Teknik Presentasi sketsa produk.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
METODE MENGGAMBAR PERSPEKTIF
Advertisements

Kamera Foto dan Editing Teknik Dasar Fotografi
GAMBAR POTONGAN PERTEMUAN V OKT 2007.
Estetika Bentuk I Minggu ke 5
Interaksi Manusia dan Komputer - part 2 Danny Kriestanto, S.Kom., M.Eng.
Menggambar Bentuk.
PROSESOR PERSIAPKAN SOKET PROSESOR PADA MAINBOARD DENGAN MEMBUKA ATAU MENARIK DAHULU TANGKAI SOKET KE ATAS AGAR TIDAK TERKUNCI. LETAKKAN PROSESOR PADA.
SKETSA DAN GAMBAR TEKNIK
Dasar Perancangan Teknik Industri
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
TITIK BERAT.
TATA ARTISTIK 1: PENATAAN PANGGUNG
Menggambar perspektif
BY:Elmira Shafa Annisa Kelas:5B
Sifat-Sifat Bangun Datar
Komponen / Elemen Desain Grafis
P E N S I L  Pensil adalah alat tulis dan lukis yang awalnya terbuat dari grafit murni. Cara penggunaan awalnya dilakukan dengan menggoreskan grafit tersebut.
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
Komponen / Elemen Desain Grafis
TEKNIK GAMBAR PROYEKSI
PROYEKSI SIKU-SIKU gambar proyeksi siku-siku dilihat dari enam arah pandang yaitu Pandangan Atas (PA) adalah tampak benda bila dilihat dari atas Pandangan.
PROYEKSI ORTHOGONAL (1)
Penyajian Benda-Benda Tiga Dimensi
Analisis Kontur.
Untuk menghemat waktu beberapagaris perpotongan yang sebenarnya dapat
Proyeksi dan Perspektif
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds Prodi Desain Interior - FDIK
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
MODUL KE TIGA BELAS MENGGAMBAR TEKNIK PENSKETSAAN LUKISAN
GAMBAR STANDARD PERTEMUAN KETIGA 21 SEPT 2007.
Penggunaan Toolbar dimension
Aturan Dasar Untuk Memberi Ukuran
Teknologi Dan Rekayasa
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT PROGRAM STUDI S-1 TEKNIK MESIN
DASAR MENGGAMBAR TEKNIK
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT PROGRAM STUDI S-1 TEKNIK MESIN
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
Teknologi Dan Rekayasa
MENERAPKAN DASAR-DASAR GAMBAR TEKNIK
Unsur-Unsur ! i n D e s a.
GAMBAR DENGAN 2 TITIK HILANG
FAKTOR MANUSIA (2) (LANJUTAN) DOSEN. UTAMI DEWI WIDIANTI.
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
PROYEKSI ORTHOGONAL (1)
Komponen / Elemen Desain Grafis
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT PROGRAM STUDI S-1 TEKNIK MESIN
Seni rupa 2 dimensi.
GAMBAR DENGAN 1 TITIK HILANG
Kamera Foto dan Editing Teknik Dasar Fotografi
Kamera Foto dan Editing Teknik Dasar Fotografi 1.
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds. Prodi Desain Interior - FDIK
PROYEKSI.
Matakuliah : R0124 / Teknik Komunikasi Arsitektur
Komponen / Elemen Desain Grafis
Teori tentang Desain Komunikasi Visual
GAMBAR PERSPKTIF Kata “Perspektif” berasal dari kata bahasa Itali “Prospettiva” yang berarti “gambar pandangan”. Menggambar Perspektif adalah suatu.
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
GAMBAR TEKNIK PENGENALAN ALAT DAN BAHAN
Menggambar perspektif
Variasi menggiring Menggiring bola adalah salah satu teknik mengontrol bola yang dilakukan dengan cara bola digiring dari satu tempat ke tempat lain atau.
Kerja bangku YUSUF RIZAL FAUZI, S.T., M.T. Mengukur dan menandai benda kerja Mengukur benda kerja berarti membandingkan suatu besaran yang diukur dengan.
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING PROGRAM STUDI KEAHLIAN (SKILL DEPARTEMEN PROGRAM) : TEKNIK BANGUNAN (BUILDING TECHNOLOGY) KOMPETENSI.
Komponen / Elemen Desain Grafis
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds. Prodi Desain Interior - FDIK
TEKNIK GEOMATIKA DAN GEOSPASIAL
MENERAPKAN DASAR-DASAR MENGGAMBAR TEKNIK OLEH : KUSTENDAR, S.T TEKNIK GAMBAR OTOMOTIF SMK AL-IHSAN PAMARICAN.
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING PROGRAM STUDI KEAHLIAN (SKILL DEPARTEMEN PROGRAM) : TEKNIK BANGUNAN (BUILDING TECHNOLOGY) KOMPETENSI.
Materi 1 dan 2 Berkarya Seni Rupa Dua Dimensi (2D) dan Tiga Dimensi (3D) Rohani A., S.AN SMK PUSTEK Serpong Kelas X Ada yang pernah mengunjungi pameran?
Transcript presentasi:

Teknik Presentasi sketsa produk

"Jangan biarkan teknologi (komputer) mengontrol ide murni dari otak kita dan melemahkan daya kreatifitasnya“ ( Jatmiko )

Konstruksi Kubus

Mengapa Kubus ? Kubus adalah bentuk dasar dari semua benda yang ada di alam. Dari kubuslah proses visualisasi produk dibuat.

Catatan : (1) Bayangkan setiap akan menggambar anda sudah membayangkan dimensi obyek secara keseluruhan, seolah-olah dalam bayangan siluet samar-samar obyek sudah ada di kertas kosong anda. Sehingga tidak akan terjadi gambar obyek yang terlalu besar atau terlalu kecil, mindsite ini perlu ditanamkan di awal sebagai penguasaan rana (komposisi skala obyek terhadap luas kanvas/kertas). (2) Usahakan dalam setiap menarik garis, anda bisa mengontrol mulai dari titik awal sampai titik akhir garis, sehingga kita bisa menguasai baik arah, dimensi, tekanan dan ketebalan. Dan jangan biasakan menarik garis yang anda tidak bisa mengontrol ujung akhirnya, seperti pelecut, kecuali anda menginginkan efek goresan sketsa seperti : bulu, rumput, atau sesuatu yang natural.

Kendala : Kendala yang biasa dihadapi bagi mahasiswa yang belum biasa membuat sketsa langsung jadi dengan bolpoint, dikarenakan mereka sudah biasa tergantung pada penggaris dan penghapus, sehingga modal awal yang terpenting adalah keberanian dan keuletan untuk terus berlatih. Kendala secara umum diantaranya : 1. Garis sketsa yang tidak lurus dan putus-putus. 2. Takut salah, nampak pada tekanan garis-garis tipis dan samar-samar. 3. Posisi kertas sebagai media gambar yang relatif tidak tetap, alias diputar mengikuti kemampuan membuat garis yang hanya pada index satu arah saja, biasanya mereka lebih mudah bikin garus horizontal agak menukik ke atas. 

Penyebab Kendala : Kendala diatas ini besar kemungkinan juga dipengaruhi perilaku mereka terhadap media ballpoint dan cara mereka menulis. Jadi perlu ditekankan dimuka, bahwa kegiatan yang akan dilakukan adalah menggambar (membuat sketsa) bukan menulis, maka harus dibedakan ;  1. Cara memegangnya yang tidak terlalu ke ujung seperti orang menulis pada umumnya. 2. Memegang ballpoint agak renggang dan otot tangan rileks. 3. Posisi lembar kerja usahakan tepat di depan badan, bukan di samping kiri badan, dan biasakan dia pada posisi tetap, jangan digeser-geser apalagi diputar.

LATIHAN Alat yang digunakan : bolpoint/pulpen Sebelum menggunakan ballpoint (bolpoin/pulpen), sebaiknya melakukan pemanasan gerakan sketsa sesuai dengan karakter garis dan elemen- elemen yang membangun bentuk obyek gambar. Misalnya jika anda akan menggambar obyek dengan bentuk dasar kubus makan diperlukan penguasaaan skill freehand dalam membuat garis-garis lurus baik secara vertikal, horizontal dan miring diagonal. seperti gambar di latihan 1

Latihan 1 : Pemanasan gerakan sketsa sesuai dengan karakter garis dan elemen-elemen yang membangun bentuk obyek gambar.

Latihan 2 : Membuat garis konstruksi kubus dalam berbagai macam view dalam suatu komposisi.

Latihan 3 : Membuat obyek dengan elemen dasar garis lurus dan bidang kubus

Latihan 4 : Membuat obyek dengan elemen bidang kubus bersudut tumpul Latihan 4 : Membuat obyek dengan elemen bidang kubus bersudut tumpul. Buatlah sebanyak mungkin dalam 10 lembar kertas ukuran A4

Terimakasih Sumber : www.jatmiko_yo_jatkomik