MULTIMEDIA Interaktif

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
RAGAM MEDIA DALAM PEMBELAJARAN
Advertisements

Pengertian Bahan Ajar Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
Materi 5 - Komputer Multimedia
Oleh : Tim Pengembang TIK BTKP Dinas Dikpora DIY PROSEDUR PENGEMBANGA BAHAN BELAJAR Berbasis Internet.
WELCOME TO MYPRESENTATION
MEDIA E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN REPRODUKSI VIRUS
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SMA
Kuliah II Macam – Macam Model Konsep Kurikulum
Pengertian Bahan Ajar Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
PENERAPAN PEMBELAJARAN ELEKTRONIK DALAM TEMATIK TERPADU
PENGELOLAAN KELAS SECARA INOVATIF
Sudji Munadi, Sunaryo Sunarto, Wagiran
PPB Pengembangan Profesi Berkelanjutan Hak Cipta Pustekkom 2013 Pengembangan Bahan Ajar Kegiatan Belajar 2 Teknik Penulisan Bahan Belajar Cetak IKA KURNIAWATI,
Media = Perantara/pengantar,
PPB Pengembangan Profesi Berkelanjutan Hak Cipta Pustekkom 2013 Pengembangan Bahan Ajar Kegiatan Belajar 2 Konsep, Prinsip, dan Jenis-jenis Bahan Belajar.
KOMPUTER & MASYARAKAT Pertemuan 3.
HANDOUT KELOMPOK 1.
IMPLEMENTASIKURIKULUM 2013
1 PELATIHAN IMPLEMENTASI KURIKULUM KURIKULUM 2013 KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN.
Pengembangan Media pembelajaran Matematika
Nina Widyaningsih, S.Pd., M. Hum PBSI UPY
PENYUSUNAN BAHAN AJAR.
SISTEM MANAJEMEN PEMBELAJARAN
PENGEMBANGAN BAHASA AJAR BERBASIS WEB
Bimbingan Tugas Akhir Program (TAP) Pertemuan ke 5
Pembelajaran Online Koesnandar.
Potret Bahan Ajar Pengembangan Bahan Ajar di SD
SUMBER BELAJAR DAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR
KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
EVALUASI PENGEMBANGAN MEDIA
PERKEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS ICT TERKINI
PROGRAM PENDAMPINGAN IN DAN ON DI SMP
PRAKTEK MENGAJAR IPS SD FKIP UNIVERSITAS ESA UNGGUL
Multimedia dan Pemanfaatannya dalam proses pendidikan
PENGEMBANGAN MATERI AJAR IPA SD
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Analisis Metode Eksperimen
PEMBELAJARAN BERBASIS PAIKEM
SISTEM MANAJEMEN PEMBELAJARAN
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN
RUMUSAN MASALAH MASALAH ITU APA? Sesuatu yang ‘mengganjal’
E-Learning dan Strategi Implementasinya
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
STRATEGI PENGAMATAN TAYANGAN VIDEO PEMBELAJARAN
PEMBELAJARAN BERBASIS PAIKEM.
PRAKTEK MENGAJAR IPS SD (3) FKIP UNIVERSITAS ESA UNGGUL
TUNTUTAN PROFESIONALISME
Mendesain Media Pembelajaran
KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
Media Pembelajaran dalam PAKEM
17 Langkah Pengembangan Bahan Belajar Berbasis Web
Selamat datang pada sesi ini
Penelitian dan pengembangan
17 Langkah Pengembangan Bahan Belajar Berbasis Web
Pengertian Bahan Ajar Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
Teknik Pembuatan Aplikasi CAI
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR.
BAHAN AJAR VS BUKU TEKS Kelompok 2:
OLEH Puspita Tri Kartikawati
PENGEMBANGAN MODUL SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA PRESENTASI
Masalah yang Sering Dialami Siswa SD dalam Kegiatan Belajar
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SMA
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SMA
Pengertian Bahan Ajar Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN
Teknik Pembuatan Aplikasi CAI
Menganalisis Kebutuhan dan Karakteristik Siswa
Materi bahasa indonesia Pertemuan kedua Di kelas 8 b.
Transcript presentasi:

MULTIMEDIA Interaktif Belajar menjadi Mudah dan Menyenangkan

Pengertian Multimedia berasal dari kata “multi” dan “media”. Multi berarti banyak, sehingga mutimedia dapat diartikan sebagai gabungan dari berbagai media yang terintegrasi. Kombinasi berbagai media dimanfaatkan secara harmonis dan terintegrasi sehingga menghasilkan satu program pembelajaran yang sinergi untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Program pembelajaran yang disajikan dalam bentuk CD /off line

Fungsi Memperkaya produk bahan belajar yang dikembangkan oleh Pustekkom. Memperkaya bahan ajar yang diajarkan di kelas.

Manfaat Mendorong siswa belajar secara mandiri Membantu siswa meningkatkan pemahaman materi Membantu dan mendorong guru dalam menjelaskan hal-hal yang sulit digambarkan dengan kata-kata.

Tujuan Meningkatkan kwalitas hasil pembelajaran Menyediakan sumber-sumber pembelajaran alternatif bagi siswa

Sasaran Lembaga sekolah negeri atau swasta di tingkat Kota/Kabupaten dan propinsi Siswa Guru

Karakteristik Multimedia Bersifat fleksibel (memberikan keleluasaan bagi siswa untuk memilih materi & menggunakannya kepada siswa ) Bersifat self-pacing (memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar sesuai dengan kecepatannya dalam memahami materi ) Bersifat content-rich (memberikan informasi yang kaya baik dari isi maupun medianya ) Bersifat interaktif (memberikan kesempatan bagi siswa untuk melakukan respon dan mencoba simulasi )

Unsur-Unsur Multimedia Sumber pembelajaran Hiburan (entertainment) Sumber informasi

Langkah Pengembangan Bedah kurikulum Pembuatan GBIM dan JM Pengembangan Naskah Produksi Preview hasil produksi Penyempurnaan Uji coba pemanfaatan Revisi berdasarkan hasil uji coba

Langkah Pemanfaatan Pengecekan peralatan Pemanfaatan Evaluasi hasil teori Praktek Evaluasi hasil praktek

Model Pemanfaatan Individual Tidak terpaku dengan ruang dan waktu

Terima Kasih