ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN Pertemuan 1

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Algoritma dan Flowchart
Advertisements

PENDAHULUAN KONSEP ALGORITMA DAN DIAGRAM ALIR (FLOWCHART)
Bab 1 PENDAHULUAN.
Algoritma dan FlowChart
- PERTEMUAN 1 - DASAR-DASAR ALGORITMA, PROGRAM, DAN PEMROGRAMAN
ALGORITMA PEMROGRAMAN
Pemrograman Rahmat D.R. Dako, ST, M.Eng.
Introduction to Algorithm and Programming
Bahasa Pemrograman dan Flow Chart
Algoritma Program Pemrograman
DASAR-DASAR PEMROGRAMAN
Dasar- Dasar Algoritma
Pengantar Algoritma dan Pemrograman Elin Haerani, ST, M.Kom
PENGANTAR ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
Pengantar Logika & Algoritma
Dasar Pemrograman Komputer [TKL-4002 ] Pertemuan 01.
Pengantar Algoritma dan pemograman
Tenia Wahyuningrum, SKom., MT Dasar-dasar Algoritma.
Pendahuluan Definisi :
By Adnan Purwanto, S.Kom.  Langkah-langkah yang kita lakukan dalam memberikan instruksi kepada komputer untuk memecahkan masalah  Manusia harus menggunakan.
1 Pertemuan 1 Algoritma Matakuliah: T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2005 Versi: 5.
SUATU PENGANTAR BAHASA PEMROGRAMAN
Pengantar Algoritma.
Pengantar Logika & Algoritma Hasbu Naim Syaddad, S.Kom.,M.Kom.
Pengantar Logika & Algoritma
Pertemuan 1 Muhamad Haikal,S.Kom., MT
PERTEMUAN I PENGANTAR ALGORITMA
PERTEMUAN 1 Algoritma & Pemrograman
Pendahuluan Algoritma dan Pemrograman I-A
Pengertian Algoritma Pemrograman Pertemuan 1
Algoritma dan Pemrograman 1
KONSEP DASAR PEMROGRAMAN KOMPUTER DAN Algoritma
ALGORITMA DAN PEMOGRAMAN 1A
ALGORITHMA DAN ATURAN PENULISANYA
PENGANTAR ALGORITMA DAN LOGIKA
Algoritma.
Konsep Algoritma dan Pemrograman
ALGORITMA PEMROGRAMAN DASAR
Pengantar.
Logika dan Algoritma Oleh: Ferawaty, S.Kom.
Identitas dosen Suherman, ST Address : Cilegon
Algoritma dan Pemrograman
Algoritma dan Pemrograman I Dosen : Utami Dewi Widianti
Introduction to Algorithm and Programming
PENGANTAR ALGORITMA.
Bahasa Pemrograman dan Flow Chart
DASAR PEMROGRAMAN Anita Qoiriah ..
Introduction to Algorithm and Programming
Pengantar Konsep Bahasa Pemrograman
Pengantar Algoritma dan pemograman
Pertemuan-I ALGORITMA & PEMROGRAMAN-I.
Lecturer Note II Turbo Pascal & Pemrograman
PROG. STUDI FISIKA UIN ALAUDDIN MAKASSAR
Introduction of algoritm and programming
Pengantar Algoritma.
Algoritma.
LOGIKA & ALGORITMA -Pengertian & Contoh Algoritma
Introduction to Algorithm and Programming
Algoritma dan Flowchart
Pengantar Logika & Algoritma
Pengantar Logika & Algoritma
Chapter 1 : Pengantar Algoritma
Logika & Algoritma Kompetensi dasar
Logika & Algoritma Kompetensi dasar
Chapter 1 : Pengantar Algoritma
ALGORITMA 1 Temu 1.
IT234 ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA
ANALISIS ALGORITMA Hoiriyah, S.Kom., M.Kom.. Analisis dan Algoritma.
SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL ALI BASYAH, ST., M.Pd SMK PESANTREN DARUL DAKWAH.
Pengantar Logika & Algoritma Wiratmoko Yuwono Ali Ridho Barakbah Tita Karlita.
Transcript presentasi:

ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN Pertemuan 1 Universitas Negeri Makassar

Pengertian Algoritma dan Pemrograman Algoritma adalah sekumpulan langkah-langkah atau instuksi‑instruksi yang terbatas untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Algoritma berasal dari kata algorism dan Ritmis, yang pertama kali diungkapkan oleh Abu Ja'far Mohamed Ibn Musa Al Khowarizmi dalam bukunya Al-Jabr W'al Muqabala. Dalam bidang pemrograman, algoritma didefinisikan sebagai suatu metode yang terdiri dari serangkaian langkah-langkah yang terstruktur dan dituliskan secara sistematis yang akan dikerjakan untuk menyelesaikan masalah dengan bantuan komputer.

Beberapa persyaratan yang harus dimiliki, agar algoritma dapat dikatakan baik Memiliki logika perhitungan/metode yang tepat dalam memecahkan masalah Menghasilkan output yang tepat dan benar dalam waktu yang singkat. Ditulis dengan bahas yang standar secara sistematis, sehingga tidak menimbulkan arti ganda Semua operasi yang dibutuhkan terdefinisi dengan jelas dan selalu berakhir setelah sejumlah langkah dilakukan.

KRITERIA-KRITERIA ALGORITMA Ada Output Efektifitas dan Efisiensi Jumlah Langkahnya berhingga Berakhir Terstruktur

PENYAJIAN ALGORITMA Teknik tulisan seperti English Structure dan Pseudocode Cara penulisan algoritma dengan menggunakan struktur bahasa biasa, baik Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris Teknik gambar seperti Flow Chart Penulisan dengan menggunakan bagan struktur atau bagan alir.

Contoh Kita mengawali pembicaraan tentang logika dan algoritma, secara umum pada masalah sehari-hari, yaitu langkah-langkah yang kita lakukan ketika mengganti ban mobil yang pecah. Sebelum kita men­jawab apa yang akan kita lakukan untuk memulai pekerjaan tersebut, kita harus tahu komponen yang ada dalam masalah itu. Komponen apa-apa saja yang harus kita butuhkan

Penjelasan butuh ban serep (ban pengganti) dongkrak baut kunci.

Count .. Pertama kita mengeluarkan ban serep, kemudian menyiapkan kunci yang cocok dan dongkrak. Setelah alat yang kita punyai sudah lengkap, mobil didongkrak, untuk selanjutnya dibuka baut-bautnya sehingga ban dapat dilepas. Kemudian ban serep tersebut dipasang lalu ban dikencangkan tersebut dengan baut, dongkrak dilepaskan dan langkah terakhir membereskan semua alat-alat seperti ban pecah, kunci dan dongkrak.

Langkah – langkah tersebut dapat secara singkat yaitu : I. Persiapan, mempunyai beberapa kegiatan yaitu: Ambil Ban Serep Siapkan Kunci dan Dongkrak II. Proses Penggantian, mempunyai beberapa kegiatan yaitu: Mobil didongkrak Buka baut Lepas ban kempis Pasang ban serep Pasang baut dan kencangkan Lepaskan dongkrak III Finishing (kegiatan akhir) Bereskan peralatan

PROGRAM DAN PEMROGRAMAN Program adalah sederetan instruksi (dalam bahasa yang dimengerti komputer yang bersangkutan) yang mengatur apa-apa yang harus dikerjakan komputer, untuk mendapatkan suatu hasil/keluaran. Sedangkan pemrograman adalah proses dan aktivitas untuk mem­buat sebuah program dengan menggunakan sebuah bahasa pemrog­raman.

BAHASA PEMROGRAMAN Bahasa pemrograman adalah adalah sebuah bahasa (aplikasi pengembangan dalam bentuk software) yang digunakan untuk membuat sebuah aplikasi berbasis kompute

Bahasa pemrograman terdiri dari berbagai fungsi dan bentuk: Bahasa Mesin: terdiri dari '1' dan '0' Bahasa Assembly: dengan menggunakan singkatan kata (mne­monic code). Assembler Bahasa Generasi Ketiga sering disebut bahasa tingkat tinggi: menggunakan bahasa yang dimengerti oleh manusia. Interpreter dan kompiler

Suatu Program komputer pada umumnya berisi 3 hal: Pembacaan/pemasukan data ke dalam komputer Melakukan komputasi/perhitungan terhadap data tersebut. Mengeluarkan/mencetak hasilnya

S E K I A N