OSKAR JUDIANTO SSn., MM., MDs. FAKULTAS DESAIN dan INDUSTRI KREATIF

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN M.SUYANTO
Advertisements

Media Audio Visual sebagai media iklan
DESAIN TATA RUANG TOKO DAN VISUALISASI BARANG DAGANGAN
Media pembelajaran di komunitas
“7 PEDOMAN PRESENTASI YANG SUKSES”. 7 PEDOMAN PRESENTASI YANG SUKSES 1. PAHAMI APA YANG ANDA INGINKAN a. Pahamilah apa yang Anda inginkan terjadi dalam.
PROSES PERANCANGAN GRAFIS
Teknik Presentasi Sambas Miharja, SST.
Teknik Presentasi Efektif Metode KUPAS
Menerima dan Menyampaikan Informasi
Pembelajaran Administrasi Perkantoran
DISAIN TIM.
Menggambar Bentuk.
Mengembangkan Ide Dan Peluang Usaha
Pertemuan 3: Karakter & Cara Membaca + Menulis Fiksi
HOW TO SAY IN ADVERTISING
TATA DEKORASI DALAM TATA TEKNIK PENTAS
Pokok Bahasan •Kreativitas dan inovasi bisnis dalam lingkungan bisnis
Pasar,,,,,.
Mata Pelajaran:Seni Budaya
PRESENTASI LISAN.
Oleh: Michael Jhon dan Alfiando M
DRAMA Senada dengan film, drama adalah karangan yang berbentuk dialog/percakapan antara pemainnya. Dialog dalam drama tidak jauh berbeda dengan percakapan.
PEMBUATAN APLIKASI TUTORIAL INTERAKTIF IPA UNTUK Dwi
METODE PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK
Teknik Presentasi.
Komunikasi Efektif Agus Triyono.
MATERI KULIAH PSIKOLOGI KLINIS
PROSES MENDENGARKAN AKTIF
Teknik Presentasi Efektif Metode KUPAS
TATA RUANG DALAM MODUL PRAKTIKUM.
Universitas Bina Nusantara 12 Maret 2001
SEPULUH TIPS MENGEMBANGKAN BUDAYA INOVASI
STRATEGI BELAJAR MENGAJAR
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds Prodi Desain Interior - FDIK
KOMUNIKASI BISNIS.
MENJUAL SEBAGAI SALAH SATU KEGIATAN DASAR KEWIRAUSAHAAN
DESAIN EFEK GRAFIS 3 DIMENSI DAN ANIMASI MENGGUNAKAN APLIKASI 3D S MAX 9 Shinta Julia, for further detail, please visit
Manajemen Desain.
KONSEP DESAIN Pertemuan 2
Matakuliah : Desain Komunikasi Visual II (New Media)
PENULISAN ADVERTORIAL
Prinsip Dasar Komunikasi yg EFEKTIF
TEKNIK PELATIHAN.
Matakuliah : L0122 / Kreativitas
WEBSITE APLIKASI PENJUALAN ONLINE SRIWIJAYA MOTOR AKHMADI FIRMANSYAH
KEBIASAAN DAN PERILAKU PERTEMUAN 11
PANDUAN PENYUSUNAN RPP
OSKAR JUDIANTO SSn., MM., MDs. FAKULTAS DESAIN dan INDUSTRI KREATIF
Permainan Mengingat Wajah Dengan Menggunakan JavaScript Hendra Kumala,
Matakuliah : L0122 / Kreativitas
Lighting & Art Materials
Permintaan, Penawaran dan Pasar
Cok eghix tirta dinarta IIa
METODE PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK
TEKNIK MENYAMPAIKAN MATERI DI MENTORING
RENCANA KERJA REKAYASA MODEL I PERTEMUAN 3
OSKAR JUDIANTO SSn., MM., MDs. FAKULTAS DESAIN dan INDUSTRI KREATIF
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds. Prodi Desain Interior - FDIK
Ergonomi dalam tingkat kebutuhan OSKAR JUDIANTO SSn. MM. MDs.
BENTUK BENDA DASAR BERTEKSTUR PERTEMUAN 4
OSKAR JUDIANTO SSn., MM., MDs. FAKULTAS DESAIN dan INDUSTRI KREATIF
MENATA PRODUK Menginterprestasikan Perencanaan Visual Penataan Produk
KEWIRAUSAHAAN KELOMPOK 8 NAMA : Taufik Fajar Hidayat ( 29 )
OSKAR JUDIANTO SSn., MM., MDs. FAKULTAS DESAIN dan INDUSTRI KREATIF
PERSIAPAN REKAYASA MODEL I PERTEMUAN 4 OSKAR JUDIANTO SSn., MM., MDs.
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds. Prodi Desain Interior - FDIK
Komunikasi Efektif.
OSKAR JUDIANTO SSn., MM., MDs. FAKULTAS DESAIN dan INDUSTRI KREATIF
FUNGSI DAN MODEL PERAN KEWIRAUSAHAAN
MENGANALISIS PELUANG USAHA PRODUK BARANG / JASA SMK NEGERI 1 GEROKGAK.
Transcript presentasi:

OSKAR JUDIANTO SSn., MM., MDs. FAKULTAS DESAIN dan INDUSTRI KREATIF GAMBAR SUASANA PERTEMUAN 14 OSKAR JUDIANTO SSn., MM., MDs. DESAIN PRODUK FAKULTAS DESAIN dan INDUSTRI KREATIF

Materi Sebelum UTS 01. Pengantar Gambar Bentuk 02. Bentuk Benda Dasar 03. Bentuk Benda Dasar Berarsir 04. Bentuk Benda Dasar Bertekstur 05. Bentuk Bangunan 06. Bentuk Bangunan Dengan Lingkungan 07. Bentuk Bangunan Dengan Situasi

Materi Setelah UTS 08. Bentuk Tumbuhan Kecil 09. Bentuk Tumbuhan Besar 10. Bentuk Sekelompok Tumbuhan 11. Bentuk Bingkai 12. Bentuk Benda Dengan Cahaya Khusus 13. Bentuk Bangunan Dengan Lingkungan 14. Gambar Suasana

Gambar Suasana biasa disebut sebagai gambar ekspresi merupakan satu metode komprehensif. Teknis/ Wawasan Menggambar Di sini, kamu diminta untuk menggambar senyata mungkin. Nyata dalam konteks menggambar suasana bukanlah seperti yang kamu bayangkan dengan detail-detail hyper-realistic sampai ke serat pakaian atau pori-pori kulit. Tapi nyata di sini adalah bagaimana proporsi manusia, perspektif ruang, material dan tekstur benda, pencahayaan, semua representatif sesuai dengan bagaimana kita melihat adegan tersebut di kehidupan nyata. Ingat, gambar yang kita buat harus bersifat informatif sehingga yang menilai gambar kita tidak perlu lagi bertanya-tanya lagi melihat informasi yang disampaikan melalui gambar kita. Maka dari itu, bagi kamu yang lebih terbiasa menggambar dengan gaya manga, ada baiknya khusus untuk gambar suasana ini kamu memakai style yang lebih realis. Menggambar dengan gaya manga boleh-boleh saja selama disesuaikan dengan proporsi dan anatomi yang mengikuti kaidah-kaidah menggambar realis. Gaya manga adalah teknik lanjutan atau modifkasi dari menggambar realis. Kamu harus bisa menguasai teknik realis terlebih dulu sebelum diabstraksikan menjadi gambar manga.

Kreativitas Aspek penilaian satu ini ditujukan untuk melihat kemampuan kamu dalam menciptakan ide-ide baru. Kamu ditantang untuk dapat mengembangkan soal yang diberikan. Sebagai contoh , “Gambarkan suasana pasar di mana di sana terdapat aktivitas jual beli.” Ide pertama yang terlintas di kepala orang kebanyakan mungkin pasar tradisional di tempat terbuka, yang isinya pengunjung pasar yang sedang membayar barang belanjaan kepada penjual, dan penjual sedang berada di balik meja menerima uang atau memberikan barang yang dijajakan. Mereka sibuk masing-masing dengan aktivitas jual belinya. Cara menjawab tersebut bisa dinilai sebagai “ide pertama” di mana hampir semua orang ketika mendengar kata pasar membayangkan adegan tersebut. Tidak ada sesuatu yang lebih dari sekedar menjawab kebutuhan soal. Namun, yang diminta adalah bagaimana kamu bisa berpikir lebih menggunakan ide ketiga, keempat, kelima, dan seterusnya.

Pasar bisa saja berupa pasar swalayan yang modern, aktivitas jual beli dilakukan di kasir. Selain itu juga kamu bisa menampilkan pasar barang elektronik, pasar apung, dan masih banyak lagi. Walaupun kamu diminta untuk berpikir anti-mainstream, jangan push ide kamu terlalu jauh, karena bisa saja ide kamu melenceng dari apa yang diminta soal gambar suasana sehingga aspek-aspek yang diharapkan tampil di gambar tersebut tidak muncul. Selain ide setting, kamu juga harus lebih bermain dengan  ide cerita. Di dalam soal tadi, menggambar aktivitas jual beli saja dirasa kurang cukup. Ingat, ide kamu merupakan daya jual kamu. Tambahkan adegan-adegan menarik di dalamnya. Bayangkan bahwa gambar suasana adalah sebuah film yang adegannya difreeze kedalam satu frame.

Dalam satu frame tersebut, visual yang ditampilkan harus dapat memberikan informasi keseluruhan kejadian yang ditampilkan. Gambar kamu juga harus memberikan kesan untuk menambah daya jual. Apakah adegannya seru, sedih, lucu, dan lain sebagainya. Selain itu, berikan kesan bahwa kamu memiliki wawasan yang luas terhadap sekitar kamu. Mulai dari sekarang  kamu harus melihat sekitar, perhatikan detail-detail yang ada disekitar kamu, masukkan  ke kepala, dan  tuangkan di gambar kamu nanti.

Gambar suasana pasar