STRUKTUR SHOT MATERI KULIAH APPLIED MEDIA AESTHETICS OLEH: BUDIYANTO

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MATERI – 12 PENGEMBANGAN MEDIA KOMUNIKASI
Advertisements

MENGERTI PENGOPERASIAN KAMERA
Persiapan Membuat Film
PEREKAMAN DAN EDITING PROGRAM VIDEO INSTRUKSIONAL
PENULISAN NASKAH.
Selamat Datang pada sesi ini
MENERAPKAN TEKNIK PENGAMBILAN GAMBAR PRODUKSI
MENERAPKAN TEKNIK PENGAMBILAN GAMBAR PRODUKSI
CAMERA SET-UP.
BROADCASTING TV REMIDIAL.
INSTRUMEN WAWANCARA TV & EQUIPMENTS PENDUKUNG PAKET HARD NEWS
Teknik Pengambilan Gambar Produksi
Macam-macam bidang pemandangan gambar
Recording dan Editing Berita di Televisi
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI).
Continuity Arie Nugraha, M.Si.
TEHNIK KAMERA.
MENGOPERASIKAN KAMERA
Pengertian Editing Editing adalah proses penyambungan gambar dari banyak shot tunggal sehingga menjadi kesatuan cerita yang utuh. Ibarat menulis sebuah.
Directing Rehearsal Script reading Dry run / blocking rehearsal
AUDIO VISUAL APLIKASI TOPIK 7 TEKNIK PEMBUATAN STORYBOARD
MENENTUKAN KRU FILM.
PERTEMUAN XI (SEBELAS)
Video Recording NURUL MUSAWATIRA P.
MENJELASKAN TEKNIK PENGAMBILAN GAMBAR
TEKNIK PENYUNTINGAN BERITA TELEVISI
ALUR PEMBUATAN VIDEO PEMBUATAN STORY BOARD PENGAMBILAN GAMBAR
Menerapkan Teknik Pengambilan Gambar Produksi
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
TEKNIK PENYUNTINGAN BERITA TV
Melakukan gerakan kamera dalam pengambilan gambar
Oleh : Aris Sarwo Nugroho, M. Kom
TAHAP PRODUKSI (LANJUTAN) Pertemuan 11 Matakuliah: U0152 – Audio Visual I Tahun: 2007.
Storyboarding II Pertemuan 10 Matakuliah : UO522 / Screen Play of Animation Tahun : 2007.
Storyboard.
Mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital
OLEH: R. WISNU WIJAYA DEWOJATI
VIDEOGRAFI AGUS NURSAMSU.
Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan 2016
Audio visual Audio kompresi mekanikal atau gelombang
CITIZEN JOURNALISM Pertemuan 12.
PROSES KOMUNIKASI PERTEMUAN 11.
UNTUK TUJUAN VIDEOGRAPHY / FILM
Oktaviana Purnamasari, S.Sos, M.Si
Menerapkan Teknik Pengambilan Gambar Produksi
SEQUENTIAL ART.
KOMPOSISI MATERI KULIAH APPLIED MEDIA AESTHETICS OLEH:BUDIYANTO
MENJELASKAN TEKNIK PENGAMBILAN GAMBAR
MEMBUAT SKENARIO RANCANGAN PENGAMBILAN GAMBAR
TEKNIK KAMERA MATERI KULIAH APPLIED MEDIA AESTHETICS
SINEMATOGRAFI.
Teknik Produksi Kamera.
Menerapkan Teknik Pengambilan Gambar Produksi
ML2 - Komputer Materi: Aplikasi Pembuatan Video
KAIDAH-KAIDAH VISUAL MATERI KULIAH APPLIED MEDIA AESTHETICS
Camera Angle & Movement
TEKNIK EDITING, ANIMASI DAN MULTIMEDIA 8
FOTOGRAFI Tanpa Gambar, Aksara tak Bermakna
“GARIS IMAJINER “ PEREKAMAN GAMBAR PART 3 XII BROADCAST
MEDIA AUDIO VISUAL © syaifulhalim.
TEKNIK PENYUNTINGAN BERITA TELEVISI
MATERI – 12 PENGEMBANGAN MEDIA KOMUNIKASI
PROSES PENGAMBILAN GAMBAR
Kesinambungan pesan yang dibangun melalui kaidah-kaidah sebuah film atau program televisi,sehingga pemaparannya menjadi logis Film yang baik adalah film.
NEWS GLOSSARY.
Foto Jurnalis Bahasa Gambar MATERI compiled & designed by:
MEMBUAT PAKET BERITA.
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI). Multimedia is the combination of the following elements: text, color, graphics, animations, audio, and video.
PENGERTIAN EDITING.
Narrative Strategies.
Transcript presentasi:

STRUKTUR SHOT MATERI KULIAH APPLIED MEDIA AESTHETICS OLEH: BUDIYANTO SELASA,23 SEPTEMBER 2008

OVER VIEW MENGABAIKAN ELEMEN-ELEMAN DASAR TEKNIK PENGAMBILAN GAMBAR BERAKIBAT ORANG YANG MENONTON MENJADI BINGUNG DAN CEPAT BOSAN. MENGAMBIL GAMBAR HARUS MEMPERHATIKAN ADANYA HUBUNGAN ANTARA SHOT AWAL DAN AKHIR. TIAP SHOT GAMBAR YANG DIHASILKAN HARUS MAMPU MENGEDEPANKAN PESAN YANG INGIN DISAMPAIKAN. KUMPULAN SHOT YANG DIHASILKAN DILOKASI SYUTING AKAN DI EDIT OLEH VIDEO EDITOR.

STRUKTUR SHOT 1. UMUM KE KHUSUS: POLA PENYAMPAIAN LEWAT GAMBAR DARI HAL YANG UMUM KE KHUSUS, DARI SHOT YANG LUAS HINGGA MENYEMPIT. FLOW OF SHOT: GENERAL VIEW ( EST.SHOT/ LS) DETAIL-1 ( MEDIUM SHOT) DETAIL-2 ( CLOSE-UP) CATATAN: PENGAMBILAN GAMBAR DENGAN POLA INI JAUH LEBIH AMAN.

STRUKTUR SHOT

STRUKTUR SHOT (FLOW OF SHOT)

STRUKTUR SHOT • 2. REKAMAN SUATU PERISTIWA POLA PENYAMPAIAN LEWAT GAMBAR MENGACU KEPADA PERISTIWA YANG UNIK. FLOW OF SHOT: MEREKAM SHOT DENGAN MENGIKUTI ADEGAN YANG TERJADI. CATATAN: TEKNIS CAMERA HARUS TEPAT TERKAIT ADEGAN DARI PERISTIWA ITU TIDAK DAPAT DIAMBIL ULANG.

STRUKTUR SHOT 3. SHOT INTERPRETATIVE POLA INTERPRETATIVE ATAU DEKORATIF INI BERSIFAT TIDAK SPESIFIK DAN SERING DIGUNAKAN UNTUK MEMOLES CERITA SECARA VISUAL. CATATAN: SHOT SEMACAM INI MEMUNGKINKAN DILAKUKANNYA DUBBING UNTUK MENGINDENTIFIKASI SUBYEK.

VIEW OF SHOT SIAPKAN KOMBINASI SHOT MENGACU PADA SHOT SIZE, ANGLE DAN CAMERA MOVEMENT. PERGANTIAN SHOT HARUS SUBTANTIAL, BAIK ANGLE MAUPUN SHOT SIZE. HINDARI STRUKTUR SHOT YANG TERLALU TERBATAS, BERIKAN BEBERAPA FLEKSIBILITAS KEPADA EDITOR UNTUK MENGURANGI ATAU MENAMBAH RUNNING TIME. SEDIAKAN BEBERAPA JENIS SHOT AWAL DAN BEBERAPA GENERAL VIEW YANG MUNGKIN BERGUNA. BERIKAN EDITOR SHOT-SHOT STATIS ATAU MOVEMENT YANG PROPORSIONAL ( SANGAT SULIT UNTUK MEMOTONG SHOT SEDANG PAN ATAU ZOOM)

VIEW OF SHOT UNTUK PROGRAM BERITA, MINIMALKAN PERGERAKAN CAMERA ATAU OBYEK LAIN YANG BERGERAK SIGNIFIKAN KARENA MENYEBABKAN INFORMASI YANG BIAS. KETIKA MENYUTING PERISTIWA, MANTAPKAN POSISI SHOT SECEPAT MUNGKIN DAN HINDARI RANGKAIAN SHOT YANG CEPAT DAN TERLALU SINGKAT. LAKUKAN SHOT-SHOT AMAN SEBAGAI PEMANASAN SEBELUM MENGAMBIL SHOT YANG LEBIH SPESIFIK. CARI RELEVANSI SHOT TETAPI TIDAK SPESIFIK SEHINGGA INFORMASI BISA DI VOICE OVERKAN. PADA UMUMNYA, SHOT YANG LUAS MEMBUTUHKAN WAKTU YANG LAMA.

END SAMPAI BERTEMU MINGGU DEPAN