Pengantar Teknologi Informasi Materi I
Teknologi ...adalah pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya.
Informasi …adalah hasil pemrosesan, manipulasi dan pengorganisasian/penataan dari sekelompok data yang mempunyai nilai pengetahuan (knowledge) bagi penggunanya.
Teknologi Informasi ...adalah studi atau peralatan elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan, menganalisa, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar (kamus Oxford, 1995)
Teknologi Informasi …adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melaksanakan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi (Haag & Keen, 1996)
Teknologi Informasi … mencangkup perangkat keras dan perangkat lunak untuk melaksanakan satu atau sejumlah tugas pemrosesan data seperti menangkap, mentransmisikan, menyimpan, mengambil, memanipulasi, atau menampilkan data (Alter, 1992)
Teknologi Informasi … tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (software & hardware) yang digunakan untuk memproses atau menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi (Martin, 1999)
Teknologi Informasi … adalah segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirimkan informasi dalam bentuk elektronis (Lucas, 2000)
Teknologi Informasi …adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video (William & Sawyer, 2003)
Secara implisit dan eksplisit IT tidak sekedar berupa teknologi komputer, tetapi juga mencakup teknologi komunikasi. Dengan kata lain, yang disebut Teknologi Informasi adalah gabungan antara Teknologi Komputer dan Teknologi Telekomunikasi.
Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.
Teknologi yang memanfaatkan komputer sebagai perangkat utama untuk mengolah data menjadi informasi yang bermanfaat.
Ruang Lingkup Secara garis besar IT dibagi menjadi 2 Perangkat Lunak (software) – terkait dengan instruksi-instruksi untuk mengatur perangkat keras agar dapat bekerja sesuai dengan tujuan intruksi- instruksi tsb. Perangkat keras (hardware) – menyangkut pada peralatan yang bersifat fisik, seperti memori, printer, keyboard, dsb.
Menurut Haag Teknologi masukan (input technology) Teknologi keluaran (output technology) Teknologi perangkat lunak (software technology) Teknologi penyimpanan (storage technology) Teknologi telekomunikasi (telecommunication technology) Mesin pemroses (processing machine) biasa dikenal dgn nama CPU
Peranan IT IT menggantikan peran manusia, yakni melakukan otomatisasi terhadap suatu tugas atau proses. IT memperkuat peran manusia, yakni dengan menyajikan informasi terhadap suatu tugas atau proses. IT berperan dalam restrukturisasi terhadap peran manusia, yakni berperan dalam melakukan perubahan-perubahan terhadap sekumpulan tugas atau proses.
IT dalam dunia perbankan IT dalam dunia pendidikan IT dalam dunia medis IT untuk Kepolisian IT untuk perdagangan elektronis IT untuk perancangan produk
Data Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan. Data dapat berupa angka-angka, huruf- huruf atau simbol-simbol khusus atau gabungannya. Data mentah masih belum bisa bercerita banyak, sehingga perlu diolah lebih lanjut. Pengolahan data dengan menggunakan komputer terkenal dengan nama Pengolahan Data Elektronik (PDE) atau Electronic Data Processing (EDP).
Siklus Pengolahan Data Proses pengolahan data terdiri dan 3 tahapan dasar, yang disebut dengan siklus pengolahan data yaitu : Input, Processing, Output.
Origination. Tahap ini berhubungan dengan proses dari pengumpulan data yang biasanya merupakan proses pencatatan (recording) data ke dokumen dasar.
Input. Tahap ini merupakan proses memasukkan data ke dalam proses komputer lewat alat input (input device).
Processing. Tahap ini merupakan proses pengolahan dari data yang sudah dimasukkan yang dilakukan oleh alat pemroses (processing device), yang dapat berupa proses menghitung, membandingkan, mengklasifikasikan, mengurutkan, mengendalikan atau mencari di storage
Definisi Komputer Oxford English Dictionary (OED) Suatu perangkat yang digunakan untuk menghitung atau mengendalikan operasi- operasi yg dinyatakan dalam bentuk numerik atau logika
V.C.Hamacher dalam bukunya “Computer Organization” mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi
Robert H.Blissmer (1985), dalam bukunya “Computer Annual” suatu alat elektronik yang mampu menerima input, memproses input tadi sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan, menyediakan output dalam bentuk informasi
William M.Fuori dalam “Introduction to the computer, the Tool of Business” suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara tepat, termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logika, tanpa campur tangan manusia
Output Tahap ini merupakan proses memasukkan data ke dalam lewat alat output (output device).
Sanders (1985) sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yg telah tersimpan dalam memori
Komputer Perangkat elektronik yg dpt menerima masukan (input), dan selanjutnya melakukan pengolahan (process) untuk menghasilkan keluaran (output) berupa informasi.
Perangkat utama: perangkat input, proses, dan perangkat output, ditambah penyimpan data
Sejarah Komputer 1822 Charles Babbage mengemukakan idenya tentang sebuah alat yang dapat membantu manusia dalam melakukan perhitungan yang rumit. Mesinnya yang tidak selesai dibuat saat ini berada di London Museum of Science. 1937 Dr. John V Atanasoff dan Clifford Berry mendesain komputer digital elektronis pertama. Dengan nama ABC (Atanasoff- Berry Computer). ABC hanya dapat menghitung tambah dan kurang. 1943 Selama Perang Dunia 2, ilmuwan Inggris yang bernama Alan Turing mendesain komputer elektronik khusus untuk tentara Inggris. Digunakan untuk menembus kode pertahanan Jerman.
1944 Howard Hathaway Aiken (american) membuat Mark I 1944 Howard Hathaway Aiken (american) membuat Mark I. Sebuah komputer hitung digital pertama yang dibuat. Memiliki luas 7,45 kaki x 50 kaki, dengan berat 35 ton. Mark I dapat digunakan untuk menghitung probabilitas. 1945 Dr. John von Neumann menulis konsep penyimpanan data. Saat itu masih berupa ide.
1946 Dr. John W. Mauchly dan J. Presper Eckert, jr 1946 Dr. John W. Mauchly dan J. Presper Eckert, jr. menyelesaikan komputer skala besar yang pertama, diberi nama ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer). Dunia mengetahui kedua orang ini sebagai PENEMU KOMPUTER. ENIAC berbobot 30 ton, terdiri dari 18.000 lampu tabung (transistor ukuran besar), memiliki luas 30 kaki x 50 kaki, memakai tenaga 160.000 watt. Pertama kali komputer ini dinyalakan, seluruh jaringan listrik di Philadelphia mendadak mati. ENIAC tidak hanya dapat menghitung tambah kurang kali bagi, tapi juga dapat diprogram untuk melakukan proses sederhana. Dibanding Mark I yang hanya dapat menghitung, dapat dilihat bahwa ENIAC adalah KOMPUTER pertama di dunia.
1947 Transistor pertama ditemukan oleh William Shockley, John Bardeen, dan Walter Brattain. Semenjak transistor ditemukan, ukuran komputer semakin mengecil.. Dari bacaan diatas, diketahui bahwa penemu KOMPUTER (bukan kalkulator) adalah Dr. John W. Mauchly dan J. Presper Eckert, jr.. materi referensi: Buku Discovering Computers: Concept for a Digital World 2003; Garry B. Shelly, Thomas J. Cashman, Misty E. Vermaat.
Sistem Kerja (PROSES) (OUTPUT ) KELUARAN (INPUT) MASUKAN PENGOLAHAN YANG TERUS MENERUS BERJALAN DENGAN SANGAT CEPAT. DARI SISTEM KERJA DEMIKIAN KEMUDIAN SECARA OTOMATIS BERDASARKAN URUTAN PERINTAH DAN DATA YANG DIMASUKKAN (DI INPUT) TEMPAT PENYIMPANAN
Bagian Komputer
Sebuah komputer minimal memiliki: Casing Komputer bersama power supply (biasanya dijual sekalian) Motherboard Processor dengan kipas atau pendingan (biasanya dijual sekalian) Minimal sebuah memory card. Penyimpan data (harddisk) Keyboard dan mouse untuk memberikan input Monitor untuk menampilkan output secara visual
Elemen Sistem Komputer Perangkat keras (hardware) Perangkat lunak (software) Manusia yang mengoperasikan (brainware)
Perangkat keras (hardware) Peralatan yang secara fisik terlihat dan bisa diraba atau dipegang. Contoh: Printer Monitor CPU Keyboard dll
Perangkat lunak (software) Program yang berisi instruksi/perintah untuk melakukan pengolahan data. Contoh: Sistem operasi windows dan linux Bahasa pemrograman C++ Pascal Visual Basic dll
Brainware Manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan sistem komputer
Sistem Komputer Kumpulan dari elemen-elemen komputer (hardware, software, brainware) yang saling berhubungan (terintegrasi) dan saling berinteraksi untuk melakukan pengolahan data dengan tujuan menghasilkan informasi sesuai dengan yang diharapkan
Struktur Komputer Cara-cara dari tiap komponen yang menyusun komputer saling berkaitan Piranti masukan (input device) Piranti keluaran (output device) Input/Output (I/O) Port CPU (Central Processing Unit) Memory Data Bus
Piranti Masukan (input device) Berfungsi sebagai media komputer untuk menerima masukan atau perintah dari luar Contoh: Keyboard, mouse, touch screen, scanner, kamera, dll
Piranti keluaran (output device) Berfungsi sebagai media komputer untuk memberikan atau menampilkan keluaran dari hasil pengolahan data Contoh: monitor, speaker, printer, dll
Input/Output (I/O) Port Media penghubung (interface) untuk menerima dan mengirim data Contoh: USB Port, Serial Port, dll
CPU (Central Processing Unit) Unit pusat pengolah data, Seringkali disebut “otak” komputer atau prosesor. Memiliki dua fungsi utama ALU (Aritmetic Logic Unit) CU (Control Unit)
CPU ALU (Aritmetic Logic Unit) CU (Control Unit) Unit untuk melakukan perhitungan-perhitungan aritmatika spt: ADD (+), SUBSTRACT (-), MULTIPLY (*), DIVIDE (/), serta operasi-operasi logika seperti OR, AND, XOR, INVERTION atau NOT. CU (Control Unit) Berfungsi untuk mengendalikan operasi yang dilaksanakan sistem komputer
Memory Berfungsi untuk menyimpan data dan program Jenis memory: ROM (Read Only Memory) permanen, tetap, tidak tergantung keberadaan arus listrik RAM (Random Access Memory) tidak permanen, sementara, bergantung keberadaan arus listrik
Data Bus Merupakan jalur-jalur (bus) perpindahan data antar modul dalam sistem komputer Jalur bus biasanya terdiri dari 8,16,32 atau 64 saluran paralel
Satuan Waktu dan Frekuensi pada Komputer Ekivalen Keterangan Byte 8bite Untuk menyimpan sebuah karakter pd sistem ASCII atau EBCDIC Kilobyte 1024 byte Awal PC hanya memiliki memori sebesar 640 kilobyte Megabyte 1024 kilobyte Memori PC pada saat ini berkisar antara 128-1000 megabyte Gigabyte 1024 megabyte Ukuran harddisk yang digunakan biasanya berkisar 20-80 gigabyte Terabyte 1024 gigabyte Database yang sangat besar Pentabyte / Pytabyte 1024 terabyte Penggunaan masa mendatang
Satuan Waktu Satuan Ekivalen Milidetik 1/1.000 detik Mikrodetik Nanodetik 1/1.000.000.000 detik Pikodetik 1/1.000.000.000.000 detik
Satuan Frekuensi Frekuensi diatur dengan satuan Hertz Jumlah siklus dalam 1 detik 1 Hertz: dalam satu detik terbentuk sebuah siklus Ukuran frekuensi yang lebih besar: kilohertz dan megahertz 1 kilohertz (KHz)=1000 hertz(Hz) 1 megahertz (MHz)=1000 kilohertz
Sistem Pengkodean pada Komputer 3 yang populer: ASCII (American Standar Code for Information Interchange) EBCDIC (Extended Binary Coded Decimal Interchange Code) Unicode
ASCII (American Standar Code for Information Interchange) Dikembangkan oleh ANSI (American National Standards Institute) Awalnya menggunakan 7 bit untuk menyatakan suatu code Karakter kontrol, huruf (A-Z, a-z), digit (0-9), sejumlah simbol spt *, + Dikembangkan menjadi 8 bit Dengan tambahan sejumlah simbol yunani dan karakter grafis
EBCDIC (Extended Binary Coded Decimal Interchange Code) Standar yang dibuat IBM pada tahun 1950-an dan menggunakan 8 bit untuk setiap kode. Pertama kali digunakan pada IBM System/360 Standar ini diterapkan pada berbagai komputer mainframe
Unicode Sebuah karakter dinyatakan dengan 16 bit Dapat mencakup 65.536 karakter Simbol dalam bahasa seperti arab dan cina bisa ditampung http://www.unicode.org
Kemampuan Komputer Kemampuan komputer yang paling menakjubkan adalah kecepatannya. Komputer dapat melakukan suatu operasi dasar, seperti misalnya perhitungan, pertambahan atau pengurangan, dalam waktu yang sangat cepat, yaitu dalam satuan millisecond, microsecond, nanosecond atau picosecond.
Kemampuan Komputer Komputer mikro sekarang dapat mempunyai kecepatan berkisar dan 8 MHZ sampai dengan 500 MHz. Satu megahertz (MHz) menunjukkan kemampuan melakukan kecepatan sebesar satu juta siklus operasi per detik. Jika kecepatan komputer mikro adalah 500 MHz, ini berarti bahwa komputer ini dapat melakukan 500.000.000 (500 juta) siklus operasi per detiknya, atau satu siklus operasi dapat dikerjakan selama 1/500.000.000 detik atau 0,5 nanosecond
Penerapan Komputer Di bidang teknik dan ilmu pengetahuan Komputer dapat menyelesaikan perhitungan- perhitungan yang sulit dan rumit dalam waktu yang sangat cepat. Perhitungan-perhitungan yang harus dilakukan secara trial dan error yang biasanya sangat lama, sulit, dan membosankan, bisa ditangani oleh komputer. Penelitian dan riset pengembangan yang berbahaya bisa dilakukan manusia dan membutuhkan biaya yang besar, dapat dilakukan secara simulasi pada komputer. Komputer bisa digunakan pada bidang geologi untuk mempelajari keadaan tanah serta kontur suatu daerah.
Penerapan Komputer Di bidang bisnis Untuk menyediakan informasi dengan cepat dan tepat. Bila informasi terlambat atau terhenti waktunya maka sistem perusahaan akan menjadi lusuh. Manajemen membutuhkan informasi secara berbeda tergantung dari tingkatannya di dalam perusahaan. Sistem Informasi Manajemen merupakan sistem informasi yang banyak diterapkan pada perusahaan-perusahaan untuk menyediakan informasi yang diperlukan oleh semua tingkat manajemen. Definisi Sistem Informasi Manajemen adalah suatu sistem informasi yang didasarkan pada komputer, dirancang untuk mendukung operasi, menyediakan informasi kepada manajemen untuk tujuan pengambilan keputusan dalam suatu organisasi.
Penerapan Komputer Di bidang industri Dengan adanya komputer, proses produksi di dalam industri lebih efisien dan lebih efektif. Di dalam proses produksi, komputer dapat digunakan untuk pengawasan numerik (numerical control) atau pengawasan proses (process control). Pengawasan numerik berarti pengawasan secara otomatis terhadap posisi-posisi operasi mesin-mesin yang dipergunakan, misalnya: mesin pemotong, grenda, mesin press, dsb. Pengawasan proses berarti menyediakan otomatisasi si dalam operasi pada industri untuk mengatur secara otomatis variabel- variabel yang mempengaruhi proses produksi tersebut yang sulit dilakukan oleh manusia secara serentak. Komputer ini banyak digunakan pada proses produksi baja, penyulingan minyak, produksi kertas, bahan-bahan kimia, semen, makanan, dll.
Penerapan Komputer Di bidang kedokteran Komputer banyak digunakan pada klinik-klinik dan rumah- rumah sakit untuk membantu para dokter mendiagnosa penyakit dan menemukan obat yang tepat. Dengan memasukkan gejala-gejala penyakit dari pasien ke komputer, dokter akan segera mendapat hasil dari jenis penyakit pasien, dan dapat menentukan obatnya. Komputer dapat digunakan untuk menganalisa organ tubuh manusia bagian dalam yang sulit dilihat. Sistem CAT (Computerized Axial Tonography) memungkinkan untuk mengambil gambar otak dan organ tubuh lainnya.
Internet Secara harfiah, internet (kependekan daripada perkataan 'interconnected-networking') rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian.
Tokoh-tokoh Internet Dunia Timothy Barners Lee pencipta WWW (World Wide Web) Roy Tomlinson pencipta @ (at) pada alamat e-mail