Pemrograman Dasar I Putu Hendra Tresnadana. S
VARIABEL VARIABEL Variabel adalah suatu pengenal yang didefinisikan oleh programmer untuk menyimpan nilai atau data tertentu yang dibutuhkan dalam program pada saat program sedang berjalan (run- time).
Bentuk umum pendeklarasian variabel: Program coba; Uses crt; Var x : integer; y: real; Nama : string[25]; A,B,C : integer; Begin End.
Kata-kata yang Tidak Boleh digunakan sebagai nama variabel
Adapun aturan-aturan penamaan variabel dalam Pascal adalah sebagai berikut: Tidak boleh mengandung spasi, simbol atau tanda. Contoh: Nama Lengkap : string; {SALAH karena mengandung spasi} @mail?! : string; {SALAH karena mengandung simbol} Tidak boleh diawali dengan angka 2bilangan : integer; {Anggap Tpoint record buatan} Tidak boleh menggunakan kata kunci yang sudah terdapat di dalam bahasa Pascal. For : integer; {Menggunakan kata kunci for} While : boolean; {menggunakan kata kunci while}
Berdasarkan ruang lingkupnya, variabel dibedakan menjadi dua yaitu: Variabel Global variabel tersebut dideklarasikan diluar blok atau rutin-rutin (prosedur atau fungsi) tertentu. Sehingga variabel global dapat dikenali oleh semua prosedur yang terdapat dalam program atau unit bersangkutan. Contoh: Program LatVarGlobal; Uses crt; Var VarGlobal : integer; Begin ............ End.
Variabel Lokal variabel yang dideklarasikan di dalam suatu rutin tertentu sehingga hanya dikenali oleh rutin yang bersangkutan saja. Contoh: Function Func1: integer; Var VarLokal : integer; Begin ......... End; Pada kode di atas, variabel VarLokal merupakan variabel bertipe integer yang sifatnya lokal dan hanya dikenal fungsi Func1 saja.
Konstanta Didalam pembuatan program sering kali kita perlu untuk mendefinisikan konstanta atau tetapan, dimana nilainya tidak dapat diubah selama program sedang berjalan. Hal ini tentu berbeda dengan variabel yang nilainya dapat diubah kapan saja sesuai kebutuhan program. Bentuk umum pendeklarasian konstanta: const NamaKonstanta1 = nilai_konstanta1; NamaKonstanta2 = nilai_konstanta2;
Contoh Penggunaan Konstanta; Program lingkaran; Uses crt; const phi=3 Contoh Penggunaan Konstanta; Program lingkaran; Uses crt; const phi=3.1416; Var jari:integer; luas:real; Begin write('masukan jari-jari lingkaran : ');readln(jari); luas:=phi*jari*jari; writeln; writeln('luas lingkaran = ',luas:0:2); End.
ADA YANG MENGANTUK?
SILAHKAN BERTANYA !!!