Kerangka Kerja Zachman (Zachman framework)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Enterprise Architecture
Advertisements

UNIFIED MODELLING LANGUAGE
Minggu 6 Prinsip & Konsep Desain
Perancangan Perangkat Lunak lanjutan Kuliah - 7
Database dan Managemen Informasi
Software Requirement Specification
Komponen Sistem Informasi
Unified Modelling Language (UML)
Use case Narrative Use case Narrative adalah deskripsi tertulis mengenai peristiwa-peristiwa bisnis dan bagaimana pengguna akan berinteraksi dengan sistem.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pengembangan perangkat lunak
BAB 6 PERANCANGAN SISTEM secara umum
Analisis Persyaratan Perangkat Lunak dan Spesifikasi
SIKLUS PENGEMBANGAN SISTEM
Aktifitas Pengembangan Sistem
Aktifitas Pengembangan & Pemeliharaan Sistem
System Development Life Cycle
Konteks Metode Analisis dan Desain Sistem
METODOLOGI MANAJEMEN PROYEK SISTEM INFORMASI
PERANCANGAN BASIS DATA
Inayatullah.
Spesifikasi Perangkat Lunak
Visual Modelling Teguh Sutanto, S.Kom.,M.Kom.
Analisa Sistem Informasi
Pengelolaan Proyek Sistem Informasi
Rekayasa Perangkat Lunak Metode desain
Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak
Peranan sistem informasi dan teknologi informasi
PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK ( PL )
Implementasi Sistem Akuntansi
DATABASE ADMINISTRATION
Outline Elemen desain arsitektur. Membuat desain arsitektur.
System Development Life Cycle (SDLC)
DESAIN SISTEM Muhammad Taqiyyuddin Alawiy, ST., MT TEKNIK ELEKTRO
Analisa Sistem Informasi
ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
Pemeliharaan Perangkat Lunak
Arsitektur Enterprise
PEMODELAN KEBUTUHAN DENGAN USE CASE
ARSITEKTUR DAN PEMODELAN APLIKASI
PEMODELAN KEBUTUHAN DENGAN USE CASE
Database Change Management source : Database Administration the complete guide to practices and procedures chapter 7 by. Craig S. Mullins.
Pengembangan dan Pengadaan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi
Metode Pengembangan Arsitektur
Analisa dan Perancangan Sistem
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Analisis Kebutuhan.
Arsitektur Enterprise
Penyelarasan Arsitektur Enterprise
BAB 2 KONSTRUKSI & BISINS PROSES
ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
PEMODELAN KEBUTUHAN DENGAN USE CASE
Proses Pengembangan Database
DATABASE ADMINISTRATION
Kerangka Perencanaan ATI
Komponen Sistem Informasi
PERENCANAAN STRATEGIK SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI
Pengembangan Sistem Informasi
Komponen Sistem Informasi
TOGAF Architecture Development Method (ADM)
Enterprise Architecture Planning (EAP) Bag.2
Enterprise Architecture Planning (EAP)
METODOLOGI MANAJEMEN PROYEK SISTEM INFORMASI
PERANCANGAN BASIS DATA
CORPORATE INFORMATION SYSTEM (Sistem Informasi Organisasi)
Komponen Sistem Informasi
Analisis Persyaratan Perangkat Lunak dan Spesifikasi
Metode Pengembangan Arsitektur
Penyelarasan Arsitektur Enterprise
Framework TOGAF SI402 Arsitektur Enterprise Pertemuan #9
Transcript presentasi:

Kerangka Kerja Zachman (Zachman framework) Teguh Susyanto Kerangka Kerja Zachman (Zachman framework)

Kerangka Kerja Zachman Pertama dipublikasi th 1987 oleh John Zachman Awalnya berupa struktur matriks 6x3 Dikembangkan oleh Sowa dan Zachman menjadi matriks 6x6 pada tahun 1992 Kerangka kerja diperkenalkan memungkinkan untuk membuat struktur, klasifikasi dan dokumentasi berkaitan dg manajemen dan pembangunan sistem dlm enterprise

Kerangka Kerja Zachman Sebagai kunci utk memahami arsitektur enterprise dan kedinamisan organisasi Digunakan pengembangan dan atau mendokumentasikan EA secara praktis Terdapat dua sumbu utama: vertikal dan horizontal Sumbu vertikal menyediakan berbagai cara pandang (perspektif) dari keseluruhan arsitektur Sumbu horizontal merupakan abstraksi klasifikasi berbagai artifak dari arsitektur

Kerangka Kerja Zachman Sebuah skema yang digunakan untuk mengelola artifak suatu enterprise Pengertian artifak dapat berupa model, gambar, diagram atau dokumen. Dengan zachman framework perencanaan Sistem Informasi dapat difokuskan pada artifak yang berguna dan menghindari artifak yang bersifat ‘noise’. Artifak yang berguna disebut artifact of value

Komponen Kerangka Kerja Kerangka kerja didesain untuk memasukkan representasi arsitektur SI utk semua pihak yg terlibat pengembangan, pengelolaan, perawatan, dan penggunaan SI Setiap perspektif memberi cara pandang yang unik dan bernilai pd arsitektur Komponen terdiri: Data  What Fungsi  How Jaringan  Where Personil  Who Waktu  When Motivasi  Why

Komponen Kerangka Kerja Zachman Tiap komponen digambarkan dan dilihat berdasarkan enam perspektif yang berbeda Perspektif planner (perencana): menghasilkan cakupan arsitektur secara kontekstual Perspektif owner: menghasilkan model enterprise (rancangan konseptual) Perspektif desainer: menghasilkan model sistem secara logis Perspektif builder: menghasilkan model teknologi dalam rancangan secara fisik Perspektif sub-kontraktor: menghasilkan representasi secara detil Perspektif pengguna: menghasilkan model fungsionalisasi enterprise Seluruh perspektif memiliki urutan kronologi yang jelas dari perencana > pemilik arsitek > desainer > pembangun > sub-kontraktor > pengguna Setiap perspektif memberikan syarat dan batasan tertentu

Perspektif Perencana (Pandangan Luas) Planner akan berurusan dengan gambaran umum SI dan memposisikannya dalam konteks lingkungan internal dan eksternal Perencana tidak hanya mengidentifikasi komponen utama namun juga membahas ttg untung-rugi, keterbatasan, ruang lingkup (apa yang akan menjadi bagian/tidak dalam SI) Inti: mendefinisikan arah enterprise dan tujuan bisnis

Perspektif Pemilik/Owner (Model Enterprise) Owner tertarik pada produk-2 yg dihasilkan Fungsionalitas model enterprise dan bagaimana model enterprise dapat digunakan Owner menentukan batasan dan kebutuhan spesifik dr sistem, yi: kebijakan organisasi, kebutuhan pencarian data yg fleksibel

Perspektif Arsitek/Desainer (Model Sistem) Arsitek membutuhkan pemahaman SI dr perspektif teknikal dan bisnis Arsitek bekerja dg spesifikasi SI yg diberikan oleh Planner dan Owner utk menghasilkan desain yg memenuhi kepuasan fungsional owner dan secara teknis dapat direalisasikan oleh builder Arsitek harus mengetahui kemungkinan-2 teknis dan keterbatasan dari platform pengembangan SI Dibutuhkan interaksi dengan sistem yg sudah ada, regulasi pemerintah, dst

Perspektif Pengembang/Builder (Model Teknologi) Builder mengelola proses utk pembuatan komponen-2 SI, shg membutuhkan pemahaman cermat dr spesifikasi arsitek utk sistem Harus mengetahui material utk bekerja dg database, bahasa pemrograman, sistem operasi Dapat bekerja dg tools spt: CASE-tools, compiler, dst

Perspektif Subcontractor (Komponen) Subkontraktor membangun bagian spesifik dari produk Bertanggung jawab menghasilkan komponen-2 yg sesuai dg spesifikasi yg disediakan Subkontraktor mungkin berada diluar organisasi (pihak ketiga) / internal organisasi Pandangannya berguna untuk mengkomunikasikan spesifikasi produk dalam divisi SI dari organisasi

Perspektif Pengguna (Sistem Fungsional) berupa antarmuka dan fungsionalitas dr produk akhir Produk dari semua perencanaan, perancangan, & aktifitas-2 pengembangan yg berjalan sebelumnya Ketika SI telah lengkap dapat dibandingkan dg tujuan semula dan kebutuhan-2 dari planner dan owner Perubahan dr kebutuhan dan tujuan ini akan dibenarkan atau jika tidak akan mendatangkan persoalan di masa akan datang

Data (What) Fungsi (How) Jaringan (where) Orang (Who) Waktu (When) Motivasi (Why) Tujuan / Cakupan (Perencana) Daftar hal-hal penting bagi enterprise Daftar proses-2 yg dilakukan enterprise Daftar lokasi operasional enterprise Daftar unit organisasi Daftar waktu/siklus bisnis Daftar tujuan/strategis bisnis Model Bisnis (Pemilik) E-R Diagram Model proses Jaringan logistik (node dan link) Struktur organisasi, kumpulan keahlian, aspek keamanan Jadwal bisnis induk Aturan bisnis Model Sistem (Arsitek) Model data(entitas valid, normalisasi sepenuhnya) Diagram alir; data spesifik; arsitektur aplikasi Arsitektur sistem yg didistribusikan Arsitektur antarmuka manusia(peranan, data, akses) Diagram kebergantungan, sejarah hidup entitas(struktur proses) Model aturan bisnis Model Teknologi (Builder) Arsitektur data (tabel dan kolom); peta data baru terhadap data lama Rancangan sistem: struktur chart; pseudo-code Arsitektur sistem(perangkat keras, tipe perangkat lunak) Artarmuka pengguna(bagaimana perilaku sistem); rancangan keamanan Diagram alir kendali(struktur kendali) Rancangan aturan bisnis Representasi Detail (Sub-kontraktor) Rancangan data(denormalisasi), rancangan penyimpanan fisik Rancangan program detil Arsitektur jaringan Layar, arsitektur keamanan (siapa dapat melihat apa) Definisi waktu Spesifikasi aturan dalam program logis Fungsi Sistem (Pengguna) Data yang dikonversi Program yang dapat dieksekusi Fasilitas komunikasi Orang yg sudah dilatih Kejadian bisnis Aturan yg memaksa