Array, Class, Obyek, Method danConstructor. PBO
Array Array adalah sebuah set variabel yang diberi nama tertentu yang memiliki tipe data yang sama. Di Java maupun di bahasa pemrograman yang lain, mereka memiliki kemampuan untuk menggunakan satu variabel yang dapat menyimpan sebuah data list dan kemudian memanipulasinya dengan lebih efektif array
Sebuah array akan menyimpan beberapa item data yang memiliki tipe data sama di dalam sebuah blok memori yang berdekatan yang kemudian dibagai menjadi beberapa slot. array adalah sebuah variabel / sebuah lokasi memori tertentu yang memiliki satu nama sebagai identifier, akan tetapi ia dapat menyimpan lebih dari sebuah value.
Array Tiap variabel di dalam array disebut elemen, di mana tiap elemen memiliki indeks dengan tipe integer. Berikut ini contoh deklarasi array: Deklarasi array: tipe-data[] namaIdentifier; atau tipe-data namaIdentifier[]; int[] nilaiSiswa; //cara ini lebih dianjurkan int nilaiSiswa[]; float[] jumlahPanen;
Setelah mendeklarasikan array, kita harus menentukan berapa panjangnya (ukurannya) inisialisasi. Catatan: ukuran array tidak dapat diubah setalah diinisialisasi. contoh: //deklarasi int ages[]; //instantiate array ages = new int[100]; atau bisa juga ditulis: int ages[] = new int[100];
… Untuk memberikan nilai kepada sebuah elemen array caranya dengan menyebutkan nama array yang diikuti indeks dan nilai yang diberikan, seperti contoh berikut: ages[0] = 17; ages[1] = 20; atau: int[] ages = {17,18,19,20};
Array multidimensi Cara pendeklarasian array multidimensi ini pada dasarnya sama dengan array satu dimensi di mana anda cukup menambahkan [] sesuai dengan dimensi yang anda inginkan. int[][] arr2; //array 2 dimensi int[][][] arr3; //array 3 dimensi int[][][][] arr4; //array 4 dimensi
… Untuk pengalokasian memori array multidimensi, memiliki sintaks yang sama dengan array satu dimensi. Contoh: int[][] arr2 = new int[3][4]; Kode di atas akan mengalokasikan memori untuk menampung nilai tipe data int sebanyak 3*4.
Latihan Buat program array 1D di mana kita dapat menginputkan ukuran dari array tersebut kemudian mengisinya sesuai dengan ukuran yang telah diberikan. Setelah itu cetak semua elemen array-nya dan cetak elemen dengan nilai terbesar. Output: Masukkan ukuran array = 4 Input data indeks ke-0 = 0 Input data indeks ke-1 = 1 Input data indeks ke-2 = 2 Input data indeks ke-3= 3 Data di dalam array = 0 1 2 3 Bilangan Terbesar = 3
Latihan Buatlah sebuah array 2D dengan ukuran baris =3, kolom=4. Kemudian isi setiap elemen dalam array tersebut dengan angka random (acak) dari angka 0-9. Kemudian tampilkan isi array-nya menggunakan perulangan.
Class Kelas adalah semacam cetakan, atau template, untuk membuat obyek. Blueprint untuk obyek Memuat semua data dan metoda/fungsi yang bersifat umum.
… Class: ibaratkan sebuah rancangan rumah. Dari rancangan rumah ini akan dibuat banyak rumah. Rumah = obyek = hasil cetakan dari rancangan rumah.
Deklarasi Class class NamaClass { tipe_data namaVariabel1; . tipe_data namaVariabelN; tipe_data namaMethod1(parameter) { // implementasi Method1 } tipe_data namaMethodN(parameter) { // implementasi MethodN
Obyek Dapat diartikan sebagai obyek – obyek pada dunia nyata. Dapat juga diartikan sebagai perwujudan/realisasi dari kelas (Instance dari class). Dari rancangan rumah menjadi rumah yang sebenarnya. Punya 2 karakteristik : State atau atribut Behaviour atau perilaku
…. Dosen (KELAS) Instansiasi Adi, Yos, Jasson, Yessica, Indrastanti (OBYEK). Sehingga obyek juga memuat data & metoda. Contoh: Yos (Obyek) Data : Nama, alamat, dsb. Metoda : Mengajar, makan, dsb
Metoda / Method Pada bahasa – bahasa pemograman yang lain method disebut juga fuction atau procedure. Dalam pemograman berorientasi object method adalah suatu operasi atau kegiatan yang dapat dilakukan suatu object. Misalnya Manusia memiliki kegiatan seperti makan, tidur, minum dan lain – lain. Kegiatan – kegiatan inilah yang disebut method.
Deklarasi method tipe-data namaMethod(daftar-parameter){ //implementasi }
Contoh class, method & obyek
Operator this adalah operator yang digunakan untuk mengakses variabel yang paling global dari suatu class jika terdapat dua variabel yang memilki nama yang sama dalam scope yang berbeda. Operator (.) dot adalah operator yang digunakan untuk mengakses atribut atribut yang terdapat didalam class yang telah diinstansiasi tersebut.
Constructor Konstruktor merupakan method khusus yang digunakan untuk menginisialisasi obyek saat pertama kali dibentuk. konstruktor harus memiliki nama yang sama dengan nama classnya dan tidak memiliki nilai kembalian (tipe-data) Konstruktor dijalankan pada saat sebuah object diinisialisasi (menggunakan kata new)
Latihan Buatlah class dengan nama class Matematika dengan atribut angka1 dan angka2 (sesuaikan tipe datanya). Pada class Matematika buat constructor untuk inisialisasi awal pada saat obyek dibuat. Pada class Matematika buat method: Penjumlahan berisi operasi penjumlahan angka1 dan angka2 Pengurangan berisi operasi pengurangan angka1 dan angka2 Perkalian berisi operasi perkalian angka1 dan angka2 Pembagian berisi operasi pembagian angka1 dan angka2 Buat class TestMatematika yang di dalamnya terdapat method main dan buat obyek baru serta inisialisasi dengan nilai bebas lalu panggil method Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian dan Pembagian dan cetak hasilnya.
Encapsulasi dan Visibility Adalah mekanisme pemrograman yang menggabungkan fungsi dan datanya bersama-sama serta menjaganya dari interfensi luar. Tujuan utama validasi Untuk membatasi akses (Visibility) Access Modifier Dapat diakses langsung tanpa adanya kontrol
Access Modifier Merupakan hak akses terhadap data / variable. Public Dapat diakses dari luar kelas. Private Hanya bisa diakses kelas itu sendiri (tidak bisa dari luar kelas). Protected Dapat diakses kelas itu & turunannya. Default Dapat diakses dalam package yang sama.
Getter dan Setter Dalam OOP, getter dan setter merupakan implementasi dari enkapsulasi. Getter (accessor) metode yang digunakan untuk mengambil nilai variabel pada suatu class. Setter (mutator) merupakan metode yang digunakan untuk mengubah nilai variabel. Kedua metode tersebut menggunakn access modifier public. Variabel yang digunakan untuk getter dan setter menggunakan access modifier private.
… Getter dan Setter dapat membantu membuat program tetap aman. Disarankan agar semua field pada class menggunakan access modifier private. Untuk mengganti nilai variabel baru, kita definisikan metode getter dan setter dengan akses public.
Contoh
Tugas Take Home Buatlah program yang mengimplementasikan konsep OOP di mana terdapat: Class Obyek Method Constructor Encapsulation (Getter and Setter) Kasus bebas (silahkan berkreasi) terdapat OOP, perulangan, percabangan dan array.
Ketentuan Dikerjakan secara kelompok maksimal 4 mahasiswa. Dikumpulkan dalam bentuk hardcopy (di-print) tidak perlu dijilid pada hari Rabu, 28 Mei 2014 pukul 09.00 – 12.00 WIB di kantor saya (kanfak lantai 2). Semua anggota kelompok wajib datang karena ada presensi. Copy paste nilai = 0.
See You Next Week