PENGKAJIAN ASPEK BUDAYA Indriana Rakhmawati. PENTING !!  Pemahaman budaya diri sendiri adalah penting sebelum memahami budaya orang lain.  Therapeutic.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PERATURAN PERUSAHAAN BARU
Advertisements

Pengkajian Nilai dan Spiritual
Nama Pasien : Ny. U Umur : 20 th Pekerjaan : Ibu Rumah Tangga
DATA IDENTIFIKASI DAN LINGKUNGAN
I GEDE SATRIA ASTAWA, S.Kep
MODEL PRAKTIK KEBIDANAN
KONSEP DASAR KEPERAWATAN MATERNITAS
KASUS KEPERAWATAN LINTAS BUDAYA
KONSEP DEMAND DALAM SEKTOR KESEHATAN
KASUS PEMICU Nn.S 28 tahun. Tamatan SD. Klien belum menikah dan tidak mempunyai pacar. Klien sering mengatakan kalau dirinya tidak mempunyai teman pria.
TEORI SELF CARE OREM.
CONTOH KASUS DALAM PELAYANAN KESEHATAN
1 TUGAS DAN LATIHAN TUJUAN: Setelah mengerjakan tugas ini diharapkan mahasiswa mampu menganalisis asuhan keperawatan pada keluarga dengan pasangan baru,
MENTORSHIP STUDY DAY Oleh Ambarukmi Team CI.
PENERAPAN MODEL LEININGER DALAM ASUHAN KEPERAWATAN
Keperawatan Lintas Budaya
Legal Etik dalam Tatanan Keperawatan Sistem Kardiovaskuler
Diabetes mellitus By kelompok4 Peminatan Gizi Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat UNIVERSITAS JEMBER.
Askep Pd Keluarga Yg Menanti kelahiran Oleh kelompok 5 PUTRI DRISSIANTI KHAIRUL AFRIZAL REZA IBRAHIM.
KEBUTUHAN PERSONAL HIGIENE by: Richa Noprianty
Pertemuan 1 Transcultural Nursing Introduction
SISTEM MEDIS Pengantar Kesehatan
Konsep Kelompok Khusus dan Kelompok Resiko Tinggi di Komunitas
APLIKASI TEORI OREM TERHADAP ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA
INEL MASRAYANTI IB PRINSIP POKOK ASUHAN KEHAMILAN Prinsip-prinsip pokok asuhan antenatal konsisten dengan dan didukung oleh prinsip-prinsip.
PELAYANAN GIZI PASIEN RAWAT INAP RAWAT JALAN.
Pertemuan 2 Paradigma Keperawatan Transkultural
ASUHAN POSTNATAL DI KOMUNITAS
OLEH : MUHAMMAD GALUH DWI ARYANI
Fery Mendrofa, M.Kep, Sp.Kom Disajikan dalam pelatihan PGKP
Social Aspects of mental disorder & management
START Konsep Keperawatan Transkultural Leinenger's Teory Kelompok 7 :
Implikasi keperawatan transkultural
PERSIAPAN PENANGGULANGAN MASALAH GIZI, MAKANAN DAN DIETETIK
Standar Pelayanan Pekerjaan Sosial di bidang kesehatan.
ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN Ny ” R” DENGAN MASALAH
Tren pengasuhan anak Kajian anak minggu12.
Keluarga dengan Anak Usia Remaja
Puskesmas Dayeuhluhur I, II, Wanareja I, II, Majenang I
Health Psychology Sumber: King, 2008, Ch. 16.
“PRINSIP ETIKA DAN MORALITAS DLM PELAY. KEBIDANAN”
MODEL PRAKTIK KEBIDANAN
Pengaruh Budaya terhadap Pengasuhan Olivia Tjandra Waluya, M. Si., Psi
ASKEP KLIEN DENGAN SPIRITUAL
TRANSKULTURAL NURSING
KONSEP DASAR KEPERAWATAN MATERNITAS
Memulai Vegetarian   1.    Mulailah dengan mengganti produk hewani yang terkandung dalam menu masakan harian Anda dengan produk nonhewani. Gantilah daging.
Teori Keperawatan Madeleine M. Leininger
Kebiasaan Makan (Pemilihan Makanan)
STIKes HARAPAN BANGSA PURWOKERTO 2011/2012
KASUS KEPERAWATAN LINTAS BUDAYA
ASUHAN KEPERAWATAN POST PEMBEDAHAN PROSTATEKTOMI HARI KE-3 PADA Tn “K”
Falsafah dan Paradigma Keperawatan
PRINSIP ETIKA DAN MORALITAS DALAM PELAYANAN KEBIDANAN
STANDAR PRAKTEK KEPERAWATAN
Diah Sukaesti, M. Kep, Sp.Kep J FAKULTAS ILMU KESEHATAN
ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA DENGAN ANAK USIA SEKOLAH DAN REMAJA
ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN NY
ASKEP PADA USIA LANJUT By.FITRY ERLIN.
DEFINISI 1. BUDAYA budaya yaitu semua yang termasuk dalam pengetahuan, kepercayaan, seni, moral, hukum, adat dan kebiasaan lain yang dilakukan manusia.
Oleh : Tini Fajarwati (12.116)
Tindak Lanjut Asuhan Nifas di Rumah
Sesi 4 : DIAGNOSIS PERILAKU SEHAT
PENERAPAN MODEL LEININGER DALAM ASUHAN KEPERAWATAN
FAJAR Lasamadi  Berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Rumah Sakit Daerah Luwuk, 3 tahun terakahir dari tahun jumlah penderita.
ASUHAN KEPERAWATAN PADA Tn. M DENGAN POST LAPARATOMY ATAS INDIKASI PERITONITIS DI RUANG HCU – BEDAH RS. Dr. MOEWARDI SURAKARTA Oleh : o Riski Muktiawan( )
1 By : Ns. WIDYAWATI, S.Kep, M.Kes. Latar belakang Krisis multidimensional berdampak negatif terhadap status kesehatan dan ketahanan keluarga di Indonesia.
DOKUMENTASI PERAWATAN PD BERBAGAI TATANAN PELAYANAN PERAWATAN KHUSUS ( TEMPAT KHUSUS ) OLEH Sigit Tri A.
“ KIE DALAM PRAKTEK “ PKRS *Rsud Arjawinangun*. Praktik KIE : * dilakukan setiap sa’at * Sejak pasien masuk RS sampai keluar RS * Implementasi KIE yang.
KONSEP PENDIDIKAN KESEHATAN Ismuntania siregar., M.KEP.
Transcript presentasi:

PENGKAJIAN ASPEK BUDAYA Indriana Rakhmawati

PENTING !!  Pemahaman budaya diri sendiri adalah penting sebelum memahami budaya orang lain.  Therapeutic cultural self adalah menggunakan dan mengetahui budaya sendiri untuk mengerti dan merawat pasien/klien yang memiliki budaya yang berbeda.  Proses akulturasi melalui :

CULTURE  Age  Religion  Education  Socioeconomic Status  Race/ethnicity  Gender  Sexual Orientation  Technology  Language  Art  Organisasi / system kekerabatan  …etc

Sunrise Model dari teori Leininger  Asuhan keperawatan ditujukan memandirikan individu sesuai dengan budaya pasien/klien.  Strategi yang digunakan dalam asuhan keperawatan adalah perlindungan/mempertahankan budaya, mengakomodasi/negoasiasi budaya dan mengubah/mengganti budaya pasien/klien (Leininger, 1991).

Memperta hankan budaya Mempertahankan budaya dilakukan bila budaya pasien tidak bertentangan dengan kesehatan. Perencanaan dan implementasi keperawatan diberikan sesuai dengan nilai-nilai yang relevan yang telah dimiliki pasien/klien sehingga pasien/klien dapat meningkatkan atau mempertahankan status kesehatannya, misalnya budaya berolahraga setiap pagi.

Negosiasi budaya Intervensi dan implementasi keperawatan pada tahap ini dilakukan untuk membantu pasien/klien beradaptasi terhadap budaya tertentu yang lebih menguntungkan kesehatan. Perawat membantu pasien/klien agar dapat memilih dan menentukan budaya lain yang lebih mendukung peningkatan kesehatan, misalnya pasien/klien sedang hamil mempunyai pantang makan yang berbau amis, maka ikan dapat diganti dengan sumber protein hewani lain.

Restruktur isasi budaya Restrukturisasi budaya pasien/klien dilakukan bila budaya yang dimiliki merugikan status kesehatan. Perawat berupaya merestrukturisasi gaya hidup pasien/klien yang biasanya merokok menjadi tidak merokok. Pola rencana hidup yang dipilih biasanya yang lebih menguntungkan dan sesuai dengan keyakinan yang dianut.

Aspek teknologi (Technologic al Factors)  Persepsi sehat-sakit  Kebiasaan berobat atau mengatasi masalah kesehatan  Alasan mencari bantuan/pertolongan medis  Alasan memilih pengobatan alternative  Persepsi tentang penggunaan dan pemanfaatan teknologi untuk mengatasi masalah kesehatan

Agama atau falsafah hidup (Religious & Philosophical factors)  Agama yang dianut  Status pernikahan  Cara pandang terhadap penyebab penyakit  Cara pengobatan / kebiasaan agama yang positif terhadap kesehatan

Aspek sosial dan keterikatan keluarga (Kinship & Social Factors)  Nama lengkap & nama panggilan  Umur & tempat lahir,jenis kelamin  Status,tipe keluarga,hubungan pasien/klien dengan keluarga  Pengambilan keputusan dalam keluarga

Nilai-nilai budaya dan gaya hidup (Cultural value and lifeways)  Posisi / jabatan yang dipegang dalam keluarga dan komunitas  Bahasa yang digunakan  Kebiasaan yang berhubungan dengan makanan & pola makan  Persepsi terhadap sakit/penyakit dan kaitannya dengan aktifitas kebersihan diri dan aktifitas sehari-hari

Kebijakan dan peraturan yang berlaku (Political & legal Factors)  Peraturan dan kebijakan berkunjung : jam, jumlah penunggu,  Cara pembayaran

Faktor ekonomi (Economical Factors)  Pekerjaan  - Tabungan yang dimiliki oleh keluarga  - Sumber biaya pengobatan  - Sumber lain ; penggantian dari kantor,asuransi dll.  - Patungan antar anggota keluarga

Pendidikan (Educational Factors)  Tingkat pendidikan Jenis pendidikan  Tingkat kemampuan untuk belajar secara aktif  Pengetahuan tentang sehat- sakit

KOMPONEN PENGKAJIAN  Nilai  Keyakinan  Customs  Diet dan nutrisi  Pola komunikasi  Hubungan keluarga  Praktek keagamaan  Perilaku sehat dan sakit  Keturunan/ herediter  Status sosial ekonomi

 Yanto, seorang perawat di bangsal bedah VIP sebuah Rumah Sakit Islam dikotanya. Hari ini dia shift pagi dan merawat 6 orang pasien. Salah satu pasien Tn C, kristen, 50 tahun, etnik China post operasi ileus hari ke-3. Tuan Burhan sudah diperkenankan makan makanan lunak (bubur) dengan lauk-pauk dan sayur yang juga lunak.  Siang ini, Yanto mengantar makan siang kekamar Tuan C. Sesampainya disana, pasien mengatakan ingin sekali makan bubur yang disiram kuah sop daging babi. Pasien mengatakan bahwa itu makanan favoritnya dan meminta izin untuk membawanya dari rumah.  Yanto terkejut mendengar pernyataan pasien. Dia mengatakan bahwa dia tidak bisa memenuhi permintaan pasien karena rumah sakit ini adalah Rumah Sakit Islam. Tetapi pasien tetap memaksa dan Yanto tetap tidak mengizinkan tanpa alasan jelas. Keesokan harinya, pasien minta pulang paksa dengan alasan perlakuan perawat yang kurang menyenangkan.