Algoritma dan Flowchart

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pengertian Dasar Logika dan Algoritma
Advertisements

Algoritma dan Flowchart
- PERTEMUAN 1 - DASAR-DASAR ALGORITMA, PROGRAM, DAN PEMROGRAMAN
Algoritma dan Flowchart
Algoritma dan Flowchart
PENGANTAR ALGORITMA PUTRA PRIMA NAUFAL, S.ST masputra.net.
Algoritma dan Pemrograman
Algoritma Asal kata Algoritma (algorism -algorithm) berasal dari nama Abu Ja’far Muhammad ibn Musa Al-Khuwarizmi Ilmuwan Persia yang menulis kitab “al.
Dasar- Dasar Algoritma
Pengantar Algoritma dan Pemrograman Elin Haerani, ST, M.Kom
PENGENALAN ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Pertemuan-III Algoritma disajikan gambar
Algoritma?!? Flowchart ?!?# DASAR PEMROGRAMAN.
LOGIKA & ALGORITMA Algoritma & Pengenalan Flow Chart
ALGORITMA Matakuliah : T0974 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming I Tahun : 2008 Versi : 1/0.
IT234 - Algoritma dan Struktur Data Ramos Somya. Asal kata Algoritma berasal dari nama seorang ilmuan Persian yang bernama Abu Ja’far Mohammed lbn Musa.
PENGERTIAN DASAR ALGORITMA & FLOWCHART
Algoritma dan Flowchart
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
Mahasiswa diharapkan dapat:
PERTEMUAN 1 Algoritma & Pemrograman
Pendahuluan Algoritma dan Pemrograman I-A
STMIK Kadiri 2015 D3 – Semester Ganjil
M1. Konsep dasar algoritma & pemrograman
Flowchart (Diagram Alur)
ALGORITMA PEMEROGRAMAN
Pengantar Pemrograman
Start.
FLOWCHARTING Pertemuan 3 & 4 Muhamad Haikal, S.Kom., MT.
ALGORITHMA DAN ATURAN PENULISANYA
Virdiandry Putratama,ST Politeknik Pos Indonesia Tahun 2015
penyusunan algoritma (flowchart)
MODUL 2.
Dasar Pemrograman dan Komputer
Sindy Nova Algoritma dan Pemrograman 1A
SYSTEM FLOWCHART.
LOGIKA & ALGORITMA Algoritma & Pengenalan Flow Chart
Algoritma.
Flowchart.
YOHANA NUGRAHENI Pengantar Algoritma YOHANA NUGRAHENI
Review Algoritma Pemrograman dan Pengantar Pemrograman Bahasa C
Algoritma dan Computer Programming
Kontrak Perkuliahan Grace L.A. Sihombing
SYSTEM FLOWCHART.
PENGENALAN ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Definisi Algoritma Algoritma adalah urutan langkah logis tertentu untuk memecahkan suatu masalah. Yang ditekankan adalah urutan langkah logis, yang berarti.
Algoritma dan Pemrograman
Algoritma dan Sequence
PENGANTAR ALGORITMA.
KONSEP LOGIKA DAN ALGORITMA PRODI MIK | FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN
Pertemuan 2-3 Bandung Create by Hery Dwi Y
Bahasa Pemrograman Poltek Balikpapan 2010.
Pengantar Konsep Bahasa Pemrograman
Keterampilan komputer 1AB
DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
ALGORITMA DAN FLOWCHART
Lecturer Note II Turbo Pascal & Pemrograman
Pemrograman Terstruktur
LOGIKA & ALGORITMA -Algoritma & Pengenalan Flow Chart
Algoritma & Pemrograman 1
PROG. STUDI FISIKA UIN ALAUDDIN MAKASSAR
Pertemuan ke 6 Nori Sahrun, S.Kom., M.Kom
Pendahuluan Komputer adalah alat bantu untuk menyelesaikan masalah.
Algoritma dan Flowchart
Pengertian Dasar Logika dan Algoritma. LOGIKA Pertama kali diperkenalkan oleh Aristoteles (384 – 322 SM) Logika berasal dari kata Yunani kuno λόγος (logos)
FLOWCHARTING Temu 3 dan 4.
Algoritma Pemrograman II
IT234 ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA
LOGIKA & ALGORITMA A LGORITMA & P ENGENALAN F LOW C HART 1.
Konsep Algoritma Pemrograman
Transcript presentasi:

Algoritma dan Flowchart How to Think DASAR PEMROGRAMAN by: Ahmad Syauqi Ahsan Modified : Dian Syafitri Khasnur Hidjah Den Askhari

Objectives Setelah menyelesaikan bab ini, anda diharapkan dapat: Mengerti tentang algoritma. Membuat algoritma dari suatu permasalahan. Mengerti tentang flowchart. Membuat flowchart dari suatu permasalahan.

Sistem Komputer Sebuah sistem komputer terdiri dari: Hardware

Sistem Komputer Software dapat dikelompokkan menjadi: Operating System Programming Language Aplication Program

Tahapan Pembuatan Program Mengerti permasalahan yang akan diselesaikan. Input layout Proses-proses Output layout Menganalisa penyelesaian masalah. Membuat algoritma dan flowchart. Menulis program. Melakukan testing  program selesai. Membuat dokumentasi

Algoritma Asal kata Algoritma berasal dari nama Abu Ja’far Mohammed Ibn Musa al-Khowarizmi Ilmuan Persia yang menulis kitab al jabr w’al-muqabala (rules of restoration and reduction) Tahun 825 M Berasal dari Iran

Definisi Algoritma Algoritma adalah urutan langkah logis tertentu untuk memecahkan suatu masalah. Urutan langkah logis, yang berarti algoritma harus mengikuti suatu urutan tertentu, tidak boleh melompat-lompat. (Dari Microsoft Press Computer and Internet Dictionaary 1997, 1998) Alur pemikiran dalam menyelesaikan suatu pekerjaan yang dituangkan secara tertulis. Alur pikiran, sehingga algoritma seseorang dapat juga berbeda dari algoritma orang lain. Tertulis, yang artinya dapat berupa kalimat, gambar, atau tabel tertentu. (Dari Algoritma dan Struktur Data dengan C, C++, dan Java oleh Moh Sjukani hal 1)

Contoh Algoritma dalam kehidupan sehari-hari

Algoritma dalam bidang Komputer Dalam bidang komputer, algoritma sangat diperlukan dalam menyelesaikan berbagai masalah pemrograman, terutama dalam komputasi numeris. Tanpa algoritma yang dirancang baik maka proses pemrograman akan menjadi salah, rusak, atau lambat dan tidak efisien

Manusia - Komputer Pelaksana algoritma adalah Komputer. Manusia dan komputer berkomunikasi dengan cara: manusia memberikan perintah-perintah kepada komputer berupa instruksi-instruksi yang disebut program. Alat yang digunakan untuk membuat program tersebut adalah bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman sangat bermacam-macam: C, C++, Pascal, Java, C#, Basic, Perl, PHP, ASP, JSP, J#, J++ dan masih banyak bahasa lainnya. Dari berbagai bahasa pemrograman cara memberikan instruksinya berbeda-beda namun bertujuan menghasilkan output yang sama

Tingkat Bhs Pemrograman Bahasa tingkat rendah (mesin) : Assembler Bahasa tingkat tinggi (bahasa manusia) Semua bahasa pemrograman selain assembler

Berdasarkan Platform BP dibagi menjadi Pemrograman Desktop : Pascal, delphi, VB, Java (J2SE), Fortran dll Pemrograman Mobile : Java (J2ME), Flash. Pemrograman Web : PHP, JSP, Javascript, XML, HTML, Ajax, CSS dll Pemrograman Network : Delphi, VD, JAva, PHP.

Kriteria Algoritma (Donald E. Knuth) Input: algoritma dapat memiliki nol atau lebih inputan dari luar. Output: algoritma harus memiliki minimal satu buah output keluaran. Definiteness (pasti): algoritma memiliki instruksi-instruksi yang jelas dan tidak ambigu. Finiteness (ada batas): algoritma harus memiliki titik berhenti (stopping role). Effectiveness (tepat dan efisien): algoritma sebisa mungkin harus dapat dilaksanakan dan efektif. Contoh instruksi yang tidak efektif adalah: A = A + 0 atau A = A * 1 Namun ada beberapa program yang memang dirancang untuk unterminatable: contoh Sistem Operasi

Struktur Algoritma Bagian Kepala (Header) memuat nama dan informasi tentang algoritma yang dibuat Bagian Deklarasi/Definisi Variabel memuat definisi tentang nama variabel, konstanta, prosedur, fungsi, tipe data yang digunakan Bagian Deskripsi/Rincian Langkah memuat langkah-langkah penyelesaian masalah

Contoh Algoritma Algoritma Luas Lingkaran Deklarasi {menghitung luas lingkaran apabila jari-jarinya diketahui} Deklarasi Deklarasi phi = 3.14 Deklarasi jari-jari, luas; Deskripsi Input jari-jari Hitung luas = phi * jari-jari * jari-jari Cetak luas; Algoritma Luas Lingkaran {menghitung luas lingkaran apabila jari-jarinya diketahui} Deklarasi {Definisi nama tetapan} const phi = 3.14; {Definisi nama variabel} real jari-jari, luas; Deskripsi read(jari-jari); luas = phi * jari-jari * jari-jari write(luas);

Flowchart Bagan-bagan yang mempunyai arus yang menggambarkan langkah-langkah penyelesaian suatu masalah. Merupakan cara penyajian dari suatu algoritma. Ada 2 macam Flowchart: System Flowchart  Flowchart yang menggambarkan prosedur dari sebuah proses pengolahan data. Program Flowchart  urutan instruksi yang digambarkan dengan symbol tertentu untuk memecahkan masalah dalam suatu program.

SIMBOL FLOWCHART SYSTEM

Contoh Flowchart System

SIMBOL FLOWCHART PROGRAM

Contoh Program Flowchart

Pembuatan Flowchart Tidak ada kaidah yang baku. Flowchart = gambaran hasil analisa suatu masalah  Flowchart dapat bervariasi antara satu pemrogram dengan pemrogram lainnya. Secara garis besar ada 3 bagian utama: Input Proses Output

Pembuatan Flowchart - continued Hindari pengulangan proses yang tidak perlu dan logika yang berbelit sehingga jalannya proses menjadi singkat. Jalannya proses digambarkan dari atas ke bawah dan diberikan tanda panah untuk memperjelas. Sebuah flowchart diawali dari satu titik START dan diakhiri dengan END.

Contoh Flowchart Mulai Buat variabel X dan X2 Masukkan nilai X Hitung X2 = X*X Cetak X2 Pertanyaan Kondisi : Hitung Lagi? Jika Ya  mengulang langkah 2 Jika Tidak  selesai

Again Another Example Mulai Masukkan nilai A dan B Pertanyaan seleksi : apakah A>B Jika Benar  Cetak A Jika Salah  Cetak B Selesai Input A,B A > B ? Y Cetak A N Cetak B Selesai