Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Object Oriented Programming

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Object Oriented Programming"— Transcript presentasi:

1 Object Oriented Programming
OOP Object Oriented Programming

2 PEMROGRAMAN (PROGRAMMING)
pengertian : Sistem Komputer Hardware Brainware Software PEMROGRAMAN (PROGRAMMING) Kegiatan menulis kode-kode program (coding) dan mengkompilasinya agar dapat dimengerti oleh komputer dengan menggunakan suatu bahasa pemrograman (mis : Java, C ++, Pascal dll)

3 pengertian : BERORIENTASI
Orientasi (e: Orientation) dalam kamus artinya “mengarahkan” atau “pendekatan” OBJEK sesuatu yang mempunyai identitas yang uniq dan nilai atribut tertentu, atau sesuatu yang bisa kita cirikan padanya suatu sifat tertentu. (ciri khas)

4 pengertian : PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
Kegiatan yang berhubungan dengan pemrograman yang mempunyai pendekatan (mengarah) ke- objek BAHAN DISKUSI : Anggapan bahwa PBO adalah pemrograman dengan bahasa pemrograman visual Mungkinkah pemrograman dengan bahasa pemrograman visual tidak berorientasi objek

5 procedural programming object-oriented programming
teknik pemrograman Beberapa jenis teknik pemrograman yang telah pernah ada : procedural programming object-oriented programming

6 procedural programming
teknik pemrograman procedural programming Dengan teknik ini kita dapat mengatur urutan statemen program, mengembalikan urutan statemen program pada suatu tempat yang kita inginkan . Suatu pemanggilan prosedur digunakan untuk memohon prosedur tersebut berjalan, setelah diproses, arus kendali urutan akan dikembalikan pada urutan proses pemanggilnya.

7 procedural programming
teknik pemrograman procedural programming Main program Procedure Procedure akan dipanggil oleh baris program di main program dan setelah selesai urutan dikembalikan

8 procedural programming
teknik pemrograman procedural programming Jika suatu prosedur benar, setiap kali digunakan pasti mengeluarkan hasil benar, dan begitu sebaliknya jika prosedur itu salah juga akan menghasilkan kesalahan jika dipanggil berulangkali. Tetapi dengan teknik ini kita dapat membatasi tempat pencarian kesalahan, dan jika prosedur yang salah, kita cukup memperbaiki satu kali di baris program dalam prosedur tersebut.

9 procedural programming
teknik pemrograman procedural programming Ada yang menggunakan teknik ini dengan cara program utama hanya berisi baris-baris perintah pemanggil prosedur dan menyediakan data yang akan diolah di prosedur, setelah selesai proses hasilnya akan di bawa ke program utama Program utama mengkoordinir panggilan ke prosedur dan penyerahan data sesuai parameter.

10 object-oriented programming
teknik pemrograman object-oriented programming Pada teknik OOP menjadikan kode lebih mudah dipelihara dibandingkan dengan teknik yang lain. OOP menawarkan keistimewaan reusebility, kemampuan yang membuat kode mudah digunakan kembali pada pengembangan aplikasi yang lain, sehingga meningkatkan produktifitas programmer. Pada OOP di program utama terdapat kumpulan objek yang saling berinteraksi.

11 object-oriented programming
teknik pemrograman object-oriented programming Objek merupakan hal terpenting dalam OOP, contoh mudah pada pemrograman Visual, form dan kotak teks merupakan sebuah obyek yang biasa dilibatkan dalam pembuatan program aplikasi. Suatu obyek dapat dimanipulasi melalui properti (atribut) yang dimilikinya dan event (kejadian) yang dikenali obyek (contoh : DblClick) serta metode yang dijalankan jika tindakan kejadian dilakukan.

12 object-oriented programming
teknik pemrograman object-oriented programming Object di dalam program saling berhubungan dengan saling mengirim pesan.

13 pengertian : KELAS OBJEK OBJEK DAN KELAS KELAS
Suatu koleksi konseptual/abstraksi dari objek yang dapat dijelaskan dengan atribut dan metode yang sama OBJEK – KELAS adalah sekumpulan objek yang mempunyai atribut dan metode yang sama KELAS OBJEK MANUSIA ROBBY BINATANG KUCING HP NOKIA HP-NOKIA

14 Class = method+attribute
Class dan Object -1- Class adalah sebuah cetakan atau prototype, yang mendefinisikan variabel dan method yang berlaku umum untuk semua objek sejenis Class = method+attribute The Bicycle class

15 Class dan Object -2- Sebuah class mendeskripsikan sebuah kelompok objek yang memiliki properties (attributes) yang sama, behavior (operations) yang sama, hubungan ke objek lain yang sama, dan tata bahasa program yang sama. Classification : Objects with the same data structure and behavior are grouped into a class. For ex. Window, ChessPiece chair.

16 Class dan Object -3- Class: mobil Object: mobilnya pak Joko, mobilku
Class seperti cetakan kue, dimana kue yg dihasilkan dari cetakan kue itu adalah object Warna kue bisa bermacam-macam meskipun berasal dari cetakan yang sama (object memiliki sifat independen) Object adalah contoh/turunan dari Class

17 Class dan Object -4-

18 Class dan Object -5- Sepeda dimodelkan sebagai objek software:
10 mph, 90 rpm, 5th gear adalah contoh variabel karena berisi keterangan kondisi/keadaan dari objek Change gears, brake, change cadence adalah contoh method, karena mengubah kondisi/keadaan bagian dari sepeda (object)

19 Attribute Sebuah attribute adalah sebuah data yang dimiliki objek dalam kelas. Nama, umur, dan berat adalah atribut dari kelas manusia.

20 Method Method adalah implementasi dari sebuah operasi yang dilakukan terhadap sebuah kelas Method melakukan: Manipulasi/perubahan data Melakukan komputasi Memonitor keadaan yang terjadi untuk mengendalikan terjadinya peristiwa selanjutnya

21 Message -1- Sepeda menjadi berguna hanya jika objek yang lain (manusia) berinteraksi dengannya (melalui pedal) Melalui interaksi antar objek, dapat dicapai urutan fungsional yang lebih baik dan perilaku yang lebih kompleks Objek software berinteraksi dan berkomunikasi dengan mengirim pesan ke objek lain

22 Message -2- Kadang objek penerima memerlukan informasi yang lebih untuk melakukan sesuatu. Informasi ini disebut parameters You  objek pengirim YourBicycle  objek penerima ChangeGears  sebagai pesan, method yang dijalankan lowerGear informasi dari You kepadaYourBicycle, parameters yang dibutuhkan oleh method


Download ppt "Object Oriented Programming"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google