BAB I PENGANTAR DESAIN GRAFIS
Definisi Desain Grafis MENGIDENTIFIKASI PERANGKAT LUNAK PEMBUAT GRAFIS Definisi Desain Grafis Suatu seni komunikatif yang berhubungan dengan industri , seni dan proses dalam menghasilkan gambaran visual pada segala permukaan (Blancard) Tujuan Desain Grafis Menyampaikan sebuah pesan kepada masyarakat dan menciptakan desain yang memaksa kehendak pengirim pesan, atau bersifat menyenangkan yang akan menyempurnakan pesan yang akan disampaikan Manfaat Desain Grafis Mempercepat proses belajar mengajar karena disajikan dalam bentuk grafis Memperkenalkan dunia desain grafis Mengenal program apliksasi Mampu memahami pesan yang disampaikan dalam bentuk desain grafis
MENGIDENTIFIKASI PERANGKAT LUNAK PEMBUAT GRAFIS Kategori Desain Grafis Secara garis besar desain grafis dapat dibedakan menjadi 5 kategori : Printing - Identifiksasi (Logo) , EDP (Environmental Grapich Design ) Web Design - Desain Produk Film Elemen Desain Grafis Elemen Dasar Desain Grafis Garis (Line) - Merancang format Kontras Nilai - Ruang (Space) Tekstur Prinsip Dasar Desain Grafis Kesederhanaan / Proporsional Keseimbangan / Balance Kesatuan / Unity Penekanan / Emphasis Repetisi / Rhythm
MENGIDENTIFIKASI PERANGKAT LUNAK PEMBUAT GRAFIS Mengenal Program Bitmap Gambar bitmap sering juga disebut dengan gambar raster yang merupakan kumpulan kotak kotak kecil (pixel). Tampilan bitmap mampu menunjukkan kehalusan gradasi warna dan bayangan dari sebuah gambar. Mengenal Program Vektor Gambar bertipe vektor terbentuk dari garis dan kurva hsil dari perhitungan matematis dari beberapa titik, sehingga membentuk suatu objek gambar, meskipun lebih kaku dibandingkan bitmap, vektor tidak tergantung dengan resolusi gambar.
PILAR KEILMUAN YANG WAJIB DIMILIKI OLEH SEORANG DESAINER GRAFIS Wawasan Teknologi Wawasan Sains Wawasan Seni Wawasan Sosial dan Budaya Wawasan Filsafat dan Etika
PROGRAM PENGOLAH GRAFIK/ GRAFIS Tata Letak /Layout Adobe InDesign Adobe Pagemaker Microsoft Publisher Quark Xpress Vektor/ Garis Adobe Illustrator CorelDraw Macromedia Freehand Beneba Canvas Pixel / Gambar Adobe Photoshop Corel Photo Paint Microsoft Photo Editor Gimp
PROGRAM PENGOLAH GRAFIK/ GRAFIS Film/ Video Adobe After Effect Pinnacle Studio Plus Camtasia Sony Vegas Multimedia Adobe Director Adobe Flash Multimedia Builder Ovation Studio Pro 3 Dimensi Xara 3D 3Ds Max Blender Maya
MULTIMEDIA DAN DESAIN GRAFIS Multimedia adalah media yang menggabungkan dua unsur atau media yang terdiri dari teks, gambar, audio, video, dan animasi secara terintegrasi Multimedia Linier Multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh pengguna. Multimedia ini berjalan sekuensial (berurutan), contohnya tv dan film Multimedia Interaktif Multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna sehingga pengguna dapat memilih apa yang di kehendaki untuk proses selanjutnya. Contohnya multimedia pembelajaran interaktif, games.
MULTIMEDIA DAN DESAIN GRAFIS Dalam ilmu desain grafis , ada juga beberapa prinsip utama komunikasi visual dari sebuah karya desain. Ruang Kosong ( White Space) Ruang kosong yang dimaksudkan agar karya tidak terlalu padat penempatannya pada sebuah bidang dan menjadikan sebuah objek menjadi dominan. Kejelasan (Clarity) Mempengaruhi penafsiran penonton akan sebuah karya , bagaimana karya tersebut dapat dimengerti sehingga tidak terjadi ambigu atau makna ganda.
MULTIMEDIA DAN DESAIN GRAFIS Dalam ilmu desain grafis , ada juga beberapa prinsip utama komunikasi visual dari sebuah karya desain. Kesederhanaan (Simplicity) Tepat dan tidak berlebihan, Pencapaian kesederhanaan mendorong penikmat untuk menatap lama dan tidak jenuh. Emphasis ( Point of Interest) Pusat perhatian , merupakan pengembangan dominasi yang bertujuan untuk menonjolkan salah satu unsur sebagai pusat perhatian sehingga mencapai nilai artistik.
Putu Febby Indah Pratiwi Fisip / Ilmu Komunikasi 2.11.2.0163 Fisip / Ilmu Komunikasi