Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
SISTEM PAKAR DR. KUSRINI, M.KOM.
Advertisements

SISTEM PAKAR Ari Eko Wardoyo, ST.
Materi 1 Pengantar Kecerdasan Buatan
KECERDASAN BUATAN PENDAHULUAN.
Sistem Pengambil Keputusan
Team Teaching Sistem Pakar.
DECISION SUPPORT SYSTEMS & EXPERT SYSTEMS.
PENGERTIAN KECERDASAN BUATAN
Sistem Pakar.
SISTEM PAKAR Disusun Oleh : Dessy Ratnasari ( )
ARSITEKTUR SISTEM PAKAR
Pengantar Sistem Pakar
Arsitektur Sistem Pakar
Pengantar Intelegensia Buatan (IB)
SISTEM BERBASIS PENGETAHUAN
Analisis dan Perancangan Sistem
SISTEM PAKAR.
SISTEM BERBASIS PENGETAHUAN
ARTIFICIAL INTELLIGENCE
KONSEP DASAR AI PERTEMUAN MINGGU KE-1.
Office Automation Office Automation (OS) / Office Automation Systems (OAS) adalah suatu sistem informasi yang secara khas mendukung tugas-tugas para karyawan,
PENGANTAR INTELEGENSIA BUATAN (IB) M. Ezar Al Rivan.
Pertemuan Ke- 6 SISTEM PAKAR (EXPERT SYSTEM).
Kuliah Sistem Pakar Pertemuan III “Sistem Pakar”
SISTEM PAKAR PERTEMUAN 8.
Pengenalan Sistem Pakar
Pengantar Sistem Pakar
Sistem Pakar.
Sistem Informasi Manajemen
Perbedaan SIM ,DSS dan ES
Sistem pakar Sistem pakar merupakan cabang dari Artificial Itellegence (AI) yang cukup tua karena sistem ini mulai dikembangkan pada pertengahan 1960.
SISTEM PAKAR DAN SPK.
PENGENALAN SISTEM PAKAR
PENGANTAR SISTEM PAKAR (EXPERT SYSTEM)
Expert System (Sistem Pakar)
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELEGENT)
SISTEM PAKAR.
Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support System)
Bonang Waspadadi Ligar, S.Si, MMSI
Sistem pakar M Ridwan Dwi Septian.
EXPERT SYSTEM By Daniel Damaris NS.
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE) dan SISTEM PAKAR
Materi 1 Pengantar Kecerdasan Buatan
PENGANTAR PENGANTAR KECERDASAN BUATAN Artificial intelligence
SISTEM BERBASIS PENGETAHUAN
Model Heuristik Dr. Sri Kusumadewi, S.Si., MT. Materi Kuliah [8]:
MATERI Decision Support System
Fakultas Ilmu Komputer
Artificial Intelegence/ P_7-8
Konsep Dasar Sistem Pakar
Pengenalan AI (Artificial Intelligent)
Office Automation Office Automation (OS) / Office Automation Systems (OAS) adalah suatu sistem informasi yang secara khas mendukung tugas-tugas para karyawan,
ARSITEKTUR SISTEM PAKAR
PERBANDINGAN SISTEM KONVENSIONAL
Sistem Berbasis Pengetahuan Pertemuan ke - 2
Pertemuan 9 PENGANTAR SISTEM PAKAR
PENGANTAR PENGANTAR KECERDASAN BUATAN Artificial intelligence
PENGERTIAN KECERDASAN BUATAN
SISTEM PAKAR Presentasi mempersembahkan Ponang Lahida
Pertemuan 11 PENGANTAR SISTEM PAKAR
EXPERT SYSTEM.
DASAR-DASAR SISTEM PAKAR
SISTEM PAKAR.
Sistem Informasi Management “Sistem Pakar”
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
Pengenalan Sistem Pakar
GUNAWAN Materi Kuliah [8]: (Sistem Pendukung Keputusan)
SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER
ARSITEKTUR SISTEM PAKAR
SISTEM PAKAR (expert system). Kepakaran (Expertise) Kepakaran merupakan suatu pengetahuan yang diperoleh dari pelatihan, membaca dan pengalaman. Kepakaran.
Transcript presentasi:

Universitas Muhammadiyah Purwokerto Expert system Tenia Wahyuningrum Universitas Muhammadiyah Purwokerto Teknik Informatika

Pertemuan 1 Kompetensi Mengetahui dan memahami definisi dan ruang lingkup sistem pakar Sub pokok bahasan Definisi sistem pakar Sejarah sistem pakar Keuntungan-keuntungan sistem pakar Beberapa aplikasi sistem pakar

DEFINISI Sebuah program komputer yang dirancang untuk memodelkan kemampuan menyelesaikan masalah (skill & knowledge) seperti layaknya seorang pakar (human expert).

Definisi Meniru kemampuan pakar dalam menyelesaikan masalah

APA ITU PAKAR (EXPERT) ? Seorang pakar/ahli (human expert) adalah seorang individu yang memiliki kemampuan pemahaman yang superior dari suatu masalah. Misalnya: seorang dokter, penasehat keuangan, pakar mesin mobil, dll.

Sejarah Sistem Pakar

Kemampuan kepakaran: Dapat mengenali (recognizing) dan merumuskan masalah Menyelesaikan masalah dengan cepat dan tepat Menjelaskan solusi

Belajar dari pengalaman Restrukturisasi pengetahuan Menentukan relevansi/hubungan Memahami batas kemampuan

KEPAKARAN (EXPERTISE) ? Pemahaman yang luas dari tugas atau pengetahuan spesifik yang diperoleh dari pelatihan, membaca dan pengalaman. Jenis-jenis pengetahuan yang dimiliki dalam kepakaran: Teori-teori dari permasalahan Aturan dan prosedur yang mengacu pada area permasalahan Aturan (heuristik) yang harus dikerj akan pada situasi yang terjadi Strategi global untuk menyelesaikan berbagai jenis masalah Meta-knowledge (pengetahuan tentang pengetahuan) Fakta-fakta

DATA = INFRORMASI ? DATA INFORMASI PENGOLAHAN Data: Nilai/value yang turut merepresentasikan deskripsi dari suatu objek atau kejadian (event) PENGOLAHAN Informasi merupakan hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya, yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian (event) yang nyata (fact) yang digunakan untuk pengambilan keputusan. INFORMASI

PENGETAHUAN (KNOWLEDGE) INFORMASI PENGOLAHAN pengalaman, pelatihan PENGETAHUAN

KNOWLEDGE ? Data + processing = information Information + processing (pengalaman, training, dll) = knowledge

Human Expert VS Expert System

Mengapa ES dikembangkan? Dapat menyediakan kepakaran setiap waktu dan diberbagai lokasi Secara otomatis mengerjakan tugas-tugas rutin yang membutuhkan seorang pakar. Seorang Pakar akan pensiun atau pergi Seorang Pakar adalah mahal Kepakaran dibutuhkan juga pada lingkungan yang tidak bersahabat (hostile environtment)

Sistem Pakar vs Sistem Konvensional

PEMINDAHAN KEPAKARAN Tujuan dari sebuah sistem pakar adalah untuk mentransfer kepakaran yang dimiliki seorang pakar kedalam komputer, dan kemudian kepada orang lain(non-expert).

Aktifitas yang dilakukan untuk memindahkan kepakaran: Knowledge Acquisition Knowledge Representation Knowledge Inferencing Knowledge Transfering

Knowledge Acquisition -- menurunkan dari para ahli, pengetahuan dan metode yang digunakan untuk memecahkan permasalahan. Knowledge Representation --membentuk pengetahuan atau metode kedalam bentuk yang terstruktur yang dapat digunakan selanjutnya. Knowledge Inferencing -- memberikan kemampuan menalar yang menafsirkan isi database pengetahuan (knowledge base) Knowledge Transfering -- bagaimana ilmu dapat dipelajari dan dikembangkan lebih lanjut

Struktur Dasar Sistem Pakar

Short term memory exercise Perhatikan kata2 berikut Cinta Damai Cerdas Beruntung Benci Kurang Rindu Pandai Keras Lemah Halus Pintar Bodoh Lembut Cekatan Ceria Perang Kompromi

Fakta Rata-rata manusia hanya mampu mengingat 5-7 item Terjadi pada beberapa detik sampai satu menit Rata-rata manusia mengingat mulai dari kanan ke kiri, atas ke bawah Sesuatu yang telah diberi tanda akan lebih mudah diingat dari pada yang lain

Long term memory exercise Kalikanlah 6 x 7 = ? 3 x 6 = ? 57 x 3 = ?

Bagaimana anda mengalikannya. Apakah anda betul2 mengalikannya Bagaimana anda mengalikannya? Apakah anda betul2 mengalikannya? Atau anda melakukan recalling pada knowledge anda?

Short-term memory adalah sebuah sistem di otak kita yang berfungsi untuk menyimpan sementara informasi dan memproses informasi yang diperlukan saat kita berpikir (seperti saat kita mencoba menseleksi atau mengelompokkan informasi yang kita terima, saat kita mencoba mengerti hal baru, melogika sesuatu, menganalisis hubungan sebab-akibat, mencari alasan atau argumentasi).

Long-term memory adalah sebuah sistem di otak kita yang berfungsi untuk menyimpan secara permanen, mengatur, dan memanggil kembali informasi-informasi diwaktu berikutnya. Seringkali informasi yang disimpan di long-term memory akan dapat kita ingat sepanjang hidup.

KNOWLEDGE BASE Definisi : Bagian dari sistem pakar yang berisi domain pengetahuan Berisi pengetahuan yang dibutuhkan untuk memahami, merumuskan dan menyelesaikan masalah.

Terdiri dari 2 elemen dasar: Fakta, situasi masalah dan teori yang terkait Heuristik khusus atau rules, yang langsung menggunakan pengetahuan untuk menyelesaikan masalah khusus.

WORKING MEMORY Definisi : bagian dari sistem pakar yang berisi fakta-fakta masalah yang ditemukan dalam suatu sesi Berisi fakta-fakta tentang suatu masalah yang ditemukan dalam proses konsultasi

INFERENCE ENGINE Definisi : Processor pada sistem pakar yang mencocokan fakta-fakta yang ada pada working memori dengan domain pengetahuan yang terdapat pada knowledge base, untuk menarik kesimpulan dari masalah yang dihadapi.

Proses berpikir pada manusia dimodelkan dalam sistem pakar pada modul yang disebut Inference Engine.

STRUKTUR DETAIL SISTEM PAKAR Terdiri atas 2 bagian : Development Environment (Lingkungan Pengembangan) Consultation Environment (Lingkungan Konsultasi)

Bagian-bagian yang secara umum ada pada struktur detail sistem pakar Knowledge Aqcuisision System Knowledge Base Inference engine User Interface User Workplace (Blackboard) Explanation Subsystem Knowledge refining system

KNOWLEDGE AQCUISISTION Meliputi proses pengumpulan, pemindahan, dan perubahan dari kemampuan pemecahan masalah seorang pakar atau sumber pengetahuan terdokumentasi (buku, dll) ke program komputer, yang bertujuan untuk memperbaiki dan atau mengembangkan basis pengetahuan (knowledge-base)

The Human Element in Expert Systems Knowledge Engineer User Others

The Expert Has the special knowledge, judgment, experience and methods to give advice and solve problems Provides knowledge about task performance

The Knowledge Engineer Helps the expert(s) structure the problem area by interpreting and integrating human answers to questions, drawing analogies, posing counterexamples, and bringing to light conceptual difficulties Usually also the System Builder

The User Possible Classes of Users A non-expert client seeking direct advice (ES acts as a Consultant or Advisor) A student who wants to learn (Instructor) An ES builder improving or increasing the knowledge base (Partner) An expert (Colleague or Assistant) The Expert and the Knowledge Engineer Should Anticipate Users' Needs and Limitations When Designing ES

Other Participants System Builder Systems Analyst Tool Builder Vendors Support Staff Network Expert

Kategori Problema Sistem Pakar Kategori Problema Sistem Pakar secara umum: Interpretasi – membuat kesimpulan atau deskripsi dari sekumpulan data mentah. Prediksi – memproyeksikan akibat-akibat yang dimungkinkan dari situasi-situasi tertentu Diagnosis – menentukan sebab malfungsi dalam situasi kompleks yang didsarkan pada gejala-gejala yang teramati Desain – menentukan konfigurasi komponen-komponen sistem yang cocok dengan tujuan-tujuan kinerja tertentu yang memnuhi kendala - kendala tertentu Perencanaan – merencanakan serangkaian tindakan yang akan dapat mencapai sejumlah tujuan dengan kondisi awal tertentu

Debugging dan Repair – menentukan dan menginterpretasikan cara-cara untuk mengatasi malfungsi. Instruksi – mendeteksi dan mengoreksi defisiensi dalam pemahaman domain subyek Pengendalian – mengatur tingkah laku suatu environment yang kompleks Selection – mengidentifikasi pilihan terbaik dari sekumpulan (list) kemungkinan Simulation – pemodelan interaksi antara komponen-komponen sistem Monitoring – membandingkan hasil pengamatan dengan kondisi yang diharapkan

Aplikasi Sistem Pakar

Aplikasi Sistem Pakar

Expert Systems Benefits Increased Output and Productivity Decreased Decision Making Time Increased Process(es) and Product Quality Reduced Downtime Capture Scarce Expertise Flexibility Easier Equipment Operation Elimination of Expensive Equipment

Operation in Hazardous Environments Accessibility to Knowledge and Help Desks Integration of Several Experts' Opinions Can Work with Incomplete or Uncertain Information Provide Training Enhancement of Problem Solving and Decision Making Improved Decision Making Processes Improved Decision Quality Ability to Solve Complex Problems Knowledge Transfer to Remote Locations Enhancement of Other MIS

sumber http://www.slideshare.net/herman_tolle/pengantar-sistem-pakar-1494686