METODE GRAFIK DESTIANTO ANGGORO.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Riset Operasional Pertemuan 9
Advertisements

GRAPHICAL SOLUTION OF LINEAR PROGRAMMING PROBLEMS
BAB II Program Linier.
Welcome in my presentation,, Oleh: SANTI WAHYU PAMUNGKAS Kelas: X Adm
PROGRAM LINIER Sistem Pertidaksamaan Linier Dua Variabel Definisi:
Riset Operasi Ira Prasetyaningrum.
KAPASITAS PRODUKSI.
Bab 2 PROGRAN LINIER.
PEMROGRAMAN LINEAR RISMAYUNI.
Oleh : Devie Rosa Anamisa
Oleh : Devie Rosa Anamisa
LINEAR PROGRAMMING Pertemuan 05
METODE ALJABAR DAN METODE GRAFIK
Program Linier Dengan Grafik
Pert.2 Pemodelan Program Linier dan Penyelesaian dengan Metode Grafik
LINEAR PROGRAMMING METODE GRAFIK.
LINEAR PROGRAMMING: METODE GRAFIK Fungsi Tujuan Maksimasi dan Minimasi
LINEAR PROGRAMMING METODE GRAFIK
Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Rapendik on Streaming.
Linier Programming Manajemen Operasional.
Modul III. Programma Linier
RISET OPERASIONAL RISET OPERASI
LINEAR PROGRAMMING METODE SIMPLEKS
Kondisi yang dihadapi manajer dalam pengambilan keputusan
Gudang ~1~ Modul XIII. Penyelesaian Soal Dengan Software
Dipresentasikan: SUGIYONO
PL PDF 1 PL PDF 2 PL PPT 1 PL PPT 2 OPERATION RESEARCH Program Linier.
Arta Rusidarma Putra, ST., MM
Menyelesaikan Masalah Program Linear
PERTEMUAN 8-9 METODE GRAFIK
Linier Programming (2) Metode Grafik.
MANAJEMEN SAINS MODUL 2 programasi linier
CONTOH SOAL PEMOGRAMAN LINIER
PROGRAM LINIER PENDAHULUAN
1 Unit Program Linear Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel
Program Linier Dengan Grafik
SENSITIvITAS METODE GRAFIK
BAB 2 PROGRAM LINEAR Next Home.
Program Linier :Penyelesaian Simplek
LINEAR PROGRAMMING.
LINEAR PROGRAAMMING Kelompok IV Moh. Lutfi
PROGRAM LINEAR sudir15mks.
Riset Operasi Ira Prasetyaningrum.
BAHAN AJAR MATEMATIKA KELAS XII IS PROGRAM LINEAR
Program linier Matematika SMK Kelas/Semester: II/2
Matematika Kelas X Semester 1
TEORI PGB. KEPUTUSAN MAKSIMASI & MINIMASI Ari Darmawan, Dr. SAB. MAB.
Program Linier :Penyelesaian Simplek
Pertidaksamaan Linier dan Model Matematika
perencanaan laba: ANALISIS BIAYA – TITIK IMPAS (BEP)
Program Linier (Linear Programming)
Pertemuan ke-4 Linier Programming Metode Grafik
Menyelesaikan Masalah Program Linear
Anggaran Variabel 7th Lecture.
Widita Kurniasari Universitas Trunojoyo
Destyanto Anggoro Industrial Engineering
Menyelesaikan Masalah Program Linear
Widita Kurniasari Universitas Trunojoyo
Operations Management
Widita Kurniasari Universitas Trunojoyo
Widita Kurniasari Universitas Trunojoyo
Widita Kurniasari Universitas Trunojoyo
Saint Manajemen LINEAR PROGRAMMING
BAB I Program Linier Pertemuan 1.
Widita Kurniasari Universitas Trunojoyo
Operations Research Linear Programming (LP)
Operations Research Linear Programming (LP)
Operations Research Linear Programming (LP)
Riset Operasional Program Linier.
KOMPETENSI DASAR : KD 3.2 : Menjelaskan program linear dua variabel dan metode penyelesaiannya dengan menggunakan masalah kontekstual KD 4.2 : Menyelesaikan.
Transcript presentasi:

METODE GRAFIK DESTIANTO ANGGORO

DEFINISI Metode grafik adalah penyelesaian linear programming yang penyelesaiannya disajikan dalam bentuk grafik yang sebelumnya dilakukan perhitungan-perhitungan untuk mencari titik-titik temu pada masing-masing sumbu. tujuan dari metode grafik ini adalah untuk memberi dasar-dasar dari konsep yang digunakan teknik simpleks. (Purnomo, 2004)

TAHAPAN - TAHAPAN Menentukan variabel keputusan Menentukan fungsi tujuan Menentukan fungsi kendala Menentukan titik potong Menentukan titik maksimum Membuat grafik Menentukan keuntungan maksimum

METODE GRAFIK

Tipe Stick Game Port USB CONTOH SOAL Bahan Baku Tipe Stick Game Port USB Kapasitas Bahan Baku SG-001 SG-002 Kabel (m) 2 4 3750 Plastik (ons) 10 25 23000 Keuntungan 100.000 160.000   PT SG Entertainment merupakan perusahaan elektronik yang memproduksi stick game port USB tipe SG-001 dan tipe SG-002. Tipe SG- 001 membutuhkan 2 meter kabel dan 10 ons plastic ABS. Tipe SG-002 membutuhkan 4 meter kabel dan 25 ons plastic ABS. perusahaan tersebut memiliki persediaan bahan baku kabel dan plastic ABS yang disimpan di gudang, masing-masing sebanyak 3750 meter dan 23000 ons. Besar laba yang diharapkan perusahaan pada tipe SG-001 sebanyak 100.000,- dan SG- 002 sebanyak 160.000,-. Tentukanlah kombinasi terbaik dari jumlah unit stick game port USB SG-001 dan SG-002 yang harus diproduksi dan besarnya nilai optimum agar mendapatkan laba perusahaan yang maksimal dengan menggunakan perhitungan metode grafik dan keuntungan maksimum!

PERHITUNGAN A. Menentukan variabel keputusan X1 = Banyaknya USB tipe SG-001 yang diproduksi X2 = Banyaknya USB tipe SG-002 yang diproduksi B. Menentukan fungsi tujuan Z = 100.000 X1 + 160.000 X2 C. Menentukan fungsi kendala 2X1 + 4X2 ≤ 3750 10X1+ 25X2 ≤ 23000 X1, X2 ≥ 0

PERHITUNGAN D. Menentukan titik potong Garis 1 = 2X1 + 4X2 = 3750   X2 = 0  10 X1 + 25 (0) ≤ 23000 X1 ≤ 2300  (2300 ; 0)

PERHITUNGAN E. Menentukan titik maksimum

PERHITUNGAN F. MEMBUAT GRAFIK

PERHITUNGAN F. Menentukan keuntungan maksimum Z = 100.000(175) + 160.000(850) = 17.500.000 + 136.000.000 = 153.500.000 Jadi, keuntungan terbesar akan diperoleh perusahaan SG Entertainment apabila menjual USB tipe SG-001 sebanyak 175 unit dan USB tipe SG002 sebanyak 850 unit. Keuntungan yang akan diperoleh perusahaan COM sebesar Rp 153.500.000.

LATIHAN SOAL Jenis Komponen Tipe PC Kapasitas (Unit) PC A PC B HDD (Unit) 2 1 1000 RAM (Unit) 950 Kipas Pendingin (Unit) 1600 Keuntungan ($) 750 700 Perusahaan Connect on Motion (COM) memproduksi dua jenis Personal Computer (PC). Kedua jenis PC tersebut dibedakan atas spesifikasinya. PC tipe A berspesifikasi memiliki 2 buah hard disk (HDD) yang berkapasitas 1 TB, 1 buah RAM sebesar 2 GB dan 2 buah kipas pendingin. PC tipe B memiliki berspesifikasi memiliki 1 HDD 1 TB, 2 buah RAM sebesar 2 GB dan 1 buah kipas pendingin. Perusahaan tersebut memiliki kapasitas HDD 1 TB sebanyak 1000 unit, 950 unit RAM 2 GB dan 1600 unit kipas pendingin. Perusahaan COM ingin mengetahui berapa banyakkah PC tipe A dan B yang harus diproduksi apabila keuntungan dari penjualan PC tipe A sebesar $750 dan tipe B sebesar $700. Berikut ini tabel rincian dari komponen yang dibutuhkan dan keuntungan yang didapat dari penjual PC tersebut.