M.Fauzi Josua Tangke Gigih Yudha

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Bab 6 Multimedia.
Advertisements

RAGAM MEDIA DALAM PEMBELAJARAN
Multimedia dan Hypermedia
Teknik Multimedia Minggu Ke 3.
P ENGANTAR M ULTIMEDIA ASEP DEDEN RAHMAT S., ST..
INPUT & OUTPUT SISTEM AHMAD SON ARIF ( )
TEKNIK MULTIMEDIA.
Kurniawan Teguh Martono Sistem Komputer Universitas Diponegoro
TUGAS BU RATNA #PERTEMUAN 10
S1 Teknik Informatika Disusun Oleh Dr. Lily Wulandari
Dasar-dasar multimedia
Modul 10 (Multimedia) Mega Anis Kartika
Augmented Reality.
1 Pertemuan 12 MULTIMEDIA DAN VIRTUAL REALITY. 2 Multimedia Kebutuhan Perangkat Keras Sebuah sistem yang dilengkapi dengan kemampuan multimedia paling.
Nama kelompok: Rifandi Rahasanto Herlina Eka W Aji Kurnia S RR Windya Putri H.
Komponen Sistem Teknologi Informasi
Teknik Aplikasi Multimedia Marcello Singadji, S.Kom, M.T
Teknologi Informasi Multimedia
ELEMEN MULTIMEDIA (LANJ..)
Mengindentifikasi Bagian-bagian Komputer
Pertemuan 5 Manipulasi langsung.
Pemrograman multimedia
Pertemuan 1 Pengenalan Multimedia
Dasar-dasar Multimedia
“ MEMBUAT APLIKASI MOBILE MEDIA PLAYER MENGGUNAKAN Aristo Oktobrian,
Pengantar Multimedia Nurochman.
Perangkat Lunak [Software]
KELOMPOK 2 SI-2 FAKULTAS ILMU KOMPUTER JURUSAN SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA”YPTK”PADANG 2011.
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (AUGMENTED REALITY)
Oleh: Muhammad Yogie Latansa Kelas PTIK 4
Augmented Reality Kelompok 2 : Christian Tamin Edward Ivan Fadli
Nama : Deon Opisar H. NIM : Virtual Reality (VR) atau Realitas Maya adalah teknologi yang dibuat sehingga pengguna dapat berinteraksi dengan.
PTIK 10 MULTIMEDIA DAN VIRTUAL REALITY
APLIKASI MULTIMEDIA VIDEO EDITING
Sistem Operasi - Multimedia
MEDIA PEMBELAJARAN KUIS BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8.0
PENGANTAR TEKNOLOGI KOMPUTER & INFORMASI – A
Pemrogaman Multimedia : Dasar Multimedia
3D Mixed Reality berbasis Analisis Kedalaman Objek Nyata 3D
Bagian 1-Apa itu Multimedia?
Sejarah Multimedia TRI SURATNO, S.KOM.,M.KOM.
Perangkat Keras Akses Internet
KOMPUTER ANIMASI & PRODUKSI MULTIMEDIA
MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH MX 2004
MULTIMEDIA Loading … masuk keluar.
TEKNOLOGI DAN SISTEM INFORMASI DALAM BIDANG PENDIDIDKAN
Tren TIK Anggota : Ajeng Pangestu V ( )
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.
KOMPONEN DAN FUNGSINYA
MATERI PERANTI MASUKAN BAB 3
Animasi dan Suara Pertemuan 02
DISUSUN OLEH : DWI WAHYU HANDYO KELAS XI TJA 4 ABSEN 12.
Interactive multimedia
Mengindentifikasi Bagian-bagian Komputer
Komunikasi Data Hanif Habibie S. Computer System 2016
STMIK AKAKOM YOGYAKARTA
Interaksi.
Kecerdasan Buatan.
UPT Pelayanan Pendidikan Unila
Mengindentifikasi Bagian-bagian Komputer
Gawai : Berkat atau Malapetaka?. GAWAI = GADGET Gawai (bahasa Inggris: gadget) adalah suatu peranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis.
Perkembangan Multimedia Masa Depan
ELEMEN MULTIMEDIA (LANJ..)
Teknik Aplikasi Multimedia Marcello Singadji, S.Kom, M.T
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
Animasi Flash.
KOMUNIKASI MULTIMEDIA
Perkembangan Teknologi Informasi Tren Teknologi Dunia Hingga 2019.
Transcript presentasi:

M.Fauzi Josua Tangke Gigih Yudha MULTIMEDIA M.Fauzi Josua Tangke Gigih Yudha

Aplikasi Multimedia Animasi Graphic 3D Audio / Video Editor Media Player Aplikasi Multimedia Graphic / Image Viewer Animasi Graphic / Image Editor

Kebutuhan Perangkat Keras Personal computer NIC Kabel jaringan Konektor Hub/Switch Modem Bridge Router Repeater

Elemen Multimedia Text Animasi Grafik Video Audio

Perangkat Lunak Untuk Menciptakan Program Multimedia Perangkat lunak yang secara khusus ditujukan untuk membuat aplikasi multimedia disebut multimedia authoring system (atau sering disebut authoring software). Beberapa contoh yang tergolong sebagai authoring software yaitu Authoware, Quest, Icon Author, dan Multimedia Director

Virtual Reality

Peranti Virtual Reality Glove Walker Headset

Cara Kerja Virtual Reality Pemakai melihat suatu dunia semu, yang sebenarnya berupa gambar-gambar yang bersifat dinamis. Melalui perangkat headphone atau speaker, pemakai dapat mendengar suara yang realistis. Melalui headset, glove dan walker, semua gerakan pemakai dipantau oleh sistem dan sistem memberikan reaksi yang sesuai sehingga pemakai seolah merasakan sedang berada pada situasi yang nyata, baik secara fisik maupun secara psikologis.

Aplikasi Virtual Reality Google Cardboard VRSE NYT VR Sisters Orbulus Seene Jaunt VR InCell VR RYOT VR

Efek Negatif Virtual Reality Berdasarkan banyak manfaat yang didapat, pengguna akan kecanduan dunia yang diciptakan teknologi VR dibandingkan dunia nyata Saking asiknya, pengguna akan menghabiskan banyak waktu untuk bermain Penggunaan yang terlalu lama dapat mengganggu kesehatan mata Munculnya penyakit Cybersickness. Penyakit ini diderita akibat penggunaan smartphone atau gadget yang berlebihan. Gejala dari penyakit ini adalah pusing, mual, serta mengganggu keseimbangan saat menggunakan gawai. Penyakit ini terjadi saat kita melihat pergerakan layar, namun pergerakan tersebut tidak dirasakan, khususnya saat bermain game balap atau menggulung permukaan layar dengan cepat. Menurut Thomas Stroffregen, yaitu seorang profesor di Universitas Minessota yang melakukan studi Cybersickness menyebutkan bahwa semakin realistis tampilan gambar, maka semakin mudah terserang Cybersicknes Terkadang, pengguna masih merasakan sensasi dunia virtual walaupun sudah berada di dunia nyata.

Augment Reality Realitas tertambah, atau kadang dikenal dengan singkatan bahasa Inggrisnya AR (augmented reality), adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata.[1] Tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, realitas tertambah sekadar menambahkan atau melengkapi kenyataan.[2][3] Benda-benda maya menampilkan informasi yang tidak dapat diterima oleh pengguna dengan inderanya sendiri. Hal ini membuat realitas tertambah sesuai sebagai alat untuk membantu persepsi dan interaksi penggunanya dengan dunia nyata. Informasi yang ditampilkan oleh benda maya membantu pengguna melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam dunia nyata. Realitas tertambah dapat diaplikasikan untuk semua indera, termasuk pendengaran[4][5], sentuhan, dan penciuman. Selain digunakan dalam bidang-bidang seperti kesehatan, militer, industri manufaktur, realitas tertambah juga telah diaplikasikan dalam perangkat-perangkat yang digunakan orang banyak, seperti pada telepon genggam.