Islamic State : Perjanjian Madinah dan Dasar Teori Negara di Asia Barat Oleh : Sastra Dinata.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Seminar Pendidikan Agama Islam
Advertisements

SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
Pengertian, Kedudukan, dan Fungsi Al-Quran
Bagi Sarjana yang menganggap negara sebagai organisasi Kekuasaan Undang-Undang Dasar adalah:  Kumpulan asas yang menetapkan pembagian kekuasaan;  Menentukan.
HAK ASASI MANUSIA SEJARAH
MASA NABI SAW DAN KHULAFAURRASYIDIN
Sistem Poltik Dalam Islam
ANTISIPASI SEKULARISME TERHADAP KETATANEGARAAN INDONESIA
Pengenalan H A M By : Eko Wahyudi.
NABI MUHAMMAD SAW. DAN PERUBAHAN MASYARAKAT ARAB
Nama Dosen : Bpk Mujiyono
ISLAM ?.
PENGERTIAN HAM Ham adalah hak yang melekat pada diri setiap manusia sejak awal dilahirkan yang berlaku seumur hidup dan tidak dapat diganggu gugat oleh.
Civil society/ Mujtama’ Madani
Wawasan Nusantara dan Ketahanan Nasional
DEMOKRASI PANCASILA Oleh : firdaus sianipar.
bagi suatu bangsa dan negara
Masyarakat dalam Islam, Ciri-cirinya:
DISUSUN OLEH: MISNANI. S.Ag. M.Pd. I
MEMBANGUN DEMOKRASI UNTUK INDONESIA
PANCASILA DALAM KONTEKS SEJARAH PERJUANGAN BANGSA INDONESIA
Islam Membangun Persatuan dalam Keberagamaan
DEMOKRASI INDONESIA EKA YULI ASTUTI , S.H., M.H.
SEJARAH PERKEMBANGAN HAM
SUMBER-SUMBER DAN NILAI DALAM PERILAKU ETIKA
TEORI KONSTITUSI OLEH ANIS MUTTAQIN.
Etika Profesi Dalam Dunia Informasi
hijrah nabi muhammad Saw ke madinah dan piagam madinah
Pengertian Negara Etimologi
Dr. Dewi Kurniasih, S.IP.,M.Si.
Masyarakat Madani Nurhasan, M. Ag.
Dr. Dewi Kurniasih, S.IP.,M.Si.
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
BAHASA HUKUM KETATANEGARAAN
Perkenalan dengan hadits tarbiyah
PEMBERIAN OLEH PENINGGAL WARISAN PADA WAKTU IA MASIH HIDUP (HIBAH)
Ideologi dan Nilai-nilai Pancasila
PERJANJIAN AQABAH.
SEJARAH DAKWAH RASULULLAH SAW PERIODE MADINAH
1. Konsep Masyarakat Madani Pengertian Masyarakat Madani
MASA PEMBINAAN, PENGEMBANGAN, DAN PEMBUKUAN (ABAD VII-X M)
HAM DAN DEMOKRASI DALAM ISLAM
DEMOKRASI INDONESIA NORI SAHRUN, S.Kom., M.Kom.
KONSEP PRODUKSI DI ACEH: TEORI DAN REALITA
ISLAM dan PERKEMBANGAN ISLAM
HUKUM ISLAM DLM TATA HUKUM NASIONAL
MASYARAKAT MADANI DAN KESEJAHTERAAN UMUM
KEMAJUAN PEREMPUAN DI INDONESIA: ANTARA CITA DAN FAKTA
POLITIK, HAM DAN DEMOKRASI DALAM ISLAM
TAMADUN ISLAM & TAMADUN ASIA
Kelompok 2 Anne Dylan Deinar Jethro Revaldo Vincent
ISLAM & INDAHNYA KERAGAMAN
TAAT PADA ATURAN TAAT PADA ATURAN. QS. An – Nisa’ 4 : 59 Hai orang-orang yang beriman, ta`atilah Allah dan ta`atilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara.
A. PERJUANGAN DAKWAH NABI MUHAMMAD SAW Faktor pendorong Rasulullah saw. hijrah ke Madinah : 1.Penduduk Madinah yang berikrar memeluk Islam di Bukit Aqaba.
Kedaulatan.
HUKUM, HAM DAN DEMOKRASI DALAM ISLAM
KBM 4 AQIDAH ISLAMIAH BAB 1 : FIRAQ DALAM ISLAM
KERAJAAN ISLAM DI MADINAH
Sejarah & Tamadun Islam
KERAJAAN ISLAM DI MADINAH
KERAJAAN ISLAM DI MADINAH
KERAJAAN ISLAM DI MADINAH OBJEKTIF PEMBELAJARAN
BAB 1 : UMAT ISLAM DAN DUNIA ISLAM
Sistem Hukum Indonesia ( bahan 13 ) Bhn 13 SISTEM HUKUM INDONESIA
DEMOKRASI (2) MASYARAKAT MADANI.
BAB VII DINAMIKA HISTORIS KONSTITUSIONAL, SOSIAL- POLITIK, KULTURAL, SERTA KONTEKS KONTEMPORER PENEGAKAN HUKUM YANG BERKEADILAN.
KONSTITUSI INDONESIA MATA KULIAH KEWARGANEGARAAN.
Masyarakat Multikultural dan Partikularisme Masyarakat.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh Kelompok 2 : Dakwah Nabi Muhammad saw. Periode Madinah Hasdar Mizi Nasution Eva Santi Lubis
Konstitusi di Dunia. Kelompok 1 Bunga Salsabila Fitri Sinambela Jeni Reja Dianita br Purba Regina Dwita Andjani
Transcript presentasi:

Islamic State : Perjanjian Madinah dan Dasar Teori Negara di Asia Barat Oleh : Sastra Dinata

Apa Itu Piagam Madinah ? Piagam madinah atau shahifatul madinah adalah sebuah dokumen yang berisikan perjanjian formal umat islam dengan suku atau kelompok yang ada di madinah. Disusun oleh nabi Muhammad SAW pada tahun 622 masehi. Terdiri dari sebuah pembukaan dan 47 pasal.

Piagam madinah sebagai konstitusi Isi dari piagam madinah sendiri yaitu mengatur dan menetapkan hak dan kewajiban bagi umat muslim, yahudi, dan suku atau kelompok lain di madinah Piagam Madinah menghendaki semua penduduk Madinah untuk tunduk pada aturan aturan di dalam piagam madinah sehingga piagam madinah sering disebut konstitusi madinah.

Piagam madinah dan teori dasar negara Dalam piagam madinah tidak ditemukan aturan yang menjelaskan dasar negara. Tetapi dalam piagam madinah menjelaskan adanya suatu aturan antar masyarakat didalam suatu kumpulan masyarakat (negara madinah) Istilah “ negara madinah “ muncul karena madinah telah mencukupi syarat syarat dasar sebagai negara.

Negara madinah dianggap sebagai negara islam karena merujuk pada aturan di piagam madinah yang didasari hukum islam. Namun, sistem negara madinah sendiri masih belum dapat dibuktikan secara konkrit, apakah menganut kekhalifahan atau sistem lainnya.

Ketidakpastian konsep negara di dalam islam memunculkan suatu keberagaman konsep negara di kawasan asia barat. Namun, sebagian negara di asia barat masih menggunakan hukum islam sebagai hukum negara.

Negara di kawasan asia barat banyak menganut demokrasi walaupun demokrasi di asia barat terkadang masih jauh dari cita cita demokrasi itu sendiri. Seperti timbulnya sistem otoriter. Negara di kawasan asia barat juga banyak menganut bentuk pemerintahan kerajaan.

Pandangan islam tentang bentuk negara Islam moderat berpendapat bahwa bentuk negara hasil dari sebuah demokrasi sudah mempresentasikan dari bentuk dan konsep negara yang diinginkan islam yang dimana didalamnya mengandung nilai nilai kemanusiaan.

Sementara islam konservatif berpendapat bahwa bentuk dan konsep negara yang diinginkan islam adalah negara dengan menegakan syariat islam dan kekhalifahan.

Konflik di asia barat Ketidakpastian tentang konsep dasar negara di asia barat sehingga memunculkan konflik antar kelompok. Konflik sering terjadi antara kelompok pro demokrasi dengan negara otoriter ataupun kelompok pro kekhalifahan dengan kelompok pro demokrasi.

Piagam madinah sebagai landasan bermasyarakat Piagam madinah harus dijadikan spirit untuk menciptakan kondisi iklim masyarakat yang harmonis didalam masyarakat yang plural Spirit negara madinah juga harus dijadikan sebagai landasan menghadapi era demokrasi yang berkeadilan dan toleran.

Sekian dan terimakasih