Pengenalan Database.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Perangkat Lunak Pengolah Kata
Advertisements

PERINTAH INTERAKTIF Dalam dBase IV KTI by dna.
DATA BASE 1.
DATABASE & TABLE By : d e w i.
INSTRUKSI MASUKAN DAN KELUARAN
Pengenalan Database Database, adalah Gabungan dari beberapa data yang diolah dan diorganisasikan sedemikian rupa, sehingga didapatkan suatu hubungan atau.
PAKET PROGRAM NIAGA C 1.
MENGENAL TIPE STRING Nilai string adalah kumpulan dari angka, angka dan huruf atau huruf, dimana tidak bisa dilakukan suatu operasi aritmatika, operator.
PHP - MySQL.
PEMROGRAMAN BERSTRUKTUR FILE DATABASE
Dasar-Dasar Pemrograman 2
PEMROGRAMAN BERSTRUKTUR: File DATABASE
PEMROGRAMAN BERSTRUKTUR: STRUKTUR DATA DAN PEMAKAIANNYA
EDITOR PADA LINUX Objektif: - Mengetahui editor yang digunakan
PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR (Pertemuan 4) Oleh : SYARIF HIDAYAT, M.Si.
Pengenalan dan Instalasi Dbase
Field Name / Nama Field Data Type / Tipe Data
Database Pengertian database dalam visual foxpro berbeda dengan pengertian database dalam Foxpro versi sebelumnya, yang berarti tabel. Dalam Visual Foxpro,
DASAR-DASAR PEMROGRAMAN I. Organisasi File Database  Pembuatan:  create [path] namafile  Struktur:  Nama field Maksimum 10 karakter Didahului dengan.
FUNGSI-FUNGSI DBASE - FUNGSI INTEGER Sintaks : INT (Ekspresi Numerik)
Microsoft Office Access 2010
1. Elemen pada Microsoft Excel
Penjelasan Umum Ms. Access
DBASE 1.
Pengantar Dbase dBase IV kti by dna.
KOMENTAR Komentar dipakai untuk memberikan penjelasan atau keterangan di dalam baris program. Teks yang ditulis sebagai komentar tidak akan dikompilasi.
Membuat File Database & Tabel
Pengantar Dbase dBase IV.
PERINTAH INTERAKTIF Dalam dBase IV.
Konsep teknologi informasi b
Pengenalan Database Database, adalah Gabungan dari beberapa data yang diolah dan diorganisasikan sedemikian rupa, sehingga didapatkan suatu hubungan.
PERINTAH INTERAKTIF DALAM DBASE
PERINTAH INTERAKTIF Dalam dBase IV KTI by dna.
Tipe Data By Serdiwansyah N. A..
MEMPERBAIKI DATA Dalam Dbase IV.
ATA 2013/2014 Bab 6 : Pengenalan Dbase IV Artiana Krestianti
KTI/KSI B Tiya Noviyanti
Mengelola Desain Tabel
SQL (Structure Query Language)
Tipe Data, Operator Dalam Delphi
MENGELOLA DESAIN TABEL
Pengoperasian Perangkat Lunak Pengolah Kata
Variable memory pada dbase
Field Name / Nama Field Data Type / Tipe Data
Membuat File Database & Tabel
SQL OVERVIEW.
Pengenalan Database Database, adalah Gabungan dari beberapa data yang diolah dan diorganisasikan sedemikian rupa, sehingga didapatkan suatu hubungan atau.
DBase.
Membuat File Database & Tabel
Pengantar Dbase dBase IV kti by dna.
Mengelola Desain Tabel
Basis Data.
Pengantar Dbase dBase IV.
Pengenalan Database Database, adalah Gabungan dari beberapa data yang diolah dan diorganisasikan sedemikian rupa, sehingga didapatkan suatu hubungan atau.
Struktur Data.
Fungsi CTRL Microsoft Word
MENGELOLA DESAIN TABEL
Struktur Data.
KOMENTAR Komentar dipakai untuk memberikan penjelasan atau keterangan di dalam baris program. Teks yang ditulis sebagai komentar tidak akan dikompilasi.
Mengenal Struktur dan Penyajian Data dalam Komputer
Pengenalan dan Instalasi Dbase
KOMENTAR Komentar dipakai untuk memberikan penjelasan atau keterangan di dalam baris program. Teks yang ditulis sebagai komentar tidak akan dikompilasi.
Pengantar Dbase dBase IV kti by dna.
Pengantar Dbase dBase IV kti by dna.
MEMPERBAIKI DATA Dalam Dbase IV KTI by dna.
Komponen table Ms. Access
Pengantar Dbase dBase IV.
PERINTAH INTERAKTIF Dalam dBase IV.
MEMPERBAIKI DATA Dalam Dbase IV.
Teknik Pemrograman Terstruktur 1
Transcript presentasi:

Pengenalan Database

Pengenalan Database Database, adalah Gabungan dari beberapa data yang diolah dan diorganisasikan sedemikian rupa, sehingga didapatkan suatu hubungan atau relasi antara kedua data tersebut serta dapat dipakai secara bersama oleh beberapa pengguna aplikasi

Pengenalan Database Data, adalah Sekumpulan dari lambang-lambang yang teratur dan mewakili/merepresentasikan sebuah obyek atau benda Informasi, hasil dari pengolahan data yang kemudian akan digunakan untuk pengambilan keputusan

Cara Kerja Dbase Perintah yang digunakan adalah : Ada 2 cara yang dilakukan dalam menggunakan Dbase, yaitu : Modus Langsung : dilakukan dengan mengetikkan perintah langsung setelah munculnya dot prompt Modus Program : dilakukan dengan menuliskan rangkaian perintah dalam program Membuat File Database Perintah yang digunakan adalah : . CREATE <namaFile> CREATE digunakan untuk mendefinisikan struktur database yang baru. Aturan dalam pemberian nama file : 1. Tidak boleh lebih dari 8 karakter 2. Tidak boleh ada spasi 3. Tidak boleh dimulai dengan angka

Contoh pembuatan file dalam dBase NAMA : ALAMAT : GOL : STATUS : ANAK : GAJI : Mengalokasikan Penunjuk Menampilkan Informasi Struktur Database GO / GOTO <exp N> [TOP] [BOTTOM] DISPLAY / LIST STRUCTURE [TO PRINT]

Contoh C/: .display structure Structure for database: B: Karyawan.dbf Number of data record : 10 Data of last update : 02/14/98 Field Field Name Type Width Dec 1. NAMA Character 15 2. ALAMAT Character 15 3. GOL Numerik 1 4. STATUS Numerik 1 5. ANAK Numerik 2 6. GAJI Numerik 7 42

Perintah-perintah Dasar dBase Merubah Struktur Database MODIFY STRUCTURE <nama file> atau MODI STRU <nama file> ** Proses penggandaan tersebut tidak diikuti dengan datanya Mengcopy Struktur File COPY STRUCTURE TO [<nama file>] [FIELD <daftar field>] Mengcopy File DBase COPY TO <nama file baru> [(Scope)] [FIELDS (daftar field)] [WHILE/FOR <kondisi>] ** Jika akan meng-copy struktur dan copy file database pastikan file tersebut aktif Mengcopy File COPY FILE <nama file1> TO <nama file2> Mengubah Nama File RENAME <nama file1> TO <nama file2>

DELETE FILE <nama file> Menghapus File DELETE FILE <nama file> ** Dalam proses copy file, rename & delete file ini harus jelas extensionnya, karena proses tersebut tidak hanya untuk file database saja Membuka File Database Sebelum mengisi data, terlebih dahulu file database harus dibuka dengan perintah : .USE <nama file> Menutup File Database File database yang aktif harus ditutup dengan perintah : .USE Mengisi atau menambah data .APPEND atau . APPEND[BLANK] **Penambahan data akan dilakukan pada posisi EOF (End Of File) dan otomatis EOF-nya akan turun lagi.

Menyisipkan Data .INSERT atau .INSERT [BLANK] [BEFORE] **Penyisipan akan diletakkan pada record setelah posisi pointer. Menghapus Data. .DELETE [(scope)] [WHILE/For (kondisi)] **Bila tidak digunakan parameternya maka yang akan di delete adalah record pada posisi pointer. Membatalkan Penghapusan .RECALL [(scope)] [WHILE/For (kondisi)] **Sama dengan Delete, jika tidak digunakan parameter maka yang akan dibatalkan adalah record posisi pointer. Menegaskan Penghapusan .PACK

Memperbaiki Data .EDIT/CHANGE [(scope)] [FIELD (daftar field)] [WHILE/FOR (kondisi)] atau .REPLACE [(scope)] <FIELD> WITH <eks> [<field> WITH <eks>, ….] [WHILE/FOR <kondisi>] Berbeda dengan perintah penyuntingan sebelumnya (selalu per record yang dituju), untuk perintah BROWSE memungkinkan. meneliti dan merubah data sebanyak-banyaknya yang dapat dicakup layar. Tombil yang dapat digunakan : [CTRL]-A atau [HOME] : satu field ke kiri [CTRL]-F atau [END] : satu field ke kanan [CTRL]-Q atau [ESC] : batalkan perubahan [CTRL]-W atau [CTRL]-[END] : simpan [CTRL]-Y : hapus karakter dari posisi kursor [CTRL]-B : gulung layar ke kiri [CTRL]-Z : gulung layar ke kanan

MencariRecord .SKIP [exp N] Memindahkan Pointer Maju atau Mundur .LOCATE [<scope>] FOR <kondisi> Melihat Data .DISPLAY / LIST [OFF] [(scope)] [daftar field] [WHILE (kondisi)] [FOR (kondisi)] [TO PRINT] OFF : Untuk menampilkan atau mematikan nomor record SCOPE : terdapat 4 pilihan RECORD n : hanya pada record ke n NEXT n : sebanyak n record mulai dari pointer ALL : semua record REST : semua record setelah pointer WHILE : dilakukan selama kondisi bernilai benar, berhenti FOR : dilakukan selama memenuhi kondisi

Perbedaan : LIST : Menampilkan data secara terus menerus DISPLAY : Menghentikan penampilan data untuk setiap 20 baris Contoh : .list off .go top .list nama,alamat,gol .dsiplay .list off nama, gaji+150000 .display record 3

Contoh : ( kita akan membuat sebuah database dengan field sebagai berikut ) .CREATE Karyawan.dbf Field 1. 2. 3. 4. 5. 6. Field Name Nama Alamat Gol Status Anak Gaji Type Character Numerik Width 15 1 2 7 Dec

Pengenalan dan Instalasi Dbase SYSTEM REQUIREMENT Program Dbase dalam disket minimal harus mempunyai 2 file yaitu : Dbase.Exe dan Dbase.Ovl. Selain itu juga diperlukan file Help.Dbs dan Assist.Hlp dimana kedua file ini mengandung teks untuk pesan ‘help’. File lain yang juga penting adalah Config.Sys, file ini dibaca oleh DOS sewaktu boot. ELEMEN DBASE  Hirarki Elemen dBase adalah : Ø      Field : bagian data dari record Ø      Record : kumpulan dari beberapa data yang saling berkaitan membentuk suatu informasi Ø      File : kumpulan dari semua record yang sejenis Ø      Database : gabungan dari beberapa file yang terpadu

Contoh : File Mahasiswa   NPM Nama Kelas Record 1  31200472 Doni 3DB12 Record 2  30200569 Renold 3DB15 Record 3  31200783 Hari 3DB12 Record 4  31100421 Tita 3DB19      Field 1 Field 2 Field

Jenis Data Dalam dBase Jenis - jenis data dalam dBase : 1.      Data Karakter (Character) Data ini antara lain : Ø   Abjad Ø   Angka   Ø Karakter – karakter lainn Data karakter tidak dapat diopersikan secara matematis. Panjang maksimum dari data karakter adalah 254 karakter. 2.      Data Numerik (Numeric) Data ini berupa : Angka dari 0 s/d 9 dengan berbagai kombinasinya. Data numerik dapat dilakukan operasi matematis

3. Data Logika (Logic), Data yang hanya mempunyai dua kemungkinan yaitu :    Ø Benar direpresentasikan dengan.T. Ø Salah direpresentasikan dengan .F. 4. Data Tanggal (Date) Data ini menyatakan tanggal, Data tanggal dituliskan dengan angka dan karakter Slash (/). Pada dBase, tanggal dapat direpresentasikan dengan dua cara : Ø Amerika (MM/DD/YY) Ø Eropa (DD/MM/YY) 5. Data Memo Data memo ini sama seperti data string, tapi dapat menerima hingga 4000 karakter

PERBEDAAN FIELD DENGAN VARIABEL MEMORI FIELD : Tempat menyimpan data dalam suatu data dalam suatu database Selain FIELD, dbase juga mempunyai tempat untuk menyimpan data yang disebut dengan VARIABEL MEMORI VARIABEL MEMORI bukan bagian dari data base

ATURAN VARIABEL MEMORI Max 10 karakter Boleh berupa huruf, angka dan garis bawah Harus diawali dan huruf dan tidak boleh ada spasi Tidak boleh merupakan reserved word

2 MACAM VARIABEL MEMORI PRIVATE : variabel memori yang diciptakan dalam suatu program dan hanya milik program tersebut PUBLIC : variabel yang menjadi milik semua program

MENYIMPAN DATA KE DALAM VARIABEL MEMORI Perintah yang digunakan : STORE = (SAMA DENGAN) Contoh : . store 14 to x . y = 5 . MNama = “Muhammad” . store “Kelapadua” to MAlamat

MENAMPILKAN DAFTAR VARIABEL MEMORI Perintah yang digunakan : DISPLAY MEMORI dan LIST MEMORI Contoh : . display memory dilayar akan ditampilkan x pub N 14 (14.00000000) y pub N 5 ( 5.00000000) MNama pub C “Muhammad” MAlamat pub C “Kelapadua” 4 variabel define, 4 byte used 252 variabel available, 3031 byte available

MENGHAPUS VARIABEL MEMORI Perintah yang digunakan : RELEASE Nama variabel Contoh : . release x . release y . release MNama . release MAlamat . release all

MENGHAPUS VARIABEL MEMORI Perintah yang digunakan : RELEASE Nama variabel Contoh : . release x . release y . release MNama . release MAlamat . release all

MEMANGGIL KEMBALI FILE MEMORI Perintah yang digunakan : RESTORE FROM Namafile memori Contoh : . restore from contoh Jika ingin memanggil variabel memori dari suatu file memori, namun variabel yang sedanng aktif tidak ingin ditimpa, Perintah yang digunakan : RESTORE FROM Namafile memori ADDITIVE

FUNGSI-FUNGSI DBASE - FUNGSI INTEGER Sintaks : INT (Ekspresi Numerik) Berfungsi untuk membulatkan suatu bilangan Contoh : .? int(7.9) .X=7.5 7 7.5 .? int(-2.1) .? int(X+2) -2 9

- FUNGSI STRING (STR) Sintaks : STR (<ekspresi numerik> [<panjang>] [desimal]) Berfungsi untuk mengubah numerik menjadi karakter. Contoh : .? str(15.12345) 15 .? str(123.45,5) 123

Panjang : Panjang ekspresi numerik termasuk titik desimal Desimal : Posisi desimal dalam ekspresi

FUNGSI SUBSTRING (SUBSTR) Sintaks : SUBSTR (<ekspresi chr> [<staring position>] [number of chr]) Berfungsi utk mengambil beberapa karakter Contoh : .store “STIMIK GUNADARMA” TO NAMA .? substr(NAMA,7) GUNADARMA .? substr(“1853 4780 21245”,6,2) 47

FUNGSI VAL Sintaks : VAL (ekspresi karakter) Berfungsi untuk merubah karakter menjadi Numerik Contoh : .? val(“ABCD”) 0.00 .? val(“12.456”) 12.456 .? val(“123ABC” 123.00

FUNGSI LENGTH (LEN) Sintaks : LEN (ekspresi karakter) Berfungsi untuk menghitung panjang karakter Contoh : .? len(“XYZ”) 3 .? len(“1234567”) 7 .? len(“ABC DE”) 6

FUNGSI LOG Sintaks : LOG (ekspresi karakter) Berfungsi untuk menghitung logaritma natural Contoh : .? log(1) .? log(10) 2.30

FUNGSI ROUND Sintaks : ROUND (ekspresi karakter, <desimal>) Berfungsi untuk pembulatan numerik (sampai desimal angka) Contoh : .? round(1.234567,2) 1.230000 .? round(1.234567,4) 1.234500

FUNGSI SPACE Sintaks : SPACE(ekspresi nuerik) Berfungsi untuk membuat karakter blank sebanyak ekspresi numerik Contoh : .? “Halo”+space(5)+”Bandung” Halo Bandung .Kosong=4 .? “Univ”+Kosong+”Gunadarma” Univ Gunadarma

FUNGSI SQRT Sintaks : SQRT (ekspresi numerik) Berfungsi untuk mencari akar dari suatu ekspresi numerik Contoh : .? sqrt(16) 4.00 .store 100 to B .? sqrt(B) 10.00

FUNGSI TRIM Sintaks : TRIM(ekspresi karakter) Berfungsi untuk menghilangkan spasi yang terdapat di ujung karakter Contoh : .? trim(“Muhammad “) Muhammad .? trim(“Halo “)+”Bandung” HaloBandung