ANALISA DAN PERANCANGAN BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN 3.1 Analisa Sistem Tahap analisa merupakan tahap awal penulis dalam pembuatan aplikasi perangkat lunak. Dalam membangun Aplikasi Pembelajaran bahasa inggris Listening Comprehension dengan flash/Action Script, penulis akan menganalisa kebutuhan dasar sistem yang dibutuhkan. Analisa dilakukan terhadap data-data yang mempresentasikan masalah, sehingga dapat diketahui spesifikasi kebutuhan sistem yang akan dibangun nanti. Perkembangan teknologi komputer telah membuat komputer bukan hanya sebagai alat bantu hitung dan pemrosesan data saja, tetapi juga dapat digunakan pada bidang multimedia. Perangkat ajar yang berbasis multimedia dapat digunakan untuk menciptakan sarana belajar yang menarik dan interaktif untuk mahasiswa sehingga cocok digunakan sebagai alternatif lain untuk sarana belajar mahasiswa selain belajar melalui buku. Permasalahan pembelajaran bahasa Inggris yang dihadapi pada saat ini adalah banyaknya materi yang disuguhkan, termasuk penggunaan kata yang sulit dipahami dan proses pembelajaran yang kurang variatif. Sehingga menimbulkan rasa jenuh dalam proses pembelajaran bahasa Inggris, selain itu motivasi dan minat mempelajari bahasa Inggris tersebut pun berkurang. Dilihat dari keadaan tersebut penulis berkeinginan membuat aplikasi pembelajaran bahasa Inggris berbasis multimedia, karena dengan adanya aplikasi tersebut bisa digunakan untuk membantu pembelajaran bahasa Inggris secara mandiri. Aplikasi tersebut dibuat menggunakan Adobe Flash CS3 Professional. Aplikasi yang dibuat adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk menambah pembelajaran secara individu atau mandiri agar siswa mudah mengerti dalam pembelajaran bahasa Inggris tersebut. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu para siswa dalam mempelajari bahasa Inggris. 17 http://www.mercubuana.ac.id
18 Dari keseluruhan komponen sistem yang dibangun, maka didapat masukan, proses dan keluaran yaitu: Pada proses pengambilan materi berupa gambar, huruf dan soal-soal latihan bahasa Inggris. Semuanya disimpan terlebih dahulu ke dalam direktori data penyimpanan sebagai masukan kemudian dalam tahap proses, terjadi pengambilan materi berupa gambar, huruf dan soal-soal latihan tersebut dari direktori berkas penyimpanannya dan langsung tereksekusi kemudian muncul pada layar sebagai keluaran. Pada proses pengambilan suara, suara berformat “.wav” dan “.mp3” disimpan ke dalam direktori berkas penyimpanan suara sebagai masukan kemudian dalam tahap proses terjadi pengaturan sewaktu gambar atau teks keluar lalu suara tereksekusi kemudian munculah keluaran berupa bunyi. Aplikasi pembelajaran listening ini memiliki beberapa menu, yaitu : 1. Menu listening Pada menu listening ini terdapat materi listening yang akan dibahas oleh penulis. Setelah kita klik next akan terdapat pilhan menu materi yang akan menjelaskan tentang cara mengerjakan soal-soal Test Toefl, tombol home dan gambar. Menu yang akan ditampilkan oleh penulis yaitu : a. Part A Pada menu part A ini pengguna dapat melihat materi ajar dalam bentuk suara,teks,serta gambar yang menjelaskan bagaimana cara mengerjakan soal test pada part A. Didalam menu part A ini terdapat latihan pilihan ganda yang dapat langsung dikoreksi dari masing-masing soal. Dan terdapat suara utuk mendengarkan soal latihan tersebut. http://www.mercubuana.ac.id
19 Part B Pada menu part B terdapat materi ajar dalam bentuk suara,teksserta gambar yang menjelaskan bagaimana cara mengerjakan soal test pada part B. Didalam menu part B ini terdapat latihan pilihan ganda yang dapat langsung dikoreksi dari masing-masing soal. Dan terdapat suara untuk mendengarkan soal latihan tersebut Part C Pada menu part C terdapat materi ajar dalam bentuk suara,teks,serta gambar yang menjelaskan bagaimana cara mengerjakan soal test pada part C. Didalam menut part C ini terdapat latihan pilihan ganda yang dapat langsung dikoreksi dari masing-masing soal. Dan terdapat suara untuk mendengarkan soal latihan tersebut. General strategies Pada menu general strategies terdapat materi ajar dalam bentuk suara, dan teks yang menjelaskan tentang strategi umum. Menu Test Dalam menu test ini, terdapat beberapa tombol yaitu tombol home untuk kembali ke halaman utama dan tombol mulai untuk memulai test. Jika kita klik tombol mulai berarti kita akan memulai test, dalam test ini terdapat beberapa soal yang harus dikerjakan . Menu profile Pada menu profile ini terdapat biodata dari penulis secara lengkap dengan maksud agar pengguna aplikasi ini dapat mengetahui dengan jelas siapa penulis atau pembuat dari aplikasi ini. Di dalam menu profile terdapat foto dari penulis, nama, tanggal lahir, alamat dan email dari penulis. http://www.mercubuana.ac.id
Deskripsi konsep aplikasi seperti pada tabel 3.1. 20 4. Menu Keluar Dalam menu keluar ini, terdapat tombol keluar jika kita ingin keluar dan sudah selesai mempelajari Aplikasi pembelajaran Listening English dengan Flash/action script ini kita tinggal mengklik tombol keluar. 3.2 Konsep Aplikasi pembelajaran bahasa inggris Listening comprehension dengan Flash/action script ini merupakan aplikasi yang dibuat untuk mahasiswa-mahasiswi. Aplikasi ini menggunakan pengembangan multimedia, yaitu konsep, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian dan distribusi. Deskripsi konsep aplikasi seperti pada tabel 3.1. Judul Aplikasi pembelajaran bahasa inggris Listening comprehension dengan Flash/action script Pengguna Mahasiswa-Mahasiswi Bentuk Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Gambar Menggunakan file berformat JPG, PNG dan EPS Suara Menggunakan file berformat MP3 Animasi Animasi pada teks, tombol dan gambar dibuat sendiri Interaktif Menggunakan link atau action script berupa tombol untuk pengguna menuju ke halaman yang diinginkan. 3.3 Perancangan Pada perancangan ini akan menerangkan dengan jelas dan secara rinci perancangan Aplikasi pembelajaran bahasa inggris Listening comprehension dengan Flash/action script ini meliputi pemodelan use case diagram, sequence diagram dan activity diagram. http://www.mercubuana.ac.id
Tabel 3.2 Use Case Listening 2 1 3.3.1 Perancangan Use Case Diagram Pada Aplikasi pembelajaran bahasa inggris Listening comprehension dengan Flash/action script berbasis multimedia ini, mengidentifikasi yang menjadi aktor utamanya adalah mahasiswa. Dari identifikasi aktor tersebut maka akan peroleh suatu diagram use case dan skenario yang memperlihatkan interaksi antara use case dengan aktor. Use case diagram Aplikasi pembelajaran Listening English dengan Flash/action script dapat dilihat pada gambar 3.1. Gambar 3.1 Use case diagram Aplikasi Pembelajaran bahasa inggris Listening Comprehension dengan flash/Action Script Berikut ini merupakan deskripsi Use case diagram diatas : Tabel 3.2 Use Case Listening Nama Listening Aktor Mahasiswa Skenario Mahasiswa memilih menu materi Sistem menampilkan halaman materi Mahasiswa memilih materi-materi yang ada Kondisi awal Mahasiswa menerima halaman menu materi yang terdapat http://www.mercubuana.ac.id
Tabel 3.3 Use Case Test Tabel 3.4 Use Case profile 2 2 beberapa materi yaitu : part A,part B,part C dan general strategies Kondisi akhir Mahasiswa dapat melihat profile penulis Tabel 3.3 Use Case Test Nama Test Aktor Mahasiswa Deskripsi Mahasiswa dapat mengerjakan soal test yang ada pada halaman test Skenario Mahasiswa menerima halaman test Menampilkan halaman test dan memilih menu mulai Mahasiswa dapat mengerjakan latihan soal Kondisi awal Mahasiswa menerima halaman test yang terdapat soal Kondisi akhir Mahasiswa telah mengerjakan latihan soal Tabel 3.4 Use Case profile Nama Profile Aktor Mahasiswa Deskripsi Mahasiswa dapat melihat profile penulis Skenario Mahasiswa memilih menu profile Sistem menampilkan halaman profile Mahasiswa dapat melihat profile dari penulis dan mahasiswa memilih bodata diri Sistem menampilkan halaman biodata diri Kondisi awal Mahasiswa menerima halaman profile Kondisi akhir Mahasiswa dapat melihat halaman profile http://www.mercubuana.ac.id
Mahasiswa dapat keluar dari aplikasi 2 3 Tabel 3.5 Use Case keluar Nama Keluar Aktor Mahasiswa Deskripsi Mahasiswa dapat keluar dari aplikasi Skenario Mahasiswa memilih menu keluar Mahasiswa memilih yes dan no Sistem mengeluarkan aplikasi Kondisi awal Mahasiswa menerima halaman keluar dan memilih keluar ya atau tidak. Kondisi akhir Aplikasi keluar. 3.3.2 Perancangan Activity Diagram Activity diagram menggambarkan alur aktivitas dalam sistem yang sedang dirancang, bagaimana masing-masing alur berawal. Decision yang mungkin terjadi dan bagaimana mereka berakhir. Activity diagram juga menggambarkan proses pararel yang mungkin terjadi pada bebarap eksekusi. 1. Activity diagram menu Listening Pada gambar 3.2 aktifitas dimulai pada saaat mahasiswa memilih menu listening maka sistem akan menampilkan halaman materi lalu klik next, setelah itu mahasiswa memilih submenu materi yang akan dipelajari yaitu submenu : part A,part B,part C,general strategies dan mahasiswa dapat mengerjakan latihan dari masing-masing materi yang ada. http://www.mercubuana.ac.id
Gambar 3.2 Activity diagram menu listening 24 Gambar 3.2 Activity diagram menu listening 2. Activity diagram menu Test Pada gambar 3.3 aktivity diagram aktifitas akan dimulai saat mahasiswa sudah masuk kedalam menu utama, selanjutnya aktifitas mahasiswa memilih menu test, http://www.mercubuana.ac.id
Gambar 3.3 Activity diagram menu test 2 5 didalam menu test aktifitas selanjutnya mahasiswa mulai test, sistem akan menampilkan halaman test dan mahasiswa akan mengerjakan test dan menjawabnya setelah itu sistem akan memeriksa jawaban dan sistem akan menampilkan nilai. Gambar 3.3 Activity diagram menu test http://www.mercubuana.ac.id
Activity diagram menu profile 2 6 Activity diagram menu profile Pada gambar 3.4 aktifitas dimulai pada saaat mahasiswa memilih menu profile maka sistem akan menampilkan halaman profile, setelah itu mahasiswa memilih biodata diri maka sistem akan menampilkan halaman bidata diri. Gambar 3.4 activity diagram menu profile Activity diagram menu keluar Pada gambar 3.5 aktivity diagram menu keluar aktifitas akan dimulai pada menu utama, selanjutnya mahasiswa memilih menu keluar dan aplikasi pun akan keluar. http://www.mercubuana.ac.id
Gambar 3.5 activity diagram menu keluar 2 7 Gambar 3.5 activity diagram menu keluar 3.3.3 Perancangan Sequence Diagram Sequence diagram menggambarkan interaksi antar objek di dalam dan di sekitar sistem (termasuk pengguna, display, dan sebagainya) berupa message yang digambarkan terhadap waktu. Sequence diagram terdiri atar dimensi vertikal (waktu) dan dimensi horizontal (objek-objek yang terkait). Sequence diagram biasa digunakan untuk menggambarkan skenario atau rangkaian langkah-langkah yang dilakukan sebagai respons dari sebuah event untuk menghasilkan output tertentu. 1. Sequence diagram menu listening Pada sequence diagram menu listening mahasiswa atau pengguna akan mengakses melalui menu utama, pada menu utama pengguna akan memilih menu listening dan sistem akan menampilkan menu materi. Setelah itu mahasiswa atau pengguna dapat memilih sub materi yang ada dan sistem akan menampilkan sub materi. Dan mahasiswa dapat mengerjakan latihan dari masing-masing materi yang sudah dipilh. http://www.mercubuana.ac.id
Gambar 3.6 sequence diagram menu listening 2. Sequence diagram menu test Pada sequence diagram menu test atau pengguna akan mengakses melalui menu utama, pada menu utama mahasiswa akan memilih menu test dan sistem akan menampilkan halaman test dan mahasiswa akan mengerjakan latihan test. http://www.mercubuana.ac.id
Gambar 3.7 sequence diagram menu test 3. Sequence diagram menu profile 29 Gambar 3.7 sequence diagram menu test 3. Sequence diagram menu profile Pada sequence diagram menu profile mahasiswa atau pengguna akan mengakses melalui menu utama, pada menu utama pengguna akan memilih menu profile. Setelah itu akan terdapat tampilan profile penulis. Gambar 3.8 sequence diagram menu profile http://www.mercubuana.ac.id
4. Sequence diagram menu keluar 30 4. Sequence diagram menu keluar Pada sequence diagram menu keluar mahasiswa atau pengguna akan memilih menu keluar. Pada saat memilih menu keluar terdapat option mahasiswa akan keluar atau tidak. Gambar 3.9 Sequence diagram menu keluar 3.3.4 Perancangan Storyboard Storyboard adalah gambar – gambar yang mewakili pengambilan gambar dalam sebuah scene atau adegan. Storyboard digunakan sebagai alat bantu pada tahan perancangan multimedia. Pada bagian perancangan storyboard ini akan digambarkan mengenai bagian – bagian yang akan ditampilkan pada Aplikasi Simulasi Pembelajaran Struktur Data Materi Stack. 1. Storyboard Halaman Depan Gambar 3.10 storyboard halaman depan http://www.mercubuana.ac.id
Gambar 3.11 storyboard halaman Menu Utama Storyboard Halaman Listening 31 Storyboard Menu Utama Gambar 3.11 storyboard halaman Menu Utama Storyboard Halaman Listening Gambar 3.12 storyboard Halaman Listening http://www.mercubuana.ac.id
Storyboard Halaman sub materi 32 Storyboard Halaman sub materi Gambar 3.13 storyboard halaman sub materi Storyboard Halaman gambar Gambar 3.14 storyboard halaman gambar http://www.mercubuana.ac.id
Storyboard Halaman Exercise 33 Storyboard Halaman Exercise Gambar 3.15 storyboard halaman exercise Storyboard Test Gambar 3.16 storyboard halaman test http://www.mercubuana.ac.id
Storyboard halaman jawaban 34 Storyboard halaman jawaban Gambar 3.17 storyboard halaman jawaban Storyboard halaman Profile Gambar 3.18 storyboard halaman profile http://www.mercubuana.ac.id
Gambar 3.19 storyboard halaman profile 35 10. Storyboard halaman keluar Gambar 3.19 storyboard halaman profile http://www.mercubuana.ac.id