Pertemuan Keenam Paradigma dan Prinsip Penggunaan Jaringan Internet
Pendahuluan Hal-hal yang harus diperhatikan: Bagaimana pengembangan suatu sistem interaktif untuk memastikan tingkat kegunaannya? Bagaimana tingkat kegunaan dari suatu sistem interaktif didemonstrasikan atau diukur? Pendekatan Paradigma untuk tingkat kegunaan Prinsip untuk tingkat kegunaan Jaringan Internet
Paradigma untuk Tingkat Kegunaan Perspektif sejarah pada desain sistem interaktif Time-sharing (pembagian waktu) Video display units (unit penampil video) Perkakas pemrograman (Programming toolkits) Komputasi Personal Sistem Windows dan antarmuka WIMP Metafora Manipulasi langsung Bahasa vs Aksi Hypertext Multimodalitas Pekerjaan bersama yang didukung oleh komputer Jaringan Internet
Prinsip untuk Mendukung Tingkat Kegunaan Tingkat pembelajaran (learnability) Pengurangan dengan mana pengguna baru dapat memulai interaksi efektif dan mencapai kinerja maksimal Kelenturan (fleksibelitas) Pelbagai jalan yang ada dimana pengguna dan sistem bertukar informasi Kehandalan (robustness) Tingkat dukungan yang disediakan kepada pengguna dalam menentukan pencapaian sukses dan taksiran perilaku yang mengarah pada tujuan Jaringan Internet
Prinsip Pembelajaran Pemrediksian (preditability) Pemaduan (synthesizability) Keterbiasaan (familiarity) Keumuman (generalizability) Konsistensi Jaringan Internet
Prinsip Kelenturan Inisiatif dialog Galur jamak (multithreading) Migrasi tugas Kesubstitusian Kemudahan penggantian (customizability) Jaringan Internet
Prinsip Kehandalan Observabilitas Pemulihan kembali (recoverability) Tanggapan Kesesuaian tugas Jaringan Internet
Rangkuman Paradigma untuk tingkat kegunaan Sejarah komputasi mengandung contoh-contoh wawasan kreatif yang meningkatkan interaksi Prinsip untuk tingkat kegunaan Desain berulang untuk tingkat kegunaan bergantung pada pemaksimalan keuntungan dari satu desain yang baik dengan meringkaskan properti umum yang dapat secara langsung mengarah pada tujuan desain Kesuksesan pendesainan untuk tingkat kegunaan membutuhkan baik wawasan kreatif (paradigma baru) dan praktek yang dilandasi prinsip pengarahan tujuan desain Jaringan Internet
SEKIAN Jaringan Internet