PEMOGRAMAN BERERIENTASI OBJEK

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
IT603 Ramos Somya.  Mahasiswa mampu memahami konsep dan penerapan komputasi mobile dan aplikasinya.
Advertisements

Review C/C++ & Intro to Java Pemrograman Berorientasi Obyek IT209.
Pemrograman Berorientasi Objek
H. Risdiandri Iskandar, SKom,MM 1 PENGENALAN JAVA 2 ME.
Introduction OOP with JAVA Universitas Muhammadiyah Malang Fakultas Teknik Jurusan Teknik Informatika Semester Genap Nur hayatin, S.ST.
OBJECTS ORIENTED PROGRAMING
Pemrograman Berorientasi Objek
Pengenalan Java As’ad Djamalilleil
Rekayasa Web Ch. 5 Pendekatan Pengembangan Aplikasi Web
di OBJECT ORIENTED PROGRAMMING [OOP] Oleh H. SUMIJAN, Ir, M.Sc
Minggu 1…… Page 1 MINGGU Ke Satu Pemrograman Visual 2 Pokok Bahasan: Mengenal Web dengan ASP Tujuan Instruksional Khusus: Mahasiswa akan dapat menjelaskan.
Object Oriented Programming (OOP)
MENGGUNAKAN JAVA 2 MICRO EDITION. APLIKASI DAFTAR BELANJA UNTUK TELEPON SELULAR DENGAN for further detail, please visit
Pengenalan Java dan Object-Oriented Programming
J2ME, Configuration & Profile
PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME)
Pemrograman Berorientasi Objek (PBO) Object Oriented Programming (OOP)
Mobile Device & J2ME Oleh : Oman Somantri, S.Kom
Pemrograman Berorientasi Obyek (PBO)
Pengenalan Java.
Pertemuan 1 Apakah Java Itu ? ASWAR R..
PEMROGRAMAN II DASAR JAVA (Jcreator)
Pengantar & Dasar Pemrograman Java Oleh :Yeka Hendriyani, M.kom
Bahasa Anda di Linux Nia Saurina SST., M.Kom. Linux adalah sistem operasi yang mengizinkan setiap penggunanya untuk berpartisipasi dalam pengembangannya.
JAVA FUNDAMENTAL Chapter 1 By. Budhi Irawan, S.Si, M.T.
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
MOBILE TECNOLOGY (J2ME)
PENGENALAN JAVA.
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
Pengenalan Java Pertemuan Ke-1.
Pengenalan Java Pertemuan Ke-1.
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN 2
Pemrograman Berorientasi Objek
Object Oriented Programing (OOP)
Pemrograman VII Java U Abd. Rohim, MT mailto:
Algoritma dan Pemrograman 3
Pengenalan Java.
Pemrograman berorientasi objek
PERTEMUAN KE 1 PENGENALAN J2EE BY : TITO SUGIHARTO
As’ad Djamalilleil Pengenalan Java As’ad Djamalilleil
Object Oriented Programming
Pemrograman Berorientasi Obyek IT209
MOBILE TECNOLOGY (J2ME)
Pengembangan Aplikasi Mobile
JAVA LANJUT.
MODUL PRATIKUM PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (OOP)
PENDAHULUAN J2SE I.
APLIKASI GAME PUZZLE PADA TELEPON SELULAR DENGAN J2ME Aidil Ardiles
Interface Umar muhammad JAVA.
MODUL PRATIKUM PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (OOP)
Aplikasi Petunjuk Tempat Kuliner Jakarta Melalui Handphone Ridwan Salim, for further detail, please visit
Meriska Defriani, M.Kom Workshop Pemrograman #2 HUMANIKA
Pengantar Teknologi Mobile
ANALISA & DESAIN BERORIENTASI OBJEK
JAVA.
Pengenalan Java.
Pengenalan Bahasa JAVA
PENGENALAN JAVA LANJUT
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
Bina Sarana Informatika
MOBILE TECNOLOGY (J2ME)
Pengenalan Java.
Algoritma Pemrograman 3
Pengenalan Java.
Meriska Defriani, M.Kom Workshop Pemrograman HUMANIKA
Pengenalan J2ME, Configuration & Profile
Review C/C++ & Intro to Java
Pemrograman Berorientasi Objek (PBO)
PI, Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas APLIKASI GAME BUBBLEBREKER MENGGUNAKAN TEKNOLOGI J2ME for further detail, please.
PEMBUATAN APLIKASI GAME Rahadian Pranata
Transcript presentasi:

PEMOGRAMAN BERERIENTASI OBJEK JAVA

Pemrograman berorientasi objek Pemrograman berorientasi objek (Inggris: object-oriented programming disingkat OOP) merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek. Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas atauobjek-objek. Bandingkan dengan logika pemrograman terstruktur. Setiap objek dapat menerima pesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek lainnya. Model data berorientasi objek dikatakan dapat memberi fleksibilitas yang lebih, kemudahan mengubah program, dan digunakan luas dalam teknik piranti lunak skala besar. Lebih jauh lagi, pendukung OOP mengklaim bahwa OOP lebih mudah dipelajari bagi pemula dibanding dengan pendekatan sebelumnya, dan pendekatan OOP lebih mudah dikembangkan dan dirawat.

Bahasa Pemograman yang mendukung PBO antara lain: Visual Foxpro Java C++ Pascal (bahasa pemrograman) Visual Basic.NET SIMULA Smalltalk Ruby Python PHP C# Delphi Eiffel

Pemrograman orientasi-objek menekankan konsep berikut: kelas —Sebuah class secara tipikal sebaiknya dapat dikenali oleh seorang non-programmer sekalipun terkait dengan domain permasalahan yang ada, dan kode yang terdapat dalam sebuah class sebaiknya (relatif) bersifat mandiri dan independen (sebagaimana kode tersebut digunakan jika tidak menggunakan OOP). Objek - membungkus data dan fungsi bersama menjadi suatu unit dalam sebuah program komputer; objek merupakan dasar dari modularitas dan struktur dalam sebuah program komputer berorientasi objek. Abstraksi - Kemampuan sebuah program untuk melewati aspek informasi yang diproses olehnya, yaitu kemampuan untuk memfokus pada inti. Setiap objek dalam sistem melayani sebagai model dari "pelaku" abstrak yang dapat melakukan kerja, laporan dan perubahan keadaannya, dan berkomunikasi dengan objek lainnya dalam sistem, tanpa mengungkapkan bagaimana kelebihan ini diterapkan.. Enkapsulasi - Memastikan pengguna sebuah objek tidak dapat mengganti keadaan dalam dari sebuah objek dengan cara yang tidak layak; hanya metode dalam objek tersebut yang diberi ijin untuk mengakses keadaannya. Polimorfisme melalui pengiriman pesan. Tidak bergantung kepada pemanggilan subrutin, bahasa orientasi objek dapat mengirim pesan; metode tertentu yang berhubungan dengan sebuah pengiriman pesan tergantung kepada objek tertentu di mana pesa tersebut dikirim. Inheritas- Mengatur polimorfisme dan enkapsulasi dengan mengijinkan objek didefinisikan dan diciptakan dengan jenis khusus dari objek yang sudah ada - objek-objek ini dapat membagi (dan memperluas) perilaku mereka tanpa haru mengimplementasi ulang perilaku tersebut (bahasa berbasis-objek tidak selalu memiliki inheritas.)

Contoh pemograman orientasi objek Contoh konsep kelas : public class Siswa { public int nrp; public String nama; public void Info() {  System.out.println(“Saya siswa STMIK ERESHA”);  }  }  Sebuah class secara tipikal sebaiknya dapat dikenali oleh seorang non-programmer sekalipun terkait dengan domain permasalahan yang ada, dan kode yang terdapat dalam sebuah class sebaiknya (relatif) bersifat mandiri dan independen (sebagaimana kode tersebut digunakan jika tidak menggunakan OOP). Dengan modularitas, struktur dari sebuah program akan terkait dengan aspek-aspek dalam masalah yang akan diselesaikan melalui program tersebut. Cara seperti ini akan menyederhanakan pemetaan dari masalah ke sebuah program ataupun sebaliknya.

JAVA             Java adalah suatu teknologi di dunia software komputer. Selain merupakan suatu bahasa pemrograman, Java juga merupakan suatu platform. Java merupakan teknologi di mana teknologi tersebut mencakup Java sebagai bahasa pemrograman yang memiliki sintaks dan aturan pemrograman tersendiri, juga mencakup Java sebagai platform yaitu di mana teknologi ini memiliki virtual machine dan library yang diperlukan untuk menulis dan menjalankan program yang ditulis dengan bahasa pemrograman java.

Asal Mula Java Java diciptakan oleh suatu tim yang dipimpin oleh Patrick Naughton dan James Gosling dalam suatu proyek dari Sun Microsystem yang memiliki kode Green dengan tujuan untuk menghasilkan bahasa komputer sederhana yang dapat dijalankan di peralatan sederhana dengan tidak terikat pada arsitektur tertentu. Mula-mula James Gosling menyebut bahasa pemrograman yang dihasilkan dengan OAK tetapi karena OAK sendiri merupakan nama dari bahasa pemrograman komputer yang sudah ada maka kemudian Sun mengubahnya menjadi Java. Usaha untuk mengganti nama ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Atas usul pengacara dan ahli hukum perusahaan, perdebatan dengan berbagai pendapat dilakukan para insinyur, manajer pemasaran, penasehat hukum, dan direksi Sun Microsystems untuk menemukan nama yang tepat selama berhari-hari. Nama-nama yang kemudian menjadi kandidat adalah Silk, DNA, dan Java. Entah siapa yang pertama kali mengusulkan nama Java atau sejak kapan nama Java dipakai, tidak begitu diperhatikan karena alternatif pilihan nama tersebut dilakukan secara kolektif. Kelak Kim Polese, manajer pemasaran saat itu yang sekarang adalah CEO Marimba Inc. akhirnya memakai merek dagang Java.

Akhirnya setelah melalui beberapa transformasi dan proses, Sun akhirnya meluncurkan browser dari Java yang disebut Hot Java yang mampu menjalankan applet. Setelah itu teknologi Java diadopsi oleh Netscape yang memungkinkan program Java dijalankan di browser Netscape sejak January 1996 yang kemudian diikuti oleh Internet Explorer. Karena keunikan dan kelebihannya, teknologi Java mulai menarik banyak vendor terkemuka seperti IBM, Symantec, Inprise, dll. Akhirnya Sun merilis versi awal Java secara resmi pada awal 1996 yang kemudian terus berkembang hingga muncul JDK 1.1 kemudian JDK 1.2 yang menghasilkan banyak peningkatan dan perbaikan sehingga mulai versi ini Java disebut Java2. Perubahan yang utama adalah adanya Swing yang merupakan teknologi GUI (Graphical User Interface) yang mampu menghasilkan aplikasi window yang benar-benar portabel. Dan pada tahun-tahun berikutnya (1998-1999) lahirlah teknologi J2EE (Java 2 Enterprise Edition) yang berbasis J2SE yang diawali dengan servlet dan EJB kemudian diikuti JSP. Kelebihan Java di lingkungan network dan terdistribusi serta kemampuan multithreading mengakibatkan Java menjadi cepat populer di lingkungan server side. Terakhir teknologi Java melahirkan J2ME (Java 2 Micro Edition) yang sudah diadopsi oleh Nokia, Siemens, SonyEricsson, Motorola, Samsung untuk menghasilkan aplikasi mobile baik games maupun software bisnis dan berbagai jenis software lain yang dapat dijalankan di peralatan mobile seperti ponsel.  

Lingkungan Java Java merupakan bahasa pemrograman yang dapat diimplementasikan pada berbagai lingkungan, seperti internet, telepon genggam maupun komputer. Bahasa pemrograman Java secara garis besar dikelompokan menjadi tiga edisi, yaitu, Java 2 Standar Edition (J2SE), Java 2 Enterprise Edition (J2EE) dan Java 2 Micro Edition (J2ME).  

 J2SE   J2SE digunakan untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi desktop dan applet. J2EE              J2EE dipergunakan untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi berbasis client/server berskala enterprise, sedangkan J2ME diaplikasikan pada berbagai perangkat kecil dengan jumlah memory, kapasitas penyimpan dan user interface terbatas, seperti ponsel dan PDA. J2MW   Seperti paket-paket Java lainnya yang menggunakan Java Virtual Machine (JVM) sebagai interpreter, dalam J2ME digunakan pula virtual machine yang disebut K Virtual Machine (KVM) yang memiliki keunggulan tersendiri dimana hanya memerlukan memori kecil. Huruf K pada K Virtual Machine sendiri merupakan singkatan dari kilobyte, untuk menggambarkan betapa virtual machine ini bekerja pada memory yang demikian kecilnya.   KVM memungkinkan para software developer independen untuk bermain-main pada berbagai platform handset menjadi terbuka tanpa perlu melakukan perubahan berarti dalam hal programnya. Dengan J2ME yang berbasis C++, sebuah aplikasi akan memiliki portabilitas untuk dijalankan pada berbagai jenis telepon genggam. MEDlleT MIDIlet adalah aplikasi yang dibuat menggunakan J2ME dengan profile Mobile Information Device Profile (MIDP) yang dikhususkan untuk digunakan pada handset dengan kemampuan prosessor, memori dan layar yang terbatas, misalnya ponsel, pager, PDA, Pocket PC dan sebagainya. Hingga saat ini ada dua versi platform Java J2ME yang umum digunakan pada telepon genggam yaitu MIDP 1.0 yang masih memiliki spesifikasi sederhana dan menyediakan fungsi dasar untuk aplikasi mobile, diantaranya basic user interface dan kemanan jaringan. Satu lagi MIDP 2.0, yang sudah ditambahkan berbagai fasilitas seperti game, multimedia, dukungan berbagai jenis konektivitas, maupun OTA.

Kelebihan Dan Kelemahan java 1. Kelebian Sederhana dan Ampuh Aman Berorientasi Objek Kokoh Interaktif Netral Terinterpretasi dan Berkinerja Tinggi Java bersifat Multiplatform Java bersifat Multithread Dapat Didistribusi dengan Mudah Bersifat Dinamis Mudah dipelajari karena bersifat sederhana. Mendukung koneksi ke database 2. Kelemahan Java memiliki kecepatan yang kurang dari bahasa C ++. Implementasi J2ME tidak global. Java memakan banyak memori computer. Java merupakan bahasa yang kompleks dan susah dipelajari Program yang dibuat oleh bahasa ini lebih lambat

Kesimpulan Dari beberapa bahasan mengenai bahasa pemrograman Java diatas, maka dapat disimpulkan bahwa Java merupakan suatu teknologi di mana teknologi tersebut mencakup Java sebagai bahasa pemrograman yang memiliki sintaks dan aturan pemrograman tersendiri, juga mencakup Java sebagai platform yaitu di mana teknologi ini memiliki virtual machine dan library yang diperlukan untuk menulis dan menjalankan program yang ditulis dengan bahasa pemrograman java. James Gosling, selaku pencipta dan penemu bahasa pemrograman Java yang lahir pada 19 Mei 1956 dari tiga bersaudara di dekat Calgary, Kanada. Sejak kecil dia memang sangat tertarik dengan elektronika. Pada mulanya bahasa pemrograman yang ditemukan oleh James hendak dinamakan Oak, namun karena nama tersebut sudah digunakan perusahaan lain maka namanya berganti menjadi Java. Asal mula penamaan Java oleh James karena James sangat menyukai minuman kopi tubruk yang konon katanya berasal dari pulau Jawa. Itulah sebabnya dinamakan Java yang merupakan bahasa Inggris dari Jawa. Java diciptakan oleh suatu tim yang dipimpin oleh Patrick Naughton dan James Gosling dalam suatu proyek dari Sun Microsystem yang memiliki kode Green dengan tujuan untuk menghasilkan bahasa komputer sederhana yang dapat dijalankan di peralatan sederhana dengan tidak terikat pada arsitektur tertentu. setelah melalui beberapa transformasi dan proses, Sun akhirnya meluncurkan browser dari Java yang disebut Hot Java yang mampu menjalankan applet. Setelah itu teknologi Java diadopsi oleh Netscape yang memungkinkan program Java dijalankan di browser Netscape sejak January 1996 yang kemudian diikuti oleh Internet Explorer. Karena keunikan dan kelebihannya, teknologi Java mulai menarik banyak vendor terkemuka seperti IBM, Symantec, Inprise, dll. Akhirnya Sun merilis versi awal Java secara resmi pada awal 1996 yang kemudian terus berkembang hingga muncul JDK 1.1 kemudian JDK 1.2 yang menghasilkan banyak peningkatan dan perbaikan sehingga mulai versi ini Java disebut Java2. Perubahan yang utama adalah adanya Swing yang merupakan teknologi GUI (Graphical User Interface) yang mampu menghasilkan aplikasi window yang benar-benar portabel. Dan pada tahun-tahun berikutnya (1998-1999) lahirlah teknologi J2EE (Java 2 Enterprise Edition) yang berbasis J2SE yang diawali dengan servlet dan EJB kemudian diikuti JSP. Kelebihan Java di lingkungan network dan terdistribusi serta kemampuan multithreading mengakibatkan Java menjadi cepat populer di lingkungan server side. Terakhir teknologi Java melahirkan J2ME (Java 2 Micro Edition) yang sudah diadopsi oleh Nokia, Siemens, SonyEricsson, Motorola, Samsung untuk menghasilkan aplikasi mobile baik games maupun software bisnis dan berbagai jenis software lain yang dapat dijalankan di peralatan mobile seperti ponsel.

DAFTAR PUSTAKA http://toniasui.wordpress.com/2011/11/06/asal-usul mengapa-icon-java-programming-adalah-secangkir-kopi/   http://informatika.web.id/sekilas-tentang-java.htm http://www.vavai.com/blog/index.php?/archives/587-Sejarah-Java.html http://erikandfiki.wordpress.com/2013/04/29/sekilas-tentang-java/