PERTEMUAN 7 Pada Mata Kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi KELAS A,B,C,D Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Pasundan
OPERASI DASAR KOMPUTER Mahasiswa mengenal sistem komputer Mahasiswa mengenal Komponen dasar komputer Mahasiswa mengenal perangkat keras (Hardaware) dan Perangkat Lunak (software) dan Brainware
KOMPUTER SEBAGAI SUATU SISTEM Sistem merupakan kumpulan dari bagian-bagian (subsistem) yang terkait menjadi satu bentuk mekanisme kerja yang memberikan fungsi dan manfaat tertentu Komputer merupakan suatu rangkaian perangkat elektronik yang bekerja secara bersama-sama . Komputer dapat melakukan rangkaian pekerjaan secara otomatis melalui instruksi program yang diberikan, dan alat pengolah data menjadi informasi melalui proses tertentu.
KEUNGGULAN TEKNOLOGI KOMPUTER 1. Mampu mengakses dengan cepat dan tepat 2. Menghasilkan informasi dari data yang lampau 3. Mampu memproses data yang sangat besar menjadi informasi 4. Mampu menyimpan data yang sangat banyak sampai berukuran terabyte 5. mampu melakukan exporting dan importing data yang dirancang secara khusus
KOMPONEN DASAR KOMPUTER PERANGKAT KERAS (HARDWARE) PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE) BRAINWARE
HARDWARE (PERANGKAT KERAS) INPUT DEVICE KEYBOARD
Keyboard merupakan peralatan input yang terdiri atas tombol-tombol huruf, angka,dan karakter lain yang tersusun pada suatu papan berbentuk persegi panjang dan digunakan untuk memasukan data ke komputer
MOUSE Merupakan peralatan input yang berbentuk kecil. Mempunyai bagian yang bisa di klik/ditekan dengan jari, pada bagian bawahnya terdapat sebuah bola magnetik kecil yang berfungsi untuk menggerakan pointer.
TOUCH PAD Touchpad adalah perangkat penunjuk (pointer) yang terdiri dari permukaan khusus yang bisa menerjemahkan gerakan dan posisi jari pengguna ke posisi relatif di layar. Touchpad adalah fitur umum dari laptop dan juga digunakan sebagai pengganti mouse komputer di space meja yang kecil. -
Trackball Banyak diterapkan pada komputer laptop karena dapat menghemat tempat gerak
POINTING STICK Merupakan alat penunjuk seperti karet penghapus Untuk menggerakan penunjuk pada layar dilakukan dengan menekan ke arah yang kita kehendaki Pointing stick dirancang untuk peka terhadap tekanan.
TOUCH SCREEN Piranti penunjuk berupa monitor yang telah dibuat sangat peka sehingga memungkinkan pemakai menunjuk dan menyentuh suatu gambar di layar secara langsung guna mengaktifkan suatu perintah
JOYSTICK Joystick biasa digunakan untuk mengendalikan aplikasi permainan (game)
LIGHT PEN Merupakan peranti penunjuk yang berupa seperti pena dan dapat menghasilkan cahaya,yang digunakan bersamaan dengan sebuah layar yang peka cahaya Light pen memungkinkan pemakai menunjuk langsung kelayar dimana pemakai menghendaki pilihan atau perintah yang dijalankan
DIGITIZING TABLET
Piranti yang dapat mengkonversi gambar/foto menjadi data digital Berbentuk papan plastik elektronis yang dilengkapi dengan mouse/pena elektronis Dapat mengkonversikan gerakan tangan menjadi sinyal digital untuk masukan bagi komputer Peranti ini banyak digunakan untuk penerapan dalam bidang computer-aided design(CAD), atau untuk menyalin gambar yang tersedia kedalam bentuk digital untuk diolah lebih lanjut. Peranti penunjuknya disebut stylus
Pengambil Gambar Terformat : Bar Code Reader Mesin pembaca kode dalam bentuk kumpulan batang. Metode pengkodean yang dinyatakan dalam bentuk garis-garis yang berbeda satu sama lain dan pembacaannya dilakukan dengan bantuan sarana optik yang disebut dengan barcode reader. Biasanya digunakan dalam pengkodean barang di supermarket, kartu, kode pos pada amplop, dsb.
Pengambil Gambar Terformat : Magnetic Ink Character Recognition
Alat ini digunakan untuk mendeteksi tulisan pada kertas khusus yang ditulis dengan menggunakan tinta magnet. Alat ini dibuat dengan maksud sebagai pengamanan atas surat atau dokumen berharga, agar dokumen tersebut sukar untuk dipalsukan. MICR biasanya digunakan di bank-bank, baik swasta maupun bank pemerintah, yaitu untuk suatu surat resmi dari pihak bank kepada pelanggannya. MICR hanya dapat membaca karakter-karakter yang dituliskan hanya dengan tinta magnet.
Pengambil Gambar Terformat : Optical Mark Recognition
Peranti yang dapat membaca blok tulisan pensil dan mengubahnya menjadi bentuk yang dapat digunakan oleh komputer. Peranti ini membaca masukan dengan bantuan refleksi optis, dengan mengenali ketebalan tulisan. Contoh pemanfaatan OMR ini adalah pada UAN, tes penerimaan mahasiswa baru, tes pekerjaan, dll. Peserta tes diminta mengisi bulatan-bulatan jawaban dengan pensil 2B. Keuntungan memanfaatkan OMR selain dalam kecepatan memproses, juga dalam hal ketelitian, karena terhindar dari kesalahan manusia dalam mengoreksi.
Pengambil Gambar Terformat Optical Character Recognition (OCR)
Peranti yang dapat membaca teks dan mengonversikannya ke dalam kode digital yang nantinya diproses oleh komputer. Sistem OCR ini terdiri atas perangkat keras dan perangkat lunak pemanipulasi data. Pengembangan lebih lanjut dari OCR ini memungkinkan adanya peranti yang dapat membantu menterjemahkan teks, membantu orang yang tak dapat membaca dengan mngeubah teks menjadi suara, menbacakan cerita untuk anak-anak, merekam naskah untuk keperluan perpustakaan.
Pengambil Gambar Tak Terformat Image Scanner Peranti yang dapat mengambil masukan data gambar, foto, bahkan juga tulisan tangan. Hasilnya kemudian diubah menjadi isyarat digital dan dapat disimpan di dalam tape/disk, atau diproses menjadi sesuatu yang dikehendaki pemakai.
Pengambil Gambar Tak Terformat :Kamera digital SLR (Single-lens Reflex) adalah kamera yang menggunakan sistem jajaran lensa jalur tunggal untuk melewatkan berkas cahaya menuju ke dua tempat, yaitu Focal Plane dan Viewfinder, sehingga memungkinkan fotografer untuk dapat melihat objek melalui kamera yang sama persis seperti hasil fotonya. Hal ini berbeda dengan kamera non-SLR, dimana pandangan yang terlihat di viewfinder bisa jadi berbeda dengan apa yang ditangkap di film, karena kamera jenis ini menggunakan jajaran lensa ganda, 1 untuk melewatkan berkas cahaya ke Viewfinder, dan jajaran lensa yang lain untuk melewatkan berkas cahaya ke Focal Plane. Kamera SLR menggunakan pentaprisma yang ditempatkan di atas jalur optikal melalui lensa ke lempengan film. Cahaya yang masuk kemudian dipantulkan ke atas oleh kaca cermin pantul dan mengenai pentaprisma. Pentaprisma kemudian memantulkan cahaya beberapa kali hingga mengenai jendela bidik. Saat tombol dilepaskan, kaca membuka jalan bagi cahaya sehingga cahaya dapat langsung mengenai film.
Kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex) Pada prinsipnya, kamera SLR dan DSLR memiliki cara kerja dan komponen yang sama. Yang membedakan adalah penggunaan film. Kamera SLR menggunakan film sebagai medium penangkap, sedangkan kamera DSLR tidak lagi menggunakan film. Sebagai gantinya, kamera DSLR menggunakan ,CCD atau CMOS. Resolusi terendah kamera DSLR adalah 5.1 megapiksel.
Digital vs Optical Zoom DIGITAL ZOOM OPTICAL ZOOM Proses zooming dengan memperbesar pixel gambar Tidak menambah data Proses zooming dengan memanfaatkan kombinasi-kombinasi untuk memperbesar gambar.
Pengambil Gambar Tak Terformat : FINGER PRINT Peranti yang digunakan untuk membaca sidik jari seseorang. Hasil pembacaan berupa data gambar yang menyatakan bentuk sidik jari seseorang. Teknologi yang lebih canggih memungkinkan hasil pembacaan peralatan ini berupa rumus sidik jari seperti yang lazim digunakan dalam sistem kepolisian
Voice and Sound Input
Voice and sound input merupakan peralatan input yang dapat mendeteksi dan mentransformasikan bunyi dan suara melalui perekaman suara menjadi data digital (contoh format WAV,WMF)
Multimedia Audio Device (MAD) Televisi Merupakan suatu alat yang dapat menanyangkan program-program televisi melalui komputer.
PERANGKAT PROSES 1. CENTRAL PROCESSING UNIT (CPU) Merupakan bagian dari komputer yang mengeksekusi atau menjalankan instruksi-intruksi program dan memproses data seperti perhitungan.
KOMPONEN CPU Control Unit (CU): berfungsi untuk mengawasi dan mengatur aktivitas processor. Control unit diidentifikasi (disamakan) dengan bagian otak manusia yang mengawasi dan mengatur seluruh kegiatannya, seperti bekerja, bermain, belajar dan sebagainya Arithmatic Logic Unit (ALU) Berfungsi melakukan perhitungan operasi aritmatika dan logika
Register Merupakan tempat penampungan/penyimpanan sementara yang ada di prosesor. Register dapat memindahkan data dan intruksi lebih cepat dari pada memori utama, dan juga dapat menyimpan data atau intruksi yang akan di proses dan hasil proses tersebut
PERANGKAT KELUARAN Peralatan yang dapat menerjemahkan/mentransformasikan hasil pengolahan data ke user. Diartikan sebagai data/informasi yang disajikan oleh komputer setelah melalui suatu proses.
ALAT KELUARAN Visual display (monitor) disebut juga dengan Video Display Terminal (VDTs) yaitu peralatan output yang berfungsi menampilkan visualisasi gambar, teks, dan sebagainya LCD Proyektor merupakan salah satu jenis proyektor yang digunakan untuk menampilkan video, gambar, atau data dari komputer pada sebuah layar atau sesuatu dengan permukaan datar seperti tembok
Printer merupakan peralatan output yang dapat mencetak data berupa karakter/huruf/gambar kesuatu media (kertas,plastik,dan sebagainya).
Sumber kadir,abdul. ,Triwahyuni,Terra CH Sumber kadir,abdul.,Triwahyuni,Terra CH. Pengenalan Teknologi Informasi. Yogyakarta : andi.2006
SOFTWARE Microsoft Office