Algoritma dan Flowchart

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pengertian Dasar Logika dan Algoritma
Advertisements

1 MATA KULIAH : “LOGIKA DAN ALGORITMA” PERTEMUAN I PENGANTAR ALGORITMA DAN PROGRAM CREATED BY: AYU ANGGRIANI H PTIK A 2009 PRODI PENDIDIKAN TEKNIK.
Algoritma dan Flowchart
Algoritma Pemograman 1 A
ALGORITMA ERIK HADI SAPUTRA.
ALGORITMA NOTASI 2 FLOWCHART.
Pemrograman Rahmat D.R. Dako, ST, M.Eng.
Materi Flowchart/Bagan Alur.
Flowchart (Diagram Alur)
PERTEMUAN I PENGERTIAN DASAR LOGIKA DAN ALGORITMA ~
ALGORITMA.
Algoritma dan Flowchart
Algoritma dan Flowchart
Algoritma dan Pemrograman
PENGANTAR KONSEP PEMROGRAMAN
Algoritma.
MODUL 2 STRUKTUR DATA DIAGRAM ALIR DAN ALGORITMA
PENGENALAN ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Pertemuan-III Algoritma disajikan gambar
Struktur Data dan Algoritma
LOGIKA & ALGORITMA Algoritma & Pengenalan Flow Chart
1 PERTEMUAN 1 DIAGRAM ALUR (FLOWCHART). 2 Apa itu Flowchart 1.Suatu skema / bagan yang menggambarkan urutan kegiatan dari suatu program dari awal sampai.
Algoritma dan Flowchart
Analisis Masalah dan Penyelesaian
PENGERTIAN DASAR ALGORITMA & FLOWCHART
Algoritma dan Flowchart
Diagram Alur (Flowhart)
M1. Konsep dasar algoritma & pemrograman
Flowchart (Diagram Alur)
Algoritma merupakan pondasi yang harus dikuasai mahasiswa yang ingin menyelesaikan masalah secara terstruktur, efektif, dan efisien, khususnya untuk.
FLOWCHARTING Pertemuan 3 & 4 Muhamad Haikal, S.Kom., MT.
penyusunan algoritma (flowchart)
MODUL 2.
Dasar Pemrograman dan Komputer
Sindy Nova Algoritma dan Pemrograman 1A
SYSTEM FLOWCHART.
LOGIKA & ALGORITMA Algoritma & Pengenalan Flow Chart
Algoritma.
Flowchart.
Analisis dan desain Algoritma (PG157)
PENGENALAN ALGORITMA & PEMROGRAMAN
ALGORITMA & PEMROGRAMAN 1A
Pertemuan-III Algoritma disajikan gambar
PENGENALAN ALGORITMA & PEMROGRAMAN
PROSES PEMBUATAN PROGRAM KOMPUTER
Definisi Algoritma Algoritma adalah urutan langkah logis tertentu untuk memecahkan suatu masalah. Yang ditekankan adalah urutan langkah logis, yang berarti.
OLEH : Vianney.mtb SMA SANTO PAULUS PONTIANAK
Pertemuan 2-3 Bandung Create by Hery Dwi Y
DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
Matakuliah : Algoritma & Struktur Data Versi Materi Flowchart
Penyusunan Algoritma Oleh Yohana N.
FLOW CHART.
Pertemuan-I ALGORITMA & PEMROGRAMAN-I.
ALGORITMA DAN FLOWCHART
Pemrograman Terstruktur
LOGIKA & ALGORITMA -Algoritma & Pengenalan Flow Chart
Algoritma & Pemrograman 1
Pertemuan ke 6 Nori Sahrun, S.Kom., M.Kom
Pertemuan ke-2 KONSEP ALGORITMA
Algoritma dan Flowchart
Algoritma pemrogaman komputer
Oleh : Pramesthi Handaru
Pengertian Dasar Logika dan Algoritma. LOGIKA Pertama kali diperkenalkan oleh Aristoteles (384 – 322 SM) Logika berasal dari kata Yunani kuno λόγος (logos)
FLOWCHARTING Temu 3 dan 4.
LOGIKA & ALGORITMA A LGORITMA & P ENGENALAN F LOW C HART 1.
PENGANTAR KONSEP PEMROGRAMAN
PENGERTIAN DASAR FLOWCHART
PEMROGRAMAN DASAR 3.1 & 4.1 KONSEP, STRUKTUR, PENULISAN ALGORITMA DHARU WIHARTASIH, S.PD SMK PALAPA SEMARANG.
Diagram Alur (Flowhart)
Konsep Algoritma Pemrograman
Transcript presentasi:

Algoritma dan Flowchart Pengantar Aplikasi Komputer 1 A

Objectives Setelah menyelesaikan bab ini, anda diharapkan dapat: • Mengerti tentang algoritma. • Membuat algoritma dari suatu permasalahan. • Mengerti tentang flowchart. • Membuat flowchart dari suatu permasalahan.

Tahapan Pembuatan Program • Mendefinisikan masalah dan menganalisanya. Mencakup : tujuan pembuatan program, parameter yang digunakan, fasilitas yang disediakan, algoritma yang diterapkan dan bahasa program yang digunakan. • Merealisasikan dengan langkah-langkah sebagai berikut : - -

ALGORITMA • Adalah inti dari ilmu komputer. • Algoritma adalah urutan-urutan dari instruksi atau langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu masalah. • Algoritma adalah blueprint dari program. • Sebaiknya disusun sebelum membuat program. • Kriteria suatu algoritma: – Ada input dan output – Efektivitas dan efisien – Terstruktur

Contoh Algoritma 1 Mengirim surat kepada teman: 1. Tulis surat pada secarik kertas surat. 2. Ambil sampul surat. 3. Masukkan surat ke dalam sampul. 4. Tutup sampul surat menggunakan perekat. 5. Jika kita ingat alamat teman tersebut, maka tulis alamat pada sampul surat. 6. Jika tidak ingat, lihat buku alamat, kemudian 7. Tempel perangko pada surat. 8. Bawa surat ke kantor pos untuk diposkan.

Contoh Algoritma 2 Menentukan apakah suatu bilangan merupakan bilangan ganjil atau bilangan genap. 1. Masukkan sebuah bilangan sembarang 2. Bagi bilangan tersebut dengan bilangan 2 3. Hitung sisa hasil bagi pada langkah 2. 4. Bila sisa hasil bagi sama dengan 0 maka bilangan itu adalah bilangan genap tetapi bila sisa hasil bagi sama dengan 1 maka bilangan itu adalah bilangan ganjil.

Contoh System Flowchart

Simbol-simbol Flowchart z Flow Direction Symbols (Simbol penghubung alur) z Processing Symbols (Simbol proses). z Input-output Symbols (Simbol input- output)

I NAMA

Pembuatan Flowchart masalah pemrogram dengan pemrogram lainnya. z Tidak ada kaidah yang baku. z Flowchart = gambaran hasil analisa suatu masalah z Flowchart dapat bervariasi antara satu pemrogram dengan pemrogram lainnya. z Secara garis besar ada 3 bagian utama: – Input –Proses – Output

Pembuatan Flowchart – cont. z Hindari pengulangan proses yang tidak perlu dan logika yang berbelit sehingga jalannya proses menjadi singkat. z Jalannya proses digambarkan dari atas ke bawah dan diberikan tanda panah untuk memperjelas. z Sebuah flowchart diawali dari satu titik START dan diakhiri dengan END.

Latihan Soal lingkaran. Dengan masukan berupa jari-jari. 1. Buatlah algoritma untuk menghitung luas dan keliling lingkaran. Dengan masukan berupa jari-jari. 2. Buatlah flowchart dari algoritma pada soal no 1 diatas. 3. Buatlah algoritma untuk mengecek bilangan di antara 2 bilangan masukan, apakah lebih besar salah satunya, dan tampilkan hasilnya. 4. Buatlah flowchart dari algoritma pada soal no 3

Jawaban : Algoritma menghitung luas lingkaran menetapkan nilai Phi yaitu 3.14 Memasukan nilai jari-jari menghitung keliling lingkaran. menghitung luas lingkaran dengan rumus L=phi*r*r mencetak nilai L 2. Flowchart mengitung luas lingkaran