Perancangan Iteratif, Pengujian, dan Evaluasi

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Proses-proses Perangkat Lunak
Advertisements

Perancangan Perangkat Lunak lanjutan Kuliah - 7
Interaksi Manusia dan Komputer
METODE PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK
Pengembangan Solusi Bisnis dengan Teknologi Informasi
PENGANTAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK I
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
PROTOTYPING Analisa Desain Sistem Informasi. Pendahuluan Prototipe merupakan simulasi atau animasi dari bakal sistem. Prototipe merupakan suatu metode.
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) Dosen : Tata Sumitra M
Interaksi Manusia dan komputer
Prototyping Aplikasi Teknologi Informasi
Mengelola Proses Perancangan
KONTEKS PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI (Lanjutan)
Aktifitas Pengembangan Sistem
Aktifitas Pengembangan & Pemeliharaan Sistem
Perancangan Iteratif, Pengujian, dan Evaluasi
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER (Human Computer Interaction)
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) 2 SKS Dosen : Yulistia,S. Kom. ,M
DESAIN IMK-M5.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
A NALISIS K EBUTUHAN DAN S PESIFIKASI P ERANGKAT L UNAK.
KONSEP PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
PROTOTYPING.
Siklus Hidup Sistem Basis Data
Metodologi Pengembangan Perangkat Lunak
Mengelola Proses Perancangan
Kelompok 4 Agusta Sigit Dewantoro Almizan Dio Restu Saputra
Perancangan Tampilan.
Analisa Desain Sistem Informasi
PENGEMBANGAN APLIKASI
Step 14 : Uji, Uji, dan Uji Ulang
Interaksi Manusia & Komputer Desain
Perancangan Database.
Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak
TEKNIK EVALUASI.
Teknik Evaluasi.
TEKNIK EVALUASI Rima Dias Ramadhani.
Interaksi Manusia dan Komputer
Perancangan Sistem Informasi
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Interaksi Manusia dan Komputer
Prototyping
PROSES DESAIN by Dwi S..
PERANCANGAN ANTARMUKA/TAMPILAN
Menguji Rancangan Antarmuka Pertemuan 4
Panduan Merancang Interface
KONSEP BARU SEKITAR TESTING
Review Sistem Informasi Managemen
FASE DESAIN.
Materi Habis Uts IMK Prototyping
Perancangan Iteratif, Pengujian, dan Evaluasi
Human Computer Interaction (1)
PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI
PERTEMUAN 2 Proses Pengembangan Perangkat Lunak
Perancangan Tampilan.
Mengelola Proses Perancangan Pertemuan 3
Siklus Pengembangan Sistem Informasi Akuntansi
Metode Rekayasa Perangkat Lunak
TEKNIK PEMROGRAMAN.
Perancangan Iteratif, Pengujian, dan Evaluasi
Tujuan instruksional umum:
PROTOTYPING IMK 2015 Laseri, S.Kom.
REKAYASA WEB Development Process
Analisa Desain Sistem Informasi
Tugas Presentasi Kelompok 1
Mengelola Proses Perancangan
Prototyping Deskripsi Desain  Bagaimana kita menyatakan dengan cepat gagasan-gagasan desain ?  Tidak ada koding.
TESTING DAN QA SOFTWARE PERTEMUAN 10 & 11
MODEL PROSES PERANGKAT LUNAK
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) 3 SKS
Transcript presentasi:

Perancangan Iteratif, Pengujian, dan Evaluasi Pertemuan 13 Perancangan Iteratif, Pengujian, dan Evaluasi

Participatory Design & Task Analysis Parcipatory design : perancangan yang melibatkan pemakai Keterlibatan pemakai dalam perancangan akan : Menghasilkan lebih banyak informasi yang akurat tentang tugas Memberi kesempatan untuk berargumen atas keputusan rancangan Memberi rasa keikutsertaan yang membentuk investasi ego dalam implementasi yang sukses Potensi untuk meningkatkan penerimaan pemakai atas sitem final

Karakteristik perancangan menurut Carrol dan Rosson (1985) : Perancangan adalah suatu proses Proses perancangan adalah nonhierarkis Proses perancangan adalah transformasional secara radikal Perancangan secara intrinsik melibatkan penemuan tujuan-tujuan baru

Karakteristik perancangan menurut Carrol dan Rosson (1985) : Proses perancangan adalah nonhierarkis; tidak ketat bottom-up maupun top-down Proses perancangan adalah transformasional secara radikal; melibatkan pengembangan solusi sebagian dan sementara yang akhirnya mungkin tidak berperan dalam rancangan akhir

Tiga pilar perancangan Guidelines document Tata letak layar Piranti masukan dan keluaran Urutan aksi Pelatihan User interface Software Tools (UIMS) and rapid prototyping tools Usability laboratories and iterative testing

User interface Software Tools (UIMS) and rapid prototyping tools Pelanggan dan pemakai belum punya gbrn jelas ttg bentuk dan hasil akhir sistem akan terlihat seperti apa Usability laboratories and iterative testing dilakukan uji dari yg paling kecil ke yg paling besar sebelum diberikan ke pelanggan

Kriteria terukur untuk antarmuka pemakai : Waktu mempelajari fungsi tertentu Kecepatan kinerja tugas Tingkat kesalahan Kepuasan subjektif pemakai Retensi (daya ingat) terhadap perintah

Evaluasi dalam Pemakaian Aktif Survey Wawancara dan diskusi kelompok Konsultasi online atau melalui telepon Kotak saran online atau pelaporan kesulitan Online bulletin board atau newsgroup User newsletter dan konferensi

Survay Wawancara Diskusi kelompok Konsultasi online Kotak saran Pake setuju, sangat setuju, dst Wawancara Produktif krn pewawancara bs menggali lbh dlm ttg hal2 yg spesifik yg hrs diperhatikan Diskusi kelompok u/ mencari tau apakah banyak org yg berkomentar sama Konsultasi online Bantuan bagi pemakai yg kesulitan Kotak saran Menggunakan email u/ kirim pesan ke admin atau perancang Bulletin board Pemasangan pesan2 dan pertanyaan2 terbuka

Daur Hidup Pengembangan Sistem Langkah-langkah : Kumpulkan informasi Definisikan kebutuhan dan semantik Rancang sintaksis dan fasilitas pendukung Sebutkan piranti-piranti fisik Kembangkan software Integrasikan sistem dan sebarkan kepada pemakai Pelihara masyarakat pemakai Persiapkan rencana evolusi