E-Bussiness Solution E-Bussiness
Aplikasi Komputer Aplikasi Komputer E-Commerce E-Business E-GoverNment
E-Commerce ? -E-Transfer -Shared Data -Automatic Inventori System Management -Database Management System Distributing Buying E-Services or E-System Selling Marketing Internet Television Etc
E-BUSINESS Employees Collaboration Knowledge Management Customer Relationship Management Enterprise Resource Planning Supply Chain Management Customer Business Inteligence Supplier/ Pathner Electronic Commerce Enterprise Application Integration E-Marketplace
INFORMATION TEKNOLOGY E-GOVERNMENT GOVERNMENT INFORMATION TEKNOLOGY SERVICES SOCIETY’S
OVER ALL Aplikasi Komputer (E-Commerce, E-Business, E-Goverment) Electronic Efficient Access E-Services and Open Service
SOLUSI UNTUK EKONOMI DIGITAL Pesatnya perkembangan internet Semakin bertambahnya pengguna Penggunaan dalam transaksi jual beli Pengelolaan akun keuangan Kolaborasi dengan orang lain Mencari informasi baru Internet menjadi prioritas utama
SOLUTIONS FOR A DIGITAL ECONOMY SCOPE Competing in the digital economy e-business solutions Implementing e-business solutions
Persaingan di Digital Ekonomi Fenomena: New System New Application New Concept New Theory New Product Etc
Competing in the digital economy The Enterprise Must Be: Continues New Business Model Aggressive Competition Continues New Creative Ideas Have interesting for Customer efficiency to optimalization all the links in its value chain Fast Response to changing market conditions Knowledge
E-BUSINESS SOLUTION Not only technology, but recondition technology and business process to developt new application not limited by time, space, organizational boundaries, and territorial borders. Combination of technology and processes, supports to business priorities activity.
E-BUSINESS SOLUTION In this model network must be: Support to inter activity Transport rich content Helping Customer
E-BUSINESS SOLUTION ACTIVITY Buy and sell product Collaborate within the organizational and with their customer, suplier, and vendor. Manage their supplier chain. Design and launch product
E-BUSINESS SOLUTION Customer relationship management (CRM) Enterprise resource planning (ERP) Supply-chain management (SCM) Electronic commerce (E-COMMERCE) Business intelligence (BI) Knowledge management (KM) e-Marketplaces (EMP) Collaboration Enterprise application integration
1. CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT Customer Relationship Management (CRM) adalah proses bisnis yang penting yang meliputi proses kegiatan awal sampai akhir keterlibatan hubungan antara perusahaan dengan pelanggan Keterlibatan (calon pelanggan, pemasaran, penjualan, layanan pelanggan, dan dukungan) tujuan utama dari CRM adalah meningkatkan kepuasan pelanggan tujuan akhir dari CRM ini adalah untuk memaksimalkan keuntungan dan pendapatan
2. Enterprise resource planning (ERP) Dalam Bahasa Indonesia adalah Perencanaan Sumber Daya Perusahaan Menyediakan aplikasi utama back-office bagi banyak perusahaan. Manfaat dari ERP adalah sekitar otomatisasi proses dan integrasi, dan ketersediaan data untuk mendukung analisa bisnis. ERP proses jalannya perusahaan dari segala aspek baik proses produksi, operasional, distribusi dan segala macam proses yang terjadi dalam perusahaan.
3. SUPPLY-CHAIN MANAGEMENT Mengacu pada seperangkat solusi yang memungkinkan perusahaan dapat melakukan perjanjian kerjasama proses bisnis, baik di tingkat internal maupun eksternal terkait dengan alirannya distribusi barang Sukses, memungkinkan perusahaan untuk mengantisipasi permintaan dan memberikan produk yang tepat ke tempat yang tepat pada waktu yang tepat, dengan biaya serendah mungkin, untuk memuaskan pelanggan. Bertujuan untuk meningkatkan efisiensi semua jaringan dalam Value-Chain dengan memberikan suatu manfaat untuk bisnis seperti mengurangi biaya, siklus waktu yang lebih cepat, dan meningkatkan kualitas produk
4. E-COMMERCE Solusi perdagangan elektronik yang memungkinkan perusahaan untuk menawarkan produk dan layanan kepada pelanggan tetap ataupun pelanggan baru di jaringan baru berbasis teknologi Internet fondasi untuk mengelola transaksi elektronik dan memungkinkan pelanggan untuk mencari dan membeli barang dan jasa dengan kenyamanan dan kepercayaan diri
5. BUSINESS INTELLIGENCE Bisnis intelijen adalah suatu cara dalam mengembangkan solusi bisnis yang meyakinkan, berdasarkan fakta dilapangan yang dapat ditindaklanjuti Solusi ini membantu perusahaan menggabungkan dan menganalisa sumber data yang berbeda dan memperoleh informasi berharga dari data ini mencakup teknik seperti warehousing data, data mining, tren analisis dan sistem informasi pelaksana
6. KNOWLEDGE MANAGEMENT Dalam bahasa indonesia adalah manajemen pengetahuan. Suatu cara dalam mengidentifikasi dan menganalisis aset pengetahuan yang tersedia dan diperlukan dalam suatu proses mencakup perencanaan dan pengendalian dari suatu tindakan dalam mengembangkan aset dan proses, untuk memenuhi tujuan perusahaan. Selanjutnya terdiri dari pengetahuan tentang pasar, produk, teknologi, dan organisasi.
7. E-MARKETPLACES Suatu bursa perdagangan yang memfasilitasi dan mempromosikan pembelian dan penjualan, dan memungkinkan komunitas bisnis melakukan pertukaran dengan mitra dagang dalam industri Tertentu.
8. Collaboration Serangkaian proses penggabungan Membutuhkan interaksi antara pegawai, vendor, pemasok, dan mitra bisnis. Memungkinkan perusahaan dapat bekerja secara lokal, atau tim bahkan secara geografis dan untuk bekerja bersama-sama secara real-time dalam berbagi informasi dan distribusi di Internet. Meliputi instant messaging, penjadwalan, shared library documen, discussion database, dan newsgroup .
9. Enterprise application integration Integrasi sangat penting untuk mewujudkan potensi sesungguhnya dari solusi e-bisnis ,dapat mengintegrasikan dan beroperasi dengan solusi serupa yang mungkin ada di dalam perusahaan lain dalam value chain.
Implementing e-business solutions Aplikasi e-bisnis berbeda dari aplikasi client / server tradisional yang dikembangkan akhir akhir ini.
Traditional client/server applications e-business applications Table Moving from traditional client/server applications to e-business applications Traditional client/server applications e-business applications Reach (lingkup) Within a department or enterprise Across departments, enterprises, and geographic and national borders Architecture Deployed using a two or three-tier architecture Deployed using a thin client architecture with one to N back-end tiers Programming model Event-driven, with the application state managed at each client desktop Thin browser-based clients, with the application state managed in the server layer Network LAN or WAN-based Based on LANs, WANs, private virtual networks, and Internet connections Standards Typically proprietary technologies Open technologies Number of users Predictable user loads, from tens to hundreds Unpredictable user loads, with massive swings in the number of users
Reference Haeckel, Stephan H. and Adrian J. Slywotzky. 1999. Adaptive Enterprise: Creating and Leading Sense-and-Respond Organizations. Boston: Harvard Business School Press. Jonathan Adams And Srinivas Koushik.2001
Sekian Terima kasih