Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds. Prodi Desain Interior - FDIK

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PEMBELAJARAN DI KELAS, LAB & LAPANGAN
Advertisements

ESTETIKA DESAIN GRAFIS
Fakultas Seni Rupa dan Desain Tahun Akademik 2007/2008
(Penjelasan bahasa rupa & semiotika)
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
PENGEMBANGAN KURIKULUM PAUD
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
Metode Penciptaan Seni
Pengantar Rumah tinggal 3 Kamar Tidur Pertemuan 1,2 & 3
SRI HARINI, FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR DALAM MENGIKUTI MATA PELAJARAN KETERAMPILAN TATA BUSANA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 UNGARAN.
SAINS DI SEKOLAH DASAR IMANUEL SAIRO AWANG PRODI PGSD
PROYEKSI ORTHOGONAL (1)
Manajemen Proyek Web.
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds Prodi Desain Interior - FDIK
Museum Sebagai Sarana Pendidikan
DESAIN dan PERKEMBANGANNYA
PENDEKATAN INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN SAINS
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds Prodi Desain Interior - FDIK
RUMAH TINGGAL – MASALAH INTERIOR
PERTEMUAN 4 HARLINDA SYOFYAN, S.Si., M.Pd
STRUKTUR KARYA DESAIN INTERIOR
H. WAHYUDI HERMAWAN S.KEP.,MM.KES
SENI, SENI RUPA, dan DESAIN
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds Prodi Desain Interior - FDIK
Psikologi Anak Berbakat Olivia Tjandra W., M. Si., Psi
TRIKONOMI ESTETIKA 1: DESAINER
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds. Prodi Desain Interior - FDIK
ESTETIKA DESAIN GRAFIS
ESTETIKA, SENI, dan DESAIN
DESAIN INTERIOR & RUANG LINGKUP PROFESINYA
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
PROYEKSI ORTHOGONAL (1)
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds Prodi Desain Interior - FDIK
RUMAH TINGGAL – KONSEP DESAIN
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds. Prodi Desain Interior - FDIK
1. Sudah tentu anda pernah SMP dan SMA !
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds. Prodi Desain Interior - FDIK
PENDALAMAN MATERI GAMBAR TEKNIK
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds. Prodi Desain Interior - FDIK
PROSES DESAIN Pertemuan 9
METODE DAN STRATEGI PEMBELAJARAN
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds. Prodi Desain Interior - FDIK
DESAIN dan PERKEMBANGANNYA
METODE DAN STRATEGI PEMBELAJARAN
Komunikasi untuk Mempromosikan Minat dan Partisipasi
Proses Desain : Gambar Potongan Display Case
PUTRI ANGGRAENI WIDYASTUTI
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds. Prodi Desain Interior - FDIK
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds. Prodi Desain Interior - FDIK
KREATIVITAS SMK SWADAYA SEMARANG OLEH IKA UMAYA YASINTA
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds Prodi Desain Interior - FDIK
SENI, SENI RUPA, dan DESAIN
MACAM METODE BERPIKIR KREATIF (1)
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds. Prodi Desain Interior - FDIK
TRIKONOMI ESTETIKA 3: PENGGUNA KARYA
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds. Prodi Desain Interior - FDIK
METODE PEMECAHAN MASALAH DESAIN
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KEJURUAN
PERIKLANAN MELLY MAULIN P..
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds Prodi Desain Interior - FDIK
PROSES MENCIPTA KARYA SENI
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds. Prodi Desain Interior - FDIK
MACAM METODE BERPIKIR KREATIF (2)
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
Kecerdasan Majemuk.
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN MODEL PEMBELAJARAN.
Transcript presentasi:

Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds. Prodi Desain Interior - FDIK Pertemuan 2 Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds. Prodi Desain Interior - FDIK

KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN Mahasiswa mampu mengemukakan definisi desain

Mari terlebih dahulu melihat beberapa situasi berbeda berikut ini Apakah DESAIN itu ? Mari terlebih dahulu melihat beberapa situasi berbeda berikut ini

Mekanik merancang kotak persneling yang baru untuk sebuah mobil Proses yang menghasilkan kotak persneling baru pastilah bersifat tepat, sistematik, terencana dan matematis Seorang perancang busana merancang baju yang baru Kegiatan merancang baju yang, sebaliknya, bersifat spontan, acak, dan imajinatif.

DESAIN Perencanaan tata kota, arsitektur, desain industri, interior dan grafis; semuanya melibatkan elemen, baik yang bersifat tepat dan tak pasti, sistematik dan acak, matematis dan imajinatif. Seiring dengan perkembangannya, sebagian desainer bergantung hampir sepenuhnya pada metode intuitif, dan kemampuan desain secara luas dianggap sebagai bakat dan tidak dapat diajarkan. Namun saat ini banyak ditemukan metode desain sistematik yang banyak mengambil teknis matematis dan metode ilmiah. Metode yang dihasilkan baku, tepat dan terukur.

CONTOH RAGAM METODE

DESAIN Tetapi karena bentuk masalah yang sedemikian kompleks, maka tidaklah cocok menggunakan metode pendekatan yang bersifat baku dan tidak fleksibel. Akhirnya mungkin metode desain harus dipelajari ketimbang diajarkan. Masing-masing dari diri kita harus menemukan proses kita sendiri, karena kitalah, dan bukan orang lain, yang harus mendesainnya.

DESAIN Cukup mudah untuk melihat perbedaan hasil desain antara seorang mekanik dengan seorang perancang busana. Tetapi pertanyaannya adalah seberapa jauh berbeda proses mereka dan mengapa? Secara tradisional seseorang akan menggunakan produk akhir desain untuk membedakan desainer yang satu dengan yang lain. Jadi seseorang akan mudah untuk memilih pergi ke desainer satu untuk membangun jembatan, desainer lain untuk membangun gedung, dan desainer satunya untuk membangun kursi.

DESAIN Bayangkan jika ada sebuah perusahaan kereta api selama bertahun-tahun telah menawarkan fasilitas catering dan menemukan bahwa sekarang bisnis perusahaan itu merugi. Apa yang harus dilakukan? Agen periklanan mungkin mengusulkan perlunya merancang pencitraan Perlu ada bentuk kemasan baru bagi penyajian makanan. Desainer industri mungkin mengatakan bahawa masalah sebenarnya terdapat pada desain gerbong makanan. Konsultan riset operasi mungkin akan memperhatikan apakah gerbong makan berada di kereta yang tepat dan seterusnya.

DESAIN Sangatlah mungkin bahwa tidak seorangpun dari ahli-ahli itu yang benar. Tetapi mungkin semua ahli tersebut mempunyai sesuatu yang berguna untuk merancang sebuah jalan keluar. Situasi desain bermacam-macam ini karena desainer seringkali mengadopsi pendekatan desain yang berbeda. Seorang desainer juga harus memiliki pemahaman mengenai teknologi yang relevan dengan bidangnya.

DESAIN Pendekatan desain dan pemahaman teknologi akan membantu meningkatkan produktivitas sebagai seorang perancang.

DESAIN Dalam perjalanannya, desain melibatkan berbagai proses, ia harus bisa menghargai sifat dasar seni dan sains, dan juga melibatkan proses perancangan itu sendiri Proses tersebut dipadukan dengan proses mental yang sangat terorganisir yang bisa memanipulasi pelbagai macam informasi, mencampurnya menjadi satu set ide koheren, dan pada akhirnya menghasilkan realisasi dari ide-ide tersebut.

DESAIN Seni Proses Perancangan Sains Proses Mental

DESAIN Jadi bagaimana cara mengetahui apakah KARIR DI BIDANG DESAIN TEPAT BAGI SAYA ? 1. Pertama, lihatlah karakteristik desainer dan lihat apakah kita menemukan diri kita tercermin di sana? 2. Mulailah dengan tiga sifat yang paling umum desainer berbagi : minat dalam dunia visual, rasa ingin tahu tentang komunikasi dalam segala bentuk kreativitas

DESAIN 3. Desainer sering memiliki banyak rasa ingin tahu, mengajukan pertanyaan, senang dalam bermain, sering enggan untuk menerima kebiasaan atau adat istiadat orang lain. Ada yang mengatakan mereka adalah "off - center“ – yang lebih mandiri daripada mereka yang dikendalikan oleh masyarakat atau orang lain. 4. Desainer juga memiliki keingintahuan intelektual : mereka ingin memahami bagaimana komunikasi bekerja dan mereka tidak malu-malu mencoba ide-ide mereka pada keluarga dan teman-teman mereka. Mereka tertarik pada interpretasi visual dari ide-ide abstrak. Mereka menarik, membaca, bereksperimen, membuat hal-hal.

DESAIN Mereka mengeksplorasi budaya dengan berpartisipasi di dalamnya, tidak hanya dengan melakukan hal-hal, tetapi juga dengan mengamati karya kreatif orang lain, termasuk menghadiri konser, melihat film, atau hanya memperhatikan kehidupan seperti itu berlalu. Mereka menyerap pengalaman indrawi dan ide-ide

Apakah Kamu Seorang Desainer ?