Pengenalan Bahasa Pascal

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
SMA Taruna Bakti Bandung Created by Iman Basuni, S.Kom LOGIKA DAN ALGORITMA.
Advertisements

Input dan output Data Dalam bahasa Pascal untuk keperluan input (membaca input) digunakan identifier standar READ atau READLN. ReadLn digunakan untuk.
Dasar Komputer & Pemrog 2 A minggu 4
Array Dimensi Banyak Gerlan A. Manu, ST.,MKom
Pengenalan Bahasa Pemrograman Pascal
Praktikum pemprograman terstruktur1
STRUKTUR DATA.
PASCAL 2.
PEMROGRAMAN PASCAL Sejarah Pascal Pascal merupakan pengembangan dari bahasa ALGOL 60, bahasa pemrograman untuk sains komputasi. Tahun 1960, beberapa ahli.
ALGORITMA “Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis”. sistematis dan logis artinya,
LINGKUNGAN TURBO PASCAL
RECORD.
Dasar- Dasar Algoritma
ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Pengertian Algoritma Sebuah algoritma merupakan deskripsi pelaksanaan suatu proses, dimana algoritma disusun oleh sederetan langkah instruksi yang logis.
Chapter 3.2 : Tipe, Nama dan Nilai
Algoritma dan Struktur Data
ARRAY Suatu array (larik) adalah tipe terstruktur yang terdiri dari sejumlah komponen-komponen yang mempunyai tipe yang sama. Komponen ini disebut dengan.
Notasi Algoritma.
Variabel dan Konstanta Bahasa Pemrograman I Pertemuan:2 Edri Yunizal / Fauzi MS.
Selamat datang Di Prosedur dan Fungsi. Sub Program “Adl Program kecil yg dpt di panggil berulang-ulang sesuai dg kebutuhan”  Manfaatnya: 1.Memudahkan.
ARRAY Suatu array (larik) adalah tipe terstruktur yang terdiri dari sejumlah komponen-komponen yang mempunyai tipe yang sama. Komponen ini disebut dengan.
Algoritma dan Struktur Data
Procedure & Function Sub Program.
Dasar Komputer & Pemrog. 2A
Procedure , Function dan Parameter
Outline Awalnya dikembangkan oleh Borland dan umunya igunakan untuk paket perangkat lunak tingkat lanjut dengan kepustakaan yang lebih banyak dan.
T I P E D A T A.
Struktur Data dan Algoritma
Tenia Wahyuningrum, SKom, MT. Deskripsi singkat Larik (array) adalah deretan rinci data yang mempunyai tipe sejenis. Setiap rinci data disebut dengan.
BAHASA PEMROGRAMAN PASCAL
Materi 9 LOGIKA & ALGORITMA.
ALGORITMA PEMROGRAMAN 2A
Pertemuan 2.
Struktur Program Pascal
Dasar-Dasar Pemrograman
Algoritma dan Pemrograman 2A
Algoritma.
Variabel dan Ekspresi Struktur Percabangan dan Struktur Perulangan
Dasar-Dasar Pemrograman
TPI4202 e-tp.ub.ac.id Input and Output (IO) Lecture 3.
Praktek LOGIKA INFORMATIKA DAN ALGORITMA
Array/larik Sri Supatmi Oleh:.
Array/larik ,procedure & fungsi
Ucu Nugraha, ST. Algoritma.
LINGKUNGAN TURBO PASCAL
STATEMENT INPUT DAN OUTPUT
Matematika Pascal Identifier x bernilai 10 X = 10
ANALISIS LEKSIKAL (Scanner)
Tipe data & Variabel 1. Bahasa Pascal 2. Tipe data & Variabel
STRUKTUR DATA ( Menjelaskan Mengenai Data & Struktur Data )
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN Tipe Data
Minggu II STRUKTUR DATA
DASAR PEMROGRAMAN File.
ARRAY SATU DIMENSI.
Matematika Pascal Nilai dari 40 siswa Identifier Nilai memuat 40 data
Pertemuan 2 Rismayuni.
Tipe data sederhana Hermansyah,S.Kom.
ARRAY (LARIK) MINGGU VI.
Pemrograman Dasar I Putu Hendra Tresnadana. S.
Algoritma pemrogaman komputer
Tipe data & Variabel 1. Bahasa Pascal 2. Tipe data & Variabel.
DASAR PEMROGRAMAN: STRING.
Chapter 3.2 : Tipe, Nama dan Nilai
Chapter 3-1 : Aturan Penulisan Teks Algoritma
PERNYATAAN IF THEN ELSE & CASE OF PERULANGAN FOR, WHILE DO, REPEAT UNTIL Fisika UNDANA, Senin 16 Oktober 2017.
Dasar-Dasar Pemrograman
Chapter 3 : Aturan Penulisan Teks Algoritma
Indentifier, Keywords, Variable, Tipe Data dan Operator
STATEMEN FOR STATEMEN WHILE STATEMEN REPEAT
Transcript presentasi:

Pengenalan Bahasa Pascal Pertemuan 3 Pengenalan Bahasa Pascal

Algoritma Algoritma Definisi Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis. Contoh : Algoritma TUKAR ISI BEJANA Diberikan dua buah bejana A dan B, bejana A berisi larutan berwarna merah, bejana B berisi larutan berwarna biru. Pertukarkan isi kedua bejana itu sedemikian sehingga bejana A berisi larutan berwarna biru dan bejana B berisi larutan berwarna Merah.

Algoritma Algoritma • Algoritma TUKAR ISI BEJANA di atas tidak menghasilkan pertukaran yang benar. Langkah di atas tidak logis, hasil pertukaran yang terjadi adalah percampuran kedua larutan tersebut. • Untuk mempertukarkan isi duah bejana, diperlukan sebuah bejana tambahan sebagai tempat penampungan sementara, misalnya bejana C. Maka algoritma untuk menghasilkan pertukaran yang benar adalah sebagai berikut :

PENYELESAIANNYA : DESKRIPSI : 1. Tuangkan larutan dari bejana A ke dalam bejana C. 2. Tuangkan larutan dari bejana B ke dalam bejana A. 3. Tuangkan larutan dari bejana C ke dalam bejana B.

TURBO PASCAL Langkah-Langkah yang dilakukan dalam membuat suatu program 1. Mendefinisikan masalah 2. Merencanakan Solusi 3. Membuat pengkodean 4. Pengujian 5. Dokumentasi

Menggunakan Flow Chart Merencanakan Solusi Menggunakan Flow Chart Komponen Simbol Start / End Input / Output Process Decision

Melakukan Pengkodean Langkah-Langkah yang dilakukan dalam pengkodean Program abc; Judul Program Uses Wincrt; Const Bagian Deklarasi Type Label Var Begin Statement Bagian Pernyataan End.

Keterangan Bagian Judul Program adalah bagian menunjukkan nama dari suatu program Bagian Deklarasi adalah bagian yang berisi hal-hal yang perlu dipesan atau didefenisikan sebelum program utama dilaksanakan Bagian Pernyataan adalah bagian yang menunjukkan suatu tindakan yang dikerjakan oleh program

Bagian Deklarasi 1. Const Suatu Identifier yang nilainya sudah mempunyai ketetapan Contoh : phi = 3.14, Gravitasi = 9.8 2. Var Suatu Identifier yang nilainya bisa berubah / Variable. Data di input menggunakan keyboard.

Bagian Deklarasi Var Tipe data yang digunakan dalam Variable Bilangan Bulat Tipe data yang digunakan adalah : integer, byte, word, dll Bilangan Decimal Tipe data yang digunakan adalah real Karakter Tipe data yang digunakan adalah Char,string

Bagian Statement Fungsi-Fungsi Pada Bagian Statement Read / Readln Fungsi yang digunakan untuk memasukkan data melalui keyboard Write / Writeln Fungsi yang digunakan untuk menampilkan data / informasi pada layar

Contoh Program abc; Uses Wincrt; Begin Write(‘Nama : ‘); Writeln(‘Siswa SMA Cendana’); Write(‘Pekanbaru’); Writeln(‘KLS : ’); End.

Contoh : Var nama : string; Begin nama := ‘Badu Atay’; write(‘nama : ‘); write(nama); End. Hasilnya : Nama : Badu Atay Var nama : string; Begin nama := ‘Julia Perezh”; WriteLn(‘Nama : ‘); WriteLn(Nama); Nama : Julia Perezh

Melakukan Pengkodean Program Luas_Lingkaran; Uses Wincrt; Const Phi = 3.14; Var R : Integer; Jari-Jari L : Real ; Luas Lingkaran Begin Write(‘Masukkan Jari – Jari Lingkaran = ’); Readln(R); L:= Phi * R * R ; Write (‘Luas Lingkaran = ‘,L); End.

Melakukan Pengkodean Buatlah program untuk menghitung luas bujur sangkar Buatlah program untuk menghitung luas persegi panjang

Luas Bujur Sangkar Program Luas_Bujur_Sangkar; Uses Wincrt; Var S: integer; L: integer; Begin Write(‘masukkan Sisi Bujur Sangkar= ‘); Readln(S); L:=S*S; Write(‘Luas Bujur Sangkar = ‘,L); End.

Luas persegi panjang LANJUTKAN!!!