RAGAM DIALOG
RAGAM DIALOG Cara yang digunakan untuk mengorganisasikan berbagai teknik dialog disebut dengan ragam dialog (dialoque style). Antarmuka yang menggunakan berbagai teknik dialog pada dasarnya adalah untuk mendapatkan satu kriteria yang sangat penting dalam pengoperasian sebuah program aplikasi
Macam-macam Ragam Dialog : Dialog Berbasis Perintah Tunggal Dialog Berbasis Bahasa Pemrograman Antarmuka Berbasis Bahasa Alami Sistem Menu Dialog Berbasis Pengisian Borang Antarmuka Berbasis Ikon Sistem Penjendelaan Manipulasi Langsung Antarmuka Berbasis Interaksi Grafis
Sifat Penting Ragam Dialog Inisiatif Keluwesan Kompleksitas Kekuatan Beban Informasi Konsistensi Umpan Balik Observabilitas Kontrolabilitas Efisiensi Keseimbangan
Dialog Berbasis Perintah Tunggal Ragam dialog ini merupakan ragam yang paling konvensional. Perintah-perintah tunggal yang dapat dioperasikan biasanya tergantung dari sistem komputer yang dipakai, dan berada dalam suatu domain yang disebut bahasa perintah (command language). Misal : DOS,
Dialog Berbasis Bahasa Pemrograman Penggunaan ragam dialog ini sering tidak memadai, khususnya ketika pengguna harus memberikan sederetan perintah-perintah yang sama setiap kali menjalankan program aplikasi tersebut. Dialog berbasis bahasa pemrograman merupakan ragam dialog yang memungkinkan pengguna untuk mengemas sejumlah perintah ke dalam suatu bentuk berkas yang sering disebut dengan batch file.
Antarmuka Berbasis Bahasa Alami Pengguna memberikan instruksi-instruksi dalam bahasa alami yang lebih umum sifatnya, instruksinya dengan kalimat-kalimat yang lebih manusiawi. Dengan kebebasan yang dimiliki oleh pengguna untuk memberikan sembarang instruksi, komputer harus mempunyai kemampuan untuk mengolah bahasa alami yang bertujuan untuk mengetahui arti (semantik) dari instruksi tersebut. Dengan demikian maka sebuah sistem yang mengimplementasikan ragam dialog ini perlu mempunyai sebuah sistem penterjemah yang dapat menterjemahkan suatu kalimat pada dua arah.
Sistem Menu Sistem ini merupakan pilihan yang tepat untuk menunjukkan kemampuan dan fasilitas yang dimiliki oleh sebuah program aplikasi kepada pengguna. Menu adalah daftar sejumlah pilihan dalam jumlah terbatas, yang biasanya berupa suatu kalimat atau kumpulan beberapa kata. Pertama sistem menu datar adalah sistem menu yang menampilkan semua pilihan secara lengkap. Kedua sistem menu tarik adalah sistem menu yang akan menampilkan pilihan dalam kelompok-kelompok
Dialog Berbasis Pengisian Borang Merupakan suatu penerapan langsung dari aktifitas pengisian borang dalam kehidupan sehari-hari dimana pengguna akan dihadapkan pada suatu bentuk borang yang ada di layar komputer yang digunakan. Borang adalah tampilan dari sejumlah persyaratan yang menampilkan sejumlah opsion dan berbagai nilai parameter yang telah ditentukan dan diintegrasikan ke dalam sebuah tampilan pada layar.
Antarmuka Berbasis Ikon Ragam dialog yang banyak menggunakan simbol-simbol dan tanda-tanda untuk menunjukkan suatu aktifitas tertentu Disebut juga dengan antarmuka berbasis ikon (icon-based user interface).
Sistem Penjendelaan Jendela (window) adalah bagian dari layar yang digunakan untuk menampilkan suatu informasi. Informasi disini dapat berupa tekstual maupun grafis. Untuk menunjukkan daerah yang digunakan untuk menampilkan suatu informai biasanya daerah yang umumnya berupa persegi panjang dibatasi dengan semacam garis pembatas dengan ketebalan tertentu. Sistem penjendelaan adalah sistem antarmuka yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan berbagai informasi baik sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama ke dalam bagian-bagian layar yang tidak saling mempengaruhi.
Manipulasi Langsung Ragam dialog ini adalah adanya penyajian langsung suatu aktifitas oleh sistem kepada pengguna Aktifitas tersebut akan dikerjakan oleh sistem komputer ketika pengguna memberikan instruksi lewat manipulasi langsung dari semacam kenyataan maya (virtual reality) yang terpampang lewat tampilan yang muncul di layar.
Antarmuka Berbasis Interaksi Grafis Pada ragam dialog ini akan ditunjukkan adanya interaksi secara grafis antara program dengan aktifitas yang dilakukan oleh pengguna.