Berbagai Macam dan Bentuk Seni Budaya Islam

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PENINGGALAN – PENINGGALAN SEJARAH BERCORAK ISLAM
Advertisements

Art, Music and Culture Musik merupakan bagian dari seni, dan seni adalah bagian dari kebudayaan.
SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
Presentasi Seni Budaya
APRESEASI SENI BUDAYA.
Seni Budaya Musik dan Unsur-unsurnya
APRESIASI SENI & BUDAYA ISLAM
WAWASAN SENI DISUSUN OLEH WING W PANDU
B. MAKNA DAN PERANAN TEATER DALAM KONTEKS BUDAYA DAERAH.
Membaca Ekspresif Naskah Drama
PERKEMBANGAN HURUF (TIPOGRAFI)
Arsitektur Islam di Eropa Gb.1 /13 : Judul Pertemuan 04
Keindahan identik dengan kebenaran
Estetika 2 Second Week.
A GAMA I SLAM DISUSUN OLEH: MISNANI. S.Ag. M.Pd. I.
Iptek dan Seni dalam Islam
BAB I APRESIASI KARYA SENI RUPA TERAPAN DAERAH BANYUMAS
Budi: Akal, piran, paham, pendapat,ikhtisar, perasaan
APRESIASI KARYA SENI TEATER
Sosiologi Antropologi Pendidikan
Evaluasi Materi Sejarah & Perkembangan Seni Rupa Pertemuan 13
TUJUAN MATA KULIAH PENGANTAR ARSITEKTUR
Seni Pertemuan 11 Matakuliah: O0012 / Pengantar Antropologi Sosial Tahun: 2007.
PERTEMUAN KETIGABELAS
S K I Konsep Kebudayaan Islam Nilai-Nilai Islam Dalam Budaya Indonesia
APRESIASI SENI Seni & Keindahan.
Tari Pakarena Vivi Permata Sari Silvia Liemantoro Novi Lusiana Simon
I. Arti dan Ruang lingkup agama Islam
MANUSIA DAN KEINDAHAN Ilmu Budaya Dasar Karina Jayanti., S.I.Kom.
Intervensi Organisasi : BUDAYA ORGANISASI
Produk Kerajinan Tekstil
Kebudayaan Jepang.
BAB III MANUSIA DAN CINTA KASIH
HAK ATAS KEKAYAAN INTELEKTUAL (HAKI)
HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL (HAKI)
Matakuliah : R0772 – Arsitektur Tradisional
SENI, SENI RUPA, dan DESAIN
Estetika Zaman Romantisme
Angklung Adalah Warisan Dunia
APRESEASI SENI BUDAYA.
SENI RUPA APRESIASI SENI RUPA.
Pendidikan bukan memasung kreatifitas, tetapi pemacu kreatifitas.
PENGERTIAN ETIKA, MORAL, DAN AHLAK
KEBUDAYAAN Antarin Prasanthi.
BAB III TRADISI MASA PRA-AKSARA DAN AKSARA MASYARAKAT INDONESIA
Ilmu Sosial Budaya Dasar HAKIKAT MANUSIA
Kelas XII Semester 1 Guru Mapel: Deni Widi Arianto, S.Pd
KONSEP TEORITIS AGAMA TENTANG BUDAYA DAN SENI
Mata Kuliah Islam dan Budaya Jawa Jurusan PAI STIT Muh. Wates
Karakteristik seni budaya islam
KEBUDAYAAN DAN PERADABAN ISLAM Dr. Hardiwinoto, SE., M.Si.
Pengertian Seni Adalah :
Pemerintahan dan Budaya Masa Dinasti Abbasiyah
Konsep Kebudayaan Dalam Islam
Memahami hakikat ilmu pengetahuan
ISLAM dan PERKEMBANGAN ISLAM
KEBUDAYAAN ISLAM.
ASSALAMU’ALAKUM Wr. Wb KELOMPOK 7 : MUTHIAH ALIBAS
Simbolisme dalam Agama Drs. H. Nur Syahid, MPdI
SENI, SENI RUPA, dan DESAIN
MANUSIA, KEBUDAYAAN, DAN PERADABAN
Wujud kebudayaan & Unsur kebudayaan
APRESIASI SENI & BUDAYA ISLAM
KAIN TAPIS LAMPUNG OLEH : KELOMPOK 16 KORTEN : Ahmad Salsabila.
BAB 2 : KEDATANGAN ISLAM KE BENUA EROPAH
KBM 4 AQIDAH ISLAMIAH BAB 1 : FIRAQ DALAM ISLAM
Sejarah Peminatan Kelas 11 Sejarah Peminatan Kelas 11 Kerajaan-kerajaan maritim Indonesia pada masa Hindu dan Buddha dalam sistem pemerintahan, sosial,
BAB 1 : UMAT ISLAM DAN DUNIA ISLAM
KEBUDAYAAN DAN MASYARAKAT
Sentra KI - Universitas Muhammadiyah Malang
Transcript presentasi:

Berbagai Macam dan Bentuk Seni Budaya Islam

Bentuk Seni Budaya Islam Agama Islam tidak menentukan bentuk seni dan budaya, melainkan mendorong munculnya seni budaya yang Islami. Estetika Islam tidak hanya muncul dari sumber tunggal/agama akan tetapi mengambil makna secara filosofis dari agama dan berpadu dengan wawasan estetika yang melatari pemikiran dan imajinasi sang seniman (Oliver Leaman) Secara umum wujud seni budaya Islam meliputi: sastra, musik dan tari, seni suara, teater, seni rupa, seni pahat, dekorasi, kerajinan, kaligrafi dan arsitektur.

Seni Sastra Islam Sastra Islam : sastra yang bertanggung jawab yang muncul dari komitmen hati mu`min yang benang merahnya merentang bersambung kuat pada Al-Qur`an dengan segala keindahannya (Naguib El-Kailani) Sastra Islam adalah: Ekspresi seni yang indah berkesan Lahir dari personalitas mu`min Menerjemahkan kehidupan, manusia dan alam Sesuai dengan asasa-asas aqidah muslim Memotivasi untuk menikmati dan mengambil manfaat dari kehidupan, manusia dan alam Menggerakkan perasaan dan pikiran Mendorong untuk mengambil sikap dan nilai-nilai melalui suatu aktifitas.

Seni Suara, Musik dan Tari Doktrin seni yang dipegangi umat Islam, secara alami melahirkan 3 pusat seni suara, musik dan tari dalam Islam, terutama pada masa Amawiyah: Masjid; dikembangkan seni suara dalam wujud seni tilwatil Qur`an Istana; para khalifah sejak dinasti Amawiyah dan Abbasiyah banyak mengadopsi tradisi Kisra Persi dengan mengadakan pesta pora dimeriahkan pertunjukan musik dan tari. Masyarakat umum; mereka diikutkan dalam pesta musik dan tari kerajaan meskipun ditempatkan di tempat tersendiri terpisah dari kalangan istana.

Seni teater…………… Teater adalah seni drama yang merupakan penampilan perilaku manusia dengan gerak, tari dan juga nyanyi, yang pada bagian tertentu diiringi musik. Di dalamnya terdapat dialog dan acting pemain. Istilah teater dari kata theatron, artinya tempat di ketinggian sebagai tempat meletakkan seajian persembahan bagi para dewa. Pada zaman Yunani Kuno, tempat persembahan semacam itu dikelilingi lapangan untuk tempat berkumpulnya pengikut upacara. zaman kekuasaan Romawi, fungsi lapangan tempat persembahan berubah menjadi arena pertunjukan, tempat gladiator mengadu kekuatan

Seni Rupa Islam Pada masa awal Islam (masa Nabi dan Khulafaur Rasyidun) seni rupa belum mendapat perhatian para seniman muslim. Selain masih fokus pada sosialisasi ajaran dan dakwah, juga doktrin agama tentang seni rupa sangatlah keras. Pada abad pertama hijrah, banyak berkembang motif geometris seperti segitiga, bujur sangkar, segi lima, belah ketupat, motif tangga, meander (meliuk),spiral dsb yang disebut dengan asykal al-handasah/motif botanis seperti daun, akar, kembang.

Berdasarkan interpretasi pada doktrin tentang seni rupa, para seniman menempuh solusi kreatifitasnya masing-masing. Bagi tekstualis mengambil motif alam kosmos, botanis dan bentuk geometris serta kaligrafi. Bagi kontekstualis mengembangkan seni rupa sedemikian rupa dan mencapai puncak kejayaannya pada masa Dinasti Abbasiyah dan Amawiyah di Andalus dan berkembang di negara-negara muslim pasca keruntuhan Bagdad.

Pahat, Dekorasi dan Kerajinan Islam Pada masa awal Islam seni patung dan pahat tidak mendapat tempat di dunia Islam karena kondisi keagamaan umat baru saja dibalikkan dari kepercayaan watsaniyah menuju monoteis dan bekas-bekas penghancuran berhala masih melekat dalam ingatan, sehingga Nabi melarang keras adanya motif biologis terlebih patung untuk menghindari bangkitnya kembali faham politeisme. Pada masa kerajaan Islam Andalusia banyak dijumpai patung-patung indah dan tinggi mutunya, bahkan ada perusahaan kerajinan patung dari bahan emas murni. Kemajuan seni ukir dan seni dekorasi tampak dalam upaya melepaskan diri dari kungkungan motif yang amat sempit.

Kaligrafi Definisi Khoth/Kaligrafi Khoth dari bahasa Arab: Khoththo-Yakhuththu-Khoththon yang berarti ia telah menulis/membuat garis. Kaligrafi berasal dari bahasa Inggris: calligraphy yang berasar dari bahasa Latin Kalios (indah) dan graph (tulisan). Jadi kaligrafi=tulisan indah/keahlian menulis indah Khath/kaligrafi: suatu ilmu yang dari ilmu itu anda dapat mengetahui bentuk-bentuk huruf tunggal, letak-letaknya dan cara-cara merangkainya menjadi sebuah tulisan yang tertata/huruf-huruf yang ditulis pada garis, bagaimana cara menulisnya, menentukan mana yang tidak perlu ditulis, mengganti huruf yang harus diganti dalam ejaannya dan dengan huruf apa digantinya (Syekh Syamsuddin Al-Akfani) Khath/kaligrafi: seni arsitektur ruhani yang tampil melalui alat jasmani (Yaqut al-Mu’tashimi,khuththoth/kaligrafer terkenal pada masa kesultanan Turki Utsmani)

Karakteristik Arsitektur Islam Seni arsitektur dalam Islam meliputi: seni bangunan sipil (gedung-gedung, istana, kantor pemerintahah), seni bangunan untuk ibadah, seperti masjid-masjid dan seni bangunan pertahanan militer seperti benteng-benteng pertahanan. Perkembangan arsitektur dalam dunia Islam beradaptasi dengan unsur budaya setempat, bahkan justru peradaban setempat itulah yang mewujudkan bentuk dan rupa yang ditampilkannya. Dalam perancangannya, selain mengaransir bangunan sesuai fungsinya, seorang arsitek juga memperhatikan faktor socio-system dan juga ecosystem. Pengaruh nilai-nilai agama lebih nampak dalam penataan ruang menuju pola-pola kehidupan Islami (Achmad Noe’man)

Nilai-nilai Islam dalam Budaya Indonesia Islam masuk ke Indonesia lengkap dengan budaya asli tempat Islam pertama kali berkembang, yaitu Arab. Seringkali perilaku yang ditampilkan orang Arab dianggap ajaran Islam, padahal tidak semuanya mencerminkan ajaran Islam, seperti mode pakaian, cara makan dll. Ajaran Islam di Indonesia banyak yang didakwahkan melalui bahasa budaya, seperti dalam seni pertunjukan, filosofi dan simbolisasi upacara-upacara adat dsb. Tugas para intelektual Islam adalah menjelaskan secara sistematis dan melanjutkan upaya penetrasi, sehingga tradisi yang ada menjadi bernilai ibadah dan bertambah kemanfaatannya.