Pemrograman Visual I D3 Manajemen Informatika Achmad Yasid E-mail : aspireyazz@gmail.com Hp : 085231946727
Kontrak Kuliah Mata Kuliah : Pemrograman Visual I Kode Mata Kuliah : TKD159 Semester : 1 Jumlah SKS : 3 Status : Wajib
Tujuan Umum Mata Kuliah Mahasiswa dapat membuat program dengan tool yang berbasis visual
Tujuan Khusus Mahasiswa dapat memahami pemrograman visual Mahasiswa dapat memahami pemakaian komponen visual Mahasiswa dapat memahami pengambilan keputusan pada pemrograman visual Mahasiswa dapat memahami perulangan pada pemrograman visual Mahasiswa dapat memahami procedure, function, modular, dan object design
Strategi Perkuliahan Ceramah Diskusi Latihan Praktikum
Referensi Tremblett P., “Instant Wireless Java with J2ME”, McGraw-Hill/Osborne, 2002 Rischpater, Ray, “Beginning Java ME Platform”, APRESS, 2008 Dan sumber lainnya yang mendukung
Tool Pendukung Java NetBeans
Tugas-Tugas Tugas Pendahuluan Tugas Praktikum Tugas Individu UTS UAS Laporan Resmi (Rangkuman Tugas dari modul 1 s/d 12)
Kriteria Penilaian
Pembobotan Nilai Kegiatan Bobot Tugas Pendahuluan 10% Tugas Praktikum 20% Tugas Individu 15% UTS UAS 25% Laporan Resmi
Tata Tertib Perkuliahan Keterlambatan 15 Menit Pakaian rapi dan sopan Tidak boleh memakai kaos oblong Handphone modus silence,getar atau dimatikan Keterlambatan Tugas 3 hari Total kehadiran minimal 75 % Komting : ......................
Pengantar Pemrograman Visual Bahasa Pemrograman High Level Language (Bahasa sehari-hari dengan aturan tertentu) Low Level Language bahasa mesin binary (0/1)
Teknik Bahasa Pemrograman Pemograman Procedural merupakan Instruksi khusus yang dieksekusi secara berurutan. Pemograman Functional merupakan Pemograman yang terdiri atas kumpulan perintah/instruksi yang akan dijalankan/dieksekusi oleh komputer berdasarkan fungsi-fungsi. Pemograman Terstruktur merupakan Pemograman yang terdiri atas kumpulan perintah/instruksi yang akan dijalankan/dieksekusi oleh komputer berdasarkan procedural dan atau functional.
Teknik Bahasa Pemrograman Pemograman Berbasis Modul merupakan Pemograman yang didasarkan atas kumpulan program procedural dan atau program functional yang akan dijalankan/dieksekusi oleh komputer berdasarkan modul. Pemograman Berorientasi Objek merupakan Pemograman yang terdiri atas kumpulan perintah/instruksi yang akan dijalankan/dieksekusi oleh komputer berdasarkan kejadiankejadian yang berkenaan dengan sebuah/beberapa objek.
Teknik Bahasa Pemrograman Pemograman Generic merupakan Pemograman yang terdiri atas kumpulan perintah/instruksi yang akan dijalankan oleh komputer bersama-sama pemograman berorientasi objek atau pemograman functional. Pemgoraman Declarative merupakan Pemograman yang terdiri atas kumpulan perintah/instruksi yang akan dijalankan oleh komputer berdasarkan pernyataan (declarative) yang berhubungan dengan logika.
Perkembangan Bahasa Pemrograman Bahasa Pemrograman Generasi Pertama Menggunakan bahasa mesin dengan suatu rangkaian angka nol & satu (biner) Bahasa Pemrograman Generasi Ke-2 Menggunakan bahasa rakitan (assembler) Bahasa Pemrograman Generasi Ke-3 Menggunakan language translator, kompiler & interpreter Basic, Pascal, Fortran, C++, Cobol
Perkembangan Bahasa Pemrograman Bahasa Pemrograman Generasi Ke-4 Bahasa Non-prosedural yang memungkinkan seorang programmer atau memakai menginstruksikan komputer apa yang harus dilakukan daripada bagaimana melakukannya. Oracle, Informix, Sybase, Acces Menggunakan bahasa query (SQL)
Bahasa Pemrograman Visual Visual Basic Delphi Java .NET dll
SEKIAN..........
Tugas Individu Instal Java dan Ide NetBeans Buat paper bahasa java Sejarah Perkembangan Versi Java IDE Java E-mail to aspireyazz@gmail.com paling lambat satu minggu setelah perkuliahan.