Metode Perancangan Arsitektur

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
METODE PENELITIAN HUKUM
Advertisements

MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
KEBENARAN ILMIAH KWALITAS PENGETAHUAN
TEKNIK PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
Bagaimana para Ahli Biologi Bekerja?
Proyek Sistem Informasi (Kuesioner + Manajemen kegagalan SI)
PENDEKATAN UNTUK MEMPEROLEH KEBENARAN
Bahasa Indonesia.
PENGUKURAN EVALUASI TERHADAP INPUT, PROSES, OUTPUT DAN OUTCOME
PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK.
PENELITIAN SOSIOLOGI.
PENGUATAN PROSES PEMBELAJARAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI
Pengatar Sistem Penunjang Keputusan (Decision Support Sistem)
TEKNIK PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak Metode Pengujian Perangkat Lunak
Teknik Sistem & Dokumentasi Sistem
PENDEKATAN SISTEM.
Disampaikan Oleh ERWIN SETYO KRISWANTO
STRUKTUR KURIKULUM 2013 Pendekatan Saintifik.
ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
LANGKAH-LANGKAH METODE ILMIAH :
Gisely Vionalita SKM., M.Sc.
METODOLOGI PENELITIAN (3 SKS)
Siklus Perancangan PBK
FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI
PENULISAN BUKU AJAR (2.08) PELATIHAN APPLIED APPROACH (AA) KOPERTIS WILAYAH VI JAWA TENGAH M.Th. Sri Rejeki Retnaningdyastuti.
Analisa Perancangan Sistem
mEnyusun rencana manajemen CAKUPAN PROYEK
BIMBINGAN TEKNIS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
BERPIKIR ILMIAH BY Triono Soendoro.
Analisa dan Perancangan Sistem
Pembangunan Kasus Bisnis & Penentuan Alternatif
Pelaksanaan Solusi Bisnis & Pengelolaan Perubahan
Sifat dan Kriteria Metode Ilmiah
Perancangan Sistem Informasi Manajemen
Business Wisdom for the 22nd century
ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
GAMBARAN UMUM SIMULASI
Manajemen Proyek Sistem Informasi DAY-2
Langkah – Langkah Metode Ilmiah :
TEKNIK MENULIS PROPOSAL
PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
METODE PENELITIAN KUANTITATIF PERTEMUAN 1 Gisely Vionalita SKM. M.Sc.
STATISTIKA LINGKUNGAN
PERUMUSAN HIPOTESIS DAN PERANCANGAN PENELITIAN
PENELITIAN Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni (IPTEKS) tidak dapat dipisahkan dari penelitian. Melalui penelitian bisa dihasilkan penemuan-penemuan.
Langkah – Langkah Metode Ilmiah :
TEKNIK PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
TEKNIK PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
METODE PEMECAHAN MASALAH DESAIN
Langkah – Langkah Metode Ilmiah :
KONSEP DASAR PENELITIAN
Jika anda ingin tidak dilupakan orang segera setelah anda meninggal dunia, maka tulislah sesuatu yang patut dibaca, atau berbuatlah sesuatu sesuatu yang.
Pendalaman Proyek dan Faktor-Faktor dalam Perancangan Pertemuan 4 - 5
METODOLOGI PENELITIAN BISNIS Dosen : Agus prayitno Bobot : 3 sks
TEKNIK PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
Merancang proses bisnis untuk kebutuhan aplikasi
PENDEKATAN SISTEM Pertemuan ke-09.
IT234 ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA
mEnyusun rencana manajemen CAKUPAN PROYEK
SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Pengantar Metodologi Penelitian
STATISTIKA LINGKUNGAN
Analisa Perancangan Sistem
LANGKAH-LANGKAH METODE ILMIAH 1 LANGKAH-LANGKAH METODE ILMIAH :  M M M Menyusun Rumusan Masalah  M M M Menyusun Kerangka Teori  M M M Merumuskan.
Transcript presentasi:

Metode Perancangan Arsitektur 17/04/2015

REVIEW MIDTES

Metode tradisional (traditional methods) atau evolusi kerajinan (craft evolutions) Metode perancangan berdasarkan atas gambar

METODE TRADISIONAL

METODE TRADISIONAL Menyesuaikan dengan kondisi alam Menghasilkan produk dengan bentuk-bentuk organis Tidak menggunakan perancang yang terdidik Merupakan sistem pemindahan informasi, serta kesuksesan percobaan dan pencarian yang berlangsung dalam beberapa abad  PROSES TRIAL AND ERROR

METODE GAMBAR

METODE PERANCANGAN BERDASARKAN GAMBAR Evolusi kerajinan (metode tradisional) yang proses penyelesaiannya dipercepat Efisien  waktu yang relatif singkat. Setelah proses mencoba dan mencari, obyek yang akan diproduksi digambar dan diskala, dengan maksud untuk percobaan dan perubahan bila dibutuhkan. Setelah tepat semuanya, produksi baru dimulai.

Metode gambar berkembang dan digunakan sampai sekarang Keinginan, kebutuhan, perkembangan pemikiran dan kemajuan teknologi PROSES PERANCANGAN YANG SISTEMATIS

PROSES PERANCANGAN YANG SISTEMATIS adalah suatu cara berpikir untuk bertindak dalam mengumpulkan, memilih, mengolah (analisa), menyusun (sintesa) dan mengambil keputusan dalam suatu rangkaian aktivitas yang terorganisir dan terintegrasi sehingga menjadi satu kesatuan serta dapat dilihat dengan jelas peranan dan keterkaitan antar tiap bagian.

JENIS PROSES PERANCANGAN Metode Black Box Metode Glass Box proses intuitif proses ilmiah METODE BLACK BOX METODE GLASS BOX JENIS PROSES PERANCANGAN Metode Black Box Metode Glass Box

METODE BLACK BOX Gordon (1961), Osborn (1963), Broadbent (1966) dan Matchett (1968) Mereka menyatakan bahwa bagian yang paling bernilai dari suatu proses desain adalah yang terdapat jauh di dalam kepala desainer dan yang berada di luar jangkauan kontrol sadarnya.

METODE BLACK BOX Black Box Analogies Problem Solution Input Output

KARAKTERISTIK METODE BLACK BOX : Input tergantung dari pengalaman perancangan dan kondisi perancangan Output cepat, tapi bersifat acak Tertutup terhadap kemungkinan-kemungkinan solusi baru Sukar mengontrol secara logis output yang relevan dengan problem desain Pendekatan black box adalah untuk mereka yang percaya bahwa desain adalah sebuah misteri, sesuatu yang terjadi di dalam kepala atau otak desainer.

METODE GLASS BOX Proses desain metode ini lebih transparan, terlihat, dapat diikuti dan bening. Dalam metode ini, langkah-langkah desain terbaca dan tidak ada misteri di dalamnya.

Karakteristik dari metode ini adalah: Tujuan, variabel dan kriteria dapat ditetapkan lebih dahulu. Analisis lebih komplit sebelum solusi ditemukan. Evaluasi lebih luas bahasanya dan lebih masuk akal (dapat digunakan untuk eksperimen) Strategi dapat diperbaiki untuk kemajuan. Problem Solutions Langkah-langkah desain yang terbaca

PERANCANGAN: Mulai dari mana? “If I were given one hour to save the planet, I would spend 59 minutes defining the problem and one minute resolving it”. - Einstein

TAHAPAN PERANCANGAN PROGRAMMING 1 RANCANGAN SKEMATIK 2 PRARANCANGAN 3 PENGEMBANGAN RANCANGAN 4 DOKUMEN TENDER 5

PENGEMBANGAN RANCANGAN 4 PROGRAMMING 1 segala macam informasi/data perancangan dalam bentuk teks, tabel, grafis RANCANGAN SKEMATIK 2 terjemahan informasi ke dalam bentuk sketsa grafis/spasial PRARANCANGAN 3 terjemahan sketsa ke dalam gambar yang terukur PENGEMBANGAN RANCANGAN 4 Penyelesaian detail perancangan/struktur/konstruksi/utilitas DOKUMEN TENDER 5 gambar kerja, ded, rab, rks

TAHAPAN PROGAMMING 1 ANALISIS 2 EVALUASI 3 ORGANISASI 4 PRESENTASI 5 PENGUMPULAN INFORMASI/DATA 1 ANALISIS 2 EVALUASI 3 ORGANISASI 4 PRESENTASI 5

PENGUMPULAN INFORMASI 1 Segala macam informasi/data yang diperlukan dalam perancangan ANALISIS 2 Pencarian hubungan/keterkaitan atau pattern yang tersembunyi di dalam data EVALUASI 3 Penilaian baik/buruk, penting/tdk penting, Perlu/tdk perlu terhadap data/hasil analisis ORGANISASI 4 Penataan data dengan menggunakan struktur tertentu PRESENTASI 5 Pengemasan data dalam bentuk teks/tabel / grafis yang mudah dimengerti/dikomunikasikan

Keluaran/isi PROGRAMING DESKRIPSI PROYEK 1 KENDALA, BATASAN, KRITERIA 2 KEBUTUHAN RUANG 3 KONSEP PERANCANGAN 4