Piranti Masukan Piranti masukan (input device) merupakan perangkat keras komputer yang memungkinkan pemasukan data ke dalam sistem komputer. Data masukan.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
IX INTERAKSI IX / 1 PIRANTI Interaksi Manusia & Komputer
Advertisements

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
KOMPUTER HARDWARE.
Pertemuan ke 3 Oleh : Muh. Ary Azali. Peralatan Input (Input Device) Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori.
PMK (Piranti Masukan dan Keluaran) Bobot 3 SKS
POSISI DI DEPAN KOMPUTER
MULTIMEDIA PEMBELAJARAN “TERAMPIL MENGETIK 10 JARI”
Mouse jenis ini menggunakan bola yang dapat berputar ke segala arah. Kemudian putaran tersebut di deteksi oleh roda-roda sensor di dalam roda tersebut.
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
ALAT-ALAT INPUT.
Keyboard Cara memasang keyboard:
Pertemuan 7 Interaksi Manusia dan Komputer Viska Armalina, ST.,M.Eng
H A R D W A R E K O M P U T E R Materi Pertemuan Ke-3.
Profil Komputer.
Pertemuan 5 PIRANTI INTERAKTIF
Pengertian Dan Jenis Keyboard
PERANGKAT KERAS MASUKAN
NAMA KELOMPOK : DODIK SEPDIAN EKKY HUSEINDI M. SAIFUL EFENDI PARAMITHA
Pertemuan 5 PIRANTI INTERAKTIF
Pengantar Teknologi Informasi
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Perangkat Keras Multimedia
Perangkat Input Dan Output
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
H A R D W A R E K O M P U T E R.
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Keterampilan Mengetik 10 Jari
JENIS-JENIS INPUT DEVICE
Kelompok 7 Bonifasius Bryan Elias
Pert 8 PIRANTI INTERAKTIF.
Memilih Perangkat Interaksi Yang Tepat Next About Us
PIRANTI INTERAKSI.
Piranti Interaktif.
TEKNIK ANTARMUKA.
SI122 Interaksi Manusia dan Komputer
DASAR KOMPUTER & PEMROGRAMAN 1A
PENGANTAR TEKNOLOGI KOMPUTER & INFORMASI – A
OLEH : SURYA PUSPITA SARI
Kelompok 6 SI-11 Fajar Rahmat Mustari Puji Nurahman Fitri
BAB 3 PERANTI MASUKKAN.
PERANGKAT INPUT DAN OUTPUT
PERALATAN INPUT (Input Device)
H A R D W A R E K O M P U T E R Materi Pertemuan Ke-3.
Komponen perangkat input
Definisi hardware input
OCTAVIANI ROCHIADITYA P ( ) PRADANA HERDIN S ( )
Kinds Of Input/Interaction Devices
TUGAS PENGANTAR TEGNOLOGI INFORMASI tentang PERANGKAT INPUT DAN OUTPUT
KOMPONEN DAN FUNGSINYA
Peralatan Input (Input Device)
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI ( TIK )
ORGANISASI KOMPUTER OLEH : ATISATYA,S.ST.
Pengantar Teknologi Informasi
Dosen Pembina : Mahayadi, ST
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
KEYBOARD.
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
TEKNIK ANTARMUKA MULAI Ahmad Bahauddin Najah Nim
Teknologi perangkat keras
Oleh : Vivi Amalia Shofiana Teknik Komputer dan Jaringan
INPUT DEVICE.
TUGAS PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI DI SUSUN OLEH KELOMPOK 1.
Perangkat Input Dan Output Beserta Fungsinya
Pengertian Komputer, Sejarah Komputer & Alat Input 3.2 Menerapkan perakitan komputer 4.2 Merakit Komputer.
CARA KERJA KOMPUTER Tujuan : -Mahasiswa mampu menjelaskan proses suatu data diolah pada komputer -Mahasiswa mampu menyebutkan dan mengetahui fungsi dari.
Ketrampilan Mengetik 10 Jari
Komponen Komputer HARDWARE Perangkat Keras SOFTWARE Perangkat Lunak BRAINWARE User/Administrator Komputer bekerja secara sistematis dan terstruktur.
Komponen input dan output komputer
PERANGKAT INPUT.  Perangkat yang dipergunakan untuk memberikan perintah atau data tertentu ke dalam sistem komputer agar dapat bekerja sesuai keinginan.
Transcript presentasi:

Piranti Masukan Piranti masukan (input device) merupakan perangkat keras komputer yang memungkinkan pemasukan data ke dalam sistem komputer. Data masukan berupa : huruf, angka, gambar, suara, audio-video. Jenis Piranti Masukan : 1. Pengetikan 2. Gambar 3. Suara 4. Video 5. Gerakan 6.

I. Piranti Pengetikan Dipergunakan untuk memasukkan data atau perintah. Piranti yang paling umum digunakan pada sistem komputer adalah keyboard. Piranti pengetikan lain : ATM, POS (sering digunakan pada toko-toko swalayan 1.Keyboard ; merupakan piranti pemasukan data yang dapat mengubah huruf, angka, ataupun kode lain menjadi isyarat listrik yang dapat diproses komputer. Secara garis besar sistem keyboard terdiri atas 4 tombol :

Tombol pengetikan, yang memiliki berbagai macam bentuk, tetapi tata letak huruf atau angka pada tombol pengetikan menyerupai tata letak pada mesin ketik tradisional atau sering disebut sistem QWERTY. Tombol angka : memiliki tombol angka khusus yang tata letaknya menyerupai tata letak angka pada kalkulator, sering disebut numeric keypad. Tombol fungsi ; terdiri atas sederetan tombol F1, F2 dst..., kegunaannya tergantung pada aplikasi atau sistem yang sedang dijalankan. Tombol kontrol : untuk mengendalikan gerakan kursor atau layar, sekalipun keyboard laptop memiliki susunan yang berbeda dengan keyboard PC namun tetap memiliki tombol tersebut, page down, page up, home, delete.

2.ATM Biasanya digunakan dalam perbankan Memungkinkan kita melakukan transaksi pengambilan uang tunai, pembayaran berbagai jenis tagihan, transfer uang. ATM bekerja sebagai piranti input-output sekaligus. Sebagai piranti masukan, ATM memungkinkan pemakai memasukkan nomor PIN, angka dan uang dan hal lain yang tersedia pada menu. Sebagai Piranti keluaran, ATM memungkinkan pemakai (petugas bank) melihat perintah atau kode yang diketikkan pada piranti masukan.

3. POS Post – of – sale merupakan pirantiyang digunakan pada toko-toko untuk memasukkan data pembelian, menyerupai tombol seperti keyboard dan fasilitas yang memungkinkan untuk memproses kartu kredir.

ATM POST OF SALE (POS)

II. Piranti Gambar Penunjuk Digunakan untuk memilih data atau perintah yang muncul dilayar. 1. Mouse adalah piranti penunjuk yang digunakan untuk menunjuk data atau perintah yang ditampilkan pada monitor. Pertama kali diperkenalkan oleh macintosh.

2. Trackball, memiliki fungsi yang sama dengan mouse, yaitu untuk memilih perintah dari menu tampilan grafis, bedanya jika untuk menggerakkan penunjuk mouse dilayar diperlukan pergeseran mouse, penggerseran penunjuk trackball dilakukan dengan memutar bola trackball dengan tangan ke arah yang diinginkan, sering digunakan pada komputer laptop

3. Pointing stick : sering disebut stylus adalag alat penunjuk yang berwujud seperti karet penghapus pada pinsil, yang biasanya terletak pada laptop, dilakukan dengan menekan piranti ke arah yang dikehendaki

4. Touchpad : piranti penunjuk yang berupa tempat datar guna menggeser penunjuk pada layar monitor dengan cara menggeserkan tangan di atasnya.

5. Touchpad/touch screen (layar sentuh) ; piranti penunjuk berupa monitor yang telah dibuat sangat peka sehingga memungkinkan pemakai untuk menunjuk dan menyentuh suatu gambar dilayar secara langsung guna mengaktifkan suatu perintah. Penerapannya banyak ditemui pada penunjuk peta di bandara atau layanan informasi di beberapa kota besar.

6. Joystick : biasa digunakan untuk mengendalikan aplikasi permainan (game) pada prinsipnya sama seperti cara kerja mouse, hanya saja penggerak penunjuk layar berupa tongat kecil.