakan aplikasi komputer, U3-Proses adaptasi manusia dan komputer Human:H1-Pemrosesan informasi pada manusia, H2-Penggunaan bahasa,cara berkomunikasi dan interaksi terhadap mesin, H3-Faktor Ergonomik Computer: C1-piranti masukan dan keluaran, C2-berbagai teknik dialog, C3-pemilihan dialog yang tepat, C4-Komputer Grafik, C5-merancang dialog secara keseluruhan (arsitektur dialog) Development: D1-pendekatan desain, D2-teknik dan alat untuk implementasi, D3- teknik evaluasi, D4-contoh sistem dan studi kasus SEMESTER II COPYRIGHT@2011 PERTEMUAN 2

TUGAS 1 Rancanglah desain input dan desain output dari sebuah kasus sederhana (tema: bebas) SEMESTER II COPYRIGHT@2011 PERTEMUAN 2

SEKIAN… SEMESTER II COPYRIGHT@2011 PERTEMUAN 2