FAKTOR MANUSIA SESI II.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Faktor Manusia dan Lingkungan Kerja
Advertisements

2. FAKTOR MANUSIA Sistem komputer terdiri atas tiga aspek yaitu :
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Faktor Manusia.
Faktor Manusia.
K3.
Pertemuan ke 4 1 erna kumalasari nurnawati.  komputer dimodelkan secara konvensional sebagai suatu kombinasi pemroses sentral dan hubungannya dengan.
Interaksi Manusia dan Komputer Kuliah ke 3 : Profil pemakai
Interaksi Manusia dan Komputer - part 2 Danny Kriestanto, S.Kom., M.Eng.
PEMODELAN SISTEM PENGOLAHAN MANUSIA
FAKTOR MANUSIA SESI II. LUMINANS banyaknya cahaya yang dipantulkan oleh permukaan objek. (1 luks = 1 lumen/m 2 ) LUMINANS = RINCIAN OBYEK DAPAT.
ASPEK MANUSIA DALAM IMK
ASPEK MANUSIA DALAM IMK
Interaksi Manusia dan Komputer Pendahuluan Oleh : ANISYA, S.KOM Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informatika ITP 2013 Pertemuan 01 Oleh : Anisya,
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Oleh : VISKA ARMALINA, ST., M.Eng
FAKTOR MANUSIA IMK - M2.
FAKTOR MANUSIA.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia dan Komputer
Pertemuan 2 FAKTOR MANUSIA.
SALURAN INPUT OUTPUT.
Piranti Interaktif.
Aspek Ergonomi Dalam IMK
Piranti Interaktif.
Interaksi Manusia dan Komputer
Memahami Faktor manusia yang berhubungan dengan IMK
Faktor Manusia.
Pertemuan 2 FAKTOR MANUSIA.
FAKTOR MANUSIA DALAM INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER.
ASPEK MANUSIA DALAM IMK
Interaksi Manusia & Komputer
Piranti Interaktif.
Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia & Komputer Faktor Manusia
Profil pemakai Pertemuan ke 3.
Oleh : IMAM BUKHARI, S.KOM., MM
Profil pemakai Pertemuan ke 3.
Anna Dara Andriana S.Kom.,M.Kom
Interaksi Manusia – Komputer Rani Susanto, M.Kom
Data dan Informasi.
Aspek Ergonomi Dalam IMK
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
Faktor Manusia Dalam IMK Kuliah II
FAKTOR MANUSIA (2) (LANJUTAN) DOSEN. UTAMI DEWI WIDIANTI.
Faktor Manusia.
Faktor Manusia dalam IMK
Pengantarmukaan Periferal Komputer
Interaksi Manusia dan Komputer
Profil pemakai Pertemuan ke 3.
Faktor Manusia.
Piranti Interaktif.
Pertemuan 2 FAKTOR MANUSIA.
DESAIN GRAFIS IMK 2015 Laseri, S.Kom.
Bina Sarana Informatika
Pertemuan 2 FAKTOR MANUSIA.
Faktor Manusia.
FAKTOR MANUSIA.
Faktor Manusia.
Interaksi Manusia dan Komputer
1 Visi Menjadi Perguruan Tinggi yang Unggul di bidang Teknologi Telematika dan membentuk insan yang berkarakter di Indonesia Misi 1. Menyelenggarakan.
Piranti Interaktif.
AKUISISI DATA.
Faktor Manusia.
Robotika Dasar AKUISISI DATA.
Interaksi Manusia dan Komputer
INTERAKSI.
Faktor Manusia Pendahuluan Aspek dalam sistem komputer ▫ Aspek hardware (Perangkat Keras) ▫ Aspek software (Perangkat Lunak) ▫ Aspek brainware (Manusia)
Transcript presentasi:

FAKTOR MANUSIA SESI II

Humans as information processing systems Channels I/O Memory Thought processes

menghasilkan persepsi terorganisir akan gerakan, ukuran, bentuk, jarak, posisi relatif, tekstur, warna Dalam dunia nyata, mata selalu digunakan untuk melihat semua bentuk 3 dimensi

LUMINANS banyaknya cahaya yang dipantulkan oleh permukaan objek. (1 luks = 1 lumen/m2) LUMINANS = RINCIAN OBYEK DAPAT DILIHAT

KONTRAS (Luminans obyek – luminans latar belakang) Luminans latar belakang

MEDAN PENGLIHATAN I 62-70 62-70 II III 94-104 IV 94-104

WARNA (Aspek Psikologis) Hindari penggunaan warna tajam secara simultan karena dapat menyebabkan mata menjadi lelah. Hindari warna biru murni untuk teks, garis tipis dan bentuk yang sangat kecil. Hindari warna merah dan hijau untuk tampilan yang berskala besar, tetapi gunakan warna biru dan kuning Pengaturan cahaya di dalam ruangan diperlukan karena warna akan berubah ketika cahaya berubah

WARNA (Aspek Kognitif) Hindari menggunakan warna terlalu banyak Kelompokkan elemen berkaitan dengan latar belakang sama

Digital signal processing , pemanfaatan media suara “penempelan” suara pada program aplikasi perlu pengalaman

Sensitifitas sentuhan lebih dikaitkan dengan aspek ergonomis dalam sebuah sistem Contoh : Keluhan pada saat menggunakan papan ketik yang harus dilakukan penekanan yang cukup berat atau malah terlalu ringan

PEMODELAN SISTEM PENGOLAHAN

PENGOLAHAN SADAR v.s. OTOMATIS PERLU BANYAK WAKTU  TANGGAPAN SESUAI OTOMATIS REFLEK/DIBAWAH SADAR

Registrasi Sensori Persistensi penglihatan 0.2 detik Persistensi pendengaran 2 detik Informasi disimpan dalam bentuk fisik

Kanal Kapasitas Rendah

Kanal Kapasitas Rendah Laju data masukan scr sadar  kecepatan rendah Laju data masukan tak sadar  kecepatan tinggi Kanal Kapasitas Rendah

SIKAP & KECEMASAN USER Sikap negatif User Mempengaruhi unjuk kerja Mengurangi kemampuan untuk mempelajari SK STM, berakibat proses belajar lambat Sistem Komputer harus RAMAH SIKAP & KECEMASAN USER

PENGENDALIAN MOTORIK RESPONDER UTAMA USER 10 JARI 2 KAKI 1 SUARA 10 jari untuk mendapat 1000 huruf/menit 2 jari untuk mendapat 400/menit Jadi pengendalian motorik manusia dapat dilatih untukmencapai taraf kemampuan tertentu

FAKTOR MANUSIA dalam IMK PENGLIHATAN PENDENGARAN SENTUHAN PEMODELAN SISTEM PENGOLAHAN PENGENDALIAN MOTORIK