PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJECT 4 SKS 2 TEORI DAN 2 PRAKTEK NANDANG HERMANTO nandang007@gmail.com
MySql, Access, sqlsrver, oracle DESKRIPSI SINGKAT pemahaman class, objek, method, atribut. Encapsulation, Inheritance, Polymorphism, Eksepsi, Abstract Class, Interface GUI Component, dan akses database menggunakan JDBC. Software : JAVA, NetBeans MySql, Access, sqlsrver, oracle
SASARAN / TUJUAN Mahasiswa dapat Mengerti Ciri dan Konsep Dasar dari Pemrograman Berbasis Objek Mampu Menerapkannya Untuk Membuat Berbagai Software Aplikasi Sederhana.
SISTEM PENENTUAN NILAI B : (70-79) C : (60-69) D : (40-59) E : (0-39)
KOMPOSISI PENILAIAN PRESENSI : 10 % TUGAS : 20 % UTS : 30% UAS : 40%
WEWENANG DOSEN MENEGUR DAN MENGELUARKAN MAHASISWA YANG TIDAK MENGIKUTI PROSEDUR PERKULIAHAN MEMBERIKAN NILAI E BAGI MAHASISWA YANG TIDAK MENGIKUTI ATURAN DOSEN YANG SUDAH DISETUJUI BERSAMA PADA SAAT AWAL PERKULIAHAN MENENTUKAN MAHASISWA YANG TIDAK DIPERKENANKAN MENGIKUTI UJIAN (KETENTUAN : UTS/UAS MINIMAL HADIR 4 X)
Introduction Object Oriented Programming (JAVA)
Object-oriented
Object-oriented Pemrograman Berorientasi obyek (Object-oriented Programming) biasa disingkat PBO/OOP. Perbedaan antara pemrograman prosedural dengan object-oriented : Prosedural : berbasis fungsi / procedure Object-oriented : berbasis class
Prosedural procedure Program_latihan1 Procedure halodunia begin writeln("Hello, World!"); End; Begin halodunia; End. Output : Hello world
JAVA Class class MyFirstJAVA { public static void main(String[] args) System.out.print(“Hello world”); } Output : Hello world
Contoh Prosedural : pascal, delphi, fortran Object-oriented : Java C++ Visual Basic.NET Dll.
Objek Kelas Encapsulation Inheritance Polymorphism
Apakah Obyek? Semua benda yang ada di dunia nyata dapat dianggap sebagai obyek. Contoh : manusia,rumah, mobil, sepeda, motor, gelas, komputer, meja dll.
Karakteristik Obyek Setiap obyek memiliki atribut /state/ propertis/ variabel/data/instant variabel. Setiap obyek memiliki tingkah laku/ behavior/method Contoh: manusia Memiliki atribut (state) : jenis kelamin, warna kulit, tinggi, berat dll Memiliki tingkah laku (behavior) : berjalan, makan, tidur dll
Apakah Class? Definisi class: merupakan template untuk membuat obyek. Definisi class: merupakan prototipe / blue print yang mendefinisikan variabel – variabel dan method – method secara umum. Obyek merupakan hasil instansiasi dari suatu kelas. Proses pembentukan obyek dari suatu class disebut dengan instantiation. Obyek disebut juga instances.
Attributes Definisi atribut : adalah data yang membedakan antara obyek satu dengan yang lain. Dalam class atribut disebut sebagai variabel
Behavior Behavior / tingkah laku adalah hal – hal yang bisa dilakukan oleh obyek dari suatu class. Behavior dapat digunakan untuk mengubah nilai atribut suatu obyek, menerima informasi dari obyek lain, dan mengirim informasi ke obyek lain untuk melakukan suatu task. Dalam class, behavior disebut juga sebagai methods.
Behavior Methods: adalah serangkaian statements dalam suatu class yang menghandle suatu task tertentu. Cara obyek berkomunikasi dengan obyek lain adalah dengan menggunakan method.
Contoh Misalkan sebuah kelas : Nama kelas : Orang Atribut : Method : Nama : String Umur : integer Method : makan() Orang + nama : String + umur : int + makan() : void
Demo menggunakan Netbeans Membuat kelas Membuat kelas testnya dengan membentuk beberapa objek Latihan membuat kelas & kelas test sendiri
Encapsulation Objek & kelas : perwujudan dari konsep encapsulation Dua pengertian dari konsep encapsulation : Atribut & method dibungkus jadi satu Atribut (& method) dapat dilindungi sehingga tidak dapat diakses dari luar secara langsung
Inheritance Menggunakan kata kunci : extends Kelas induk : parent, superclass, ancestor Kelas anak : child, subclass, descendant Kita akan membuat turunan dari kelas Orang : Orang + nama : String + umur : int + makan() : void Mahasiswa + nrp : String + belajar() : void
Inheritance Tiga Konsep inheritance : Semua atribut & method dari kelas induk diturunkan ke kelas anak Pada kelas anak dapat menambahkan atribut & method yang tidak ada pada kelas induk Pada kelas anak dapat memodifikasi method (behavior) yang sudah ada di kelas induk
Polymorphism (1) Polymorphism : mengambil banyak bentuk Kelakuan bisa berubah-ubah tergantung dari objek yang memanggilnya. Akan dijelaskan lebih jauh pada pertemuan tentang Polymorphism