Pengolahan Citra Digital Danar Putra Pamungkas, M.Kom danarpamungkas.wordpress.com danar@unpkediri.ac.id
“a picture is more than a thousand words”
Analog Digital Conversion Pembentukan Citra Citra Kontinu / Analog Diskrit / Digital dihasilkan dari sistem optik yang menerima sinyal analog, contoh : mata manusia dihasilkan melalui digitalisasi terhadap citra kontinu Digitalisasi Citra analog Analog Digital Conversion Komputer Citra Digital sebuah gambar dihasilkan melalui digitalisasi yang tiap pixelnya mempunyai nilai diskrit mulai dari 0-255 sebagai representasi intensitas warna cahaya
Representasi Citra Citra monokrom merupakan fungsi f(x,y) sebagai fungsi tingkat keabuan, fungsi 2 dimensi dengan x menyatakan variabel baris, dan y variabel kolom.
Citra Multispektural merupakan citra berwarna biasanya dinyatakan dalam tiga komponen RGB (Red Green Blue).
Warna Citra dan Model Warna cara menampilkan warna2 dan hubungan di antaranya CMY Cyan Magenta Yellow industri penerbitan gambar berwarna Sistem Pengolahan Warna Red Green Blue monitor & komputer grafis RGB
Kubus Warna RGB Model RGB digambarkan sbg kubus 3-dimensi dgn merah, hijau & biru pd sudut2 ke-3 sumbu : hitam pd titik awal (origin) putih pd ujung diagonal yg berlawanan derajat keabuan pd garis diagonal hitam ke putih pd sistem grafik 24-bit -> 8 bit per saluran warna:merah = (255, 0, 0) atau (1,0,0) 8 bit per saluran warna:hijau = (0, 255, 0) atau (0,1,0) 8 bit per saluran warna:biru = (0,0, 255) atau (0,0,1) 128 255
CMY (Cyan Magenta Yellow) CMY = komplemen dr RGB = subtract primaries Konversi antara CMY dan RGB cyan menyerap red : C=1.0 – R R=1.0-C magenta menyerap green: M=1.0-G G=1.0-M yellow menyerap blue : Y=1.0-B B=1.0-Y
Elemen Citra Countour, kontur merupakan keadaan yang ditimbulkan oleh perubahan intensitas pada pixel yang bertetanggaan Contrast, kontras menyatakan sebaran terang “lightness” dan gelap “darkness” di dalam gambar Brightness, kecerahan atau intensitas cahaya yang dipancarkan pixel dari citra yang dapat ditangkap oleh sistem penglihatan Texture, tekstur dicirikan sebagai distribusi spasial dari derajat keabuan di dalam sekumpulan pixel yang bertetanggaan. Color, warna sebagai persepsi yang ditangkap sistem visual terhadap panjang gelombang cahaya yang dipantulkan oleh objek Sharp, bentuk sebagai properti instristik dari objek 3 dimensi
Representasi Citra Digital Bitmap Gambar Bitmap dipresentasikan dalam bentuk matrik, atau dipetakan dengan menggunakan bilangan binner atau sistem bilangan lain, memiliki kelebihan untuk memanipulasi warna namun untuk merubah objek lebih sulit. Grafik Gambar Grafik data tersimpan dalam bentuk vektor posisi, dimana yang tersimpan hanya informasi vektor posisinya dengan bentuk sebuah fungsi, lebih sulit dalam merubah warna tapi lebih mudah membentuk objek dengan cara merubah nilai
Thank You! www.themegallery.com