PUTRI ANGGRAENI WIDYASTUTI

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PRINSIP DESIGN IMK.
Advertisements

Main Menu Identifikasi Data Data Visual Lapangan Analisis
DESAIN TATA RUANG TOKO DAN VISUALISASI BARANG DAGANGAN
UNSUR PENILAIAN MAKALAH
PERANCANGAN ANTARMUKA - 2
Persepsi Dalam Dunia iklan
Desain Kartu Nama.
Unsur / Komponen Desain Grafis
PERTEMUAN 2 Dosen: Putri Anggraeni Widyastuti, S.Sn., M.Des.
E-COMMERCE Komunikasi Pasar dan Branding
Perancangan Grafis dan Tipografi
Chapter 8 Desain Web.
HOW TO SAY IN ADVERTISING
Pertimbangan Praktis dalam Memilih Masalah
“What is packaging”.
Desain permodelan grafis
Pengertian Identity Manual Pertemuan 10
Digital Publishing 3 Logo + Packaging Materi Pertemuan 04
PROFILE BOARDS DAN VISUAL APPROACH BOARD Pertemuan 9
komponen antarmuka pengguna
UNSUR DAN PRINSIP PERANCANGAN TAMAN
Lutfi Budi Ilmawan Univ. Muslim Indonesia
Prinsip Dasar Desain Web
KARYA ILMIAH Kelompok 8 Abimsya (D ) Nani Ismawati ( D )
LOGO.
Tahapan Pengembangan Multimedia
Pertimbangan Praktis dalam Memilih Masalah
PRINSIP-PRINSIP DESAIN GRAFIS
DESAIN.
Sesi 2 Memahami tipografi sebagai seni meramu teks untuk memvisualisasikan pesan yang berhasil.
Definisi Desain Grafis
PERTEMUAN 7 Dosen: Putri Anggraeni Widyastuti, S. Sn., M. Des.
Modul 2 KB 1 MEDIA DISPLAY.
Matakuliah : Desain Komunikasi Visual II (New Media)
Definisi Desain Grafis
PANDUAN PEMBUATAN PRESENTASI
membuat sejarah prinsip penerapan elemen tipografi.
Corporate Identity : Logo
Perancangan Grafis dan Tipografi
Matakuliah : Desain Komunikasi Visual II (New Media)
FAKTOR MANUSIA (2) (LANJUTAN) DOSEN. UTAMI DEWI WIDIANTI.
Komunikasi Visual Iklan Cetak
Desain Kemasan (Packaging Design)
Tipografi.
PRINSIP-PRINSIP KOMPUTER/MEDIA GRAFIS
KOMPUTER/MEDIA GRAFIS
Sesi 2 Memahami tipografi sebagai seni meramu teks untuk memvisualisasikan pesan yang berhasil.
Sintaktik.
PROSES DESAIN Pertemuan 9
PROSES PERANCANGAN GRAFIS
DESAIN GRAFIS IMK 2015 Laseri, S.Kom.
Warna, Symbol, Safety dan Typography OSKAR JUDIANTO SSn. MM. MDs.
II. PERILAKU PEMBELIAN PELANGGAN DALAM BISNIS RITEL
Mengawali membuat desain publikasi
STRATEGI DESAIN Pertemuan 8
PUTRI ANGGRAENI WIDYASTUTI
Pengantar DKV Ratih Pertiwi, M. Ds Pertemuan 9
Teori tentang Desain Komunikasi Visual
PUTRI ANGGRAENI WIDYASTUTI
Matakuliah : Desain Komunikasi Visual II (New Media)
Metode untuk Menciptakan Komposisi Desain yang Harmonis
PUTRI ANGGRAENI WIDYASTUTI
PUTRI ANGGRAENI WIDYASTUTI
Abdu Hari Wijaya Nurul Fajri
Seminar Topik Skripsi - Kuliah 13 Aries Yulianto Fakultas Psikologi
Desain Grafis Berdasarkan Pembagian Grid
Membuat Desain Brosur Wisata
PT. Tayang Visi Aplikasi Digitasi (TVaD)
Desain Kemasan (Packaging Design)
Desain Kemasan (Packaging Design) ARYA WIRABHUANA dan TAUFIQ AJI UIN Sunan Kalijaga - Yogyakarta.
Transcript presentasi:

PUTRI ANGGRAENI WIDYASTUTI DKV PACKAGING PERTEMUAN 10 PUTRI ANGGRAENI WIDYASTUTI DKV & FDIK

KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN Mahasiswa mampu memahami dan mengerti proses mendesain packaging pada produk-produk yang diampuhnya

PENGGUNAAN TIPOGRAFI PADA PACKAGING Dalam mengaplikasikan tipografi perlu diperhatikan beberapa hal diantaranya ukuran huruf, penggunaan huruf kapital, penggunaan huruf dekoratif, urutan tipografi, spasi, kerning, dan tanda hubung. Namun tidak ada aturan spesifik yang menggeralisasi dalam penerapanya pada desain kemasan. Hal ini dikarenakan ipografi pada desain kemasan digunakan untuk mengkomunikasikan pesan pemasaran pada media yang diarahkan pada konsumen dengan berbagai latar belakang. Jadi bisa dikatakan cukup subjektif. Tipografi dalam desain kemasan sebaiknya: Dapat dibaca dengan mudah dari jarak tertentu Dirancang dalm skala dan bentuk struktur tiga dimensi Dapat dimengerti oleh konsumen secara umum Meyakinkan dan informatif dalam memberikan informasi produk

PENGGUNAAN TIPOGRAFI PADA PACKAGING Komposisi tipografi desain kemasan didesain dam bentuk komunikasi tiga dimensi berbeda dengan bentuk komunikasi dua dimensi seperti halnya koran atau majalah. Oleh karena itu banyak faktor harus ditentukan termasuk bentuk dan ukuran kemasan, deskripsi produk, kategori kompetisi, lingkungan ritel, posisi di rak pajang dan ketentuan peraturan.

PENGGUNAAN TIPOGRAFI PADA PACKAGING Prinsip-prinsip perancangan tipografi pada desain kemasan: Mendefinisikan kepribadian tipografi Tipografi harus dapat mendefinisikan desain kemasan. Kepribadian visual yaitu apa yang mengkomunikasikan konsumen dalam mengartikan sebuah desain. Riset dan strategi komunikasi visual yang tepat diperlukan dalam hal ini Membatasi jenis huruf Berikan pertimbangan yang tepat mengenai berapa tipe huruf yang dibutuhkan dalam mengkomunikasikan sebuah konsep. Pada umumnya tiga jenis font dalam penel display utama dinilai cukup. Cara terbaik yaitu menggunakan tipe huruf yang menawarkan ragam gaya dalam satu kelompok tipe yang sama.

PENGGUNAAN TIPOGRAFI PADA PACKAGING Menciptakan hirarki tipografi Hirarki tipografi, organisasi informasi, kerangka informsai yang disusun berdasarkan tingkat kepentingan, adalah cara bagaimana konsumen mengetahui dengan cepat informasi yang disampaikan dalam desain kemasan. Unsur-unsur tipografi disorting dari yang paling penting dengan pengaturan prinsip-prinsip desain seperti pengaturan komposisi, posisi, urutan, keterkaitan, skala bobot, kontas dan warna sesuai dengan tujuan komunikasi visual. Mendefinisikan posisi tipografi Posisi tipografi merupakan peletakan fisik tipografi di dalam area display utama, lokasi masing-masing huruf, kata, dan teks dalam kaitanya dengan elemen desain lainnya.

PENGGUNAAN TIPOGRAFI PADA PACKAGING Menentukan urutan huruf Pengurutan mendefinisikan keseluruhan arsitektur layout ini diper-timbangkan dengan hati-hati karena kata yang ditempatkan di tengah, rata kiri, rata kanan atau rata kiri kanan mengkomuni-kasikan dengan cara berbeda. Bentuk struktur kemasan mendikte pengorganisasian layout. Dan pilihan pengurutan yang sesuai. Rata tengah – masing-masing kata atau baris teks ditempatkan di tengah PDP atau area spesifik, Rata kiri – pada umumnya digunakan dalam budaya yang memiliki pembacaan dimulai dari kiri ke kanan, Rata kanan, ini dapat menjadi pilihan yang aneh ketika terdapat sejumlah teks lain untuk dibaca konsumen, Rata kiri kanan – dalam penggunakan rata kiri kanan perlu diperhatikan mengenai spasi.

PENGGUNAAN TIPOGRAFI PADA PACKAGING Memvariasikan skala tipografi Umumnya skala mengacu pada pembesaran atau pengecilan ukuran poin. Dalam tipografi desain kemasan skala terkait pada ukuran elemen-elemen tipografi yang terintegrasi satu sama lain. Contohnya identitas merek (nama merek, logo merek, dll) biasanya lebih besar skalanya daripada penjelasan produk. Teks yang terletak pada bagian depan atau pada panel display utama harus memperhatikan keterbacaan ketika produk berada pada rak pajang.

PENGGUNAAN TIPOGRAFI PADA PACKAGING Memilih kekontrasan Tipe huruf yang kontras merupakan sarana dalam mengkomunikasikan kata atau baris teks yang mungkin sama pentingnya tetapi sangat berbeda. Kekontrasan tipografi tebal-tipis, italic-roman, serif-san serif memungkinkan perancang untuk mengorganisir informasi ke konsumen dan menambah daya tarik layout. Agar kontras huruf dapat efektif, dua kata atau sekelompok huruf harus terlihat sangat berbeda.

PENGGUNAAN TIPOGRAFI PADA PACKAGING Bereksperimen dengan huruf Tidak ada aturan baku sebgai panduan bagi perancang dalam mengeksplorasi tipografi. Bereksperimen dengan tipe huruf, karakter, bentuk huruf, kerning dan layout sangatlah penting dalam proses desain. Eksperimen merupana latihan kreatifitas yang dilakukan untuk mendapatkan suatu racikan yang dapat dikatakan evolusioner.

PENGGUNAAN TIPOGRAFI PADA PACKAGING Tumpuk huruf dengan hati hati Aturan umum dalam desain kemasan yaitu tidak menumpuk huruf/karakter. Karakter yang menumpuk dan huruf diatas huruf yang lain dalam satu garis vertikal kurang cocok karena kebanyakan masyarakat membaca secara horizontal bukan vertikal. Karakter yang menumpuk dapat membingungkan pada saat penyusunan di rak karena orientasi vertikal atau horizontal yang tepat bagi produk tersebut dapat menjadi tidak jelas. Meskipun ada beberapa kasus di mana pilihan desain ini cocok.

PENGGUNAAN TIPOGRAFI PADA PACKAGING Buang bias visual Setiap perancang memiliki pemahaman visual dalam konteks yang berbeda, maka penting bahwa selera pribadi desainer tidak mengintervensi eksperimen-eksperimen tipografinya. Meskipun beberapa desainer mungkin percaya bahwa kreativitas desain dihasilkan oleh intuisi, proses profesional berdasarkan pengambilan keputusan secara subjektif. Seorang desainer harus mampu menjelaskan proses desainnya secara rasional.

PENGGUNAAN TIPOGRAFI PADA PACKAGING Buatlah tipografi yang khas Nama merek dan nama produk adalah apa yang membuat konsumen terkait ke produk secara mental dan emosional, sehingga tipografi yang digunakan harus unik dan khas. Hal ini dapat dicapai tanpa harus menciptakan tipe huruf baru. Dengan jenis huruf yang telah ada, karakter dapat direvisi. Bentuk huruf dapat didesain, ligatur dapat diciptakan dan tipe huruf dapat dimiringkan.

PENGGUNAAN TIPOGRAFI PADA PACKAGING Konsisten Pemakaian tipe huruf yang konsisiten dalam kepribadian, gaya, penempanan posisi dan hirarki menciptakan tampilan yang seragam dalam grup merek atau lini produk, menghasilkan kekuatan keberadaan pada rak penjualan. Sebagai tambahan, pemakaian tipografi yang konsisten bisa membantu membangun ekuitas merek karena konsumen mulai mengidentikan gaya tipografi dengan merek.

PENGGUNAAN TIPOGRAFI PADA PACKAGING Sempurnakan keindahan tipografi Penyempurnaan ialah proses memeriksa dan memodifikasi tipografi dengan tujuan kesempurnaan tipografi. Pengembangan logo merek bisa membutuhkan banyak waktu untuk penyempurnaan. Perhatian harus diberikan pada setiap detail termasuk termasuk bentuk huruf, kerning, ligatir dam keseluruhan kepribadian tipografi. Penyempurnaan tipografi adalah penting untuk menghasilkan hasil yang berkualitas. Akhirnya kesempurnaan tipografi dicapai ketika tipe huruf memiliki kekuatan ekspresif yang berpengaruh pada desain kemasan yaitu menimbulkan kesan langsung ke konsumen, sehingga menarik konsumen untuk membeli.