Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Mengelola Proses Perancangan Pertemuan 3

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Mengelola Proses Perancangan Pertemuan 3"— Transcript presentasi:

1

2 Mengelola Proses Perancangan Pertemuan 3
Matakuliah : T0593 / Interaksi Manusia dan Komputer Tahun : 2009 Mengelola Proses Perancangan Pertemuan 3

3 Learning Outcomes Mahasiswa dapat mendemonstrasikan perancangan antarmuka pemakai dengan menggunakan metode LUCID dan observasi etnografis.

4 Topik Bahasan Karakteristik Perancangan Tiga Pilar Perancangan
Metodologi LUCID Observasi Etnografis Model Waterfall dan Spiral

5 Mengelola Proses Perancangan
Perancangan pada dasarnya adalah proses kreatif dan tak dapat diduga. Perancang sistem interaktif harus memadukan pengetahuan saksama dari kelayakan teknis dan rasa estetik apa yang menarik bagi pemakai.

6 Mengelola Proses Perancangan
Karakteristik perancangan menurut Carroll dan Rosson: Perancangan adalah proses, bukan keadaan. Proses perancangan nonhierarkis. Proses perancangan transformasional secara radikal. Perancangan secara intrinsik melibatkan penemuan tujuan-tujuan baru.

7 Tiga Pilar Perancangan (Lanj.)

8 Dokumen Pedoman dan Proses
Setiap proyek mempunyai kebutuhan berbeda, tetapi pedoman harus dibuat untuk hal-hal berikut ini: Kata-kata, Ikon, dan Grafik Terminologi, singkatan, fonts, ikon, grafik, warna, dll. Layout layar Menu, formulir, dialog box, umpan balik, pesan kesalahan, format pemasukan dan tampilan data dll. Perangkat input dan output Keyboard, piranti penunjuk, voice, dll.

9 Dokumen Pedoman dan Proses (Lanj.)
Urutan aksi Manipulasi Langsung, sintaks bahasa perintah, shortcut, dll Pelatihan Online help, Tutorial, manual, dll

10 Metodologi LUCID (Kreitzberg)
LUCID = Logical User-Centered Interactive Design Kembangkan konsep produk Riset dan analisis kebutuhan Konsep perancangan dan prototipe layar kunci Perancangan iteratif dan perbaikan Implementasikan software Dukungan rollout

11 Bidang-bidang Kegiatan LUCID
Definisi produk, Business case, Sumber daya, Lingkungan fisik, Lingkungan teknis, Pemakai, Fungsionalitas, Prototipe, Usability, Panduan perancangan, Panduan isi, Dokumentasi (pelatihan dan petunjuk).

12 What is a user-centered approach?
User-centered approach is based on: Early focus on users and tasks: directly studying cognitive, behavioral, anthropomorphic & attitudinal characteristics Empirical measurement: users’ reactions and performance to scenarios, manuals, simulations & prototypes are observed, recorded and analysed Iterative design: when problems are found in user testing, fix them and carry out more tests

13 Mengapa melibatkan pengguna dalam proses perancangan?
Ensure understanding of users’ needs and goals by involving users in development process Makes users aware of expectations Ensure technology is not misrepresented Less likely users will be disappointed by technology Helps users understand why technology is the way it is Sense of ownership Buy-in

14 Jenis-jenis Pengguna? Check-out operators • Suppliers
• Local shop owners Customers Managers and owners

15 Observasi Etnografis Persiapan Pahami kebijakan dan budaya kerja organisasi. Kenali sistem dan sejarahnya. Tentukan tujuan awal dan siapkan pertanyaan. Minta akses dan izin untuk observasi dan wawancara.

16 Observasi Etnografis Studi lapangan
Bangun hubungan dengan manajer dan pemakai. Amati atau wawancarai pemakai di tempat kerjanya. Kumpulkan data subjektif dan objektif, kuantitatif dan kualitatif. Ikuti semua petunjuk yang muncul dari kunjungan. Catat kunjungan.

17 Observasi Etnografis (Lanj.)
Analisis Gabungkan data yang dikumpulkan dalam database numeris, tekstual, dan multimedia. Kuantifikasikan data dan gabungkan statistik. Konsolidasikan dan interpretasikan data. Perbaiki tujuan dan proses yang digunakan.

18 Observasi Etnografis (Lanj.)
Pelaporan Pertimbangkan peserta dan tujuan yang beraneka ragam. Persiapkan laporan dan presentasi-kan hasil penelitian.

19 Waterfall Model Model paling dasar
Model lama tetapi masih banyak dipakai(dlm berbagai variasi) Lima tahapan: Requirements Design Code Test Maintain

20 Spiral Lifecycle model

21 Q & A


Download ppt "Mengelola Proses Perancangan Pertemuan 3"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google