DOA DAN PUASA PDT. A. LETLORA S.Th, M.Min.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PENGINJILAN DAN KESAKSIAN YANG BERATURAN
Advertisements

KRISTUS DAN TRADISI KEAGAMAAN
Lesson 4 for July 26, 2014 KESELAMATAN.
BAGAIMANA SUPAYA DISELAMATKAN
BAPA SURGAWI KITA YANG PENGASIH
“I Care !” PA Interaktif GKI Cinere Selasa, 2 April 2013.
“UCAPAN BAHAGIA” Matius 5 :
JANJI DOA Pelajaran 10 Maret 10, 2012.
Oleh: Pdt. Yohanes Bambang Muyono
Pelajaran – Pelajaran Tentang Bait suCI
KEBAKTIAN SEKOLAH MINGGU 18 JANUARI 2015 TUHAN YESUS TAHAN GODAAN
Pendamaian: Korban Penghapus Dosa
KOTBAH BIOGRAFI Biografi adalah kisah perjalanan yang mewarnai hidup seseorang. Metode ini mempelajari hidup dari beberapa tokoh yang kita temukan dalam.
MENANG ATAS PENCOBAAN.
KORBAN Roma 12:1 Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang.
PUASA DALAM PERSPEKTIF IMAN KRISTEN
SAKRAMEN-SAKRAMEN PENYEMBUHAN
Dipersiapkan oleh: Vonny
KEDATANGAN YESUS Lesson 1 for April 4, 2015.
Kasih Karunia Pdt. Daniel Hanafi.
Siapakah Yesus? Who Jesus is?. Tiap orang harus tahu, Tiap orang harus tahu Tiap orang harus tahu, Siapakah Yesus? Ev’rybody ought to know, Ev’rybody.
SIAPAKAH YESUS KRISTUS?
“Karya Pengampunan Allah Dalam Yesus Kristus”
Presentasi Agama Kristen tentang “Agama Katholik”
Lesson 7 for May 16, Allah sebagai pribadi, nyata, penuh kasih dan peduli seperti seorang ayah (yang sempurna). Bapa kita Allah itu kudus dan.
PASKAH, APAKAH MASIH HARUS DIRAYAKAN ?
Dr. Rick Griffith, Singapore Bible College
Dr. Rick Griffith, Singapore Bible College
SPIRITUALITAS ALLAH BAPA
Ibadah Penutupan Masa Raya Pentakosta
Kebangkitan dan Transformasi
Berpuasa yang Benar Yesaya 58:1-12 Matius 6:16-18.
GEREJA: BERBAGAI UPACARA DAN RITUAL
PUASA Release 1 DEFINISI
LITURGI IBADAH GKI.
SAKRAMEN (Pertemuan keempat)
EXODUS MOTIVES.
Membawa Kabar Baik.
BERSEMANGAT UNTUK MENGAMPUNI (YUNUS)
Problem: Pada waktu Israel memisahkan diri dari Tuhan, dan telah gagal menjadikan kebenaran Kristus milik mereka oleh iman, hari sabat itu telah kehilangan.
PENGINJILAN DAN KESAKSIAN YANG BERATURAN
TIDAK ADA PENGHUKUMAN Lesson 9 for December 2, 2017.
ANAK-ANAK PERJANJIAN Lesson 10 for December 9, 2017.
SIAPAKAH MANUSIA DALAM ROMA 7?
Keturunan Abraham dibenci dan dijual sebagai budak oleh saudara-saudaranya, tetapi Allah mengangkat Yusuf ke posisi otoritas yang tinggi dan menjadikannya.
KEBIASAAN SEORANG PENATALAYAN
1. MENELUSURI HAKIKAT GEREJA a. Gereja : umat allah Dalam perjanjian baru gambaran gereja sebagai umat allah dapat ditemukan dalam 1ptr. 2:10; rm. 9:25.
Minggu, 05 Agustus Minggu, 5 Agustus 2018 Dilayankan Oleh : Pdt. DR. Djoko Prasetyo A.W. M.Th.
MUSYAWARAH YERUSALEM Lesson 8 for August 25, 2018.
PERJALANAN MISIONARIS PAULUS YANG PERTAMA
KEHIDUPAN DALAM GEREJA MULA-MULA
KOTBAH BIOGRAFI Biografi adalah kisah perjalanan yang mewarnai hidup seseorang. Metode ini mempelajari hidup dari beberapa tokoh yang kita temukan dalam.
PENGALAMAN PERSATUAN DI GEREJA MULA-MULA Lesson 5 for November 3, 2018.
GAMBARAN-GAMBARAN PERSATUAN
PERSATUAN DALAM IMAN Lesson 8 for November 24, 2018.
BUKTI YANG PALING MEYAKINKAN
MENCINTAI FIRMAN TUHAN
UMAT ALLAH YANG DIMETERAIKAN
SESI 9 : MENGENAL KITAB SUCI – PERJANJIAN LAMA FU 2017.
TUJUH MALAPETAKA TERAKHIR
PERAN ROH KUDUS BAGI MURID YESUS
MENGUBAH KETERBATASAN MENJADI KEMENANGAN
BERSIAP UNTUK PERUBAHAN
MASA MENJADI ORANG TUA Lesson 8 for May 25, 2019.
MENYEMBAH SANG PENCIPTA
YESUS DAN MEREKA YANG BERKEKURANGAN
JERITAN PARA NABI Lesson 5 for August 3, 2019.
PELAYANAN DALAM JEMAAT PERJANJIAN BARU
Materi Purity Topik 2.
MENGHIDUPKAN PENGHARAPAN ADVENT
Transcript presentasi:

DOA DAN PUASA PDT. A. LETLORA S.Th, M.Min

Puasa. Puasa adalah aktifitas seseorang yang dilakukan dengan tujuan tertentu. Dalam konteks ini adalah aktifitas religius – religere – mengikat diri kembali kepada Allah. Maka puasa terarah pada tujuan utama dan bukan tujuan antara. Tujuan utama kepada Allah, tujuan antaranya ialah membatasi makan dan minum.

Matius 6 : 16-18 Narasi ayat ini menunjukkan bahwa yang utama adalah Bapa yang berada ditempat tersembunyi. Puasa merupakan aktifitas ‘internal’ yang berdampak ‘eksternal’. Sehingga puasa memiliki tanggung jawab rohani – homeostatis linear – homeostatis sirkular.

Apa saja puasa yang tercatat dalam PL? Puasa Musa, 40 hari 40 malam tidak makan dan tidak minum (Kel 24:16 dan Kel 34:28) Puasa Daud, tidak makan dan semalaman berbaring di tanah (2 Sam 12:16) Puasa Elia, 40 hari 40 malam berjalan kaki (1 Raj 19:8) Puasa Ester, 3 hari 3 malam tidak makan dan tidak minum (Est 4:16) Puasa Ayub, 7 hari 7 malam tidak bersuara (2:13) Puasa Daniel, 10 hari hanya makan sayur dan minum air putih (Dan 1:12), doa dan puasa (Dan 9:3), berkabung selama 21 hari (Dan 10:2) Puasa Yunus, 3 hari 3 malam dalam perut ikan (Yunus 1:17) Puasa Niniwe, 40 hari 40 malam tidak makan, tidak minum dan tidak berbuat jahat (Yunus 3:7) -gemawarta.

Sebagaimana banyak hal dalam syariat dimana arti rohaninya terkubur oleh penampakan lahir, demikian juga puasa sering merosot artinya. Bukannya ditujukan sebagai ekspresi pertobatan tetapi umat Israel menjadikannya sebagai tuntutan untuk memperoleh sesuatu (Yes.58:3) atau agar diperkenan Tuhan (Yes.58:5). Puasa sering merosot sekedar upacara ritual tanpa penyerahan diri kepada Tuhan (Za.7:5), dan menjadi perilaku yang munafik (Mat.16:6) demi untuk membenarkan diri sendiri (Luk.18:12).

Dalam beberapa contoh dalam Perjanjian Lama, puasa dikaitkan dengan doa syafaat. Daud berdoa dan berpuasa untuk anaknya yang sakit (2 Samuel 12:16), meratap di hadapan Tuhan dalam permohonan yang sungguh-sungguh (ayat 21-22). Ester mendesak Mordekai dan orang-orang Yahudi untuk berpuasa bagi dia ketika dia berencana untuk menghadap suaminya sang raja (Ester 4:16) Jelah bahwa berpuasa dan syafaat berkaitan erat.

Inti tindakan berpuasa adalah ‘ merendahkan diri ‘ dihadapan Allah ( Immamat 16 : 29 – 31). Maka puasa sekaligus menjadi pengakuan bahwa hidup memerlukan keterlibatan Allah.

Dalam Perjanjian Baru ditemukan contoh-contoh doa dan puasa, namun tidak berkaitan dengan penyesalan atau pengakuan dosa. Nabiah Hanna “tidak pernah meninggalkan Bait Allah dan siang malam beribadah dengan berpuasa dan berdoa” (Lukas 2:37). Dalam usia 84 tahun doa dan puasa merupakan bagian dari pelayanannya kepada Tuhan di Bait Suci sambil menantikan Juruselamat Israel yang dijanjikan. Juga dalam Perjanjian Baru, gereja Antiokia berpuasa dalam kaitan dengan ibadah mereka ketika Roh Kudus berbicara kepada mereka untuk mengutus Saulus dan Barnabas untuk pekerjaan Tuhan. Pada saat itu, mereka berdoa dan berpuasa, menumpangkan tangan atas kedua orang itu dan mengutus mereka.

Jadi kita melihat contoh-contoh doa dan puasa ini sebagai bagian dari penyembahan kepada Allah dam mencari perkenan-Nya. Sama sekali tidak ada indikasi bahwa Tuhan lebih mungkin menjawab doa kalau dibarengi dehgan puasa. Sebaliknya puasa bersama dengan doa nampaknya menunjukkan kesungguhan dari orang-orang yang berdoa dan keadaan kritis yang sementara mereka hadapi.

Puasa bukanlah alat untuk menentukan kemauan diri, sebaliknya menjadi bentuk kesediaan untuk mengalami perubahan. ( band. Kej. 17 : 1 ) Teologia puasa adalah teologia prioritas di mana orang-orang percaya diberi kesempatan untuk mengekspresikan diri mereka dalam ibadah yang terpusat dan intensif kepada Tuhan dan hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan rohani. Ibadah ini dinyatakan dengan untuk sementara waktu menghindari hal-hal yang biasa seperti makan dan minum supaya dapat menikmati waktu yang tidak terganggu dengan Bapa kita.

“Oleh darah Yesus kita sekarang penuh keberanian dapat masuk ke dalam tempat kudus” (Ibrani 10:19), bukan berdasarkan puasa atau tidak berpuasa, dan ini adalah salah satu bagian yang paling menggembirakan dari hal-hal yang “lebih baik” yang kita miliki di dalam Kristus. Doa dan puasa tidak seharusnya menjadi beban atau kewajiban, namun merupakan perayaan akan kebaikan dan kemurahan Allah pada anak-anak-Nya.

Maka ber-puasa adalah :

Yes. 58:6-7: Membuka belenggu kelaliman. Memerdekakan orang yang teraniaya. Membagikan makanan bagi orang yang lapar. Memberi tumpangan bagi mereka yang miskin (homeless). Memberi pakaian kepada sesama yang tidak punya pakaian. Peduli terhadap masalah dan penderitaan saudara/sesama