Oleh : Rahmat Robi Waliyansyah, M.Kom

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Mendapatkan Input dari Keyboard
Advertisements

Mendapatkan Input dari Keyboard
BAHASA PEMROGRAMAN JAVA
Membuat class sendiri.
Putu Darmawan,S.Kom,MM Bahasa Pemrograman 1 1 MENGGUNAKAN FUNGSI MSGBOX() fungsi msgbox() adalah fungsi untuk menampilkan kotak pesan (message), dan kita.
KONTROL ALUR EKSEKUSI PROGRAM
MIDlet User Interface (2) As’ad Djamalilleil
Graphic User Interface
MATA KULIAH : PEMROGRAMAN 3 JAVA PROGRAMMING (JSE)
Mendapatkan input dari keyboard
Mendapatkan Input dari Keyboard
KOTAK DIALOG / MESSAGEBOX
As’ad Djamalilleil Function (method) As’ad Djamalilleil
DIALOG BOX.
Argumen Command-line Sebuah aplikasi Java dapat menerima sejumlah argumen dari command-line. Argumen dari command line memberikan kesempatan bagi.
INHERITANCE (Oleh : Nur Hayatin, S.ST)
PROGRAM APLIKASI MOBILE EMHA TAUFIQ LUTHFI PERTEMUAN 2.
PERTEMUAN 3 PAB Bahasan: Layout,Class,Trigger Button Intent.
JavaScript Pemrograman Web 1.
Prosedur dan Fungsi Triana Elizabeth, S.Kom.
Command line argument.
Command line argument.
Mendapatkan input dari keyboard
Pemrogramman Terstruktur
Pemrograman Berorientasi Obyek
Mobile Programming Pertemuan 8 Presented by Mulyono Poltek NSC Surabaya.
Pemrograman Visual I Outline: Method Method Void & fungsi
DASAR MENGUASAI NETBEANS
Pertemuan 2 Dani Hamdani, S.Kom..
High Level User Interface
Algoritma dan Struktur Data 1 pertemuan 12
Mendapatkan Input dari Keyboard
Java User Interface (Swing)
ARRAY & STRING LATIHAN.
Command line argument.
Mendapatkan input dari keyboard
Procedure Siti Mukaromah, S.Kom.
PENANGANAN KESALAHAN DAN HELP DOKUMENTASI
Command line argument.
Pemrograman Berorientasi Objek
- PERTEMUAN 7 - METODE/SUB PROGRAM
MIDlet User Interface (2)
INPUT DARI KEYBOARD Pertemuan 4 Muhamad Haikal, S.Kom,. MT.
Membuat Kelas.
PBO Lanjutan Membuat Kelas.
PEMROGRAMAN JAVA.
ALGORITMA DAN PEMROGAMAN
Meriska Defriani, M.Kom Workshop Pemrograman #3 HUMANIKA
Pemrograman Berorientasi Obyek
Operator, Deklarasi dan Type Data
Variabel Berindeks / Variabel Array
Pertemuan 10 REPORT SWITCHBOARD
Oleh : Rahmat Robi Waliyansyah, M.Kom.
Oleh : Rahmat Robi Waliyansyah, M.Kom.
Oleh : Rahmat Robi Waliyansyah, M.Kom.
Konsep Bahasa Pemrograman I Konsep OOP
Pemrograman Berorientasi Obyek
Oleh : Rahmat Robi Waliyansyah, M.Kom.
Oleh : Rahmat Robi Waliyansyah, M.Kom.
Pemrograman Berorientasi Objek
Mendapatkan input dari keyboard
Oleh : Rahmat Robi Waliyansyah, M.Kom.
Mendapatkan Input dari Keyboard
Pemrograman Berorientasi Objek
Mendapatkan Input dari Keyboard
Oleh : Rahmat Robi Waliyansyah, M.Kom
Oleh : Rahmat Robi Waliyansyah, M.Kom.
Procedure dan Function
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
Transcript presentasi:

Oleh : Rahmat Robi Waliyansyah, M.Kom JOptionPane Oleh : Rahmat Robi Waliyansyah, M.Kom

JOptionPane Merupakan salah satu class yang dapat digunakan dalam membuat dialog box berisi inputan, pesan, maupun konfirmasi yang dapat dilakukan oleh user. Yang perlu anda ketahui dalam mengakses class JOptionPane, anda harus mengimport javax.swing. Berikut adalah cara deklarasi JOptionPane :

Method-Method JOptionPane Terdapat 4 method yang umumnya sering digunakan dalam class JOptionPane, yaitu : ShowMessageDialog Merupakan dialog box yang digunakan untuk menampilkan pesan atau hasil output yang akan dilaporkan kepada user. Syntax umum yang digunakan pada method ini adalah sebagai berikut :

Keterangan : parentComponent : mendefinisikan component yang menjadi parent dari dialog box. Jika diisi dengan null, maka secara default Frame akan menjadi parent component Message : berisi pesan yang ditampilkan pada dialog box Title : judul pada dialog box optionType : berisi pilihan yang tombol yang dapat dipilih oleh user. Pilihan bisa berupa DEFAULT_OPTION. YES_NO_OPTION, YES_NO_CANCEL_OPTION, OK_CANCEL_OPTION messageType : menampilkan type pesan dengan memberi icon pada dialog box. Tipe pesan dapat berupa ERROR_MESSAGE, INFORMATION_MESSAGE, WARNING_MESSAGE, QUESTION_MESSAGE, PLAIN_MESSAGE

Contoh penggunaan messageType pada deklarasi syntax yang kedua :

Hasilnya adalah sebagai berikut :

Hasilnya adalah sebagai berikut :

Hasilnya adalah sebagai berikut :

showInputDialog Merupakan prompt yang digunakan untuk menerima inputan user. Nilai yang dimasukkan user ke dalam prompt bertipe Object, sehingga inputan bisa dimasukkan ke dalam variabel bertipe string. Apabila anda ingin memasukkan inputan ke dalam variabel bertipe int maupun double, anda terlebih dahulu harus melakukan parsing. Syntax umum yang digunakan pada method ini adalah sebagai berikut :

Contoh perhitungan berat badan ideal : (asumsi : rumus yang digunakan hanya berlaku untuk jenis kelamin laki-laki)

Hasilnya adalah sebagai berikut :

showConfirmDialog Merupakan dialog box yang digunakan untuk menanyakan dan memberikan pilihan kepada user dalam melakukan tindakan/aksi berikutnya. Karena hasil yang diperoleh dari method ini adalah bertipe integer, maka anda tidak perlu melakukan parsing. Syntax umum yang digunakan pada method ini adalah sebagai berikut :

Keterangan : parentComponent : mendefinisikan component yang menjadi parent dari dialog box. Jika diisi null, maka secara default Frame akan menjadi parent component Message : berisi pesan yang ditampilkan pada dialog box Title : judul pada dialog box Option Type : berisi pilihan yang tombol dapat dipilih oleh user. Pilihan bisa berupa DEFAULT_OPTION, YES_NO_OPTION, YES_NO_CANCEL_OPTION, OK_CANCEL_OPTION

CONTOH:

Hasilnya adalah sebagai berikut :

showOptionDialog Fungsi showOptionDialog hampir serupa dengan method confirmShowDialog. Perbedaannya pada showConfirmDialog terdapat 4 varian method yang berbeda-beda pada parameternya, sedangkan method showOptionDialog hanya memiliki 1 varian method saja.

LATIHAN Seperti pada latihan pertemuan 6 , ubahlah menu class Utama yang sebelumnya tampil dalam bentuk command prompt menjadi tampilan dalam bentuk dialog box seperti contoh di bawah ini:

LATIHAN Apabila inputan sudah dilakukan, maka hasil penjumlahan dan hasil pengurangan akan masuk ke dalam command prompt. Sedangkan hasil perkalian dan hasil pembagian akan masuk ke dalam dialog box

LATIHAN Apabila anda menekan tombol “ok”, maka akan tampil dialog box seperti di bawah ini :

LATIHAN Apabila anda ingin mencoba lagi, maka aplikasi akan meminta inputan kembali untuk bilangan pertama dan bilangan kedua. Sedangkan jika tidak, maka akan tampil dialog box seperti di bawah ini

PEMBAHASAN

Keterangan : Line 7 = instance of class dari class Kalkulator menggunakan variabel K Line 7 = instance of class dari class JOptionPane menggunakan variabel jop Lina 13-14 = inputan user yang ditampung ke dalam variabel di mana dialogbox berbentuk prompt dengan menggunakan method showInputDialog() Line 16 = mentransfer isi data pada variabel a dan b ke dalam constructor Kalkulator Line 21-25 = mencetak hasil penjumlahan dan pengurangan ke dalam command prompt dengan memanggil method yang terdapat pada class Kalkulator Line 29 = mencetak hasil perkalian dan pembagian dengan memanggil method yang terdapat pada class Kalkulator dan ditampilkan ke dalam dialogbox menggunakan method showMessageDialog() Line 31-37 = menanyakan kepada user apakah akan mencoba menggunakan aplikasi ini lagi. Jika jawaban Yes (bernilai 0), maka program akan mengulang ke menu awal. Sedangkan apabila jawaban No (bernilai 1), maka script akan menjalankan line 35 dan program akan keluar (line 36)