LOGIKA DAN ALGORITMA Erizal, S.Si, M.Kom Sistem Informasi STTI Respati

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas vii
Advertisements

PENGENALAN KOMPUTER Pengertian Komputer
PEMBELAJARAN DENGAN IT
Unit kendali (control unit) dan Unit aritmatika dan logika (ALU).
Bahasa Pemograman.
Pengenalan Software (perangkat lunak)
Algoritma Pemrograman
3 Variabel, Konstanta Tipe Data dan dalam Bahasa C/C++ Java dan Bab
SISTEM KOMPUTER Kelompok 3 1. Winda Dwi Astuti. (009) 2
Pengembangan Siklus Pengolahan Data
Algoritma & Pemrograman 1B JAVA
PENERAPAN KOMPUTER BAGIAN 1. POKOK BAHASAN 1. PENGENALAN KOMPUTER 2. BAHASA BASIC DAN DIAGRAM ALIR 3. VARIABEL DAN KONSTANTA A. STATEMEN MENAMPILKAN DATA.
Sistem Bilangan Dan Pengkodean
Algorithm and Data Structures.
Pengenalan Pemrograman Komputer
PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
KOMPUTER.
BAB I PENDAHULUAN.
PENGENALAN SISTEM KOMPUTER
SIKLUS PENGOLAHAN DATA
Struktur Sistem Komputer
PENGENALAN KOMPUTER.
Universitas Budi Luhur
Analisis dan desain Algoritma (PG157)
ELEMEN DASAR KOMPUTER.
Pengantar teknologi informasi .::Prosesor dan memori::.
ANALISA DAN DESAIN ALGORITMA
ALAT PEMROSES Alat pemroses adalah alat dimana instruksi-instruksi program diproses untuk Mengolah data yang sudah dimasukkan lewat alat input dan hasilnya.
Pengenalan Pemrograman Komputer
Oleh Lasminiasih, SE,.MM Teknologi komputer.
KELOMPOK 3 1. Winda Dwi Astuti. (009) 2. Septi Nur Hidayati. (010) 3
STACK 6.3 & 7.3 NESTED LOOP.
PERANGKAT – PERANGKAT KOMPUTER
Sistem Pengolahan Data Komputer
Pengenalan Bahasa Pemrograman
Pengantar teknologi informasi .::Prosesor dan memori::.
(Electronic Data Processing System)
MATERI 1 Review dan Pengantar C (Struktur Bahasa C, Variabel, Konstanta, Tipe Data, Operator)
01 Algoritma, Program, Bahasa Pemrograman dan KOMPUTER.
ORGANISASI KOMPUTER & ARSITEKTUR KOMPUTER
KOMPUTER.
02.1 Hari-2.
Teori Pendukung Introduction to Algorithm 01.
01.3 Hari-1 Sesi-3 Desain Algoritma.
Algoritma dan Struktur Data
Dasar dari Komputer, Sistem Bilangan, dan Gerbang logika
VARIABEL DAN TIPE DATA Erizal, S.Si, M.Kom Sistem Informasi
Mata Kuliah : ALGORITMA dan STRUKTUR DATA 1.
01.1 Algoritma dan Bahasa Pemrograman.
Pengantar Sistem Komputer
sistem komputer Fahrobby adnan s.kom., mmsi
mencetak Total kedua bilangan tersebut
Dasar-dasar Pemrograman
01.1 Algoritma dan Bahasa Pemrograman.
Pemrograman Terstruktur
MATA KULIAH PENGANTAR KOMPUTER ALI HASAN.
3 HARDWARE KOMPUTER CHAPTER
BAB V CENTRAL PROCESSING UNIT
PENGANTAR TEKNOLOGI KOMPUTER & INFORMASI 1A
Pengenalan Bahasa Pemrograman C++
PENGENALAN KOMPUTER.
Bab 08 Menghitung Total Data yang Diinput Dari Keyboard
Sekilas Tentang Komputer
MATERI 1 Review dan Pengantar C (Struktur Bahasa C, Variabel, Konstanta, Tipe Data, Operator)
Nested if 164.
Komponen-komponen Komputer Processing Device (CPU)
MATERI 3 : TEKNOLOGI KOMPUTER
Sistem Informasi Psikologi – Mengenal Komputer Halaman : 1 KOMPUTER.
Sistem Bilangan Dan Pengkodean
Hari 1 - Remediasi PENGENALAN KOMPUTER.
Transcript presentasi:

LOGIKA DAN ALGORITMA Erizal, S.Si, M.Kom Sistem Informasi STTI Respati erizalmik@yahoo.com http://erizal.wordpress.com

Tujuan

REFERENSI Hartono Jogiyanto, 2000, Konsep Dasar Pemrograman Bahasa C, Andi Yogyakarta. Wirth Niklaus, 1997, Algoritma + Struktur Data = Program, Andi Yogyakarta. M. Tenenbaum Aaron, Langsam Yedidyah and J. Augenstein Moshe, 1995. Data Structures Using C, Prentice Hall of India Private Limited. New Delhi. Solichin Achmad, 2003, Pemrograman Bahasa C dengan Turbo C, http://www. Ilmukomputer.com.

ALGORITMA adalah langkah-langkah yang diambil dalam menyelesaikan suatu tugas Langkah-langkah harus tersusun secara LOGIS dan Efisien agar dapat menyelesaikan tugas dengan benar dan efisien. Diselesaikan Oleh KOMPUTER

ALGORITMA merupakan gabungan antara SENI dan TEKNIK Seni, karena Algoritma penuh dengan kreativitas dan imajinasi yang jenius TEKNIK, Karena Algoritma diterapkan di Komputer yang penuh dengan TOOL dan metodologi

Komputer Computing CPU Alat untuk melakukan komputasi/perhitungan Central Processing Unit : suatu unit pemroses data

adalah alat pengolah data, dengan konstruksi elektronik, Mempunyai Processor contoh Intel Pentium KOMPUTER adalah alat pengolah data, dengan konstruksi elektronik, yang mempunyai, internal storage bekerja dengan bantuan Operating System menurut program yang diberikan kepadanya. RAM Contoh WINDOWS

Konfigurasi Komputer Input device RAM kapasitas 64 MB misal : Intel Pentium PROCESSOR MEMORY (internal Storage) SCREEN KEYBOARD HARDDISK (external storage) RAM misal kapasitas 64 MB Input device Misal 10 GB Output

Konfigurasi Komputer Input device RAM kapasitas 64 MB misal : Intel Pentium Data Operating System OPERATING SYSTEM PROGRAM -------- data PROCESSOR MEMORY (internal Storage) SCREEN KEYBOARD HARDDISK (external storage) Program RAM misal kapasitas 64 MB Input device Misal 10 GB Output Input &

Internal Storage RAM (Random Access Memory) Program diakses didalam memory Bagian-bagian yang menggunakan memory Sistem Operasi Driver Program aplikasi Misal kapasitas RAM : 256MB , 1GB, dll

BYTE adalah satuan memory (storage) terkecil yang no: 0 1 2 3 No : 64 * 1024 * 1024 - 1 (Untuk memory 64 MB) 1 BYTE = 8 bit (binary digit) X X X X X X X X 1 2 3 4 5 6 7 8 Bila memory dianggap sebagai sebidang tanah, maka 1 BYTE dapat dianggap sebagai 1 meter persegi Satuan lain : WORD ( 4 Byte) HALF WORD ( 2 Byte) DOUBLE WORD ( 8 Byte) SECTOR (512 Byte) BYTE adalah satuan memory (storage) terkecil yang masih bisa diberi alamat

MEMORY dan Satuan BYTE Memory, bila dibayangkan sebagai sebidang tanah, maka satu BYTE adalah area sebesar satu meter persegi, yang dapat menyimpan satu buah huruf Bila dibayangkan sebagai sebuah ruangan, maka satu BYTE adalah sebuah ubin yang dapat menampung sebuah huruf

RANDOM ACCESS (Akses secara Acak) 0 1 2 3 4 5 . . . . . . Komputer dapat mengakses (menuju, mencapai, mendapatkan) sebuah Byte dalam memory, secara langsung, tanpa harus menelusuri satu per satu mulai Byte 0,1,2,3, dan seterusnya. Bagi komputer, untuk mengakses Byte no 1000, sama mudahnya dengan mengakses Byte nomor 1, atau nomor lainnya

1 BYTE = 8 bit (binary digit / angka biner) Sebuah Byte terdiri dari 8 komponen yang disebut bit. Untuk menjelaskan bit dapat diilustrasikan sebagai sebuah bohlam lampu yang dapat menyala atau padam. Bila menyala disebut ON, dan padam disebut OFF Contoh sebuah huruf A bila disimpan dalam satu BYTE memory ON OFF ilustrasi sebuah BYTE yang terdiri dari 8 buah bohlam lampu.

Catatan : ON OFF disini sengaja dibuat jarak, hanya agar mudah melihat jumlah bitnya ada 8 buah.

Binary digit (angka biner) Untuk keperluan komputasi secara digital, maka : bit yang ON dinyatakan dengan angka 1, dan bit yang OFF dinyatakan dengan angka 0 Sehingga huruf A yang dinyatakan dengan ON dan OFF nya bit-bit sebagai berikut : ON OFF selanjutnya dinyatakan dengan : 0 1 0 0 0 0 0 1

Binary digit (angka biner) Bilangan Binary, Basis (Radix) = 2, karena hanya mengenal 2 notasi atau simbol yaitu: 0 dan 1 x x x x x x 32 16 8 4 2 1 Bilangan Decimal Basis (Radix) = 10, karena mengenal 10 notasi atau simbol yaitu : 0, 1, 2, 3, . . . 9 x x x x 1000 100 10 1

Binary digit (angka biner) 1 1 0 1 1 1 0 0 1 0 1 1 1 0 1 1 1 1 0 0 0 1 0 0 1 = 0 = 1 = 2 = 3 = 4 = 5 = 6 = 7 = 8 = 9

Nilai yang terkandung dalam sebuah BYTE Setiap bit yang ON mempunyai nilai sesuai dengan posisinya dalam sebuah BYTE yang dapat digambarkan sebagai berikut : 128 64 32 16 8 4 2 1

Nilai karakter A Ilustrasi huruf A yang disimpan dalam BYTE 128 64 32 16 8 4 2 1 Yang dinyatakan dengan angka biner (binary digit) menjadi : 128 64 32 16 8 4 2 1 0 1 0 0 0 0 0 1 Sehingga karakter A, atau huruf A yang disimpan dalam satu BYTE memory akan bernilai = 65, karena bit yang ON bernilai 64 dan 1.

HURUF atau KARAKTER : 128 64 32 16 8 4 2 1 = 65 = 66 = 67 = 68 = 69 A B C D E

Operating System (Sistem Operasi) KOMPUTER adalah alat pengolah data, dengan konstruksi elektronik, KOMPUTER memiliki internal storage bekerja dengan bantuan Operating System menurut program yang diberikan kepadanya.

Operating System sebagai Pengontrol Operating System adalah software yang dibuat untuk mengendalikan bekerjanya komputer. Beberapa Contoh Operating System DOS, WINDOWS, WINDOWS NT UNIX, LINUX, XENIX MACINTOSH SUN SOLARIS

PROGRAM Untuk menjalankan komputer diperlukan program Program dieksekusi untuk mengerjakan tugas-tugas tertentu Sistem Operasi merupakan program yang berjalan selama komputer aktif

yang diberikan kepada komputer untuk menyelesaikan suatu tugas PROGRAM adalah kumpulan instruksi-instruksi yang diberikan kepada komputer untuk menyelesaikan suatu tugas Instruksi-instruksi harus tersusun secara logis = Langkah-langkah dalam Algoritma Memerlukan LOGIKA yang benar

PROGRAM ditulis dalam suatu bahasa yang disebut Bahasa Pemrograman (Programming Language) Contoh Bahasa Pemrograman : COBOL FORTRAN Pascal BASIC C Java dan sebagainya Bahaca C ini yang kita gunakan untuk menerapkan Algoritma di komputer

Contoh Persoalan yang akan diselesaikan : Mencari Total dua buah bilangan (Misal dua buah bilangan tersebut masing masing bernilai 5 dan 2). diselesaikan dengan menggunakan KALKULATOR diselesaikan dengan menggunakan SIPOA, SWIPOA, SEMPOA diselesaikan dengan menggunakan KOMPUTER

Contoh Soal : Diketahui dua buah bilangan masing masing bernilai 5 dan 2. Susun program dalam Bahasa C untuk mencetak hasil penambahan kedua buah bilangan tersebut. Algoritma dalam Bahasa C Algoritma secara Umum #include<stdio.h> void main() { int A,B,T; A = 5; B = 2; T = A + B; printf(“%i”, T); } A ¬ 5 B ¬ 2 T ¬ A + B WRITE(T) Variabel tidak didefine/ dideklarasi/ dinyatakan/ dipesan lebih dulu Variabel perlu didefine/ dideklarasi/ lebih dulu VARIABLE ---------- VARIABEL - Tipe (Type) - Nama - Isi Mewakili ALAMAT (address)

5 + 2 = 7 C PU MEMORY windows 7 A B T C compiler HARDDISK #include<stdio.h> main() { int A,B,T; A=5; B=2; T=A+B: printf(“%I”, T); } C PU 5 + 2 = 7 MEMORY xxxxxx 2 #include<stdio.h> main() { int A,B,T; A = 5; B = 2; T = A + B; printf(“%i”, T); } 5 2 7 7 A B T 4 SCREEN KEYBOARD 2 3 C compiler windows 1 Windows C compiler HARDDISK

Program diatas dapat juga ditulis sbb: #include <stdio.h> main() { int A, B, T; A = 5; B = 2; T = A + B; printf(“%i”, T); } Satu baris statement dapat terdiri dari lebih dari satu instruksi Atau sebagai berikut : #include <stdio.h> main() { int A, B, T; A = 5; B = 2; T = A + B; printf(“%i”, T); } #include <stdio.h> main() { int A, B, T; A = 5; B = 2; T = A + B; printf(“%i”, T); } #include <stdio.h> main() { int A = 5, B = 2, T; T = A + B; printf(“%i”, T); }

Cara - 2. Cara - 3 #include <stdio.h> main() { int A, B; A = 5; printf(“%i”, A+B); } Total tidak disimpan dalam sebuah variabel, tapi hasil penambahan A+B bisa langsung dicetak Cara - 3 Nilai 5 dan 2 begitu juga Total, tidak dismpan dalam variabel. Tapi hasil 5 + 2 langsung bisa dicetak #include <stdio.h> main() { printf(“%i”, 5 + 2); } Walaupun ini juga program, tapi BUKAN program yang dimaksud untuk menghitung 5 + 2 tapi hanya sekedar mencetak nilai 7 yang telah kita hitung Sendiri. Nilai 7 bukan dihitung oleh komputer #include <stdio.h> main() { printf(“%i”, 7 ); }

END OF MODUL