MENINGKATKAN KINERJA OLEH : Satiman Hefri Asra Omika
A day Made of Glass
Meningkatkan Kinerja Meningkatkan performan pelajar 1 Meningkatkan performan pelajar 2 Meningkatkan kinerja guru dan desainer 3 Meningkatkan kinerja organisasi
Meningkatkan Performan Pelajar Meningkatkan Performans Pelajar Pembelajaan Yang Lebih Benilai Multiple Intelligences Deep Learning Klasifikasi Tujuan Pembelajaran Tansfer Pembelajaran
Pelajaran Yang Lebih Bernilai Pada pendidikan formal, hasil pelajaran cenderung untuk di ukur dengan hasil test tertulis, apakah dibuat oleh guru atau menurut standar tertentu sehingga guru hanya mengajar untuk tes
Multiple Intelligences Terdapat tipe kecerdasan yang berbeda, dimana hanya dua yaitu linguistik (bahasa) dan logika matematis yang dipelajari dalam pendidikan formal. Sedangkan kecerdasan yang lain seperti musik, spasial (ruang), kinestetik, interpersonal, dan intrapersonal
Multiple Intelligences
Mengklasifikasi Domain dan Tingkatan Tujuan Pembelajaran
Mengklasifikasi Domain dan Tingkatan Tujuan Pembelajaran
Surface Learning vs Deep Learning Karekteristik Media yang digunakan Konteks pembelajaran Kegiatan pembelajaran Surface Learning Buku Teoritis Monoton Deep Learning Audio Visual Aplikatif Sarat dengan makna
Surface Learning vs Deep Learning Menurut Wigel Menghafal fakta Memperlakukan materi sebagai kumpulan informasi yang tidak berhubungan Melaksanakan prosedur secara rutin tanpa berfikir atau strategi Deep Learning Menghubungkan ide dengan pengetahuan sebelumnya Mencari pola-pola mendasar Menguji pernyataan secara kritis, dan merefleksikan pemahaman mereka sendiri
Transfer Pelajaran dalam Pendidikan Formal Hard Technology Soft Technology
Hard Technology Berbentuk simulasi berbasis komputer menawarkan cara untuk melibatkan pelajar secara virtual dalam suasana yang tidak dapat dipraktekkan atau mungkin mustahil untuk di duplikasikan dalam realita
Merupakan sebuah pendekatan sistematis untuk desain instruksional Soft Technology Merupakan sebuah pendekatan sistematis untuk desain instruksional
Meningkatkan Kinerja Guru dan Desainer Mengurangi Waktu Instruksional Instruksi lebih bermanfaat Instruksi lebih humanis Menghargai Nilai Kemanusiaan
Mengurangi Waktu Instruksional Menyebutkan secara spesifik tujuan prilaku Mengamati aktivitas pelajar Menyiapkan konsekuensi yang tepat Membuang aktivitas yang tidak berguna
Menciptakan Instruksi yang Lebih Bermanfaat Cara 1 Intuisi melalui Trial & Error Tujuan belum tentu tercapai Cara 2 Pemilihan Strategi Instruksional Pencapaian tujuan lebih efisien
Menciptakan Instruksi yang lebih Humanis Bagaimanakah instruksi yang humanis tersebut? Yang memberikan pengalaman belajar yang menarik perhatian siswa Apa yang menarik?
Kriteria Instruksional yang Menarik Menyediakan tantangan Relevan dengan masa lalu dan masa depan Melibatkan humor Menarik perhatian lewat sesuatu yang baru Melibatkan intelektual dan emosional Berhubungan dengan perhatian dan tujuan pribadi Menggunakan audio visual
Menghargai Nilai-Nilai Manusiawi Ditentukan menurut kebutuhan individu Berdasarkan progres individu Menumbuhkan rasa percaya diri Menekankan pada ciri emosional dan motivasional
Meningkatkan Kinerja Organisasi Meningkatkan efisiensi dan efektifitas Definisi efisiensi Definisi efektifitas Definisi produktivitas Mengukur efisiensi dan efektifitas Mengukur input Mengukur proses Mengukur hasil
Produksi barang-barang dan jasa dengan cara yang lebih hemat Definisi Efisiensi Efisiensi ekonomi Produksi barang-barang dan jasa dengan cara yang lebih hemat Efisiensi pendidikan Melakukan instruksi dengan menggunakan sumber daya yang lebih sedikit untuk hasil yang sama atau lebih baik
Efektivitas pendidikan Definisi Efektifitas Produksi barang dan jasa yang dihargai oleh masyarakat Efektivitas ekonomi Pelajar memperoleh tujuan pembelajaran yang bermanfaat Mempersiapkan pelajar dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang dibutuhkan Efektivitas pendidikan
Definisi Produktifitas Pekerjaan dikatakan produktif jika memenuhi kedua syarat yaitu efisien dan efektif Hasil yang diharapkan dilihat dari hasil pencapaian siswa
Parent’s educational background Mengukur Input Home and Family Sosio Economic Status Parent’s educational background Psychological State Motivational Expectation Psychological Traits Intelligents Maturation Personality Learning Style
Student Academic Learning Model
Peran Siswa Peran Guru Mengukur Proses Berpartisipasi aktif Menciptakan produk Peran Guru Menyiapkan keadaan yang dibutuhkan Mempertimbangkan ciri-ciri dan keadaan psikologis siswa
Mengukur kesuksesan suatu program menurut Patrick Mengukur Hasil Mengukur kesuksesan suatu program menurut Patrick Reaksi atau kepuasan dari pelajar Pencapaian tujuan pembelajaran Perubahan perilaku yang mengikuti instruksi Hasil organisasional (dampak secara umum)